RSS

NGAJI SURAT AL-QODAR

14 Mar

Assalamu alaikum wrwb.Kalau tulisan sebelumnya ada NGAJI SYUKUR.Sekarang ngaji bareng surat alqodr.
Ngaji kalau di jawa identik dengan membaca alquran.Namun ngaji bermakna luas ngaji(mengkaji),bisa ngaji quran,ngaji roso,ngaji boso,ngaji uang(ilmu kaji duit) dll.
Ternyata kesempatan ngaji masih ada walau kita disibukan dengan urusan lain.Kita bisa ngaji alam,ngaji roso lewat pergaulan kanan kiri ngaji lewat quran pun bisa walau beberapa menit.

Kali ini bareng2 ngaji surat alqodr.Mau diamalkan silahkan.Mau buat sekedar bacaan ringan silahkan.
Surat alqodr termasuk surat pendek yang banyak kegunaanya secara hikmah baik dikaji dari hadits2 maupun ungkapan2 para ulama terdahulu.

Menurut kajian hadits:
-barang siapa membaca surat alqodr mendapat pahala puasa dibulan romadhon bila ia beribadah pas malam lailatul qodar.
-barang siapa membaca surat alqodr 100x niscaya alloh masukan ismul adzom kedalam hatinya dan bila ia mendoa maka diterima doanya.
-barang siapa membaca dihari jumat surat alqodr 1000x ia tidak akan mati sebelum melihat rosululloh saw dalam tidurnya.
-nabi saw bersabda:maukah kalian dibentengi alloh dari iblis seperti bentengnya ya’juj dan ma’juj? Para sahabat menjawab:mau ya rosululloh.Nabi saw bersabda:bacalah surat alqodr pagi dan sore 3x lalu ikuti dengan doa YAA ALLOH YAA SHOHIBUL QUDROTI FARRIJ ANNII HAMMI WA KARBI artinya:ya alloh yang mempunyai kekuasaan lepaskan diriku dari kedukaan hati dan kesusahan(karena pengaruh iblis.

Menurut kajian ulama ilmu hikmah.
Surat alqodr dapat dinisbahkan dalam pembacaan HIZIB SAIFI YAMAN.Maksudnya bukan surat alqodr dibandingkan dengan hizib saifi yaman,namun bila kita ingin mengamalkan hizib saifi yaman namun terpancang karena begitu panjangnya hizib saifi yaman maka kita dapat mewiridkan surat alqodr sebagai gantinya.40x pembacaan surat alqodr dinisbahkan dengan 1x pembacaan hizib saifi yaman.
Hizib saifi yaman juga sebuah doa panjang dari rosululloh saw.Diriwayatkan malaikat jibril memberikan hizib saifi yaman kepada rosululloh saw dan berkata jibril:sesungguhnya doa saifi yaman mengandung 12.000 manfaat.6000 manfaat didunia dan 6000 manfaat diakherat.
Karena begitu banyaknya khasiat hizib saifi yaman maka para ulama memberi nama yang berbeda2 hizib ini.Diantaranya:hizib ismul adzom,doa saifulloh,yamin wa qudrotulloh,burhan ya’dulloh dan masih banyak nama2 lain dari doa ini.
Diantara khasiat doa saifi yaman:
1.Jika seseorang tetap istiqomah bacaan nya, di pagi dan sore, niscaya Allah mengasihi dia dengan kasih yang khusus.
2.Jika seseorang tetap dalam pembacaan, dalam pagi dan sore hari, dosa tidak akan menempel terhadapnya.
3.Jika seseorang tetap dalam bacaan dipagi dan malam hari Allah akan memberinya pengampunan untuk semua dosa-dosanya yang dilakukan sebelumnya.
4.Jika seseorang mengucapkan itu dalam satu tahun, dosa-dosa yang telah dia lakukan pada tahun itu tidak akan dicatat.
5.Untuk seseorang yang mengucapkan, niscaya Allah akan memberinya pahala untuk puasa Ramadhan.
6.Jika seseorang melafalkan itu empat puluh satu kali, Allah akan memberinya bakat karismatik seperti orang-orang suci, dan Ia akan menyebabkan dia menjadi lentera bagi mereka di setiap tempat apapun, dengan Izin-Nya.
7.Jika seseorang melafalkan tiga kali setiap pagi, sampai total empat puluh pagi, ia akan mendapatkan karisma orang-orang suci, dan ia akan menjadi sosok yang indah dan dihormati di antara sesama makhluk-Nya, orang yang tidak bertentangan tidak menentang.
8.Jika seseorang melafalkan itu empat puluh satu kali, di setiap empat puluh pagi berturut-turut.Allah akan menyebabkan dia mencapai tingkat kesucian.
9.Jika seseorang ingin melihat salah satu dari para nabi, atau salah satu orang suci, atau anggota keluarganya atau salah satu sanak keluarganya, maka membacanya empat puluh satu kali,untuk kemudian dia akan melihat orang itu, dengan izin Allah.
10.Jika seseorang melafalkan diniatkan untuk dirinya sendiri dan orang tuanya, empat puluh satu kali, mereka tidak akan mengalami kesulitan di dunia ini maupun kesulitan di akhirat.
11.Jika seseorang melafalkan itu satu kali, Allah akan menyelamatkan dia dari kematian mendadak (kecelakaan, kebakaran).
12.Jika seseorang melafalkan itu empat puluh satu kali, untuk menemui nabi Khidir as,nabi Khidr as akan datang kepadanya.
13.Jika seseorang tekun tetap dalam pembacaan, ia tidak akan meninggalkan dunia ini tanpa iman yang benar, bahkan jika perbuatannya adalah tidak tepat.Bahkan jika dosa-dosanya seperti busa laut.Allah akan mengampuni dia dengan nikmat anugerah-Nya, dan Dia akan mengampuni dia dengan pengampunan sejati.

Itulah diantara khasiat hizib saifi yaman.Namun hizib ini cukup panjang.Maka hal tersebut dapat dinisbahkan dengan wirid surat alqodr(40x alqodr:1x hizib saifi yaman).

Kajian dari ilmu kewalian jawa.
Riyadhoh surat alqodr dengan cara diwirid 1000x pada bulan ruwah(sya’ban)selama sebulan penuh adalah laku untuk meraih wahyu tajjali(dalam cerita wayang wahyu tohjali).Maka orang jawa meyakini dibulan ruwah para arwah diberi kesempatan turun ke dunia.Kalau tradisi banten bulan sya’ban bulan yang bagus untuk mengasah ilmu batin/menurunkan ilmu.
Demikian kajian surat alqodr semoga dapat menambah wawasan kita.

About these ads
 
189 Komentar

Ditulis oleh pada 14 Maret 2012 in Artikel

 

Tag: ,

189 responses to “NGAJI SURAT AL-QODAR

  1. Banyugeni

    16 Maret 2012 at 16:45

    Mas muarip ini nick baru atau memang warga baru,kalau warga baru salam kenal,kalau warga lama berapa bajunya..he3x

     
  2. denwiek

    16 Maret 2012 at 16:47

    Kang @Banyugeni, bukannya dari tuuaaadiiii, dah tak kirim inboxnya?

     
  3. Banyugeni

    16 Maret 2012 at 16:52

    Owalah mbah maaf blm buka fb..hi3x.lgsung deh kubuka.

     
    • miftah

      16 Maret 2012 at 20:57

      wah oleh gembolan maneh iki

       
  4. miftah

    16 Maret 2012 at 17:37

    hadir lagi salam kang banyu

     
  5. anugrah

    16 Maret 2012 at 20:28

    sugeng dalu porosederek sedoyo

     
  6. banyugeni

    16 Maret 2012 at 21:33

    sugeng dalu mas miftah mas anugrah

     
  7. denwiek

    16 Maret 2012 at 21:49

    “Pengridune” syaithon …

    mbah @Banyugeni … kata pengridune …. artine nopo nggih? trus nopo kalimatnya bener? … nyuwun kaweruh nggih

     
  8. RISANG MUKTHI™

    16 Maret 2012 at 21:52

    Asalamu alaikum selamat malam

     
  9. denwiek

    16 Maret 2012 at 21:55

    wa ‘alaikum salam kang @Risang

     
  10. RISANG MUKTHI™

    16 Maret 2012 at 21:57

    Hanya berdua???

     
  11. banyugeni

    16 Maret 2012 at 21:58

    waalaikumsalam kang risang,
    mbah denwiek sy mboten ngertos artine..he3x.

     
    • miftah

      16 Maret 2012 at 22:06

      ditranslet mas

       
  12. denwiek

    16 Maret 2012 at 21:58

    barusan ada kang @banyu, ndak tau kemana tuh

     
    • banyugeni

      16 Maret 2012 at 22:03

      he3x,sy sambil oprek sana sini mbah,.

       
    • miftah

      16 Maret 2012 at 22:03

      wah duet maut iki

       
  13. miftah

    16 Maret 2012 at 22:05

    nyambi ngrungokno ky anwar ceramah

     
  14. RISANG MUKTHI™

    16 Maret 2012 at 22:05

    diinternet banyak yg tidak lengkap baik laku maupun kalimatnya.

     
    • miftah

      16 Maret 2012 at 22:08

      lha napane mas

       
  15. denwiek

    16 Maret 2012 at 22:07

    Yaa Allah Gustii kulo nyuwun selamet dun-yo akhirat, kulo nyuwun selamet saking
    hasude tiyang ingkang sami hasud, kulo nyuwun selamet saking … syaithon
    walhamdullaaHi robbil ‘aalamiiin

    titik2 … isinya pengridune …. pengridune atau pangridune? … kelamaan di betawi jadi lupa bahasa … nopo artine kang Risang

     
    • banyugeni

      16 Maret 2012 at 22:19

      mungkin artine ..perbuatan jahat.. mbah ,mungkin lo..

       
  16. banyugeni

    16 Maret 2012 at 22:10

    yg mana kang,yg kuhilangkan?

     
  17. miftah

    16 Maret 2012 at 22:11

    yang lain pada wiridan apa ya

     
    • banyugeni

      16 Maret 2012 at 22:17

      ngintip mas,kalau tdk ngintip mungkin kedanan rajeh he3x.

       
  18. miftah

    16 Maret 2012 at 22:14

    salam dari pak sdm jaringane tdk ada dikediri

     
  19. RISANG MUKTHI™

    16 Maret 2012 at 22:19

    Pangridune=godanya setan

     
  20. RISANG MUKTHI™

    16 Maret 2012 at 22:21

    ASMA KHIDIR LENGKAP:”Aqsamtu alaika ya nabbiya khidir AS wa alaika asma’ul khuddam (aluuha 2x) (assaah 2x) bi idznillah bi la haula wala quwwata illa billah”

    “Yaa man laa yusyghluhu sam’un an sam’in”
    “Yaa man laa tughlithul masaa’il”
    “Yaa man yatabarromubiilhaahil malhiin”
    “Dziqnii Burda ‘afwika wa halaawata rohmatika”
    Tingkat 1 (Ucapkan 1000x)
    “Innaka quwwata bi quwwati wa quwwatika wa balyakhan balyakhin barnabal barnabil Quwwah, bi idznillah bi laa hawla wala quwwata ila billah.”
    Level 2 (Ucapkan 1000x)
    “Innaka quwwata bi quwwati wa quwwatika wa malkhan malkhin mayakhal mayakhil Quwwah, bi idznillah bilaa hawla wala quwwata ila billah.”
    Tingkat 3 (Ucapkan 1000x)
    “Innaka quwwata bi quwwati wa quwwatika jabalal jabalil kaf kaf Quwwah, bi idznillah bilaa hawla wala quwwata ila billah.”
    Tingkat 4 (Ucapkan 1000x)
    “Innaka quwwata bi quwwati wa quwwatika barnakil barnakil, barnuluhum barnuluhum Quwwah, bi idznillah bi laa hawla wala quwwata ila billah.”
    Tingkat 5 (Ucapkan 1000x)
    “Innaka quwwata bi quwwati wa quwwatika kun balyakhan kun, balyakhin kun kun quwwata quwwati, bi idznillah bi laa hawla wala quwwata ila billah.”

     
    • banyugeni

      16 Maret 2012 at 22:24

      wah la ini nanti diijazahkan kang?

       
  21. denwiek

    16 Maret 2012 at 22:21

    hehehe … makasih kang @Risang …. maklum sejak umur 9 th dah di betawi … jadi bahasa jawa tingkat tinggi dah ndak bisa ….

     
    • miftah

      16 Maret 2012 at 22:32

      hi hi podo bah

       
  22. RISANG MUKTHI™

    16 Maret 2012 at 22:26

    Wis tak tinggal alias gak diamalno mas

     
    • banyugeni

      16 Maret 2012 at 22:33

      wah ilmu mantap kok ditinggali to mas,wis kakean mesti mulane ono sing ditinggal..he3x.

       
  23. orgib

    16 Maret 2012 at 22:31

    assalamualaikum salim sungkem kangmas smua.
    Mbh risang..gus banyugeni..,romo demwik km miftah slamat malam.

     
    • miftah

      16 Maret 2012 at 22:33

      wa ‘alaikum salam wrwb

       
  24. Sdmulyo

    16 Maret 2012 at 22:33

    Test… Salam salim smuanya. Peng-ridhu= peng-godho/godha. Test…test

     
    • miftah

      16 Maret 2012 at 22:35

      weh ono signal toh

       
  25. arief®

    16 Maret 2012 at 22:34

    salam salim poro sepuh..
    nyimak sajah lah..

     
    • miftah

      16 Maret 2012 at 22:37

      mangga kang arif

       
  26. RISANG MUKTHI™

    16 Maret 2012 at 22:36

    Wa alaikum salam.
    Ngamalke ilmu sing eling pati

     
  27. banyugeni

    16 Maret 2012 at 22:38

    kang risang la sing ditinggali di ijazahkan saja di blog kan bagus …hi3x

     
    • miftah

      16 Maret 2012 at 22:41

      betul betul betul

       
  28. orgib

    16 Maret 2012 at 22:39

    km sidomulyo km arief salim..ayo mbh risang lbih jelas lg.

     
  29. RISANG MUKTHI™

    16 Maret 2012 at 22:41

    ASMA NAKABAN
    -Mandi disungai sambil mengucap salam kpd nabi khidir.
    -duduk dipinggir kali tempuran
    -mengucapkan doa pembuka ada 6 bait alenia.
    -wiridan asma nakaban 1000x selama 7malam dipinggir x tempuran

     
  30. miftah

    16 Maret 2012 at 22:43

    lho pak sdm kok ilang

     
  31. banyugeni

    16 Maret 2012 at 22:46

    wah.. kang itu jenengan yg tingkatannya duwur,tapi yg lainnya pada pengin lo mbah,ini ada yg sms minta diijazahkan..he3x..sedulur…..

     
  32. RISANG MUKTHI™

    16 Maret 2012 at 22:48

    Syarate ngrandong dipinggir x 7malam boleh ditemani

     
  33. banyugeni

    16 Maret 2012 at 22:51

    ini ada lagi yg sms minta diijazahkan pas acara nanti.he3x.
    mas orgib,mas miftah,mas sdm,mas arif,

     
    • banyugeni

      16 Maret 2012 at 22:53

      lo salam hilang,salam rahayu mas2 semua.

       
      • miftah

        16 Maret 2012 at 22:59

        podo mrungkel kademen

         
  34. RISANG MUKTHI™

    16 Maret 2012 at 22:57

    Asma nakabanya saja yang disharingkan bagus unt penyembuhan jg khususnya sakit tulang,asam urat,rhematik encok dll

     
    • denwiek

      16 Maret 2012 at 23:01

      waaah …. bisa untuk obat sakit tulang dan urat asam? ….. wah boleh juga nih, soale ini dengkul kog ndak sembuh2 …. tapi ya sudah tuwek juga sih.

       
  35. RISANG MUKTHI™

    16 Maret 2012 at 23:00

    Ikut pamit mundur dulu

     
  36. Mufi

    16 Maret 2012 at 23:23

    Assala’mualaikum…
    Mt mlm n ronda mlm…

     
  37. pencariamalansejati

    16 Maret 2012 at 23:29

    assalaamu’alaikum..mas2 semuanya..ikut ngaji di sini yaa
    @KI RISANG maaf ki sy sll merasa repot aja kalo mau telfn padahal ga ngapa2in …

     
  38. KILI©

    17 Maret 2012 at 01:31

    absen dini hari

     
    • miftah

      17 Maret 2012 at 06:53

      kisuken mas

       
  39. orgib

    17 Maret 2012 at 06:10

    assalamualaikum salim sungkem smua…met pagi met beraktifitas dan kt smua slalu dlam linduangan ALLAH SWT AMIIN.

     
  40. anugrah

    17 Maret 2012 at 08:07

    sugeng enjang sederek sedoyo

     
  41. anugrah

    17 Maret 2012 at 08:14

    1. sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al- Quran) pada malam kemuliaan.
    2. dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
    3. malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
    4. pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
    5. malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.

     
  42. anugrah

    17 Maret 2012 at 08:17

    بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

    ١. إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

    ٢. وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ

    ٣. لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ

    ٤. تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ

    ٥. سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

     
  43. zaki

    18 Maret 2012 at 10:16

    qobiltu

     
  44. indra gutama

    22 Maret 2012 at 01:18

    salam sedulur semua, salam ki risang, sekedar absen malam. mampir ke http://radinka-penerbit.com siapa tau bermanfaat buat kita semua.amin

     

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: