BAB SOLAWAT DAN USHOL SOLAWAT NABI

langlang buwana asror.syaahadat@gmail.com

Assalamu’alaikum wr.wb
Bismillahirrohmanirrohim alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wasalamu ‘ala asrofil anbiya walmursalin. amin
Salam silaturahmi kepadakang Risang, kang ahmad.R, dan semua sesepuh SonggoBumi yang tidak mungkin bisa saya sebut satu per satu,juga tak lupa untuk para pembaca semua.
Dan tak lupa saya ucapkan selamat atas miladnya SBM yang sejuk ini yang di tata secara apik oleh kang Risang,kang ahmad, dan sesepuh yang lain smoga slalu dalam berkah Allah S.W.T amin.
Langsung saja kang saya mohon ijinnya menulis sedikit artikel yang mungkin berguna bagi semua dan sebelum saya menuliskan beberapa sholawat,serta istighosahnya, di bulan yang baik ini saya coba menulis silsilah / ushol untuk semua sholawat nya terlebih dahulu karna ini penting bgi setiap pembacaan sholawat terutama bagi saya yang kotor ini. Di sebut doa ushol karna ini doa untuk menyambungkan/ menyampaikan sholawat kita kepada rosul kita Nabi MUHAMMAD S.A.W.
Sebagaimana firman ALLOH S.W.T :
” Sesungguhnya Allahdan malaikatnya bersholawat kepada Nabi, hai orang2 yang beriman bacalah sholawat dan salam kepadanya.”
Begitu pula sabda Nabi Muhammad S.A.W :
” Bacalah solawat padaku ,sesungguhnyabacaan solawat padaku adalah penebus dosamu dan pembersih bagimu.Oleh karena itu barang siapa yang membaca solawat padaku sekali maka allah memberinya rahmat sepuluh padanya.”
Maka dari pada itu perbanyaklah membaca solawat karna begitu banyak faidah, khususnya untuk mendapat syafa’at baginda nabi Muhammad S.A.W. sekalipun tidak khusu dalam pembacaannya tetap akan diterima Allah tapi alangkah baiknya kita bersolawat dengan khusudan memperbagusnya serta mengingat baginda nabi . karena kita tidak tau apakah solawatnya disampaikan kepada nabi atau tidak ?. sebagaimana sabda baginda nabi Muhammad S.A.W :
” Idza sholaitum ‘alaya fa ahsinus sholata fainnakum la tadruna la’alla dzalikayu’rodhu ‘alaiya qulul lahummaj ‘al sholawatika waabarokatika….”
Yang artinya “Dimana di antara kalian yang membaca solawat maka perbaguslah dalam membaca solawat itu karna diantara kalian tidak mengetahui apakah pembacaan solawatnya disampaikan kepada ku atau tidak” mudah mudahan saja solawatitu disampaikan kepadaku.maka baca oleh kalian :
ALLOHHUM MAJ’AL SHOLAWATIKA WABAROKATIKA ‘ALA SAYYIDIL MURSALIN WA IMAMIL MUT TAQIN WA KHOTIMIN NABIYYIN SAYYIDINA MUHAMMADIN ‘ABDIKA WAROSULIKA IMAA MIL KHOIRI WAQOO IDIL KHOIRI WAROSULIR ROHMATI ALLOHUMMAB ‘ATSHUL ( pake huruf TSA) MAQOMAL MA H MUDAL LADZI YAGHBITUHU FIHIL AW WALUNA WAL AKHIRUNA.
Doa ushol solawat ini dibaca 1X saja setelah membaca sholawat apa saja insya allah sampai kepada baginda rosul S.A.W sebagaimana sabdanya di atas, amin. Dan sebelum membaca solawat bacalah terlebih dahulu :
“INNALLOHA WAMALA IKATAHU YUSHOLLUNA ‘ALAN NABI YA AYYUHAL LADZINA AMANU SHOLLU ‘ALAIHI WASAL LIMU TASLIMAN’
Dan berikut saya mulai dengan membahas solawat pertama yang di ambil dalam kitab solawat yaitu ‘ majmu’as sholawat ‘ala sayyidis sadat ” bab awal yaitu..
1.SOLAWAT TAISIR
“ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALA SAYYIDINA MU H AMMADIW WA’ALAA ALI SAYYIDINA MU H AMMADIN
SHOLATAN TAFTA H ULI BIHA BAA BAR RIDHO WATTAISIR WATAGHLIQU BIHA ‘ANNI BAA BASY-SYARRI WAT TA’SIR WATAKUNULI BIHA WALIY YAW WANASHIRON YAA NI’MALMAULA WAYA NI’MAN NASHIR.
Ini solawat taisir artinya solawat untuk memudahkan dan melancarkan suatu perkara yang menyusahkan / yang susah susah, dan dalam tiap satu kali membaca solawat taisir harus di tambah doa ini : ini doa untuk mahabbahnya .
“WA ‘AT THIF QULUBAL ‘ALAMINA BI ASRIHIM ‘ALAIYA WA ALBISNI QOBULAM BISYALMAHAT.
Kalau faidahnya ini solawat “dimana mana ada perkara/urusan yang susah/ sangat susah atau kurang lancarnya urusan apa saja terutamayang ada ikatannya erat dengan rizqi,seperti beratnya dan gelisahnya hidup atau sering kita sebut dengan sengkolo apa saja , susah hasilnya suatu maksud, susah mencari pekerjaan /usaha, dan sebagainya.dan di beri mahabbah yang sangat. maka berikut kaifiyatnya:” BACA SOLAWAT DAN DOANYA TIAP BA’DA FARDHU SHOLAT 5 WAKTU SEBANYAK 7X DAN TIAP MALAM SEBANYAK 111X DAN DAWAMKAN”.
Maka itu semua perkara yang susah susah oleh allah akan di mudahkan dan di lancarkan dan semua maksud akan di beri pertolongan dan dalam keridhoan allah S.W.T.
Dan Dawuhan Imam ABU ‘ABBAS BIN ALI ALBUNI R.A. :
” Barang siapa yang mau mendawamkan solawat taisir 7x ba’da fardu dan di tambah 111x sehari maka tidak akan sampai satu tahun kecuali dia akan di sugihkan( dikayakan) oleh allah S.W.T dan setiap orang yang melihatnya akan menyukainya.”
Mudah mudahan bermanfa’at saya ijazahkan untuk smua yang mau mengamalkan guna meramaikan solawat untuk mendapatkan syafa’atnya itu yang terpenting dan umumnya untuk semua yang sudah saya jelaskan di atas..amin, insya alloh kalau ada umur dan allah mengijinkan saya postingsolawat ‘alil qodri, solawat ‘adzomil muabbad,solawat yada’imul fadli,solawat midroron,solawat nabiyi thohir, dan lain lain juga kaifiat tatacara dan istighosahnya khusus di SBM ini,mohon dimaafkan jika ada salah2 kata dan tata krama yng kurang baik khususnya untuk kang Risang, kang Ahmad.R dan semuanya. washolallohu ‘ala sayyidina muhammad wa’ala alihi washohbihi wasallam walhamdulillahirobbil ‘alamin .akhirul kalam Wasalamu’alaikum W.r W.b..
NB : huruf yang di garis bawah merupakan huruf kecil ” H ” dibaca H kecil.
maaf saya belum bisa menulisnyadalam b.arabnya
Lang_lang Buwana.

About these ads

57 Komentar

Filed under Artikel

57 responses to “BAB SOLAWAT DAN USHOL SOLAWAT NABI

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s