RSS

NGAJI SURAT AL-QODAR

14 Mar

Assalamu alaikum wrwb.Kalau tulisan sebelumnya ada NGAJI SYUKUR.Sekarang ngaji bareng surat alqodr.
Ngaji kalau di jawa identik dengan membaca alquran.Namun ngaji bermakna luas ngaji(mengkaji),bisa ngaji quran,ngaji roso,ngaji boso,ngaji uang(ilmu kaji duit) dll.
Ternyata kesempatan ngaji masih ada walau kita disibukan dengan urusan lain.Kita bisa ngaji alam,ngaji roso lewat pergaulan kanan kiri ngaji lewat quran pun bisa walau beberapa menit.

Kali ini bareng2 ngaji surat alqodr.Mau diamalkan silahkan.Mau buat sekedar bacaan ringan silahkan.
Surat alqodr termasuk surat pendek yang banyak kegunaanya secara hikmah baik dikaji dari hadits2 maupun ungkapan2 para ulama terdahulu.

Menurut kajian hadits:
-barang siapa membaca surat alqodr mendapat pahala puasa dibulan romadhon bila ia beribadah pas malam lailatul qodar.
-barang siapa membaca surat alqodr 100x niscaya alloh masukan ismul adzom kedalam hatinya dan bila ia mendoa maka diterima doanya.
-barang siapa membaca dihari jumat surat alqodr 1000x ia tidak akan mati sebelum melihat rosululloh saw dalam tidurnya.
-nabi saw bersabda:maukah kalian dibentengi alloh dari iblis seperti bentengnya ya’juj dan ma’juj? Para sahabat menjawab:mau ya rosululloh.Nabi saw bersabda:bacalah surat alqodr pagi dan sore 3x lalu ikuti dengan doa YAA ALLOH YAA SHOHIBUL QUDROTI FARRIJ ANNII HAMMI WA KARBI artinya:ya alloh yang mempunyai kekuasaan lepaskan diriku dari kedukaan hati dan kesusahan(karena pengaruh iblis.

Menurut kajian ulama ilmu hikmah.
Surat alqodr dapat dinisbahkan dalam pembacaan HIZIB SAIFI YAMAN.Maksudnya bukan surat alqodr dibandingkan dengan hizib saifi yaman,namun bila kita ingin mengamalkan hizib saifi yaman namun terpancang karena begitu panjangnya hizib saifi yaman maka kita dapat mewiridkan surat alqodr sebagai gantinya.40x pembacaan surat alqodr dinisbahkan dengan 1x pembacaan hizib saifi yaman.
Hizib saifi yaman juga sebuah doa panjang dari rosululloh saw.Diriwayatkan malaikat jibril memberikan hizib saifi yaman kepada rosululloh saw dan berkata jibril:sesungguhnya doa saifi yaman mengandung 12.000 manfaat.6000 manfaat didunia dan 6000 manfaat diakherat.
Karena begitu banyaknya khasiat hizib saifi yaman maka para ulama memberi nama yang berbeda2 hizib ini.Diantaranya:hizib ismul adzom,doa saifulloh,yamin wa qudrotulloh,burhan ya’dulloh dan masih banyak nama2 lain dari doa ini.
Diantara khasiat doa saifi yaman:
1.Jika seseorang tetap istiqomah bacaan nya, di pagi dan sore, niscaya Allah mengasihi dia dengan kasih yang khusus.
2.Jika seseorang tetap dalam pembacaan, dalam pagi dan sore hari, dosa tidak akan menempel terhadapnya.
3.Jika seseorang tetap dalam bacaan dipagi dan malam hari Allah akan memberinya pengampunan untuk semua dosa-dosanya yang dilakukan sebelumnya.
4.Jika seseorang mengucapkan itu dalam satu tahun, dosa-dosa yang telah dia lakukan pada tahun itu tidak akan dicatat.
5.Untuk seseorang yang mengucapkan, niscaya Allah akan memberinya pahala untuk puasa Ramadhan.
6.Jika seseorang melafalkan itu empat puluh satu kali, Allah akan memberinya bakat karismatik seperti orang-orang suci, dan Ia akan menyebabkan dia menjadi lentera bagi mereka di setiap tempat apapun, dengan Izin-Nya.
7.Jika seseorang melafalkan tiga kali setiap pagi, sampai total empat puluh pagi, ia akan mendapatkan karisma orang-orang suci, dan ia akan menjadi sosok yang indah dan dihormati di antara sesama makhluk-Nya, orang yang tidak bertentangan tidak menentang.
8.Jika seseorang melafalkan itu empat puluh satu kali, di setiap empat puluh pagi berturut-turut.Allah akan menyebabkan dia mencapai tingkat kesucian.
9.Jika seseorang ingin melihat salah satu dari para nabi, atau salah satu orang suci, atau anggota keluarganya atau salah satu sanak keluarganya, maka membacanya empat puluh satu kali,untuk kemudian dia akan melihat orang itu, dengan izin Allah.
10.Jika seseorang melafalkan diniatkan untuk dirinya sendiri dan orang tuanya, empat puluh satu kali, mereka tidak akan mengalami kesulitan di dunia ini maupun kesulitan di akhirat.
11.Jika seseorang melafalkan itu satu kali, Allah akan menyelamatkan dia dari kematian mendadak (kecelakaan, kebakaran).
12.Jika seseorang melafalkan itu empat puluh satu kali, untuk menemui nabi Khidir as,nabi Khidr as akan datang kepadanya.
13.Jika seseorang tekun tetap dalam pembacaan, ia tidak akan meninggalkan dunia ini tanpa iman yang benar, bahkan jika perbuatannya adalah tidak tepat.Bahkan jika dosa-dosanya seperti busa laut.Allah akan mengampuni dia dengan nikmat anugerah-Nya, dan Dia akan mengampuni dia dengan pengampunan sejati.

