RSS

MISTERI KEKAYAAN ULAR TOPO

10 Jan

Pantai Selatan Nyai Roro Kidul adalah salah satu tokoh
alam gaib
nusantara yang sangat terkenal bahkan banyak orang luar negeri yang juga
mengetahuinya. Sang Ratu dahulunya adalah seorang manusia berkelamin
wanita yang sangat cantik jelita bernama Putri Kadita anak gadis dari
Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran. Putri Kadita dulu terkena
guna-guna ilmu hitam dari seorang dukun sakti di zamannya atas perintah
ibu tirinya yang jahat sehingga wajah juga sekujur tubuhnya dipenuhi
luka aneh yang mengeluarkan bau tidak sedap. Putri Kadita dulu diusir
dari istana karena musibah yang menimpanya itu karena dikhawatirkan akan
memberikan aib kepada keluarga kerajaan. Dulu selama berhari-hari Putri
kadita berjalan tanpa arah dan tujuan yang jelas sampai akhirnya ia
berada di pinggir pantai selatan tanah Jawa. Dulu di pinggir pantai itu,
Putri Kadita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa seraya memasrahkan
dirinya kepada kehendak dan ketentuan Tuhan atas dirinya. Ia niatkan
untuk berjalan ke tengah laut menenggelamkan dirinya supaya mati.
Tiba-tiba ia pingsan seketika. Raga Putri Kadita terbawa ombak ketengah
laut. Raga Putri Kadita pun mati, namun, dengan kuasa kepemilikan-Nya,
Tuhan menghidupkan kembali rohnya Putri Kadita dan dijadikan sebagai
Ratu penguasa alam gaib pantai selatan pulau Jawa yang saat ini dikenal
banyak orang dengan nama Ratu Kidul. Tuhan menjadikannya seperti itu
karena amal kebajikan yang selalu dilakukannya setiap hari selama hidup
sebagai seorang putri Kerajaan Pajajaran. Ratu Kidul akan terus ada s/d
akhir zaman tiba.
Ki
Ular Topo adalah julukan untuk R. Cokro Amin Wiguna Badi Kusumo yang
saat ini berusia hampir 99tahun. Beliau bertemu dengan Ratu Kidul
pertama kalinya di pantai Jolosutro di daerah Jawa Timur pada tahun 1969
ketika beliau sedang bermain di pantai itu dengan istri dan 9 orang
anaknya. Pada saat itu, ombak yang sedang tenang mendadak menjadi tinggi
besar mencapai 4 meter dan menelan anak bungsuKi Ular Topo. 7 hari
berharap anaknya kembali, ternyata tidak juga kembali. Keluarga Ki Ular
Topo dirundung kesedihanyang sangat dalam. Ki Ular Topo memutuskan
untuk pergi sendiri ke pantai Jolosutro lagi untuk mencari anak
kesayangannya yang hilang itu. Selama 6 jam KiUlar Topo duduk terdiam
di pinggir pantai, ia tidak mendapatkan hasil apapun. Tiba-tiba Ki Ular
Topo mendengar suara anaknya yang masih berumur 7 tahun itu berteriak
keras memanggilnya dari tengah laut. Ia kaget dan suara itu menghilang
begitu saja. Ia berpikir mungkin suara itu hanyalah halusinasi karena
harapannya. Tiba-tiba dari belakang tubuhnya, ada yang menepak punggung
Ki Ular Topo dan ternyata itu adalah anaknya yang ia cari-cari.
Anak
itu berkata kepada ayahnya: ” Bapak tidak usah khawatir dan sedih lagi.
Aku baik-baik saja kok Pak. Aku sekarang diurus Bunda Ratu.” Ki Ular
Topo menjawab kata-kata anaknya itu:”Bunda Ratu? Maksudmu?” Anak itu
menjawab pertanyaan ayahnya: ” Bunda Ratu Kidul Pak. Penguasa Laut
Selatan. Pokoknya Bapak tenang saja dan ikhlaskan aku untuk pergiya
Pak. Ini semua kan tidak akan terjadi tanpa kehendak Gusti Ilahi Pak.
Kelak Bapak akan paham kok. Mulai saat ini, Bapak disebut juga Ki Ular
Topo ya. Itu julukan buat Bapak dari Bunda Ratu. Kata Bunda Ratu, nanti
tahun 2011 ketika Bapak mendekati umur 99 tahun, Bapak akan menjadi
orang tua yang banyak memberikan pertolongan kepada orang-orang yang
membutuhkan. Kata Bunda, Bapak akan wafat di usia 100 tahun setelah
Bapak banyak menolong orang dengan bantuan dari Bunda Ratu.”
Kemudian
anak itu menghilang begitu saja dari pandangan Ki Ular Topo. KiUlar
Topo belum paham persis apa yang disampaikan oleh anaknya itu. Namun,
selama berpuluh-puluh tahun, ia setiap malam Jumat rutin datang ke
pantai Jolosutro dan melakukan pertapaan selama 9 jam di pinggir pantai
itu walaupun selama bertapa, ia tidak mendapatkan apa-apa. Bertemu
dengan anaknya lagi pun tidak. Tapi ia memegang teguh kata-kata terakhir
anaknya itu kepadanya. Pada tahun 1999, istri Ki Ular Topo meninggal
dunia di usia 79 tahun. Sejak menghilangnya anak bungsu Ki Ular Topo,
satu demi satu anak-anak Beliau pun meninggal dunia sampai tersisa
tinggal 1 anak yang hingga saat ini masih hidup yaitu anak Beliau yang
pertama bernama R. CokroSuryo Wiguna Bimo Kusumo yang akrab dipanggil
Mas Bimo. Mas Bimo adalah teman akrab saya sejak kecil dan dari kecil,
saya seringkali main ke rumahnya sehingga saya pun sering bertemu dengan
Ki Ular Topo sejak kecil.
Akhir tahun 1999, Ki Ular
Topo yang sedang bertapa di Pantai Jolosutro, tiba-tiba didatangi sosok
wanita yang sangat cantik jelita berpakaian serba hijau dengan mahkota
emas di kepalanya yang berambut panjang. Sosok wanita itu berkata kepada
Ki Ular Topo: “Sudah puluhan tahun aku menunggu datangnya saat ini
sebagaimana engkau sudah bertapa selama puluhan tahun di pantai ini
wahai Sang Petapa Sejati yang sudah tua namun tetap gagah perkasa. Malam
ini aku menemuimu untukmewariskan Ilmu Ular Topo kepadamu wahai R.
Cokro Amin Wiguna Badi Kusumo. Dengan ilmu ini, kau akan mampu menolong
banyak manusia yang sedang terlilit masalah ekonomi di dalam bangsa yang
sedang terpuruk ekonominya ini. Kuberikan Kitab Ular Topo ini kepadamu
yang akan tamat kau pelajari selama 9 tahun. Hanya kamu yang bisa
menyentuh dan membukakitab ini. Bila ada orang lain yang mencoba
menyentuh dan membukanya tanpa izinmu, dia akan tersetrum energi listrik
yang sangat kuat sampaipingsan. Kamu boleh mempraktekkan keseluruhan
isi kitab ini bila kamu sudah berumur 98 tahun. Makanlah daun ini. Daun
ini bernama Daun Ular Topo. Jika kau memakannya, maka kau tidak akan
pikun walaupun sudah tua s/d akhir hayatmu dan ragamu pun tidak akan
lemah. Daun ini berasal dari dalam laut yang belum mampu dijangkau oleh
manusia karena keterbatasannya. Laksanakanlah pesan-pesanku dan jadilah
engkau wahai Ki Ular Toposebagai wakilku di pulau ini sesuai dengan
jati dirimu.” Ki Ular Topo bertanya kepada sosok wanita cantik jelita
ini: “Siapakah sesungguhnya engkau?” Lalu wanita itu menjawabdengan
keras: “Akulah Nyai Roro Kidul Sang Ratu Pantai Selatan yang banyak
dicari manusia yang mempercayai legendaku!”Ki Ular Topo langsung
bersujud kepada Ratu Kidul, namun Sang Ratu berteriak: Jangan! Aku tidak
layak dan pantas untuk mendapatkan sujud darimu manusia! Hanya Tuhanlah
yang berhak kau sujudi! Maka bersujudlah hanya kepadanya!” Ki Ular Topo
pun bersujud dengan niat sujud syukur kepada Tuhan atas anugerah yang
ia terima setelah berpuluh-puluh tahun melewati begitu banyak ujian
cobaan kehidupan.
Selama 9 tahun Ki Ular Topo
mempelajari kitab yang diberikan oleh Ratu Kidul kepadanya. Efek Daun
Ular Topo yang ia makan pun benar-benar terbukti.Walaupun umurnya
semakin tua, namun Ki Ular Topo tidak pikun dan tetap kuat raganya. Ki
Ular Topo menceritakan pengalamannya dengan Ratu Kidul kepada Mas Bimo
dan saya pada tahun 2010. Saya sangat tertarik dengan apa yang beliau
sampaikan waktu itu. Awalnya, saya tidak mempercayai cerita beliau.
Namun, saya banyak melihat secara langsung keajaiban pada diri Ki Ular
Topo. Saya pernah mengantar Ki Ular Topo kepasar di pagi hari. Ketika
di pasar, ada seorang ibu-ibu tua yang sedang belanja hendak dirampok
oleh 6 orang laki-laki bertubuh besar juga bertato. Melihat hal itu, Ki
Ular Topo berteriak lantang kepada para perampok itu dan seketika pada
saat itu para perampok itu jatuh terpental -/+ 5 meter seperti ada yang
mendorongnya dengan keras. Saya juga pernah melihat ada tetangga Ki Ular
Topo yang terkena santet cukup parah sampai-sampai setiap malam hari
orang itu muntah darah dan mengeluarkan beberapa paku dari mulutnya
ketika muntah. Ki Ular Topo mendatanginya dan memukul dada orang itu
hingga pingsan. Setelah orang itu siuman, ia tersembuhkan dari santet
yang menderanya. Esok harinya, ada kabar seorang dukun santet meninggal
dunia yang tidak jauh rumahnya dari rumah Ki Ular Topo.
Yang
lebih menarik lagi, saya dan Mas Bimo pernah diajak oleh Ki Ular Topo
pergi ke tempat pengungsian korban bencana lumpur panas Lapindo Brantas.
Disana Ki Ular Topo membagi-bagikan bantuan kepada masyarakat dengan
total dana yang dikeluarkan -/+ Rp2 miliar. Pada saat itu, sayadan Mas
Bimo tentulah bingung darimana Ki Ular Topo mendapatkan uang segitu
besarnya. Keanehan-keanehan sekaligus keajaiban-keajaiban tersebut
membuat saya takjub danmemutuskan untuk berguru supranatural dan
spiritual kepada Ki Ular Topo.
Mulai awal tahun
2011, Ki Ular Topo sering menerima banyak orang datang ke rumahnya
meminta bantuan keuangan dan mereka semua mendapatkan apa yang mereka
harapkan dari Ki Ular Topo. Berdasarkan penjelasan Ki Ular Topo kepada
saya dan Mas Bimo, pada akhir tahun 2010, Ratu Kidul mendatangi Ki Ular
Topo lagi untuk menyempurnakan Ilmu Ular Topo yang Beliau pelajari
selama 9 tahun. Ratu Kidul memerintahkan Ki Ular Topo untuk mulai
menerapkan totalitas Ilmu Ular Topo pada awal tahun 2011.
Saya
dan Mas Bimo awalnya bingung bagaimana dan darimana asalnya uang-uang
berjumlah besar yang ada pada Ki Ular Topo dan Beliau berikan kepada
orang-orang yang datang meminta bantuan kepadanya. Saya beranikan diri
menanyakannya kepada Beliau dan Beliau menjelaskan kepada saya. Ternyata
Ratu Kidul mempunyai anak-anak buah berwujudsiluman ular yang
didapatkannya ketika Ratu Kidul menaklukan Ratu Siluman Ular yang juga
terkenal yaitu Nyai Blorong. Siluman-siluman ular itu mempunyai
kemampuan mengambil uang-uang simpanan parakoruptor juga para mafia di
seluruh wilayah nusantara yang biasanya disimpan di lokasi-lokasi
penyimpanan rahasia mereka. Mereka bergerak setiap hari di malam hari
menghimpun uang-uang tersebut semenjak Ratu Kidul mengamanahkan Ilmu
Ular Topo kepada Ki Ular Topo.
yudha kelana

About these ads
 
187 Komentar

Ditulis oleh pada 10 Januari 2012 in Artikel

 

Tag: ,

187 responses to “MISTERI KEKAYAAN ULAR TOPO

  1. Kancane Pakdhe

    10 Januari 2012 at 22:16

    Jbt tgn, cablek, siku pelaku hrs lurus tdk boleh ditekuk(patent), ajukan pertnyaan 3 kl/3 mcm(minml) bruntun (wjb)berbarengan/brsamaan dg cablek (khdm msuk), jd obyk biasanya kaget, trtegun nah… Obyek cablek biasanya sadar stlh 5-10 mnt, kl via telp(pnghntr gelombng elektrn/enrgi) bs 15 mnt bhkn lbh br sadar… Kbtulan family prnh kena 7 tahunan ygll 3 jt(via telp)… Dg tatap mata, bicara jg bs…

     
    • yudha kelana

      10 Januari 2012 at 22:49

      gak pa pa …pakdhe jika tdk dishare ilmu gendamnya, padahal kalau buat membantu orang yg sakit bagus sekali kalau punya gendam..misal sakit gigi..jika orange takut di suntik dan dicabut giginya …ngobatinya jadi lebih gampang…anak yg rewel digendam biar tak rewel/nangis lg..jadi tergantung siapa yg pakai ilmu gendamnya.. mau dipakai buat kebaikan atau keburukan?…he..he…

       
      • Konco kenthele ...?

        10 Januari 2012 at 22:56

        Setujuuu…dikembalikan ke niatnya msg2…pak yudha sidoarjo pundi kalo blh tau?

         
  2. Mohamad soleh

    10 Januari 2012 at 22:18

    Milu nyimak ya…..

     
  3. Konco kenthele ...?

    10 Januari 2012 at 22:22

    Assalammualaikum wr wb…nderek nyimak dawuhe para sepuh njih..

     
    • saingane peternak gurami n bebek

      10 Januari 2012 at 22:28

      wangalaikumsalam wr wb.
      mggo pak kenthel…

       
      • Konco kenthele ...?

        10 Januari 2012 at 22:35

        Hihii,…Lha temenan lgsg di sambet e salah di sambut…td yg sms jngn to pak?

         
  4. Kancane Pakdhe

    10 Januari 2012 at 22:22

    Salim Kmas Sholeh…monggo panjenengan tentunya lbh tahu/faham bgmn/upaya apa spy slamat dr hal2 tsb

     
  5. Kancane Pakdhe

    10 Januari 2012 at 22:25

    Wa’alaikumsalam Pakdhe Konco Kenthel…hehehe bgmn, sehat2 ya? Amin

     
    • Konco kenthele ...?

      10 Januari 2012 at 22:31

      Alhamdulillah sehat pak sebaliknya demikian jg panjenengan sekeluarga sll dlm keberkahan.

       
  6. sun go kong

    10 Januari 2012 at 22:30

    uhk uhk uhk uhk uhk

     
  7. Shaun the wedus

    10 Januari 2012 at 22:32

    Wa’alaikumsalaam wr wb.
    Yo ditambahi sopo maneh iki ben rame ancur”-an…..
    kwkwkwk……
    Jan ra nggenah kabeh pancene…….

     
  8. kembarane pakdhe

    10 Januari 2012 at 22:33

    hahahaha…..

     
  9. Shaun the wedus

    10 Januari 2012 at 22:37

    Ki Go Kong pasti lebih tahu tuch… Gudangnya ilmu….

     
  10. Mohamad soleh

    10 Januari 2012 at 22:38

    Sama sama salim Km Kancane pakdhe justru saya harus banyak belajar……mungkin sesepuh yang lain punya masukan……..monggo…..

     
  11. Konco kenthele ...?

    10 Januari 2012 at 22:38

    Ayo podo di pake bjny masing2…kasihan yg mo masuk mumet bin ajep2….satu…dua…tigaaaa

     
  12. saingan peternak gurami n bebek

    10 Januari 2012 at 22:41

    iyo beke pak kenthel…

     
    • Konco kenthele ...?

      10 Januari 2012 at 22:47

      Pangapunten blm spt bls…sembari nunggu pakde pakde yg lain sy tak resik2 di blkg.

       
  13. Kancane Pakdhe

    10 Januari 2012 at 22:42

    Eneng-eneng wae jenenge… Ayo Kak GK diwedhar yg kmrn itu…

     
  14. Hr panca

    10 Januari 2012 at 22:43

    melu nyimaks bin nimbrung.

     
  15. Kancane Pakdhe

    10 Januari 2012 at 22:53

    Amin… Arisane apa ini mathuke ?

     
  16. Shaun the wedus

    10 Januari 2012 at 22:56

    Monggo lurrrr….. dilanjut… sy mencicil kerjakan pe-er dulu…….
    BLEB.

     
  17. atman

    10 Januari 2012 at 23:01

    wah PR apa nih mbah shaun kayaknya wigati banget

     
  18. yudha kelana

    10 Januari 2012 at 23:06

    met mimpi indah met mlm ijin off dulu

     
  19. atman

    10 Januari 2012 at 23:09

    kalo diseblek buru buru diseblek gentian
    kalo di towel menolehnya berlawanan dari arah bagian yg ditowel agar tdk terkena gendam

     
  20. Kancane Pakdhe

    10 Januari 2012 at 23:09

    Mas Yudha, bkn tdk mau kmas, tp mmg tdk punya. Kl smpean mau belajar sm yg bs sj, ada kok nmrnya. Kl utk pngobatan sprt itu pake hypno. Monggo Pak Shaun, monggo dulur2 yg br hdr…

     
    • atman

      10 Januari 2012 at 23:17

      anak anak udah dikasih makan belum

       
    • bejo

      11 Januari 2012 at 16:51

      sip kancane pakdhe udah bagi..bagi rahasia tehnik gendam plus penangkalnya.top markotop!

       
  21. atman

    10 Januari 2012 at 23:22

    lha kok ngilang

     
  22. Kancane Pakdhe

    10 Januari 2012 at 23:23

    Hehehe…sdh tadi sore, kbetulan pas ndak numpuk acrnya…

     
  23. Daffa

    11 Januari 2012 at 00:07

    Udah bubar to

     
  24. Sangga

    12 Januari 2012 at 11:54

    Salam kenal smuwx,brangkali da yg mengrti maksud dr mimpi ane.kmrin malem ane mimpi d daerah q kedatangan nyi roro kidul n maksud kedatanganya adlah mencari seseoran.tp q melihatny dg wjah kayak marah.tlong bg sedulur2 yg mengrti mhon d ksih penjelasan.wassalam..

     
  25. PADEPOKAN SUPRANATURAL DAN BENDA BERTUAH

    13 Januari 2012 at 00:07

    Salam rahayu untuk semua para sesepuh dan sedulur semua. Izinkan saya Ki Anom Suro dari Padepokan Supranatural dan Benda Bertuah, untuk sedikit berbagi sebuah riyadoh keilmuan beralirkan Ilmu Hikmah bernama “Azimah Sholat Sehat”. Keilmuan ini adalah sebuah riyadoh dan usaha kita, sebagai sarana untuk memohon kesembuhan dan dihilangkan dari segala hal negatif, atas izin dari Allah SWT. Keilmuan ini juga bisa dipakai untuk mengobati orang lain yang menderita penyakit medis, mau pun non medis.Untuk melakukan riyadoh keilmuan ini tidak perlu melakukan puasa atau pun ritual lainnya. Karena kunci dari Riyadoh Keilmuan ini adalah keyakinan dan keistiqhomahan dalam menjalankannya. Berikut tata caranya:
    1. Lakukan sholat hajat 2 rakaat dengan niat
    USHOLLI SUNNATAN LITHOLABIS SEHAT ROK’ATAINI LILLAHI TA’ALA

    2. Selesai sholat, simpan 1 gelas air mineral di hadapan anda lalu baca:
    -ILA HADROTIN NABIYIL MUSTOPA RASULILLAHI SAW ALFATIHAH (baca Al-Fatihah 1x)
    -TSUMA ILA HADROTI MBAH KUWU CAKRA BUANA MA’AL KHODAMI MASJID AGUNG KASEPUHAN CIREBON SYAIU LILLAHI LAHUM AL-FATIHAH (baca Al-fatihah 7x)
    -TSUMA ILA HADROTI YA RIJALULLAH RUHI WAJASADI HABIB SYEIKH NUR ALI SUMUR PONDOK PESANTREN AL-FATIHAH (baca Alfatihah 1x)
    -Al-Fatihah 70x
    -Al-Ikhlas 70x
    -Al-Falaq 70x
    -AN-NAS 70x
    -AYAT KURSYI 70x.
    Sebutkan hajat dengan rangkaian kata masing-masing, kemudian tiupkan ke air mineral, minumkan lalu balurkan ke bagian badan yang sakit. Semoga bermanfaat.

    Ki Anom Suro
    http://supramistik.wordpress.com

     
  26. Haji albanteni

    3 Juni 2013 at 00:56

    Ass.. Saya tinggal di banten, pekerjaan berdagang pakaian.. Mohon dibantu supaya usaha saya lancar rezeki/ untungnya berlimpah,,konsumen tertarik dngn dagangan saya,,atas wejanganya sebelumnya saya ucapkan terimakasih

     
  27. J. susanto

    16 Agustus 2013 at 20:54

    ass nuwun ngampunten sadurunge. saya punya usaha dan bulan lalu baru mendapat musibah kemasukan pencuri. semua komputer dan isinya hilang. kalo boleh saya minta bantuan untuk dapat menemukan paling tidak sedikit dari barang2 tersebut. Jika Tuhan menghendaki.

     
  28. Stefan Rinaldi

    16 September 2013 at 18:42

    Assalammualaikum, semoga kita semua selalu di berikan rahmat dan hidayah oleh Allah swt.

     
  29. Sandi Kaladia

    25 Desember 2013 at 04:05

    Dimana Keraton SRI BIMA PUNTA NARAYANA MADURA SURADIPATI?
    “BOA-BOA” itu bukan KERATON BERJAJAR LIMA, tapi bisa jadi sebuah keraton yang bernama: Sri Bima Punta Narayana Madura Suradipati.
    Ada kemungkinan kata kuncinya adalah SRI BIMA.
    Sri = Sari = Inti = PUSAT
    Bima = Titik BUMI
    Sri Bima = PUSAT TITIK BUMI
    Mungkin arti dari Sri Bima adalah PUSAT TITIK BUMI = SUNDAPURA = SURALAYA = PARAHYANGAN.

    Bisa jadi ini keraton ‘Khalifatulard’ sebagai PUSAT DUNIA atau IBUKOTA DUNIA. Jika demikian tentu berbeda dengan Keraton Galuh atau Keraton Pakuan yang cakupannya hanya seluas Nusantara.

    Dimana Telaga MAHA RENA (Rena Maha Wijaya)?
    Maha Rena = AREAL YANG SANGAT LUAS.
    Telaga yang paling besar di Jawa Barat telaga apa?
    Jangan-jangan adalah TELAGA BANDUNG atau DANAU BANDUNG.

    Apa itu Lawang Saketeng?
    Lawang Saketeng kemungkinan SANGHYANG TIKORO yang berpungsi untuk memempat saluran air agar Danau Bandung berisi air atau sebaliknya.

    Apa itu GUGUNUNGAN yang dibuat oleh Prabu Siliwangi?
    Gugunungan adalah GUNUNG BOHONG-BOHONGAN, yaitu bukan gunung alam tapi gunung yang sengaja dibuat agar tanah menjadi tinggi & tidak terendam oleh Danau Bandung.
    Gunung Bohong-bohongan bisa dicurigai adalah GUNUNG BOHONG yang terletak antara CIMAHI~BATUJAJAR.

    Prabu Siliwangi mengeraskan jalan dengan batu atau batu yang ditata berjajar sebagai pengeras jalan, dimana lokasinya?
    Sepertinya lokasi yang logis yaitu di BATUJAJAR.

    Dimana Nusalarang?
    Apakah Nusalarang adalah PADALARANG?

    Dimana Hutan Samida?
    Samida = SAMIDANG
    Samidang merupakan kata “sawanda” dengan SUMEDANG.

    Perhatikan di Pusat Parahyangan dikenal istilah:
    1)KEBON RAJA atau KEBUN KERAJAAN. Kebun Kerajaan apa ya?
    2)TAMAN SARI atau TAMAN KERAJAAN. Taman Kerajaan apa ya?
    3)TEMPURAN SUNGAI & Pulau Sari di Sungai Cikapundung.

    Maaf saya hanya iseng sambil MERABA-RABA SAJA dan belum pasti kebenarannya, namun PATUT DICURIGAI sebagai target penelitian.

    Selamat berandai-andai
    Terima kasih.

     
  30. kunanto

    26 Februari 2014 at 22:40

    Tiap bulan uang saya diambil oleh anak buahnya nyi blorong 500 ribu padahal saya buruh pabrik bukan koruptor, bisa kasih tahu alamat ki ular topo

     

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: