BUTO

Asalamualaikum,Kebanyakan wujud bangsa buto
berupa raksasa tinggi besar
dengan rambut keriting gimbal
awut-awutan, berhidung bulat
dan besar, dan bertaring
melengkung (seperti wujud buto
dalam pewayangan). Tingginya
bisa mencapai 30 meter. Namun
ada juga buto yang wujudnya
seperti raksasa kerdil (seperti
patung dwarapala).
Buto ada yang hidup sendiri,
ada juga yang hidup
berkomunitas. Banyak mahluk
gaib yang wujudnya berupa
raksasa tinggi besar, tetapi tidak
semua mahluk gaib bertubuh
raksasa adalah buto.
Kebanyakan mereka adalah dari
golongan jin. Bangsa buto
adalah jenis tersendiri.
Secara energinya, bangsa buto
termasuk gaib yang berenergi
negatif terhadap manusia. Bila
kita dapat merasakan
keberadaan energinya, akan
terasa padat bertekanan,
berbeda dengan energi mahluk
halus lain. Secara alami,
keberadaan energinya bisa
dirasakan sampai jarak 100
meter, tetapi tekanan energinya
dapat dirasakan dalam radius
50 meter.
Dari sisi perwatakannya, bangsa
buto adalah termasuk mahluk
yang berintelijensi rendah dan
lebih banyak menggunakan
insting / naluri dan emosinya
dalam bertindak. Kebanyakan
dari mereka bertindak adigang -
adigung atau petentengan, sok
sakti, sok kuasa. Ibaratnya,
mereka akan lebih dulu
bertindak, urusan lain
belakangan. Dengan sesama
Buto, mereka memiliki tata
aturan, tetapi tidak peduli
aturan terhadap gaib lain yang
kesaktiannya lebih rendah.
Mereka, tanpa banyak
pertimbangan atau peringatan,
akan menghajar siapa saja yang
dianggap mengganggu atau
menghalangi.
Bangsa Buto termasuk gaib
yang berdimensi tinggi. Sulit
untuk dilihat dengan mata,
termasuk oleh orang- orang
yang mampu melihat gaib.
Bahkan para mahluk gaib
sendiripun jarang ada yang bisa
melihat Buto. Para Dewa sulit
untuk dilihat, bangsa buto lebih
sulit lagi untuk dilihat. Biasanya
mereka-lah yang menunjukkan
dirinya kepada manusia,
barulah manusia dapat melihat
mereka. Tetapi walaupun
bangsa buto sulit sekali untuk
dilihat, biasanya keberadaan
energinya dapat dirasakan. Para
mahluk halus yang walaupun
tidak dapat melihat Buto, akan
secepatnya menyingkir
menyelamatkan diri bila
merasakan kehadiran energinya.
Dari sisi kekuatan dan
kesaktiannya, bangsa buto
memiliki kemampuan untuk
melipat-gandakan kekuatannya
sampai menjadi 5 kali lipat
keadaan normalnya. Dan total
kekuatan yang mereka miliki
bisa mencapai 1000 kali lipat
Tidak banyak
gaib yang mampu menandingi
mereka. Dewa-dewa pun tak
berdaya jika mereka datang
menyerang. Tetapi para
Pandawa, yang merupakan
sukma manusia, memiliki
kekuatan yang bahkan melebihi
kekuatan Buto.
Tokoh bangsa buto yang
terkenal adalah Prabu
Rahwana, yang kisahnya ada
dalam pewayangan dalam cerita
Ramayana. Pada akhir cerita
dikisahkan Rahwana tewas di
tangan Prabu Rama. Tetapi itu
hanyalah cerita. Yang
sesungguhnya terjadi adalah
Rahwana memang kalah oleh
Prabu Rama, tetapi dia tidak
mati. Dia hanya terluka hingga
sekarat, dilemahkan dan sampai
sekarang ‘dipenjara’ dengan
dihimpit / ditindih sebuah bukit
energi yang membuatnya tak
berdaya.
Pengalaman bertemu Buto :
– 2 kali bertemu Buto yang
sama di dekat TMII, Jakarta.
– Bertemu 3 Buto dari Gunung
Gede, Jawa Barat.
– Kerajaan Buto di Gombong,
Jawa Tengah.
– Sepasang Buto dengan 1
anaknya, di dekat daerah
Halim-Lubang Buaya, Jakarta,
Mei 2011.
jika ada yg punya pengalaman bertemu langsung makhluk halus atau khususnya bertemu buto,silahkan dishare saja.nuwun

About these ads

129 Komentar

Filed under Artikel

129 responses to “BUTO

  1. ASWIN

    klo BK(batara karang) info yg sy tau,tanda suatu tempat di diami BK itu brbau belerang tp tempatx bkn sumber gas alam belerang.di tempat itu BK tdk suka bau wangi aplagi orang yg pakai minyak wangi brakhohol.konon untuk menundukkanx hanya bisa dgn kode rahasia yg hnya dipahami goib BK tsb.benar ato salah wallahuallam

  2. denwiek

    nyimak sembari klobotan. weh ada artikel pak buto …. hiiiii …. serem amat ya. atttuuuuttt ….

  3. Salim Abah Wiek,,sugeng rahayu Abah

  4. denwiek

    salam-salim sahabat semua … juga untuk mas @Bukan XN tapi XN juga mas @Banyugeni … mudah2an sehat wal ‘afiat

    • monggo Abah,,dipun wiwiti wedaranipun kulo tak Qobiltu

      • denwiek

        lhooo … wedaran apa? …. hihihihi … alhamdulillah udara enak, jadinya ndak ote2. … mas @banyugeni tuh yang perlu diminta wedarannya …. kalau sy sih senengnya mewedar yg rambutnya panjang n pulen

  5. lama lama gunung d daeral tol cipularang abis lah blan kemarin bru pinggir eh sekarang tinggal setengah…para buta pasti pd ngungsi…salim romo.gus banyugeni met mejnjelang sore

  6. mas bkan xn met sore..

  7. Ass.. Ikut nimbrung lg, salim romo denwiek, lo ma romo kaya’x tu pak uto di suruh antri periksa kuku, yg kuku’x panjang di sentil,yg ngeyel di tarik rambut dkt kuping’x suruh brdiri kaki satu tngan megang kuping.. Hehe…

  8. Wah emang dah rata separo kang orgib gunung’x, ingat dlu bareng kawan dlm perjlnan purwakarta tasik saat bru di buka tol cipularang di tengah jln ada yg lewat cm nampak betis’x ja yg melangkah. Amit amit jgn lg dah nengok yg kaya gtu..seleeem..

  9. denwiek

    hihihihi … kalo cerita gini, jadi inget sewaktu banyak orang bisa pada terbang, untuk membunuh para kyai. eh, jebule mereka itu poro preman yg wadagnya diisi ilmu berkhodam agar bisa kuat dan bisa terbang …. mungkin salah satu bentuk lelembutnya … kecil2 (kerdil), tapi kupinge seperti kuping gajah …. ono2 wae penggawean menungso serakah …. bentuk lelembut itu bisa berbagai macam, bisa tinggi besar bertaring, ada yg ompong, ada yg kepalanya di dada, dsb … tapi sepertinya bukanlah wujud aslinya … kalau sy sih seneng yg cewek aja deh …. terlihat cantik, tapi …. hiiiii serem, mungkin aja kalau kita penthelengi, lama2 jadi tengkorak atau nenek2 peyot.

  10. ia mbh clintrik..lama2 d tmpat sy jg d kerawang sawah bakalan abis,pada d buat perumahan…mungkin julukan karawang lumbung padi tinggal gelar z..

  11. Semprul pitu

    Kalau buto datang panggil aja timun mas

  12. betul3x ki semprul..sekalian kakanya timun suri xixixi

  13. itu preman yg dulu dijadikan ninja mbah..he3x,di wedar ilmu nu anti ninjanya nya mbah.

  14. Sama timun’x dah kalah apalgi sama tukang es campur’x, hbis di ulek bikin jus kaya’x, kang orgib dkt sungai citarum ga yg di klari.? Lanjut romo skalian di wedar ja biar saya ga pake ilmu langser teyuus lo kata gus banyu..

  15. denwiek

    hehehehe … gus @Banyugeni … nih, sy cuma inget cerita orang aja. bukan berarti sy ngerti …. yang jelas make ilmu allah aja deh. amalannya yg diinget pada saat itu aja dan pasrah kepada allah, nanti juga tau sendiri efeknya.

    Malah sering sy cuma bilang MINGGGGIIIIIR … GUE MAU LEWAT. KALAU NDAK MAU MINGGIR GUE TABRAK LU …. hihihihihi … keseringan begitu sy-nya.

  16. denwiek

    SURAH AL-JIN …. SURAH AL-JIN …. SURAH AL-JIN

    • Romo skalian ijazah’x lah, col’x susah di tmpat saya nyari’x lo ketemu dan brdekatan ma XN buanyaak.. Kang orgib kbtlan dkt pabrik texmaco di tmpat pemakaman yg baru ada mayat yg nda hancur tbuh’x pas wkt mau di pindah ma org” iseng di bedirikan eh bediri cm ngeri liat rambut ma kuku’x dah melilit tbuh cm ntah siapa krn wrg sekitar jg ga mengetahui tu makam siapa. Ada pengalaman unik jg di sekitar pabrik texmaco cm serem” ga ada yg enak di kenang.

  17. cahkinyan

    Hadiir nyimak monggo dilanjut tak ndeprok.

  18. wira

    ikut nyimak, sambil beres2 mo pulang… salam buat yg lagi OL dan ngintip…

  19. Endros

    Assalamualaikum,
    Kalo Gw ketemu Buto ..langsung keluarin Jurus langkah seribu alias… mabuur…ih..seereem!

  20. buto buto galak,senengane telo bakar,galake temenan,iso nyokot,iso mbrakot,iso nyakar,iso ngisep,.he3x.

  21. iso2 wae xixixi..salim gus banyu n slamat malam

  22. lo benar kok mas suka telo bakar..

  23. watualas

    BUTO sing ayu mung Benazir Buto….xixixi

  24. Asalamu alaikum wr wb
    Artikel mantap nambah pengetahuan…buto buto galak lakumu lunjak2 ..hihi..sugen dalu dulurrr…

  25. Senggol modot

    Wa’alaikumsalaam wrwb, gak ngantuk po’o cak ?

  26. Senggol modot

    Menthong menthong ben tmbh mlenthis anune hahaha

  27. Nembe nglìler yo gk ngantuk kang…senggol..modot..

  28. Semoga yang sedih dihilangkan kesedihannya.yang kekurangan dicukupi kekurangannya,yg sakit segera diberikan kesembuhan,

  29. asalamualaikum,tumut absen ing wayah injeng.

  30. Janoko

    ijin nyimak…wae

  31. - Udara dinihari begitu
    dingin Sabtu, 31 Maret 2012
    itu. Jarum jam baru
    menunjukan pukul 03.20 WIB.
    Tapi Arifin Siri, staf khusus
    Panglima Koarmabar, tidak
    mempedulikannya.
    Menjelang subuh, pria
    berpangkat Kelasi Satu itu
    keluar kosan untuk mengambil
    sepatu futsal di KRI Sultan
    Thaha Syaifudin-376. Ia
    berencana main futsal bersama
    teman-temanya Minggu pagi, 1
    April 2012.
    Saat itu Arifin pergi menuju
    kapal bersama teman satu
    litingnya Kelasi Satu Albert
    Tabra, yang bertugas di kapal
    perang yang bersandar di
    Pelabuhan Tanjung Priok,
    Jakarta Utara. “Sebelumnya
    Arifin juga bertugas di kapal itu.
    Tapi sekarang dia ditarik
    menjadi staf khusus
    Koarmabar,” terang Kepala
    Dinas Penerangan TNI AL
    Laksamana Pertama TNI
    Untung Surapati kepada
    majalah detik.
    Keduanya berangkat dari kos
    Arifin, di Jalan Kepu, Senen,
    Jakarta Pusat, dengan naik
    motor Suzuki Satria FU. Tapi
    saat melintas di lapangan
    sepakbola di Jalan Benyamin
    Sueb, Pademangan, Jakarta
    Utara, Arifin menghentikan
    motornya.
    Ia melihat sebuah truk trailler
    berhenti dan sopirnya dipukuli
    sekelompok orang yang diduga
    anggota geng motor. Arifin dan
    Albert berusaha melerai. Tapi
    tindakan heroik itu justru
    berbalas petaka. Ia langsung
    dikeroyok anak geng motor itu.
    Karena pertarungan dirasa
    tidak seimbang, Albert
    melarikan diri. Naas, Arifin tidak
    bisa lolos dari pengeroyokan.
    Tubuhnya jadi sasaran
    pemukulan, baik dengan
    tangan kosong, balok, maupun
    botol bir. Tidak hanya itu, salah
    seorang pengeroyok juga ada
    yang menusuk tubuh Arifin
    dengan sebilah sangkur. Aksi
    pengeroyokan itu baru
    berhenti ketika Arifin tergeletak
    tidak berdaya di jalanan.
    Adapun Albert yang lolos dari
    aksi pengeroyokan langsung ke
    Pomal Lantamal III, Tanjung
    Priok, untuk melapor kejadian
    tragis itu. Tak lama berselang
    Albert yang ditemani petugas
    Jaga Pomal Lantamal III
    berangkat ke lokasi kejadian.
    Tapi lokasi sudah sepi. Arifin
    pun tidak terlihat. Begitu juga
    dengan motor Satria yang
    dikendarai Arifin. Yang ada
    hanya bercak darah yang
    tercecer di atas aspal.
    Mereka akhirnya mendapat
    kabar dari polisi, Arifin yang
    mengalami luka parah sudah
    dilarikan ke Rumas Sakit Cipto
    Mangunkusumo (RSCM). Yang
    membawa Arifin ke RSCM
    adalah Kelasi Sinema Gea
    bersama petugas dari Polsek
    Pademangan. Sekitar pukul
    05.30 WIB, Albert lalu melapor
    ke Polsek Pademangan dengan
    surat laporan M./100/K/
    III/2012.
    Sore harinya, sekitar pukul
    17.30 WIB petugas Diskes
    Koarmabar yang didampingi
    Lettu Laut (KH) Roy Ronaldi
    merekomendasikan untuk
    membawa Arifin dari RSCM ke
    RSAL dr. Mintohardjo. Luka
    yang diderita Arifin sangat
    serius. Di pelipis kanan dan kiri
    terdapat luka menganga,
    kepala bagian belakang robek
    dan bengkak. Di bagian
    punggungnya juga terdapat
    luka tusukan.
    Sayangnya, baru beberapa jam
    berada di ruang ICU RS
    Mintohardjo, nyawa Arifin tidak
    dapat diselamatkan. Menjelang
    tengah malam, Staf Panglima
    Koarmabar itu meninggal.
    Keesokan harinya, Minggu 1
    April 2012, jenazahnya
    diterbangkan ke tempat
    kelahiranya, Jalan Taruna, RT
    02/01, Tode Kisar KLP 5
    Kupang, Nusa Tenggara Timur.
    Kematian Arifin diduga menjadi
    pemicu aksi balas dendam.
    Seminggu setelah kematian
    Arifin, sekelompok pria
    berambut cepak dengan naik
    motor mengamuk mencari
    geng motor Y Gen yang diduga
    mengeroyok staf Panlima
    Armabar itu.
    Diculik, Dipukuli, Lalu Dibuang
    Sabtu dinihari, 7 April 2012,
    Soleh dan kakaknya, Zaenal,
    serta Reza, dan Adrian mau
    nonton trek-trekan di
    Kemayoran. Tapi mereka tidak
    jadi nonton karena saat
    melintas di daerah Podomoro
    hujan tiba-tiba turun. Mereka
    pun balik arah hendak pulang.
    Sialnya, saat ingin pulang,
    motor Soleh mogok karena
    kehabisan bensin. Mereka lalu
    mendorong motor ke SPBU
    yang terdekat. Belum juga
    motor diisi bensin, tiba-tiba
    datang segerombolan orang
    naik sepeda motor.
    Tanpa kata-kata, Soleh dan
    kawan-kawan langsung dihajar.
    Ada pula yang menyabetkan
    senjata tajam ke tubuh mereka.
    Karena panik mereka lari
    menyelamatkan diri. Zaenal,
    Reza, dan Andrian lari ke
    belakang minimarket Circle-K
    yang ada di SPBU itu. “Saya
    sempat kena pukul dan tangan
    saya kena bacok,” ujar Zaenal
    saat ditemui majalah detik di
    rumahnya.
    Naas bagi Soleh. Dia tidak bisa
    kemana-mana sehingga jadi
    bulan-bulanan pria berbadan
    tegap. Belakangan diketahui
    Soleh tewas.
    Sedangkan Zaenal yang sempat
    sembunyi akhirnya keluar
    karena ingin tahu nasib
    adiknya. Tapi kemunculannya
    diketahui kelompok penyerang.
    Zaenal dan dan Reza akhirnya
    diseret serta dipukuli beramai-
    ramai. Kemudian keduanya
    disuruh naik ke motor yang
    dikendarai salah satu anggota
    kelompok penyerang.
    Mereka dibawa ke tempat yang
    berbeda. Zaenal dibawa ke
    Ancol. Reza dibawa ke arah
    Warakas. “Pelaku kaya model
    angkatan, badannya tinggi gede
    semua, putih-putih, tapi ada
    juga yang Ambon, tiga orangan
    lah model Ambon, sudah
    dewasa mereka, umur 25 tahun
    ke atas,” terang Zaenal.
    Setelah tiba di Ancol, Zaenal
    disuruh buka baju. Dengan
    telanjang dada, Zaenal dibawa
    ke rawa-rawa tidak jauh dari
    terminal bus Tanjung Priok. Di
    rawa-rawa itu, Zaenal mulai
    diinterogasi.
    “Kamu bagian Y-Gen nggak?”
    ujar salah satu penyerang.
    Zaenal menjawab tahu
    kelompok Y-Gen, tapi tidak ikut
    geng itu. ” Kalau saya
    komplotannya pasti ada
    tempelan stiker di motor saya
    Bang,” jawab Zaenal saat itu.
    Pria-pria itu memukuli jika
    jawaban Zaenal dianggap salah.
    Karena terus tidak mengaku
    sebagai anggota Y-Gen,
    kelompok penyerang
    membawa Zaenal ke arah
    Kemayoran. Mereka lalu
    membuangnya di rawa-rawa.
    Setelah ditinggal di rawa-rawa,
    ada dua orang berkulit gelap
    datang menghampiri Zaenal.
    Satunya memakai penutup
    kepala, sementara satunya lagi
    tidak. Keduanya memakai jaket
    kulit dan membawa sepeda
    motor. Zaenal lantas
    diantarkan ke SPBU tempat
    motornya parkir sebelum
    penyerangan terjadi. Sesampai
    di sana, Zaenal disuruh naik
    taksi. Sementara motornya
    dibawa pelaku ke rumahnya.

    “Don’t Make Us
    Angry”. Inilah semboyan geng
    motor Y-Gen. Stiker berisi
    semboyan itu ditempel di
    motor semua anggota Y-Gen.
    Umumnya, stiker ditempel di
    bagian belakang sepeda motor
    mereka.
    Y-Gen adalah geng motor yang
    bermarkas di wilayah Tanjung
    Priok, Jakarta Utara. Inilah geng
    motor yang paling ditakuti di
    Jakarta saat ini.
    Y-Gen sudah lama menjadi
    perbincangan klub motor
    maupun pengguna jalan di
    Jakarta. Geng motor ini dikenal
    brutal dan gampang naik
    darah, sehingga klub motor
    ataupun pengendara memilih
    menghindar bila bertemu
    mereka. Terlebih konvoi Y-Gen
    biasanya diikuti ratusan
    anggota. Belakangan Y-Gen
    harus berurusan dengan ‘geng
    motor’ lainnya yang lebih
    ganas. Ratusan orang
    berambut cepak dan berbadan
    tegap mendadak membentuk
    ‘geng motor’ tandingan untuk
    memburu Y-Gen.
    ***

  32. Senggol modot

    Absen pagi, Salim kmas… Prihatin mmbaca ini, sgt rugikan msyrkt. Tp knp ya ptugas sipilnya/police mlh gak prihatin. Kl prihatin mstnya dr awl sdh diadakn pmbinaan/pngwasn brsm ortu msg2, adkh fktr “x” ??? Mklm skli bl anggt angktn brgrk/soldrts (msl mnimpa wrg SBM, tntu tak tnggl diam appun bntknya). Kpn ya ada pamswakarsa (msng2 daerh) bikin gank motor jg biar tmbh seru ???

  33. Senggol modot

    Di tv prnh lht mlh wkt rekrut anggt br(orientasi) hrs prkosa gds dbwh umur(plku ktngkp police). Bgm ini ???????

  34. Senggol modot

    Apalagi kl buto-buto bikin gank mtr, wuih…hiiiiiii…

  35. la wong gank2 sukanya trek taruhan,kalau dijakarta biasanya di kemayoran+pramuka mereka ada backup perwira polisi maka ngetrek tdk di razia.

  36. Senggol modot

    Kmas Banyu, la kl gt ya capek deh… Aplg kl anggt g.mtr ada anake prwr tgg/jndrl. Mathu’e masyrkt bkn gank mtr pamswakarsa. Tawur ae, kl ada back up keparat eh aparat disunati ngepok sj, lha wong dia mkn ngingoni ank istri dr pajak yg dibyr rakyat. Njur kepiye je… hehehe

  37. Senggol modot

    Pendidikan sekolah diselnggrkn hny kjar pinter otak, tp pljran berbudaya, budipkrti ngowos(di tv, bk bcaan ank sd materinya gak mndidik ssuai usia, tp mlh mendhodhok) mknan2 halal haram hantam. Org2 skrg hny nunut pr sholeh-wl autad yg slalu dzkr, Diparel lamun ora ono welase Gusti lumantr poro beliau, moko yekti bakal……. Ah sdhlah tiwas semremet jd mumet. Biarlah biar biar… Balik lg ke quu anfusakum wa ahlikum naaro. m’af, paling susah moco awake dhewe, paling penak moco liyane… M’afkan daku wahai saudaraku smua…

  38. Sugeng siang poro sederek!..
    Jln critane pd mantep”..terus nymk..

  39. sing pada bener lan jujur bae lah ya lur…sing pada apik ngrawat diri.sing pada takut,yen bkal ada hari perhitungan.eling lan waspada…eh..eh (o a lah ngomong opoooo)

    plak…plok namparin mulut,

    hapunten nu disuhun,nyuhunken hampurna nu dseja.rumaos dangkal elmu.slm rahayu..okeh.,pisss hah

  40. ibanez singadjimedja

    kemarin2 sya dah krim gus..tp mngkin blm msuk emailnya..

  41. assalamualaikum wr wb
    absen sore ,masih sepi belum ada kehidupan
    mo dagang ah siapa yg mo beli apel cantik dari garut yg pinter bersolek hi hi hi
    atau apel renyem dari jampang buah aren (caruluk sunda )
    telo gadung dari bantar gadung ,
    salam salim tuk poro pendekar jempol qipad HP HE HE HE

  42. Sugeng dalu duluurrr…kok sepi…

  43. jagad.arasy

    assalamu’alaikum… salim sungkem kanggo para sesepuh sadayana. nyuwun izin menyimak..

  44. jagad.arasy

    punten dalem sewu poro sesepuh bila ada dari para sesepuh yg memiliki atopun mengetahui dimana bisa memperoleh minyak gaharu warna hitam, kulo mohon sekali para sesepuh berkenan memberikan informasinya untuk mbak tika karena beliau sangat membutuhkanya untuk ayahanda beliau yg lagi menderita tumor ganas ditenggorokan. matur sembah nuwon sanget sak derengipun

  45. Sdm

    Wa’alaikumsalaam, mbak Jagat arsy… Stahu sy mnyk gaharu wrn coklat bs tdk ya ? kl yg wrn htm pekat blm tahu, coba tak tny tmn dl mgkn ada yg htm pekat. Suwun

    • asalamualaikum wr-wb,setia hadir dan absen.slmt pg sdulur BB.slm rahayu

    • jagad.arasy

      matur sembah nuwon sanget ki sdm. ooh.. coklat ya ki minyaknya, punten dalem sewu ki kulo mboten ngertos nopo2 tentang minyak niki. yg ditulis mbak tika dikonsultasi beliau butuh yg warna hitam katanya. nyuwun informasinya ya ki

  46. Absen pagi,Wah ‎​ƪǟğί cerita ttg buto sy ∫å∂í pendengar setia åĴå, monggo dilanjut ^_^

  47. Janoko

    absen pagi….

  48. adigang

    buto itu mah jin kafir yg sering menyerap energi manusia….

    yah sejenis jin ritual gitu lah…

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s