Itulah diantara khasiat hizib saifi yaman.Namun hizib ini cukup panjang.Maka hal tersebut dapat dinisbahkan dengan wirid surat alqodr(40x alqodr:1x hizib saifi yaman).

Kajian dari ilmu kewalian jawa.
Riyadhoh surat alqodr dengan cara diwirid 1000x pada bulan ruwah(sya’ban)selama sebulan penuh adalah laku untuk meraih wahyu tajjali(dalam cerita wayang wahyu tohjali).Maka orang jawa meyakini dibulan ruwah para arwah diberi kesempatan turun ke dunia.Kalau tradisi banten bulan sya’ban bulan yang bagus untuk mengasah ilmu batin/menurunkan ilmu.
Demikian kajian surat alqodr semoga dapat menambah wawasan kita.

About these ads
 
189 Komentar

Ditulis oleh pada 14 Maret 2012 in Artikel

 

Tag: ,

189 responses to “NGAJI SURAT AL-QODAR

  1. Belma

    14 Maret 2012 at 04:22

    sikok

     
  2. Belma

    14 Maret 2012 at 04:23

    dua

     
  3. Belma

    14 Maret 2012 at 04:24

    tige

     
  4. Belma

    14 Maret 2012 at 04:24

    empat

     
  5. Belma

    14 Maret 2012 at 04:25

    limak

     
  6. Belma

    14 Maret 2012 at 04:25

    enam

     
  7. Belma

    14 Maret 2012 at 04:26

    tujo

     
  8. Belma

    14 Maret 2012 at 04:27

    lapan

     
  9. Belma

    14 Maret 2012 at 04:27

    sembilan

     
  10. Belma

    14 Maret 2012 at 04:28

    sepulo

     
  11. Belma

    14 Maret 2012 at 04:30

    alqodar dibaca tiap habis sholat magrib 1x kuburanya akan terang benderang.
    kalau disiksa sama malaikat munkar nakir dalam keadaan terang benderang he..he..he..he

     
  12. Belma

    14 Maret 2012 at 04:48

    al Ihklas 9 x ditelinga kanan
    al qodar 9 x ditelinga kiri
    dibacakan kepada anak waktu tidur. menurut keterangan difathul mu’in anak akan menjadi soleh-soleha dan tidak akan berbuat maksiat. saya baru membuktikan pada anak saya berumur 8 tahun , cewek, tiap kali dia mendengar azan lagi bermain apapun lansung dia tinggal dan ngacir kemasjid. kalau ketiduran dan gak bisa sholat asar berjama’ah dimasjid mamanya diomel-omelin kenapa dia gak dibangunkan waktu azan asar. padahal mamanya kasihan karena baru pulang sekolah jam 1 atau jam 2 sedangkan masuknya jam 7.15.
    yang mau ikutan, monggo saya persilahkan…………………………

     
    • pelan_pelan_saja

      14 Maret 2012 at 13:41

      wahhh nice share mas.tak ikut nyontex mas.

       
  13. Alghifari

    14 Maret 2012 at 05:30

    Assalamualaikum,
    qobiltu, ijin nyimak.

     
  14. "ADHI. K"(~_~¿

    14 Maret 2012 at 06:02

    Absen pgi ..
    Met aktivits..all
    ikut nyimk ..

     
  15. @joe

    14 Maret 2012 at 06:16

    alhamdulillah…
    kang belma mborong eung…

     
  16. @joe

    14 Maret 2012 at 06:18

    salim Alghifari, mbah ADHI K, dan semua sedulur

     
  17. orgib

    14 Maret 2012 at 06:19

    assalamualaikum…,salim salim kangmas smua.,met pagi semua dan slamat menjalankan aktipitas dan mendapt hasil yg berkah dan slalu dalm lindungan ALLAH SWT AMIIIN.

     
  18. orgib

    14 Maret 2012 at 06:23

    gus belma km alghifari km adhi km j0e…salim salim smua..
    Surat alqodr kl0 d gunakan untuk mahabah dan pelet hasilnya mantap atas izin allah tentunya

     
  19. yudha kelana

    14 Maret 2012 at 06:47

    met pagi met beraktifitas….

     
  20. banyugeni

    14 Maret 2012 at 06:50

    absen pagi,langsung mbabrat ke daerah klambu.

     
  21. Alghifari

    14 Maret 2012 at 08:04

    asalamualaikum..wr-wb.
    absen pagi,salam hormat buat
    @ romo kyai risang,ki ahmad rock,ki banyugeni, ki masnunub,ki kamajaya,kigiri,ki jbk,ki arief,ki zakky,ki war,ki sdmulyo,ki go kong,ki sabrang,ki maning,ki daffa,ki @joe,ki bejo ndalek,mba jagad Arasy, km mbohol, ki denwiek, kang langlang-buwana, mbah gempleng, kang supernova, ki lilo, ki tapak sakti, ki sabrang, gus Daffa, ki Belma, ki kinyan, ki sammy,ki jagar@ksa, Singo dirono, Mas Cetho, wali9puluh, Orgib, laskar jawi, mbah jambrong jpr, ki enda, ki gelung hitam, majubie, sanggu, yudha kelana, ki glondorz dan BB lover lainnya mohon maaf kalo tidak di sebutkan. selamat beraktivitas semua

     
  22. mbahglempeng

    14 Maret 2012 at 08:19

    asalmualikum met pg dan met brsibuk ria,salim bt semua yg dah Ol,
    mbah belma,Km alghifari,km banyugeni,km @joe,km orgib,km yudha-k,km adhi,
    bt kangmas dan teteh smua,slm brserta salim.
    untuk kang mas guru,kyai risangmukti,dan km ahmadrock.juga para admint,slm hormat dan slmt braktifitas.

    ijin nyimak,tetep asah,asih,asuh.

     
  23. m@ning

    14 Maret 2012 at 08:22

    nderek nyimak
    salam

     
  24. banyugeni

    14 Maret 2012 at 08:42

    orang orang lagi pada mengasah pukulan jarak jauh plus2.

    http://ahmadrock.mywapblog.com/files/jarak-jauh-tanpa-emosi.mp4

     
  25. mbahglempeng

    14 Maret 2012 at 08:58

    kang m@ning,gimane kbr nye,..? slm kang.
    gus banyu,manteb dah biar tambah tajem pukulanya.

     
    • banyugeni

      14 Maret 2012 at 09:20

      itu bukan saya mbahglempeng,itu pukulan jarak jauh tanpa emosi cuma 1/4 kekuatan yg dipakai..he3x.

       
  26. Samy . . .

    14 Maret 2012 at 09:14

    absen pagi . . .
    nyimak mawon . . . .

    salam buat sdlr2 semua . . .

     
  27. zakky

    14 Maret 2012 at 09:15

    ASSALAMUALAIKUM WRWB, ABSEN PAGI MENJELANG SIANG, SALAM SALIM KAGEM GUS BANYU, GUS BELMA,GUS ALGHIFARI,MBAH GLEMPENG,GUS YUDA KELANA,GUS ORGIB,GUS @JOE,GUS ADHI,DAN TERUTAMA KYAI RISANG DAN KYAI AHMADR…..NDEREK NYIMAK, SELAMAT BERAKTIFITAS SEMOGA DIMUDAHKAN SEGALA URUSAN OLEH ALLAH SWT…….AMIN

     
  28. arief®

    14 Maret 2012 at 09:16

    absen pagii..
    met braktifittas…moga sukses.

     
    • mbahglempeng

      14 Maret 2012 at 09:25

      walaikum slm wr-wb,.. kangmas,zakky,gus sammi,kangmas arief®….amin atas sgala doa nya.slm hormat bt pnjenengn smua.

       
  29. zakky

    14 Maret 2012 at 09:20

    SALIM GUS SAMY,.HEHEHE,KELEWAT

     
    • Samy . . .

      14 Maret 2012 at 09:31

      salam salim ugi mas Zakky. . .
      ampun ngangge gus to mas, lha cm cah ngarit kr angon kebo, mas opo om opo lik gitu sj. . .
      omg2 njngn Sleman-e ngendi mas? klo sy klaten ndeso sisih etan.

       
  30. zakky

    14 Maret 2012 at 09:23

    GUS M@NING,,,SALAM SALIM…HEHEHE KELEWAT JUGA ,MET AKTIFITAS

     
  31. Zakky

    14 Maret 2012 at 10:45

    Mas Samy…saya sleman timur,dekat prambanan ,,Njenengan klaten mana kalau boleh tau

     
    • Samy. . .

      14 Maret 2012 at 11:21

      Berarti seputaran Kalasan yo mas….
      Klo sy didaerah pedan mas Zakky…

       
  32. denwiek

    14 Maret 2012 at 11:13

    assalamu’alaikum wr.wb

    salam sejahtera bagi kita semua, semoga allah ta’ala ridho atas tindakan kita yg baik-baik tentunya, dan senantiasa memberikan ampunan atas segala kesalahan kita.

    Salam-salim kagem sedulur sekalian.

     
  33. Sabrang

    14 Maret 2012 at 11:33

    Asalamu alaikum wr wb
    Salam salim sedoyo mawon…

    Qobiltu..dulu mbahe risang…

    Gus banyugeni …wah mantap pukulaan jarak jauh…nya

     
  34. banyugeni

    14 Maret 2012 at 11:37

    he3x sudah dibilangin itu bukan saya.itu orang akdt mas kinyan.

     
    • banyugeni

      14 Maret 2012 at 11:41

      weih kok mas kinyan,mas sabrang maksudnya.

       
  35. Sabrang

    14 Maret 2012 at 12:13

    Tak kirain njenengan…gus…

     
    • banyugeni

      14 Maret 2012 at 12:26

      he..3x,itu anggota tingkat 2 mas sabrang,tingkatannya ada 9 .kalau aku nonton wae lah.

       
      • miftah

        14 Maret 2012 at 22:25

        mas banyu geni nonton mergo sing dadi gurune toh

         
  36. SUN GO KONG

    14 Maret 2012 at 12:50

    Heik heik heik heik heik

     
  37. SUN GO KONG

    14 Maret 2012 at 12:56

    Disini senang
    disana senang dimana-mana senang

     
  38. Sabrang

    14 Maret 2012 at 13:29

    Sy pun baru nonton..tkt 9 lgi daysat..ya…

    Mbah gokong sy tak tepuk pramuka…pruk..pruk….100x heik..heik,..heik…

     
  39. Cilintrik

    14 Maret 2012 at 13:36

    Ass.. Absen siang langsung ijin ntuk mengamalkan mbahe risang,jg mbah belma smga brmangpaat dunia akhirat. Dan semoga kita semua khusus’x KELUARGA BESAR SONGGOBUMI MENDAPAT RAHMAT DI AKHIRAT nanti jg pada umum’x muslimin dan dan muslimat di seluruh dunia. AMIIIINN…..

     
  40. SUN GO KONG

    14 Maret 2012 at 13:51

    Kalau masalah pukulan jarah jauh yang tanpa emosi sdh lama diketahui

     
  41. semprul enam

    14 Maret 2012 at 14:18

    asalamualaikum .dik sun go kong memang pukulan jarakjauh tanpa emosi sudah lama ada tapi banyak juga yg belum bisa menguasainya atau tidak mudah.bahkan ada yg pukulan jarakjauh yg mampu memecah batu.

     
  42. banyugeni

    14 Maret 2012 at 14:34

    setubuh kang semprul ,bahkan memang ada yg mampu mecah batu padas.

     
  43. majubie@

    14 Maret 2012 at 14:42

    assalamu’alaikum…..absen siaaaang….salaaam saliiim smuanya.. ^_^

     
  44. "ADHI. K"(~_~¿

    14 Maret 2012 at 14:42

    Nyimak aj…
    La wg sy pklan jrk dkt dg emosi aj lom bs ko’…

     
  45. Cilintrik

    14 Maret 2012 at 14:43

    Mbah banyu kaya’x bisa tuh di babar tehnik’x biar nambah ilmu..hehe.ngarep.com

     
  46. denwiek

    14 Maret 2012 at 14:48

    ikutan blajar ah … sip … sip … sip

     
    • banyugeni

      14 Maret 2012 at 15:00

      la ini ngangsu kawruh ke mbah denwiek saja..

       
  47. banyugeni

    14 Maret 2012 at 14:55

    paling tidak kuasai dulu model ilmu silat karomah..dll,pakai asma senggoro geni juga bisa,tapi secara umum kebanyakan diperguruan pukulan memanfaatkan lawan emosi,tapi untuk lawan tdk emosi tdk gampang .selengkapnya tanya ahlinya he3x.

     
  48. SUN GO KONG

    14 Maret 2012 at 15:06

    Tapi ada teknik lebih tinggi lagi ,sambil guyon tiba-tiba lawan jatuh atau kita sentil telinganya cuma perlu tahunan diasah

     
  49. denwiek

    14 Maret 2012 at 15:09

    emosi … emosi …. iya bener jgn emosi, kalau bisa yg mau mukul kita bikin emosi … jadi pukulannya berbalik ke diri mereka sendiri, atau gunting kuku kita dikit, lalu campur dengan air, trus airnya kita minum (untuk antinya) … katanya sih … sy blm pernah nyoba …. soalnya ndak pernah kelahi …. krn sy penakut.

     
  50. banyugeni

    14 Maret 2012 at 15:15

    mas gokong,.itu sama saja mas cuma beda pengaplikasiannya.
    Mbah denwiek..dilanjut mbah tehnik pakai kuku ..
    Bisa aja mbah denwiek he3x,la wong kumpulnya mbah yai basyir pasti tokcek.

     

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: