RSS

ILMU HIKMAH YG SEMAKIN JARANG DI TEMUI

26 Sep

Asalamu’alaikum Wr.wb
Bismillahirohmanirrohim alhamdulillahi robbil ‘alamin
Washolatu wasalamu
‘ala asrofil anbiya walmursalin wa’ala alihi
washohbihi ajma’in.
Salam hormat untk semua wabil khusus kyai Risang,
Kang Ahmar R, kang
Bayugeni juga sesepuh2 yang lain. Alhamdulilah
saya masih diberi
kesempatan berkunjung di blog ini, langsung saja
kang sedikit berbagi
mengenai keterangan ilmu2 hikmah yang mungkin
sudah jarang kita temui di
zaman sekarang dan mudah-mudahan dapat
menambah wawasan atau sekedar
mengisi waktu luang saja. Yang pertama saya
bahas tentang ayat tafzih
atau dulu sering dikenal di tataran sunda dengan
petak sayidina ‘ali.ra
karena ilmu ini kepunyaannya sayidina ‘ali r.a dan
biasanya dulu dipakai
kyai-kyai sini untuk melawan penjajahan dengan
Pertolongan Allah lewat Doa
ini penjajah pada panik lari kocar kacir ,lalu
bagaimana bisa begitu ??
biasanya yang sudah menguasai ilmu ini cukup
menghentakan kaki ke tanah
satu kali maka dengan itu tanah di sekitar dapat
berguncang dengan kerasnya
dari itu juga sebagian orang sunda menyebutnya
dengan aji gempa bumi. Dan
ta hanya itu ayat ini bisa dipakai sebagai pukulan
untuk melawan jin ifrit
marid yang mengganggu sebagaiman yang pernah
dilakukan Guru kami almarhum
mama Syekh muhammad adro-i ketika melawan
Raja jin dari daerah sancang
dengan sekali pukul terbakarlah dia sampai sampai
pohon kelapa di ponpes
pun ikut terbakar Subhanalloh itulah setitik
kebesaran sang ilahi. Untuk
sanad ijazahnya sendiri kudu sabar karna memakan
waktu yang lama untuk
menguasai secara penuh dikarnakan tidak
sembarang hari untuk ijzahannya ada
hari khusus yaitu di malam idul fitri tepatnya jam
12malam saat takbiran
dan biasanya para santri di wajibkan
mengumandangkan takbir sesudah solat
isya sambil menunggu ijazahan , dan di ijazahkan
sebanyak 3x saat malam
idul fitri berarti di sini kita perlu menunggu selama 3
tahun untuk
sempurna nya ilmu ini ,disinilah kita di uji kesabaran
dan ketaqwaan nya
dan berikut ini ayat-ayat tafhiz nya :

BISMILLAHIROHMANIRROHIM
YAKADUL BARQU YAKHTHOFU ABSHOROHUM
KULLAMA ADHLOO ALAHUM MAA SYAUFIH WA
IDZA ADL LAMU ‘ALAIHIM QOMUU WALAUSYAA
ALLOHU LADZAHABA BISYAM’IHIM WA
ABSHORIHIM INNALLOHA ‘ALA KULI SYAI-IN QODIR
ALLOHUMMA YA ROBBI HAQUKA
HAQQI WA HAQQI HAQUKA BIHAQQI KAF HA YA
‘AIN SHOD HA MIM ‘AIN SIN QOF WABI
HAQQI BATHODIN ZAHAZIN WAZIN HAQ
Dan ini do’a isholnya :
ILA HADROTI NABIYIL MUSTOFA ROSULULLOHU
S.A.W WA ALIHI WA ASHABIWI WA
AZWAZIHI WA ILA HADROTI SAYYIDINA ‘ALI
KAROMALLOHU WAJHAH WA SAYYIDINA
SYEKH ‘ABDUL QODIR AL ZILANI BAGDADI WA
MALAIKATI MUQORROBIN WA KARUBIYYIN
WA ILA HADROTI AHLI SILSILATIHIM WA KHUSUSON
ILA RUHI MAMA SYEKH AJENGAN
MUHAMMAD ADRO-I WA MAN IJAZANI SAIUL
LILLAHI LAHUMUL FATIHAH ( MEMBACA
FATIHAH 1X)

Adapun kaifiyat nya Dengan cara di riyadhohkan
selama 7 hari tarku di ruh
dan hari terakhir pati geni dengan cara berbuka
seperti biasa namun Cuma
dengan seteguk air lalu puasa lagi sampai tiba adzan
subuh ayatnya sendiri
di amalkan sebanyak 125x sehari semalam dan kalau
sudah cukup di dawam 3x
setiap pagi dan sore hari.
Yang kedua ini saya ta tau persis nama ilmunya tapi
santri sering
menyebutnya ayat halimun tapi bukan berarti ini
ilmu untuk halimunan atau
tidak terlihat oleh orang lain melainkan ayat halimun
disini yaitu asap ,
ya karena ilmu ini dengan kehendak Alloh S.W.T bisa
membuat si empunya ilmu
berubah jadi asap dan bisa masuk ke lubang –lubang
kecil atau lubang kunci
dahulu sering di gunakan apabila para kyai / jawara
tertangkap belanda
mereka bisa keluar penjara salah satunya dengan
ilmu ini mereka berdoa pada
alloh lalu dengan kehendak Ilahi bisa berubah jadi
asap yang masuk ke
lubang –lubang kunci/ gembok dan keluar tanpa
membuka gembok itu
subhanalloh, dan berikut ayat yang di baca :

BISMILLAHIRROHMANIRROHIM INNA
ROBBI LATHIFUL LIMAY YASAAA-U

Untuk kaifiatnya sendiri setelah ijazah di riadhohkan
selama 3 hari tarku
di ruh dan amalan di wirid 129x sehari semalam dan
setiap tengah malam
wirid dibaca 9x tahan nafas sambil berendam /
kumkum dan kalau sudah
berendam jangan mandi dulu cukup wudhu saja jadi
mandinya rutin setiap
malam selama mengamalkan.
Yang ke tiga yaitu ayat dhorbiyah ,yang mempunyai
ilmu ini bila mana dia
gunakan di jalan haq sekali tampar / pukul maka
musuh bisa langsung pingsan
seperti orang mati tidak ada detak jantung detak
nadi ataupun nafas dan
kalau di pukulkan lagi maka sadarlah dia, ayat ini
biasa di pake untuk
menggertak musuh seolah olah kita bisa
menghidupkan nya lagi padahal tidak
begitu, itulah dasyat dan indah nya ayat ayat alloh
yang dapat di cerna
sebagai pelajaran untuk yang mau merenungi akan
kebesaran nya supaya kita
bertaqwa ayat ini juga di pakai untuk media
mengobati kesurupan juga
guna-guna Berikut ayat nya :

BISMILLAHIROHMANIRROHIM
YAASIN WALQUR ANIL HAKIM INNAKA LAMINAL
MURSALIN ‘ALA SHIROTIM MUSTAQIM
TANZILAL ‘AZIZIR ROHIM LITUNDZIRO KAUMAM MA
UNG DZIRO ABA UHUM FAHUM
GHOFILUN LAQODHAQOL QAULU ‘ALA AKTSARIHIM
FAHUM LA YU MINUN INNA JA’ALNA
FI’ A’NA QIHIM AGHLALANG FAHIYA ILAL ADQONI
FAHUM MUQMAHUN WAJA ‘ALNA MIM
BAINI AIDIHIM SADDAW WAMIN KHOLFIHIM
SADDAN FAAGHSAINAHUM FAHUM LAYUBSHIRUN
WA SAWAA UN ‘ALAIHIM AANDZARTAHUM
AMLAMTUN DZIRHUM LA YU MINUN INNAMA
TUNDZIRU MANIT TABA’AD DZIKRO WAKHOSYIAR
ROHMANU BILGHOIBI FABAS SYIRHU
BIMAGHFIROTIW WAAJRIN KARIM INNA NAHNU
NUHYIL MAUTA WANAKTUBUMA QODDAMU WA
ATSAROHUM WA KULLA SYAI-IN AHSHOINAHU FI
IMAMIM MUBIN FIHA TAHYAUNA WAFIHA
TAMUTUN NA WAMINHA TUKHROJUN

Kaifiatnya diriadhohkan selama 7 hari tarku diruh
dan di wirid setiap
ba’da sholat fardhu dengan bilangan tertentu.
Mungkin sampai disini dulu
saya bisa membahasnya mudah mudahan dapat
menambah wawasan bagi kita semua
.
Saya ucap terima kasih untuk pimpinan serta
sesepuh SBM semua ,juga ta
lupa saya mau minta maaf jikalau saya sering tidak
membalas komentarnya
dikarenakan saya tidak punya akses internet
ataupun medianya maklum di desa
kang, ini juga saya sempatin minjem laptop sodara
jadi kalau ada pertanyaan
bisa via hp saja number nya ada di artikel saya
terdahulu juga untuk yang
dulu dulu menanyakan alamat saya!! tepatnya saya
tinggal di jln. A yani no
359 Ds suci dekat makam sunan rohmat prabu kian
santang karpaw Garut
silahkan kalau yang ingin sekedar bersilaturahim
mangga di antos. Juga saya
ada sedikit info ni kang bagi yang senang ngilmu
khususnya, di tempat saya
sedang di adakan acara ijazahan ngaji jeung buka
elmu sambil beramal
silahkan datang saja bagi yang berminat ke ponpes
salafiyah garut. Sebelum
dan sesudahnya saya ucap terima dan maafkanlah
jikalau ada kata-kata yang
kurang berkenaan wasalamu ‘alaikm wr wb

asror.sahadat@gmail.com

About these ads
 
128 Komentar

Posted by pada 26 September 2012 in Artikel, ILMU METAFISIKA

 

128 responses to “ILMU HIKMAH YG SEMAKIN JARANG DI TEMUI

  1. Banyugeni

    26 September 2012 at 16:20

    .

     
  2. jagaraksa940

    26 September 2012 at 16:20

    Pertamax

     
  3. jagaraksa940

    26 September 2012 at 16:21

    Weh,kalah cpt karo admin
    Xixixi

     
    • Banyugeni

      26 September 2012 at 16:41

      pakai seven kok mas jadi cepet..he3x

       
  4. a joe

    26 September 2012 at 16:22

    absen sore…

     
  5. jagaraksa940

    26 September 2012 at 16:29

    Mantap artikel nya
    Ijin nyimak kang

     
  6. jagaraksa940

    26 September 2012 at 16:31

    Salam kg a joe
    Mangga di lajeungkeun
    Pamit heula

     
  7. sun gokong

    26 September 2012 at 16:41

    cap dulu

     
  8. BP

    26 September 2012 at 16:55

    Wa’alaikumus salam….. mangga kang.

     
  9. cah kinyan

    26 September 2012 at 17:00

    hadir . . . .nyimak

     
  10. Baju Baru Semangat Baru

    26 September 2012 at 17:24

    Melu…..cap ,,stempel ke sebelas……..
    Lanjut nyimak………

     
  11. ibanez singadimedja ®

    26 September 2012 at 18:10

    absen sore..mrrnwun..mnmbah wwsan

     
  12. cilintrik

    26 September 2012 at 18:50

    Melu nyelup… Lanjuuut…..

     
  13. mohamad soleh

    26 September 2012 at 18:57

    isi bensin….

     
    • Bangkit

      26 September 2012 at 18:58

      eh barengan sma kang mohamad sholeh, salam kang…

       
  14. Bangkit

    26 September 2012 at 18:57

    Semangat malam… salam salim sedulur semua… ikutan hadir ngalap berkah, klo ada yg mau ngirim berkat jga gpp hehehe… mangga dilanjut…

    Kang Cilintrik sesuatu yeuh… nyelup naun kang?

     
    • cilintrik

      26 September 2012 at 21:56

      Hehe.. Kang bangkit maklum nuju sahrinay…

       
  15. Wesi bolong

    26 September 2012 at 19:18

    ikut saja

     
  16. sun gokong

    26 September 2012 at 19:20

    Kisah Nyata Seorang Pemuda
    Arab Yang Menimba Ilmu Di
    Amerika. Ada seorang pemuda arab yang baru
    saja menyelesaikan bangku kuliahnya di
    Amerika. Pemuda ini adalah salah
    seorang yang diberi nikmat oleh Allah
    SWT berupa pendidikan agama Islam
    bahkan ia mampu mendalaminya. Selain belajar, ia juga seorang juru dakwah
    Islam. Ketika berada di Amerika, ia
    berkenalan dengan salah seorang
    Nasrani. Hubungan mereka semakin
    akrab, dengan harapan semoga Allah
    SWT memberinya hidayah masuk Islam. Pada suatu hari mereka berdua berjalan-
    jalan di sebuah perkampungan di
    Amerika dan melintas di dekat sebuah
    gereja yang terdapat di kampung
    tersebut. Temannya itu meminta agar ia
    turut masuk ke dalam gereja. Semula ia berkeberatan. Namun karena ia terus
    mendesak akhirnya pemuda itupun
    memenuhi permintaannya lalu ikut
    masuk ke dalam gereja dan duduk di
    salah satu bangku dengan hening,
    sebagaimana kebiasaan mereka. Ketika pendeta masuk, mereka serentak berdiri
    untuk memberikan penghormatan lantas
    kembali duduk. Di saat itu si pendeta agak terbelalak
    ketika melihat kepada para hadirin dan
    berkata, “Di tengah kita ada seorang
    muslim. Aku harap ia keluar dari sini.”
    Pemuda arab itu tidak bergeming dari
    tempatnya. Pendeta tersebut mengucapkan perkataan itu berkali-kali,
    namun ia tetap tidak bergeming dari
    tempatnya. Hingga akhirnya pendeta itu
    berkata, “Aku minta ia keluar dari sini dan
    aku menjamin keselamatannya.” Barulah
    pemuda ini beranjak keluar. Di ambang pintu ia bertanya kepada sang pendeta,
    “Bagaimana anda tahu bahwa saya
    seorang muslim.” Pendeta itu menjawab,
    “Dari tanda yang terdapat di wajahmu.”
    Kemudian ia beranjak hendak keluar.
    Namun sang pendeta ingin memanfaatkan keberadaan pemuda ini,
    yaitu dengan mengajukan beberapa
    pertanyaan, tujuannya untuk
    memojokkan pemuda tersebut dan
    sekaligus mengokohkan markasnya.
    Pemuda muslim itupun menerima tantangan debat tersebut.
    Sang pendeta berkata, “Aku akan
    mengajukan kepada anda 22
    pertanyaan dan anda harus
    menjawabnya dengan tepat.” Si pemuda
    tersenyum dan berkata, “Silahkan!” Sang pendeta pun mulai bertanya, 1. Sebutkan satu yang tiada duanya,
    2. dua yang tiada tiganya,
    3. tiga yang tiada empatnya,
    4. empat yang tiada limanya,
    5. limayang tiada enamnya,
    6. enam yang tiada tujuhnya, 7. tujuh yang tiada delapannya,
    8. delapan yang tiada sembilannya,
    9. sembil an yang tiada sepuluhnya,
    10. sesuatu yang tidak lebih dari sepuluh,
    11. sebelas yang tiada dua belasnya,
    12. dua belas yang tiada tiga belasnya, 13. tiga belas yang tiada em-pat
    belasnya.
    14. Sebutkan sesuatu yang dapat
    bernafas namun tidak mempunyai ruh!
    15. Apa yang dimaksud dengan kuburan
    berjalan membawa isinya? 16. Siapakah yang berdusta namun
    masuk ke dalam surga?
    17. Sebutkan sesuatu yang diciptakan
    Allah namun Dia tidak menyukainya?
    18. Sebutkan sesuatu yang diciptakan
    Allah dengan tanpa ayah dan ibu! 19. Siapakah yang tercipta dari api,
    siapakah yang diadzab dengan api dan
    siapakah yang terpelihara dari api?
    20. Siapakah yang tercipta dari batu,
    siapakah yg diadzab dengan batu dan
    siapakah yang terpelihara dari batu? 21. Sebutkan sesuatu yang diciptakan
    Allah dan dianggap besar!
    22. Pohon apakah yang mempu-nyai 12
    ranting, setiap ranting mempunyai 30
    daun, setiap daun mempunyai 5 buah, 3
    di bawah naungan dan dua di bawahsinaran matahari?” Mendengar pertanyaan tersebut
    pemuda itu tersenyum dengan
    senyuman mengandung keyakinan
    kepada Allah. Setelah membaca
    basmalah ia berkata, 1. Satu yang tiada duanya ialah Allah
    SWT.
    2. Dua yang tiada tiganya ialah malam
    dan siang. Allah SWT berfirman, “Dan
    Kami jadikan malam dan siang sebagai
    dua tanda (kebesaran kami).” (Al-Isra’: 12).
    3. Tiga yang tiada empatnya adalah
    kekhilafan yang dilakukan Nabi Musa
    ketika Khidir menenggelamkan sampan,
    membunuh seorang anak kecil dan
    ketika menegakkan kembali dinding yang hampir roboh.
    4. Empat yang tiada limanya adalah
    Taurat, Injil, Zabur dan al-Qur’an.
    5. Lima yang tiada enamnya ialah shalat
    lima waktu.
    6. Enam yang tiada tujuhnya ialah jumlah hari ketika Allah SWT menciptakan
    makhluk.
    7. Tujuh yang tiada delapannya ialah
    langit yang tujuh lapis Allah SWT
    berfirman, “Yang telah menciptakan tujuh
    langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidakmelihat pada ciptaan Rabb Yang
    Maha Pemurah sesuatu yang tidak
    seimbang.” (Al-Mulk: 3).
    8. Delapan yang tiada sembilannya ialah
    malaikat pemikul Arsy ar-Rahman. Allah
    SWT berfirman,”Dan malaikat-malaikat berada dipenjuru-penjuru langit. Dan
    pada hari itu delapan orang malaikat
    menjunjung ‘Arsy Rabbmu di atas
    (kepala) mereka.” (Al-Haqah: 17).
    9. Sembilan yang tiada sepuluhnya
    adalah mu’jizat yang diberikan kepada Nabi Musa : tongkat,tangan yang
    bercahaya, angin topan, musim
    paceklik,katak,darah, kutu dan belalang
    dan ****
    10. Sesuatu yang tidak lebih dari sepuluh
    ialah kebaikan. Allah SWT berfirman, “Barangsiapa yang berbuat kebaikan
    maka untuknya sepuluh kali lipat.” (Al-
    An’am: 160).
    11. Sebelas yang tiada dua belasnya
    ialah jumlah saudara-saudara Yusuf
    12. Dua belas yang tiada tiga belasnya ialah mu’jizat Nabi Musa yang terdapat
    dalam firman Allah, “Dan (ingatlah) ketika
    Musa memohon air untuk kaumnya, lalu
    Kami berfirman, ‘Pukullah batu itu
    dengan tongkatmu.’ Lalu memancarlah
    daripadanya dua belas mata air.” (Al- Baqarah: 60).
    13. Tiga belas yang tiada empat
    belasnya ialah jumlah saudara Yusuf
    ditambah dengan ayah dan ibunya.
    14. Adapun sesuatu yang bernafas
    namun tidak mempunyai ruh adalah waktu Shubuh. Allah SWT ber-firman,
    “Dan waktu subuh apabila fajarnya mulai
    menyingsing.” (At-Takwir: 18).
    15. Kuburan yang membawa isinya
    adalah ikan yang menelan Nabi
    YunusAS. 16. Mereka yang berdusta namun masuk
    ke dalam surga adalah saudara-saudara
    Yusuf,yakni ketika mereka berkata
    kepada ayahnya, “Wahai ayah
    kami,sesungguhnya kami pergi
    berlomba-lomba dan kami tinggalkan Yusuf di dekat barang-barang kami, lalu
    dia dimakan serigala.” Setelah kedustaan
    terungkap, Yusuf berkata kepada
    mereka, “tak ada cercaaan terhadap
    kalian”, dan ayah mereka Ya’qub
    berkata, “Aku akan memohonkan ampun bagimu kepada Rabbku.
    Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha
    Pengampun lagi Maha Penyayang.”
    17. Sesuatu yang diciptakan Allah
    namun tidak Dia sukai adalah suara
    keledai. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya sejelek-jelek suara
    adalah suara keledai.” (Luqman: 19).
    18. Makhluk yang diciptakan Allah tanpa
    bapak dan ibu adalah Nabi Adam,
    malaikat, unta Nabi Shalih dan kambing
    Nabi Ibrahim. 19. Makhluk yang diciptakan dari api
    adalah Iblis, yang diadzab dengan api
    ialah Abu Jahal dan yang terpelihara dari
    api adalah Nabi Ibrahim. Allah SWT
    berfirman, “Wahai api dinginlah dan
    selamatkan Ibrahim.” (AlAnbiya’: ) 20. Makhluk yang terbuat dari batu
    adalah unta Nabi Shalih, yang diadzab
    dengan batu adalah tentara bergajah
    dan yang terpelihara dari batu adalah
    Ash-habul Kahfi (penghuni gua).
    21. Sesuatu yang diciptakan Allah dan dianggap perkara besar adalah tipu
    daya wanita, sebagaimana firman Allah
    SWT, “Sesungguhnya tipu daya kaum
    wanita itu sangatlah besar.” (Yusuf: 28).
    22. Adapun pohon yang memiliki 12
    ranting setiap ranting mempunyai 30 daun,setiap daun mempunyai 5 buah, 3
    di bawah teduhan dan dua di bawah
    sinaran matahari maknanya: Pohon
    adalah tahun, ranting adalah bulan,
    daun adalah hari dan buahnya adalah
    shalat yang lima waktu, tiga dikerjakan di malam hari dandua di siang hari.
    Pendeta dan para hadirin merasa takjub
    mendengar jawaban pemuda muslim
    tersebut. Kemudian ia pamit dan
    beranjak hendak pergi. Namun ia
    mengurungkan niatnya dan meminta kepada pendeta agar menjawab satu
    pertanyaan saja. Permintaan ini disetujui
    oleh sang pendeta. Pemuda ini berkata, “Apakah kunci surga
    itu?” Mendengar pertanyaan itu lidah
    sang pendeta menjadi kelu, hatinya
    diselimuti keraguan dan rona wajahnya
    pun berubah. Ia berusaha
    menyembunyikan kekhawatirannya, namun hasilnya nihil. Orang-orang yang
    hadir di gereja itu terus mendesaknya
    agar menjawab pertanyaan tersebut,
    namun ia berusaha mengelak. Mereka
    berkata,”Anda telah melontarkan 22
    pertanyaan kepadanya dan semuanya ia jawab,sementara ia hanya memberimu
    satu pertanyaan, namun anda tidak
    mampu menjawabnya!” Pendeta tersebut berkata,”Sungguh aku
    mengetahui jawaban dari pertanyaan
    tersebut, namun aku takut kalian marah.
    “Mereka menjawab, “Kami akan jamin
    keselamatan anda.” Sang pendeta pun
    berkata, “Jawabannya ialah: Asyhadu an La Ilaha Illallah wa Asyhadu anna
    Muhammadar Rasulullah.”
    Lantas sang pendeta dan orang-orang
    yang hadir di gereja itu memeluk agama
    Islam. Sungguh Allah telah menganugrahkan
    kebaikan dan menjaga mereka dengan
    Islam melalui tangan seorang pemuda
    muslim yang bertakwa. Kisah nyata ini di ambil dari Mausu’ah al-
    Qishash al-Waqi’ah.
    Kaum yang berpikir (termasuk para
    pendeta) sedianya telah mengetahui
    bahwa Islam adalah agama yang
    diturunkan kepada Nabi Muhammad S.A.W dan akan menjaga manusia
    dalam kesejahteraan baik di dunia dan di
    akherat.. Apa yang menyebabkan hati
    para pendeta itu masih tertutup bahkan
    cenderung mereka sendiri yang
    menutup rapat jiwanya.. Semoga Allah SWT memberikan Hidayah kepada
    mereka yang mau berpikir.. Amin.!

     
    • Antok Pamungkas

      28 Oktober 2012 at 07:13

      wah makasih kang sun gokong. aku baru tahu ilmu yang ini.

       
  17. Banyugeni

    26 September 2012 at 19:58

    malam gerimis

     
  18. Baju Baru Semangat Baru

    26 September 2012 at 20:14

    Absen Malam…..salam2 sesepuh semua,,,
    Weh tempat Mas Banyu wis ujan…..

     
  19. Banyugeni

    26 September 2012 at 20:29

    gak jadi hujannya mas,cuma mendung,gerimis kecil,terang lagi.

     
  20. a joe

    26 September 2012 at 20:30

    rame oleh organ tunggal…

     
    • Banyugeni

      26 September 2012 at 20:38

      wah ada yg mini mini itu he3x

       
  21. a joe

    26 September 2012 at 20:33

    kemarin kalo di tempat sy baru hujan pertama air dari genting pd keruh kang…

     
  22. Baju Baru Semangat Baru

    26 September 2012 at 20:34

    Bongkar…bongkar…top kopi …top kopi dulu lur semua

     
  23. a joe

    26 September 2012 at 20:36

    mari… lg air putih kang bbsb… monggo…

     
    • Baju Baru Semangat Baru

      26 September 2012 at 20:58

      Rasulullah SAW menganjurkan kita agar minum tidak sambil berdiri !!!? Ternyata scara medis dlm tubuh manusia tdpt pe nyaring Sfringer. Saringan tsb dpt terbuka ketika kita duduk, dan tertutup ketika kita berdiri.
      Air yg kita minum blm 100% steril untk diolah oleh tubuh. Bila kita minum sambil berdiri, maka air tidak tersaring oleh Sfringer krn tertutup.
      Air yg tdk tsaring oleh Sfringer langsung masuk ke kantung kemih, dan dapat myebabkan penyakit kristal ginjal. Subhanalloh,
      tiap anjuran dan larangan Rasul pasti bmanfaat bg umatnya.!!!??
      Ayo kita berbagi tips tuk menuju sehat.
      Insyaallah !!!

       
  24. Banyugeni

    26 September 2012 at 20:40

    air campur debu di genteng itu mas..
    aku air merah malahan+wangi..he3x

     
    • Bangkit

      26 September 2012 at 20:50

      Bener kang… Karawang debunya ngeri, udah kya musim salju aja…

       
  25. Bangkit

    26 September 2012 at 20:44

    Sya temenin ngopinya kang bbsb…
    Ngiringan nyawer atuh kang a joe…
    Salim kang banyu… Monggo dilanjut…

     
    • Baju Baru Semangat Baru

      26 September 2012 at 20:52

      Hehehe…kalu dah ada kopi rokoknya juga di siapin Mas…..

       
      • Bangkit

        26 September 2012 at 21:15

        Mantap, monggo kretek 234… Hehehe foto profil fbnya mantap kang…

         
  26. arief®

    26 September 2012 at 21:21

    salam salim sedulur sbm semuanya..dikum saja..^_^

    nyimak..

     
  27. jin n jun

    26 September 2012 at 21:24

    Salim poro sedulur semua mohon ijin mau cangkruk sambil ngudut

     
  28. Baju Baru Semangat Baru

    26 September 2012 at 21:30

    Malam Mas Arief,,,,mas Jin dan Jun….

     
  29. Banyugeni

    26 September 2012 at 23:56

    selamat malam

     
  30. Pak Agus Balung

    27 September 2012 at 01:14

    Asslammualaikum…………absen lewat tengah malam…………

    Para sesepuh SBM, dan semua sedulur Bolo Bumi, trima kasih banget atas doa dan ucapan bela sungkawanya………..insy Allah …..Allah akan membalas kebaikan penjengan semua….. amin……….

     
  31. Pak Agus Balung

    27 September 2012 at 01:29

    Assalammualaikum…………mas guru Ki Risang, mas Ahmadr, dan mas mas yang lainnya :

    mas @Bangkit, @tunggul wenang, @ Sun go kong, @cilintrik, @JAVAZ, @Setya 7, @war, @pupuh bayu, @Baju Baru semangat Baru, @ijo, @inbanez singadimeja, @mas Nunub, @yudha kelana……………..

    matur nuwun sanget atas doa dan ucapan belasungkawa atas wafatnya ayah mertua kami, insya Allah amal ibadah penjenengan…….dibalas dengan pahala yang setimpal……amin….

     
    • Masnunub ^_^

      27 September 2012 at 02:12

      Sugeng enjing abah agus…. Saliiiiiim sungkem….

       
  32. Bangkit

    27 September 2012 at 05:55

    Semangat pagi… Semangat beraktifitas…

     
  33. Pak Agus Balung

    27 September 2012 at 06:39

    Alhamdulillah…………….sugeng enjing…..mas guru Nunub…….kados pundi pawartosipun…..sami sehat wal afiat, toh……….insya Allah makaten, nggih……amin

     
  34. Baju Baru Semangat Baru

    27 September 2012 at 07:39

    ‎​ SЄĹƏ♍Əƭ-ÞƏǥΐ ‎​
    Bolo Sbm semua,,,semoga dlm naungan sehat wal afiat serta berkah yg tercurah melimpah……amin

    Lanjut nyimak sambil makaryo golek upo sak sendok karo duit segepok….

     
  35. Baju Baru Semangat Baru

    27 September 2012 at 07:41

    Semangat….semangat…..jangan lupa istiqomah……

     
  36. Baju Baru Semangat Baru

    27 September 2012 at 07:49

    Untuk yg nuralip sudah mulai aktif kalau bisa silahkan langsung di coba praktek terapi mulai dari yg ringan2 dulu…terus menerus untuk membantu saudara sekitar yg terdekat dulu……nanti lama2 akan menyatu dg badan kita ….

     
  37. Baju Baru Semangat Baru

    27 September 2012 at 07:52

    Lanjut kabur…….cling……..

     
  38. Baju Baru Semangat Baru

    27 September 2012 at 07:54

    Kopi…kopi….

     
  39. cilintrik

    27 September 2012 at 08:02

    Melu ndlongop ning buri mbil masak, mnggo di lajeung ttp stia nyimak salam rahayu mbahe risang, mbahe agus, gus banyu, km guru nunub, kang bangkit, kang baju baru slamat braktivitas smga lancar lan berkah. Amiiin..

     
  40. cilintrik

    27 September 2012 at 08:04

    Kang baju baru oyeh… Hehe….

     
  41. sun gokong

    27 September 2012 at 09:26

    Sekedar celoteh pagi mungkin banyak sudah tahu
    Khasiat Surah AL-WAAQI’AH
    a. Barang siapa yang membaca surat Al-
    Waaqi’ah 14 kali setiap habis sholat
    Ashar, Makaselekas mungkin dikabulkan
    Do’anya oleh Allah SWT.
    b. Barang siapa membaca 3 kali sesudah
    sholat Isya dan Subuh, maka ia akan diberi kekayaan oleh Allah dengan
    pekerjaan yang ringan.
    c. Barang siapa membaca surat Al-
    Waaqiah 41 kali dalam sekali majelis
    (tetap tidak pindahsebelum mencapai
    hitungan 41) maka selekas mungkin Hajatnya dikabulkan Allah SWTterutama
    dalam hal permintaan Rezeki.
    d. Barang siapa membaca surat Al-
    Waaqiah 41 kali selama 40 hari berturut-
    turut tanpa putussatu hari pun, Maka ia
    akan diberi rizqi yang lapang oleh Allah SWT tanpa susah payah.
    e. Nabi Muhammad SAW Bersabda :
    “Barang siapa yang membaca surat Al-
    Waaqiah setiapmalam, Maka ia akan
    diselamatkan dari kemiskinan, dan surat
    Al-Waaqiah itu bila dibacabisa menyebabkan Kaya, oleh sebab itu
    biasakanlah membacanya dan ajarkan
    anakanakMu.”
    f. Sesungguhnya sahabat Utsman bin
    Affan ingin menghadiahkan sejumlah
    uang kepadaAbdulloh bin Mas’ud tetapi ia menolak pemberian Utsman bin Affan
    tadi, kemudianUtsman bin Affan berkata :
    “Belanjakanlah uang ini untuk anak-
    anakmu.” Iamenjawab:”Apakah engkau
    takut mereka akan kekurangan.?”
    Sesungguhnya mereka telahaku perintah agar membaca surat Al-
    Waaqiah, karena aku mendengar Sabda
    NabiSAW:”Barang siapa membaca surat
    Al-Waaqiah setiap malam maka ia tidak
    mengalamikekurangan selamanya.”
    g. Barang siapa membacaNya setiap habis shalat fardhu, maka ia akan
    dimudahkan oleh Allah segala
    urusannya, Terutama dalam hal Rizqi.
    h. Bila surat Al-Waaqiah ini dibaca
    didekat orang yang sedang sakit keras,
    maka orang yangsakit tersebut insya Allah lekas diberi kesembuhan oleh Allah.
    i. Surat Al-Waaqiah ini barokahnya juga
    bisa untuk meringankan Siksa kubur,
    oleh karena itu apabila surat Al-Waaqiah
    ini dibaca dan pahalanya di hadiahkan
    atau dikirimkan untukAhli kubur, maka ahli kubur tersebut akan terlepas dari
    siksa kubur.

     
  42. sun gokong

    27 September 2012 at 09:32

    Setiap orang dibesarkan dalam
    upaya yang berbeda. Menghargai
    perbedaan adalah hal yang
    mungkin sulit, tapi harus selalu
    dicoba.

     
  43. Bangkit

    27 September 2012 at 09:37

    Susu dingin… Susu dingin…
    Salim kang cilintrik, kang agus, kang bbsb, kang gokong…
    nyimak kang gokong…

     
  44. sun gokong

    27 September 2012 at 09:53

    Hanya penghibur hati saja
    Khodam SAYYID KANDIYAS
    Di riwayatkan oleh Imam Syeikh Ahmad
    Ali AL-Buuni “ Apabila Anda
    menginginkan Khodam
    Sayyid kandiyas (khodam ayat kursy) “
    1. Bertawakkaal kepada Alloh ( berserah
    diri dgn semua urusan ) 2. Sucikan Hatimu,tempatmu,pakaianmu
    3. Bersihkan Niatmu
    4. Masuk ke tempat kholwat ( menyepi )
    pada hari selasa ketika sholat Shubuh
    4hari yang berakhir Sabtu pagi
    5. Menyediakan Bukhur yang tidak ditentukan jenisnya ( sesuatu yang
    menimbulkan wangi bisa kemenyan bisa
    dgn minyak wangi )
    6. Membaca Azimah Ayat Kursy setiap
    ba,da sholat fardu 72x dengan di sertai
    wewangian ( bukhur). Syeikh Ahmad ibni Ali Al-Buuni berkata “
    Ketahuilah wahai saudaraku Alloh telah
    memberikan Taufik kepadaku juga
    kepadamu, Sesungguhnya engkau akan
    mendengar pada malam pertama
    (malam rabu ) ditengah tempat kamu berkholwat satu suara seperti suara
    ringkik himar ( keledai ),maka janganlah
    engkau takut dan kaget karena
    sesungguhnya mereka ( Iblis cs ) tidak
    akan kuasa untuk mencelakakan dirimu.
    Pada malam ke dua ( Malam Kamis ) maka sesungguhnya engkau akan
    mendengar suara pada
    tengah malam diatas tempat kamu
    berkholwat suara berlarinya kuda, maka
    janganlah takut dan kaget.
    Pada malam ke tiga ( malam Jum’at ) di tengah malam akan masuk kepadamu 3
    kucing yang
    berwarna Merah,Putih,Hitam ,mereka
    masuk dari pintu tempat anda berkholwat
    lalu keluar dari depan anda, janganlah
    takut dan kaget karena sesungguhnya mereka ( Iblis cs ) tidak akan kuasa untuk
    mencelakakan dirimu karena Azimah
    ayat kursy merupakan hijab dari
    gangguan mereka. Pada malam ke
    Empat tengah malam wangikanlah
    tempat anda berkholwat sambil anda menghadap qiblat bacalah Azimah Ayat
    Kursy 1x , maka sesungguhnya dinding
    tempat anda berkholwat akan terbelah
    dan masuk seorang khodam yang
    dipenuhi oleh cahaya maka janganlah
    takut dan jangan teputus dari wewangian sehingga dia berbicara “ Assalamu alaika
    wahai Hamba Alloh “ maka balaslah
    salamnya Wa alaikas salam
    warohmatullohi wabarakatuh, maka dia
    berkata “ Apa yang anda kehendaki dari
    kami wahai Hamba Alloh “, Maka katakanlah padanya Aku tidak
    menginginkan darimu apa-apa kecuali
    engkau membantuku sampai habis sisa
    umurku, Maka
    khodam Sayyid Kandiyas berkata
    “Ambillah Cincin emas ini yang mana pada cincin ini terukir Asma’ Alloh Yang
    agung cincin ini sebagai pengikat antara
    aku dan kamu apabila engkau
    menginginkan kehadiranku pakailah
    cincin ini ditangan kananmu lalu baca
    Azimah Ayat kursy 3x kemudian ucapkanlah olehmu “ YA MALAKU
    KANDIYAS AJIBNI BIHUDURIKA” (hai
    malaikat Kandiyas jawablah aku dengan
    kehadiranmu), maka aku akan hadir
    dihadapanmu dan akan membantu
    dengan apa-apa yang kamu inginkan dengan berbagai macam pekerjaan
    khowariqul adat. Telah berkata Syeikh Abu hamid Al-
    Ghozali tentang rahasianya Azimah ayat
    kursi ini, Imam ghozali berkata “ Tidak
    terdapat di alam ini do’a yang lebih cepat
    untuk melapangkan segala urusan pada
    waktu berat/tedesak dari do’a ini caranya yaitu: 1. Membaca ayat kursy 313x
    2. Membaca Azimah ayat kursy7x
    setelah membaca ayat kursy
    3. Waktu membacanya pada tengah
    malam di tempat yg suci dari najis serta
    sepi dari manusia Berkata As-Syeikh al- imam Ahmad ibni Ali Al-buuny “
    Membaca Azimah Ayat Kursy tiap ba’da
    Sholat Fardu 20x dapat menundukkan
    khodam ayat kursy yang bernama
    Sayyid Kandiyas “ Dan telah berkata
    para Ulama Ahli Khowas ( yg mempunyai ke khususan ) “ Barang siapa yang
    mendawamkan/membiasakan membaca
    Azimah ayat Kursy tiap hari 1x setelah
    terlebih dahulu membaca Ayat kursy 50x
    atau 170x , maka Alloh akan
    menundukkan baginya semua manusia dan Alloh akan membukakan baginya
    semua yang terkunci Dan Alloh akan
    memudahkan kepadanya perkara-
    perkara sulit dengan mudah, Berikut di
    bawah ini Azimah yang di maksud : ALHAMDULILLAHI ROBBIL A’LAMIN
    WAS SHOLATU WAS SALAMU A’LA
    SAYYIDINA MUHAMMADIN WA A’LA
    ALIHI WA SHOHBIHI WA SALLIM
    ALLOHUMMA INNI AS ALUKA WA
    ATAWASSALU ILAIKA ( YA ALLOHU 3X ) ( YA ROHMANU 3X ) (YA ROHIMU
    3X ) ( YA ROBBAHU 3X ) ( YA
    SAYYIDAH 3X ) ( YA HU 3X ) YAGIYASI
    INDA SIDDATI YA ANISI INDA
    WAHDATI YA MUJIBI INDA DA’WATI
    (YA ALLOHU 3X ) ( ALLOHU LA ILAHA ILLA HUWAL HAYYUL QOYYUM ) YA
    HAYYU YAQOYYUMU YA MAN
    TAQUMUS SAMAWATI WAL ARDO BI
    AMRIHI YA JAMIAL MAHLUQOTI
    TAHTA LUTFIHI WA QOHRIHI AS ALIKA
    AN TASHORO LI RUHANIYATA HADZIHIL AYATAS SYARIFATA
    TU’INUNI A’LA QODOI HAWAIJI YA
    MAN (LA TA’HUDZUHU SINATUN WA
    LA NAUM ) IHDINA ILAL HAQQI WA ILA
    TORIQIM MUSTAQIM HATTA
    ASTARIHA MINAL LAUMI LA ILAHA ILLA ANTA SUBHANAKA INNI KUNTU
    MINADZ DZOLIMIN YA MAN
    (LAHU MA FIS SAMAWATI WAL ARDI
    MAN DZAL LADZI YASYFA’U INDAHU
    ILLA BI IDZNIH) ALLOHUMMA ISYFA’ LI
    WA ARSYIDNI FIMA URIDU MIN QODOI HAWAIJI WA ISBATI QOULI WA FI’LI WA
    A’MALI WA BARRIK LI FI AHLI YA MAN
    (YA’LAMU MA BAINA AYDIHIM WAMA
    HOLFIHIM WALA YUHITUNA BISYAYIN
    MIN ILMIHI ) YA MAN YA’LAMU
    DOMIRO IBADIHI SIRRON WA JAHRON AS ALIKA ALLOHUMMA AN TASHORO
    LI KHUDDAMU HADZIHIL AYATIL
    A’DZIMATI WAD DA’WATIL MUNIFATI
    YAKUNUNA LI AUNAN A’LA QODOI
    HAWAIJI ( HAYLAN 2X ) ( JAULAN 2X )
    ( MALAKAN 2X ) YA MAN LA YATASORROFU FI MULKIHI (ILLA BI
    MASYA WASI’A KURSIYYUHUS
    SAMAWATI WAL ARDI ) SAHHIR LI
    ABDAKA KANDIYAS HATTA
    YUKALLIMANI FFI HALI YAQDOTI WA
    YUI’NANI FI JAMI’I HAWAIJI YA MAN (WALA YAUDUHU HIFDZUHUMA WA
    HUWAL A’LIYYUL A’DHIM)
    YAHAMIDU YAMAJIDU YA BA’ISU YA
    SAHIDU YA HAQQU YA WAKILU
    YAQOWIYYU YA MATINU KUN LI
    AUNAN A’LA QODOI HAWAIJI BI ALFI ALFI LAHAULA WA LA QUWWATA ILLA
    BILLAHIL ALIYYIL ADHIMI AQSAMTU
    ALAIKA AYYUHAS SAYYIDUL
    KANDIYAS AJIBNI ANTA WA
    HUDDAMUKA WA AI’NUNI FIJAMI’I
    UMURI BI HAQQI MA TA’TAQIDUNAHU MINAL A’DHOMATI WAL KIBRIYAI WA
    BIHAQQI HADZIHIL AYATIL A’DHOMATI
    WABISAYYIDINA MUHAMMADIN
    ALAIHIS SOLATU WAS SALAMU AJIB
    AYYUHAS SAYYIDUL KANDIYAS
    ASRO’A MINAL BARQI WA MAAMRUNA ILLA WAHIDATIN KA
    LAMHI BIL BASORI AW HUWA
    AQROBU INNALLOHA A’LA KULLI
    SAYIN QODIR WASOLLALLOHU A’LA
    SAYYIDINA MUHAMMADIN WA A’LA
    ALIHI WA SALLAMA TASLIMAN KATSIRO WAL HAMDULILLAHI ROBBIL
    A’LAMIN

     
  45. cilintrik

    27 September 2012 at 10:00

    azeeep kang gokong skalian di ulas makna’x lbih dlm lg isi kadungan dri surah al wakiah’x,knpa brkaitan dgn rezeki sdang di dlam’x mmbahas hri akhir. kula tak nyimak wae ning buri.
    Dlu wkt istri lg hamil dia dawaw surah alwakiah dlm kelahiran’x lancar tnpa kendala yg sulit wlo bayi trlahir 4,25kg

     
    • sun gokong

      27 September 2012 at 10:15

      nah itukah salah satu makna dengan kelahiran seorang bayi

       
  46. Pak Agus Balung

    27 September 2012 at 10:08

    Wa alaikum salam……..sugeng enjing menjelang siang……kang cilintrik, kang Bangkit…… salam rahayu……………..

     
  47. cilintrik

    27 September 2012 at 10:24

    salam ugi pak agus balung, kang bangkit salam ginanjar kawilujeungan..

     
  48. sun gokong

    27 September 2012 at 10:59

    Hidupkan dan Pelihara Roh Anda!
    Pada suatu hari Abu Bashir berada di Masjid A-Haram. la terpesona menyaksikan ribuan orang yang bergerak mengelilingi Kabah, mendengarkan gemuruh tahlil, tasbih, dan takbir mereka. Ia membayangkan betapa beruntungnya orang-orang itu. Mereka tentu akan mendapat pahala dan ampunan Tuhan. Imam Ja’far Al-Shadiq, tokoh spiritual yang terkenal dan salah seorang ulama besar dari keluarga Rasulullah saw, menyuruh Abu Bashir menutup matanya. Imam Ja’far
    mengusap wajahnya. Ketika ia membuka lagi matanya, ia terkejut. Di sekitar Ka’bah ia melihat banyak sekali binatang dalam berbagai jenisnya- mendengus, melolong, mengaum. Imam Ja’far berkata, “Betapa banyaknya lolongan atau teriakan; betapa sedikitnya yang haji.” Apa yang disaksikan Abu Bashir pada kali yang pertama adalah tubuh-tubuh manusia. Apa yang dilihat kedua kalinya adalah bentuk-bentuk roh mereka. Kita adalah makhluk yang hidup di dua alam sekaligus. Tubuh kita hidup di alam fisik, terikat dalam ruang dan waktu. Para ulama menyebut alam fisik ini sebagai alam
    nasut, alam yang bisa kita lihat dan kita raba, Kita dapat menggunakan pancaindera kita untuk mencerapnya. Sementara itu, roh kita hidup di alam metafisik, tidak terikat dalam ruang dan waktu. Para ulama menyebut alam ini alam malakut. Menurut Al-Quran, bukan hanya manusia, tetapi segala sesuatu mempunyai malakut-nya. “Maka Mahasuci (Allah) yang di tangan-Nya malakut segala sesuatu. Dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.’ (QS. Yasin 83); ‘Dan demikianlah kami perlihatkan kepada Ibrahim, malakut langit dan bumi.” (QS. Al- An’arn 75) Roh kita, karena berada di alam malakut, tidak dapat dilihat oleh mata lahir kita. Roh adalah bagian batiniah dari diri kita. Ia hanya dapat dilihat oleh mata batin. Ada sebagian di antara manusia yang dapat melihat roh dirinya atau orang lain. Mereka dapat menengok ke alam malakut. Kemampuan itu diperoleh karena mereka sudah melatih mata batinya dengan riyadhah kerohanian atau karena anugrah
    Allah (al-mawahib al-rabbaniyyah). Para Nabi, para walli, dan orang-orang saleh seringkali mendapat kesempatan melihat ke alam rnalakut itu. Makanan Roh Roh -seperti tubuh-juga dapat berada dalam berbagai keadaan. Imam Ali kw berkata, ‘Sesungguhnya tubuh mengalami
    enam keadaan; sehat, sakit, mati, hidup, tidur, dan bangun. Demikian pula roh. Hidupnya adalah ilmunya, matinya adalah kebodohannya., sakitnya adalah keraguannya, dan sehatnya adalah keyakinannya, tidurnya adalah kelalaiannya, dan bangunnya ialah penjagaannya.’ (BiharAl-Anwar 61:40) Seperti tubuh, roh pun memerlukan makanan. Mulla Shadra tidak menyebutnya makanan. Ia menyebutnya rezeki. Ia berkata, ‘Setiap yang hidup perlu
    rezeki, dan rezeki arwah adalah cahaya- cahaya ilahiah dan ilmu-ilmu rabbaniah.’ (Mafatih AI-Ghaib 545) Untuk meningkatkan kualitas roh, supaya ia sehat dan kuat, kita perlu memberikan kepadanya cahaya-cahaya ilahiah dalam bentuk zikir, doa, dan ibadat-ibadat lainnya
    seperti salat, puasa, dan haji. Pada Bulan Ramadhan, kita berusaha menerangi roh kita dengan berbagai makanan rohani. Kita mandikan roh kita dengan proses pensucian batin, seperti istighfar, mengendalikan hawa nafsu, dan menjauhi kemaksiatan. Karena itu Nabi saw bersabda, ‘Bulan Ramadhan adalah bulan
    yang diwajibkan atas kamu puasanya dan disunnahkan bagimu bangun malamnya. Barangsiapa yang berpuasa dan melakukan salat malamnya dengan iman dan ikhlas, Tuhan akan mengampuni dosa-dosanya yang terdahulu. (Dalam riwayat lain) la akan keluar dari dosa- dosanya seperti ketika ia keluar dari perut ibunya.’ Kita menghidupkan roh dengan ilmu-ilmu rabbaniah. Inilah yang kita maksud dengan dimensi intelektual dari keberagamaan kita. Ada ilmu-ilmu yang membantu kita untuk memelihara kesehatan tubuh kita seperti ilmu gizi, kedokteran, ekologi, dan sebagainya. Di samping itu, ada ilmu-ilmu yang menolong kita untuk menyehatkan roh kita: ilmu-ilmu tentang Al-Quran dan Sunnah (syariat), ilmu-ilmu tentang cara mendekatkan diri kita kepada Allah (thariqat), dan ilmu-ilmu berkenaan dengan pengalaman rohaniah (haqiqat). Seperti tubuh, roh yang tidak diperhatikan dan dipelihara, roh yang kekurangan makanan akan menjadi roh yang lemah, sakit-sakitan, dan akan dikuasai setan. Roh
    yang sakit tampak dalam gejala-gejala seperti kegelisahan, keresahan, kebingungan, hidup yang tidak bermakna, hidup tanpa tujuan, kosongan eksistensial (existential vacuum). Pendeknya, roh yang sakit tampak dalam hidup yang tidak tentram. Al-Quran melukiskannya, `Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit dan kami menghimpunkannya pada Hari Kiamat dalam keadaan buta.” (QS. Thaha 124); “Barangsiapa yang Allah menghendaki akan diberikan kepadanya pet-unjuk, niscaya dia melapangkan dadanya untuk Islam. Dan barangsiapa dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.’ (QS. Al-An’am 120). Keindahan Roh Seperti tubuh, arwah mempunyai rupa yang bermacam-macam: buruk atau indah; juga mempunyai bau yang berbeda: busuk atau harum. Rupa roh jauh lebih beragam dari rupa tubuh. Berkenaan dengan wajah lahiriah, kita dapat saja menyebut wajahnya mirip binatang, tapi pasti ia bukan binatang. Roh dapat betul-betul berupa binatang -babi atau kera. Tuhan berkata, ‘Katakanlah: apakah akan Aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk kedudukannya di sisi Allah, yaitu orang- orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka ada yang dijadikan kera dan babi dan penyembah Thagut? Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus. (Al- Maidah 60) Al-Ghazali menulis: ‘Al-Khuluq dan Al- Khalq kedua-duanya digunakan. Misalnya si Fulan mempunyai khuluq dan khalq yang indah -yakni indah lahir dan batin. Yang dimaksud dengan khalq adalah bentuk lahir, yang dimaksud dengan khuluq adalah bentuk batin. Karena manusia terdiri dari tubuh yang mencerap dengan mata lahir dan roh yang mencerap dengan mata batin. Keduanya mempunyai rupa dan bentuk baik jelek maupun indah. Roh yang mencerap dengan mata batin memiliki kemampuan yang lebih besar dari tubuh yang mencerap dengan mata lahir. Karena itulah Allah memuliakan roh dengan menisbahkan kepada diri-Nya. Ia bersabda, ‘Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat, Aku menjadikan manusia dan’ tanah. Maka apabila telah kusempurna kan kejadiannya dan kutiupkan kepadanya rohku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya.’(QS. Shad 71-72). Allah menunjukkan bahwa jasad berasal dari tanah dan roh dari Tuhan semesta alam. (Ihya Ulum Al-Din, 3:58). Khuluq -dalam bahasa Arab- berarti akhlak. Roh kita menjadi indah dengan akhlak yang baik dan menjadi buruk dengan akhlak yang buruk. Dalam teori akhlak dari Al-Ghazali, orang yang selalu mengikuti hawa nafsunya, akan memiliki roh yang berbentuk babi; orang yang pendengki dan pendendam akan memiliki roh yang berbentuk binatang buas; orang yang selalu mencari dalih buat membenarkan kemaksiatannya akan mempunyai roh yang berbentuk setan (monster) dan seterusnya. Ketika turun ke bumi, karena berasal dari Mahasuci, roh kita dalam keadaan suci. Ketika kita kembali kepadanya, roh kita datang dalam bentuk bermacam-macam. Ketika pohon pisang lahir ke dunia, ia lahir sebagai pohon pisang. Ketika mati, ia kembali sebagai pohon pisang lagi. Ketika manusia lahir, ia lahir sebagai manusia. Ketika mati, ia kembali kepada Tuhan dalam berbagai bentuk, tidak hanya dalam
    bentuk manusia saja. Ia dapat kembali dalam bentuk binatang, setan, atau cahaya. Walhasil, untuk memperindah bentuk roh kita, kita harus melatihkan akhlak yang baik. Meningkatkan kualitas spiritual, berarti
    mernperindah akhlak kita. Kita menyimpulkan prinsip ini dalam doa ketika bercermin. “Allahumma kama ahsanta khalqi fa hassin khuluqi.’ (Ya Allah, sebagaimana Engkau indahkan tubuhku, indahkan juga akhlakku). Roh dalam Maut Kita kutipkan di sini hadits yang panjang; “Kami sedang mengantarkan jenazah di Baqi. Kemudian datanglah Nabi dan duduk bersama kami di dekat jenazah. Kami tundukkan kepala kami seakan-akan burung hinggap di atasnya. Ia berkata: Aku berlindung dari siksa kubur, 3X. Sesungguhnya manusia mukmin ketika hendak memasuki akhirat dan meninggalkan dunia, turunlah malaikat kepadanya dengan wajah yang bersinar seperti cahaya matahari. Mereka duduk di dekat rnayit sepanjang mata memandang. Lalu datanglah malakal maut dan duduk di dekat kepalanya dan berkata: Hai roh yang baik, keluarlah menuju ampunan Allah dan keridhaannya. Maka keluarlah roh itu mengalir seperti rnengalirnya tetesan air dari mulut cerek. Malaikat maut mengambilnya. Apabila ia sudah mengambilnya, ia tidak membiarkannya berada di tangannya sekejap mata pun sampai ia menyimpannya di dalam kafan. Dari roh itu keluarlah bau harum semerbak
    memenuhi permukaan bumi. Para malaikat naik membawa roh itu. Setiap kali mereka rnelewati kelompok malaikat yang lain, mereka ditanya, `Siapa roh yang baik ini?’ Mereka menyebut Fulan bin Fulan dengan nama-nama yang indah yang diperolehnya di dunia. Ketika sampai di langit dunia, dibukakanlah pintu baginya. Pada setiap langit, malaikat mengantarkannya sampai ke langit berikutnya dan seterusnya sampai ke Allah Ta’ala. Allah berfirman: ‘Tuliskan kitab hamba-Ku di tempat yang tinggi. Kembalikan dia ke bumi karena aku menciptakannya dari bumi, mengembalikannya ke bumi, dan mengeluarkannya dari bumi sekali lagi. Lalu rohnya dikembalikan ke jasadnya. Dua malaikat datang dan duduk bersamanya seraya berkata: Siapa Tuhanmu? Ia berkata: Tuhanku Allah. Apa agamamu? Agamaku Islam. Siapa laki-laki yang diutus kepadamu? Rasulullah. Darimana kamu mengetahui hal ini? Aku membaca Kitabullah, beriman kepadanya, dan membenarkannya. Seorang penyeru berseru dari langit: Benar hambaku. Hamparkan baginya tikar dari surga. Bukakan baginya pintu dari surga. Lalu angin dan semerbak surga datang kepadanya. Kuburan dilegakan seluas pandangan mata. Seseorang yang berwajah cantik datang kepadanya dengan baju yang indah dan bau yang harum. Ia berkata: Bergembiralah dengan apa-apa yang akan membahagiakan kamu. Inilah hari yang dijanjikan kepadamu. Mayit bertanya: siapakah kamu? Wajahmu wajah yang membawa kebaikan. Ia berkata: Saya. amal shalehmu. Ia berkata: Tuhanku, tegakkanlah hari kiamat supaya aku kembali kepada keluargaku dan kekayaanku. Bila seorang kafir meninggalkan dunia dan memasuki akhirat, dari langit turunlah mialaikat berwajah buruk dan membawa kain yang buruk. Mereka duduk di dekat mayit sepanjang mata memandang. Lalu datanglah malakal maut dan duduk di dekat kepalanya dan berkata: Hai roh yang buruk, keluarlah menuju kemurkaan Allah dan kemarahan-Nya.. Malaikat maut mencabut nyawanya seperti sisir besi mencabuti bulu yang basah. Mailakat maut
    mengambilnya. Apabila ia sudah mengarnbilnya, ia tidak membiarkannya berada di tangannya sekejap mata pun sampai ia menyimpannya di dalam kain buruk itu. Dari roh itu keluar bau yang lebih
    busuk dari bau bangkai dan memenuhi permukaan bumi. Para malaikat naik mernbawa roh itu. Setiap kali mereka melewati kelompok malaikat yang lain mereka ditanya. “Siapa roh yang buruk ini”? Mereka menjawab; Fulan bin Fulan dan menyebutnya dengan nama-nama yang buruk yang diperolehnya dari dunia. Ketika ia sampai ke langit dunia, ia minta dibukakan pintu langit, tetapi tidak dibukakan kepadanya. Kemudian. Rasulullah saw membaca ayat Al-Quran, “Sesingguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali- kali tidak akan dibukakan kepada mereka pintu-pintu langit dan tidak pula mereka masuk surga, seperti tidak mungkinnya unta masuk ke lubang jarum. (QS. Al-A’raf 40) Allah berfirman, ‘Tuliskan kitabnya di bumi yang paling rendah.’ Maka dilemparkanlah
    rohnya. Kemudian Nabi membaca ayat Al- Quran, ‘Dan barangsiapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka adalah ia seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh. (QS. AI-Haj 31) Lalu rohnya dikembalikan ke jasadnya. Dua malaikat datang dan duduk bersamanya, seraya berkata: Siapa Tuhanmu? Ia berkata: Ah, aku tidak tahu. Seorang penyeru berteriak dari langit: Bohong hambaku. Hamparkan kepadanya tikar dari api neraka. Bukakan baginya pintu neraka. Panas dan keringnya neraka mendatanginya. Kuburannya disempitkan sampai pecah tulang-tulangnya. Seseorang yang berwajah buruk, berpakaian buruk, berbau busuk datang kepadanya dan berkata: Terimalah berita yang menyusahkan kamu. Inilah hari yang telah dijanjikan kepadamu. Mayit bertanya, ‘Siapakah kamu? Wajahmu wajah yang membawa keburukan.’ Ia menjawab, ‘Aku amalmu yang buruk.’ Mayit itu berkata: Tuhanku jangan tegakkan hari kiamat. (Ibn Qayyim Al-Jawziyyah, Al-Roh hal 44-45)

     
  49. JAVAS

    27 September 2012 at 11:28

    absen siang, dah dhuhur

     
  50. pupuhbayu

    27 September 2012 at 11:29

    Absen siang…..
    nyimak mbah go kong…..wedarannya….

     

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: