RSS

BACALAH BERULANG DAN TELITI…SAMBIL SELALU BER ISTHIGFAR DI HATI

08 Apr

image

Wejangan yg menenggelamkanku dalam tangis syukur,wejangan dari kyai alrhashid beliau murid almarhum hadratus syeh kh abdullah faqih langitan.semog la bermanfaat juga untuk saudara semua.

BACA LAH BERULANG DAN TELITI ! ,,,, SAMBIL BER ISTIGFAR SELALU DIHATI !

Segala Puja dan Puji.Semata-mata hanyalah milik Allah Ta’ala. Selawat serta salam ke atas Baginda Rasulullah s.a.w, Para ahli keluarga baginda yang Suci, para sahabat sahabatnya, Para Waliyullah,yang kesemua mereka itu merupakan golongan yang amat mulia, Para ulama’ yang mukhlisin , Para Mujahidin di Jalan Allah Ta’ala dan seluruh Umat muslimin dan muslimat
Dan semoga juga kita kita semua, tetap dalam Nikmat Panjang Umur,Nikmat Sehat,Serta Nikmat Iman,Nikmat Kuat Hati dan Taqwa di Berkahi Allah swt ,,, Amien yaa robbal alamien
Dengan Hati yang Sedih dan dengan Air Mata yang Berderai kutulis pesan ini,,,,….pesan dari saorang Walialloh untuk kita amalkan….yg secara zohir hadir …..ya allah ampunilah hamba mu yg bodoh dan hina ini.!!!!!

Ya ALLAH Ya Rabb,,,,
Engkau senantiasa memberikan yang terbaik untukku,,,,
Ajarkan ku untuk tetap Setia dan Sabar menanti tibanya waktu yang telah Engkau tentukan,,,,
Hanya Engkau Yang Maha Mendengar & Maha Mengabulkan Permohonanku,,,,

“Dunia adalah Negeri UJIAN, Dunia adalah Negeri Amal, bukan Negeri KEKEKALAN”

Allah ciptakan kematian dan kehidupan sebagai ujian bagi manusia, hingga tampak siapa diantara mereka yang paling baik amalnya.

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

(Dialah) Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. [Al-Mulk:2]

Seorang tidak dibiarkan begitu saja mengatakan “Aku beriman” kemudian tidak diuji. Demi Allah, ujian akan datang menerpa sebagaimana diberitakan Al-Quran:

الم * أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لا يُفْتَنُونَ

“Alif laam miim. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? [Al-Ankabut: 1-2].

Dalam ayat lain Allah berfirman:

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللَّهُ الَّذِينَ جَاهَدُوا مِنْكُمْ وَيَعْلَمَ الصَّابِرِينَ

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar. [Ali Imran:142]

Allah SWT berfirman dalam surat An-nisa’ ayat 58

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha melihat.”

Ayat diatas menjelaskan bahwa AMANAH yaitu; segala sesuatu yang dipercayakan kepada manusia dan diperintahkan untuk dikerjakan. Dalam ayat ini Allah memerintahkan hambanya untuk menyampaikan amanat secara sempurna, Utuh tanpa Mengulur-ulur/menunda-nundanya.
Amanah itu mencakup Perwalian, Harta benda, Rahasia, dan Perintah yang hanya diketahui oleh Allah.

Pada ayat lain yaitu Qs. al-Mu’minun ayat 8 dan Qs. al-Ma‘arij ayat 70, Alloh berfirman:

Artinya:
“Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. (QS. Al-Mu’minun: 8)

Dari ayat-ayat diatas, terlihat adanya indikasi (qarînah) bahwa menunaikan amanah merupakan salah satu sifat orang Mukmin. Hal itu menunjukkan perintah menunaikan amanah tersebut bersifat TEGAS !! (jâzim) dan oleh karenanya menunaikan amanah adalah Wajib. Sebaliknya, larangan mengkhianati amanah merupakan larangan yang bersifat tegas sehingga hukumnya Haram.

Ini berarti bahwa yang diperintahkan Allah kepada kita,,,, adalah bukti iman, sedangkan lawannya, yaitu mengkhianati amanah, merupakan bukti kemunafikan. Dinyatakan dalam sebuah hadis, ”Ada empat hal, jika keempat-empatnya terdapat pada diri seseorang, berarti dia benar-benar murni seorang munafik, sedangkan orang yang menyimpan salah satunya, berarti terdapat pada dirinya salah satu tanda orang munafik, sampai ia meninggalkannya. Jika diberi amanah ia berkhianat, jika bicara ia berdusta, jika berjanji ia ingkar, dan jika bermusuhan ia keji.” (HR Bukhari dan Muslim).

Wahai hamba allah,Memenuhi janji merupakan syarat asasi bagi keberadaan iman dalam hati seorang hamba, sebagaimana disinggung dalam firman Allah mengenai sifat orang-orang mukmin, ”Dan orang-orang yang memelihara amanah-amanah yang (dipikulnya) dan janjinya.” (QS al-Israa’: 34).
Dalam ayat lain, ”Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpahmu itu, sesudah meneguhkannya, sedangkan kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu) ….” (QS An Nahl: 91).

Dari dua ayat di atas, Menunaikan amanah dan menepati janji agar  menjadi kaum mukminin sejati.
Wasallam.

About these ads
 
34 Komentar

Posted by pada 8 April 2013 in Agama, wawasan ilmu

 

34 responses to “BACALAH BERULANG DAN TELITI…SAMBIL SELALU BER ISTHIGFAR DI HATI

  1. udin

    8 April 2013 at 09:14

    salam dulur2, pertama x

     
  2. JAVAS

    8 April 2013 at 09:16

    absen

     
  3. kyaialrashid

    8 April 2013 at 09:23

    حَSemoga kita semua didalam reedho dan rahmat illahi..dan bantu lah sesama ummah tanpa pamrih !!!!
    Janganlah sekali-kali berburuk sangka kepada Allah, meskipun sedang mengalami masa-masa sulit ”

    Allah Maha Sayang kepada hamba-Nya
    Allah tidak akan dzolim kepada Mahluknya.
    Allah merancang apa yang terbaik menurut-Nya bukan menurut selera kita, karena selera kita lebih dekat dengan nafsu. Jangan pernah berburuk sangka kepada Allah.Kita ini bodoh Allah Maha Tahu. Kita ini lemah Allah Maha Kuasa. Kita ini Dzolim dan Allah Maha Penyayang.
    Oleh karena itu jika ada kejadian yang tidak cocok dengan harapan kita, jangan berburuk sangka. Terima dengan ridho, berbaik sangka kepada Allah, Percaya dan yakin setiap takdir Allah pasti baik dan sempurnakanlah Niat,Ikhtiar dan Doa

    Ada banyak orang berani yang tidak mengakhiri hidup sebagai seorang yang pemberani. Karana mereka gagal menahan beban yang mendatang dan bertubi tubi !
    Kesabaran adalah daya tahan psikologi yang menentukan sejauh apa kita mampu membawa beban, dan sekuat apa kita mampu survive dalam menghadapi tekanan hidup. Mereka yang memiliki sifat ini pastilah berbakat menjadi pemimpin besar.
    “Dan Kami jadikan di antara mereka sebagai pemimpin pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka bersabar dan mereka selalu yakin dengan ayat-ayat Kami.” (QS. 32 : 24).

    Tetapi kesabaran itu PAHIT !!.
    Begitulah rasanya kesabaran itu. Dan begitulah suatu masa Rasulullah saw mengatakan kepada seorang wanita yang sedang menangisi kematian anaknya:

    “Sesungguhnya kesabaran itu hanya pada ujian pertama.” (Bukhari dan Muslim).

    Jadi, yang pahit dari kesabaran itu hanya permulaannya. Kesabaran pada ujian pertama menciptakan kekebalan pada ujian selanjutnya. “Mereka memanahku bertubi-tubi, sampai-sampai panah itu hanya menembus panah,”

    Sabar adalah menahan jiwa dari keluh kesah dan marah, menahan lisan dari mengeluh serta menahan anggota badan dari berbuat tasywisy (tidak lurus). Sabar ada tiga macam, yaitu sabar dalam berbuat ketaatan kepada Allah, sabar dari maksiat, dan sabar dari cobaan Allah.”

    Ketahuilah …Ujian dan cobaan di dunia merupakan sebuah keharusan, siapa pun tidak bisa terlepas darinya. Bahkan, itulah warna-warni kehidupan. Kesabaran dalam menghadapi ujian dan cobaan merupakan tanda kebenaran dan kejujuran iman seseorang kepada Allah SWT. Sesungguhnya ujian dan cobaan yang datang bertubi-tubi menerpa hidup manusia merupakan satu ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah Azza wa Jalla. Tidak satu pun diantara kita yang mampu menghalau ketentuan tersebut.

    Keimanan, keyakinan, tawakkal dan kesabaran yang kokoh amatlah sangat di butuhkan dalam menghadapi badai cobaan yang menerpa. Sehingga tidak menjadikan diri Waliyullah Mas Ramlan berburuk sangka kepada Allah SWT terhadap segala Ketentuan-Nya.
    Oleh karena itu, dalam keadaan apapun, sebagai hamba yang beriman kepada Allah SWT harus senantiasa berbaik sangka kepada Allah. Dan haruslah diyakini bahwa tidaklah Allah menurunkan berbagai musibah melainkan sebagai ujian atas keimanan yang kita Miliki !!

    Allah sebagaimana tertulis dalam firman-Nya :

    “Apakah kalian mengira bahwa kalian akan masuk ke dalam surga, padahal belum datang kepada kalian (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kalian? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam goncangan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang bersamanya : Bilakah datang pertolongan Allah? Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah amatlah dekat.” (QS. Al Baqarah : 214)

    Kesabaran merupakan perkara yang amat dicintai oleh Allah dan sangat dibutuhkan seorang Waliyullah dalam menghadapi ujian atau cobaan yang dialaminya.

    Maka nikmatilah episode apapun, Terima dengan ridho, berbaik sangka kepada Allah dan sempurnakan Niat,ikhtiar dan Doa ! Karena Waktu sudah Semakin dekat dan dekat !!

    Allah tak pernah janjikan langit selalu biru, jalan hidup tanpa batu, matahari tanpa hujan, kebahagiaan tanpa kesedihan, sukses tanpa perjuangan.

    Tapi Allah janjikan kemudahan bersama kesulitan, rahmat dalam ujian, ganjaran buat kesabaran, keteguhan dalam perjuangan.. Bukankah indahnya pelangi baru kita rasakan setelah turunnya hujan?

    Pegang AMANAH ini Kuat Kuat !!,Dan Jangan Lalai serta ada Keraguan sedikitpun akan AMANAH Ini ! )

    Audzubillahiminasy syaithonnirrajim
    BismillahirrahmaanirrahiimAlhamdulillahirabbil’alamin, hamdan yuwafi nikmahu.Ya rabbana walakal hamdu, walaka syukru Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal akhirin
    Amien yaa robbal alamin

     
  4. yunior

    8 April 2013 at 10:06

    nyimak dan meresapi

     
  5. Wadag Semu

    8 April 2013 at 10:26

    Assalamualaikum wrwb,,,salam hormat untuk sesepuh semua,,
    Salam salim penuh hurmat untuk kyai Alrashid…mohon bimbinganya

     
    • gunawan

      8 April 2013 at 10:29

      waalaikumsalam wr.wb.
      nyimak salam salim sedoyo

       
  6. BLACK OR WHITE

    8 April 2013 at 10:27

    nyimak ikut ngaji disini
    seduluran ngantos pati

     
  7. Tukimin

    8 April 2013 at 11:45

    Pelajaran yang sangat berharga…
    Terima kasih Kyai Al Rasheed atas share ilmunya….
    Semoga membawa manfaat yg nyata…..

     
  8. Hanif

    8 April 2013 at 12:00

    Assalamu ‘alaikum wr wb
    nyimak sambil mbuka bungkusan

     
  9. ANTO - Makasar

    8 April 2013 at 12:59

    Insya allah .. ini jalannya ..
    QS. al Maidah: 56
    QS. ath Thalaq: 3
    QS. Fushshilat : 53
    Qs Yunus, 62-64
    Haqqul Yaqin…
    ** Senyum ikhlas.. :mrgreen:

     
  10. anank

    8 April 2013 at 13:36

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Nyimak . Semoga aku termasuk dalam kelompok orang yg SABAR.

     
  11. suryo

    8 April 2013 at 16:24

    assalamualaikum,,,,
    Laa ilahailla anta Subhanaka inni kuntu minadzdzalimin…..semakin merasa rendah dan termotivasi setelah ngaji di SBM….matur sembah nuwun Kyai alrashid dan Ki Risang….salam salim buat sesepuh2 dan sedulur SBM……shollu ‘ala Muhammad….

     
  12. Damar

    8 April 2013 at 17:58

    Waalaikumsalam wr.wb.
    Izin nyimak sambil merenungi…
    mohon bimbingan selalu

     
  13. Bangkit

    8 April 2013 at 18:42

    semangat malam… salam salim sedulur semua… ndeprok nyimak

     
  14. Mas Aathif #

    8 April 2013 at 20:01

    Assalamu’alaikum…………malem poro yai sesepuh dn sedulur sbm yg di rahmati allah….. Saliiiiim sungkem menunduk…….
    Nderek ngangsu kaweruh………. »Langsung nempel di pojokan……

     
  15. ANTO - Makasar

    8 April 2013 at 20:51

    Abis isya… buka buka Kitab Hadist Sahih BUKHARI .. semoga bermanfaat

    BAB Tauhid – Hadist Nomor 6981..

    Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’man telah menceritakan kepada kami Jarir bin Hazim dari Al Hasan telah menceritakan kepada kami ‘Amru bin Taghlib berkata,

    (blockquote> “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam diberi sebuah harta, lantas beliau berikan kepada sebagian sahabatnya dan tidak beliau berikan kepada sahabat yang lain. Kemudian sampailah berita kepada beliau bahwa orang-orang mencela sikap beliau,
    maka lantas beliau pun bersabda: “Sungguh, ada orang yang kuberi dan ada yang tidak kuberi, namun yang tidak aku beri lebih aku sukai daripada yang aku beri, beberapa orang aku beri karena hati mereka masih ada keluh kesah dan ketakutan, dan beberapa orang aku percayakan kepada kecukupan dan kebaikan yang telah Allah jadikan pada hati mereka, diantara mereka ialah Amru bin Taghlib.” Lantas ‘Amru berkata, ‘Aku tak ingin lagi unta-unta merah setelah mengetahui kalimat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam itu.’

    semoga kita tidak berkeluh kesah atas apa-apa perkara yg luput dari sedulur sedulur.. dan tidak terlena dari apa yg sampai kepada kita semua..

    semangat belajar dan istiqomah

     
    • BLACK OR WHITE

      8 April 2013 at 22:38

      katampi pisan kang anto
      selamat berbahagia orang2 yg mensyukuri
      nimat yg telah diberikan olehNya
      sholallohu ala muhammad

       
  16. Fathurrohman

    8 April 2013 at 21:34

    Assalamualaikum wr.. wb..
    nderek nyimak sekalian absen..

     
  17. Wadag Semu

    9 April 2013 at 00:03

    Inguk inguk tengah malam

     
  18. ANTO - Makasar

    9 April 2013 at 00:28

    bakar menyan :mrgren:

     
  19. Cilintrik

    9 April 2013 at 00:38

    Bakar ban kang anto biar anget… Salam rahayu buat semua…

     
  20. Bangkit

    9 April 2013 at 00:54

    nengok dini hari… awas ah bakar ban ntar yg datang pasukan anti huru hara… dikira lgi demo hehehe…

     
  21. Mohamad soleh

    9 April 2013 at 02:48

    Salam salim…..tuk yang ronda….!
    Emang berat ya…..! Saya coba menerangkan masalah virus xn…..eh….malah saya dibilang musyrik…….padahal orangnya cerita apa yang dialaminya sesuai dgn ciri dan tanda tanda bahwa dia terkena virus xn…….

     
  22. wiwit

    9 April 2013 at 05:24

    kata mbah saya.. niatno ibadahmu mung kanggo ALLOH.. ati2 ojo nganti ibadah diniatke dudu marang ALLOH termasuk marang AWAKMU DEWE..

     
  23. Hanif

    9 April 2013 at 07:47

    nyimak lagi
    meski gerimis tetap semangat

     
  24. yunior

    9 April 2013 at 11:08

    sama juga mas.mereka nolak karena gengsi apalagi bawa bawa dajjal.

     
  25. honocoroko

    9 April 2013 at 11:39

    Test

     
  26. hamba daif

    9 April 2013 at 13:37

    Assalamu’alaikum wr wb, absen salam saliim untuk semua tanpa terkecuali. Ijin nyimak dan belajar.

     
  27. Wong bodoh

    9 April 2013 at 17:51

    Anugerah terbesar ALLAH dalam diri manusia ketika ALLAH menanamkan rasa cinta kepadaNYA didalam dada,, cinta yng menghidupkan hati anak manusia,, hati yng rindu,, hati yng peka,, hati yng hidup,, dengan cinta itu jugalah yng akan membuat manusia sabar menjalani ujian dunia betapapun beratnya,,

     
  28. Orbia

    9 April 2013 at 18:21

    Assalamualaikum,

    Ikut ngaji, kajian yg maknyus & mantap memberi pencerahan..

     
  29. Mohamad soleh

    9 April 2013 at 19:01

    Ketemu orang yg mengalami gangguan dileher…..kasihan kepalanya sampe botok dan dia mulai bangkrut dari tahun 97……..segala usahanya selalu gagal…..!

     
  30. Baju baru semangat baru

    9 April 2013 at 22:02

    absen malam,,,nyimak

     
  31. ja

    10 April 2013 at 01:17

    assalamu’alaikum.. sampurasun.. salim sungkem dumateng poro sesepuh sedoyo. wejangan yg menyentuh hati. terimakasih banyak abi dan para sesepuh semua. nyimak sambil merenung…

     
  32. Joko Samudro

    10 April 2013 at 04:42

    Absen subuh salam rahayu untuk cah ayu jagad lan sedulur sedulur SBM,,,

     

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: