SULUK JEBENG

SULUK JEBENG

dipun anggit dening kanjeng sunan kali

JEBENG 1
Betapapun besar rindu kepada Allah
sesungguhnya mustahil, anakku
menyusunnya dalam sebuah puisi
sekedar ingin menjadi orang mulia
dengan baris baris ini,anakku
ingin kukenali
Allah Maha Besar
Aku melithatNya ,anakku
lihatlah Aku
pasti Akupun melihatmu
JEBENG 2
                apabilaingin mengenal Allah
anakku,pandanglah dirimu baik baik
sebagai penggantiNya
namun jangan salah paham
jasmanimu itu mahluk
kalau dipandang mirip sama
namun dalam tauhid harus waspada
hal itu ibarat debu dengantanah,anakku
atau seperti dengung dengan suaranya
JEBENG 3
                bagai sebutir telur
yang bergelindingan, anakku
tak ada tepinya
sungguh membingungkan
akhirnya menjadi ayam
lengkap dengan bulunya
kalau diterangkan,anakku
hendaklah engkau berhatihati
sebab hal itu rumit
hendaklah diteliti
sebab hal itu sulit
JEBENG 4
                yang membingungkan dari dunia ini menurutku,anakku
ialah dalam memahaminya
rupa Tuhan
bagaimana sebenarnya rupa Tuhan?
dibanding manusia,
ibarat cempedak dengan nangka kelihatannya
seperti kembang kelak dan kembang kenanga
tapi haruslah waspada anakku
jangan menduga duga kalau belum mengerti
JEBENG 5
                 antara nabi denganmu tiada beda
anakku,tapi kau harus waspada
diantara perbedaan dan persamaannya
ibarat senyum dengan tertawa
harus ditatap secara cermat
sukma dalam dirimu
amat halus terlihat
bukan ruh dengan jasad
anakku,bunga itu rupamu
Tuhan bau harumnya
tapi janganlah menduga duga kalau masih bingung
JEBENG 6
                sungguh nyata diri kita,anakku
berasal dari tiada
untuk kembali tak ada
banyak orang berguru
memuliakan ajaran ini
dengan pemahaman yang setengah setengah
demikian juga dalam menerimanya
bingung ada yang keluar dari tak ada
kembali tak ada
kebingungan itu di puja puja
JEBENG 7
               nak,jangan hanyut kiranya
ikut ikut mengatakan takada
padahal tak tau yang sebenarnya
hal demikian sudah biasa
bukan begitu kata ilmu sempurna
tak demikian yang dinyatakannya
ilmu itu susah diterangkan
dimatamu tumpang tindihkelihatannya
maka pahami secara seksama,nak
perbaiki sikapmu itu
JEBENG 8
                laksanakan shalat sehakikinya
hai anakku,shalat itu 3 tingkatannya
dengan keutamaannya serta
jadi yang dinamakan sembah puji
laksana air mengalir dari gunung
masuk ke dalam samudra
sembah seseorang
jangan berhenti di kolam sawah
itu mandek namanya
tak tercapai tujuannya
JEBENG 9
                dalam shalat hendaklah khusyuk tuntas
seperti mengaduk air dalam belanga
anakku,demikianlah
seperti ujung daun adanya
yang muncul dengan sendirinya
dari tiada menjadi ada
laksana tanah dengan air
laksana akar meneteskanair
dirimupun adalah manusia
yang menyongsong ajalnya
JEBEBG 10
                  puncak ilmu yang sempurna
ibarat api yang berkobar
kenalilah bara dan nyalanya
ketahuilah cahayanya
pun asapnya
sebelum menyala
adapun setelah padam ia
diliputinya segala rahasia
jadi hendak bicara apa?
JEBENG 11
                 kau jangan mempertuhankan diri
berlindunglah padaNya
didalam ruh jasad sesungguhnya
jangan ada yang dipersoalkan
jangan mengaku Tuhan
jangan mengira tak ada
lebih baik diam saja
ingat,anakku,jangan guncang
dalam kebingungan
JEBENG 12
                  yangsempurna ibarat orang tidur
dengan wanita sampai bersenggama
keduanya terlena
tenggelam dalam cinta
anakku,terimalah dengan baik
dalam pemahamanmu
ilmu itu memang sukar
kebatinan dengan islam
sekalipun begitu ada lagi
paham itu kadang diikuti
adapun orang yang mengaku memilih
taukah yang di dalam hati?
anakku,ingatlah mati
melanggar larangan nitu salah
jiwa tertenggam di tengah Tuhan
dan selamanya bersama Tuhan
itu ibaratnya
dalang yang memainkan wayang
senantiasa memulai memainkan wayang
lantaran sebenarnya ia belum jadi dalang
JEBENG 14
                  ada ajaran lebih utama
ada besi di tanam dalam tanah
pikirkan bagaimana tumbuhnya?
anakku,kalau minta dijelaskan
gaib itu ibarat air hanyut
tak diketahui asal usulnya
seperti menanam batu
seperti orang tidur
engkau ditanam oleh Tuhan
kalau tak tumbuh alangkah sayang
JEBENG 15
                 kalau tumbuh,tumbuhlah kukuh
engkau orang pinggiran
tinggal didusun
namun aku melihatmu
tapi nsiapapun engkau
hendaklah tau yang dituju
karib disisi Tuhan
ibarat hujan ke tanah jua jatuhnya
ibarat ular menetaskan telurnya
JEBENG 16
                  sukma,manusia,nabi,wali
ingat nak,pengetahuan itu
jangan oleh benda terkesima
kembalilah menyibukkan diri
menghadap Allah Ynag Belas Kasih
sampai akhirnya menemukan hikmah
JEBENG 17
                 kalau kemari kupeluk erat engkau anakku
sebab Allah besertamu
kemamnapun engkau pergi
Allah mengerti,
hambanya yang sanggup menguasai diri
memegang badan
akhirnya menyatu denganTuhan
tapi bukan satu anakku
JEBENG 18
                  nak,tataplah dirimu
maka tampak Aku di penglihatan itu
demikian yang benar
jangan pegang akupegang dirimu sendiri
maka lagi kutandaskan
jangan cari Aku
itu melanggar
kalau diri sendiri tak kau genggam
engkau dalam kesesatan
JEBENG 19
                 diibaratkan lgi yang dalam kesesatan
anakku,yakni seperti orang yang memuja wayang
mana kebenaran?
hadirnya dalang
sebab diundang memainkan wayang
demikian keadaanya
tak ada yang terlihat
Allah lebih mulia
meski diri sendiri yang di pandang
seperti berkaca di paesan
JEBENG 20
                  bayang bayang di amati secara seksama
anakku,hal itu tiada berbeda
disitu juga aku berada
badan akan jadi mulia
segala gerak jadi puja
tertawa jadi sembah
kalau bicara ditaburi anugerah
semua tingkah laku jadi puji
puji memuji sendiri
JEBENG 21
                  anakku,taati nasehat ini
Allah yang dibicarakan
yang kufur,yang kafir,semuanya
dilihat olehNya
anakku,seperti merampas uang
itulah perampokan
banyak orang keliru
menandai banyaknya perampokan
yang kaya akhirnya ditipu
oleh yang merampas
JEBENG 22 banyak orang kekal di neraka
anakku,hati hatilah
perhatikan adanya badan ini
badan tempat persemayaman raja
dan tempat menyimpan kekayaan
periksalah olehmu bahwa Aku berada disitu
apa kekurangan raja itu
orang pilihanlah yang tau pengawalnya
ditempat penyimpanan
JEBENG 23 tak kentara ia sampai pada inti
tak meraba raba ilmunya
anakku,meskipun begitu ada perumpamaan
laksana semut yang berjalan
bekas kakinya tak ada yang tahu
ada atau tidaknya
karena teramat halusnya
ibarat orang menumbuk air
sudah halus ditumbuh dikunyah lagi
sampai giginya patah
JEBENG pun yang kelihatan,anakku,coba perhatikan
karya yang sekedar tuk didendangkan
ikut ikut menyusun puisi
tanpa menginsafi kecanggungannya
memaksa diri tuk bercerita
jadi bingung akhirnya
dalam mengerjakannya
jadi mohon maaf segala yang disajikan
mohon maaf sebesar besar permaafan
(dedicated to:prof.damar djati supajar,emha ainun najib,yang telah mendidikmenoreh muda sehingga lebih tau arti hidup)

Iklan

158 thoughts on “SULUK JEBENG”

  1. Ass.ki risang,ki ahmadR subhanalloh..ruh adl dzat Alloh,jasad adl ciptaannya..mhn maaf bl ada salah salam persaudaraan

    Suka

  2. salam buat mas.giri m.arek pare m.aria d m.dani aa.asgar m.ahmad dan semuanya
    suluk yg butuh pemahaman lebih mendalam dan sangat bagus

    Suka

  3. Mas ahmadrock@ngeh mas niki lumayan sibuk mas..menghadapi musim tanam jagung dan kacang hijau.katah penyuluhan. Mas ahmadrock pripun kabare?
    Ngeh mas suluk meniko pancen luar biasa…kulo nate maos suluk meniko.
    Mas ahmadrock@kulo kapan kapan pengen sowan teng kebon agung
    Mas ajeng silaturahmi.

    Suka

  4. MOHON KEIKLASAN SAUDARA DISINI UNTUK SAUDARA KITA DIATAS.ATAU ADA SAUDARA DISINI ADA YANG DITITIPI
    ILMU DARI ALLOH UNTUK TERAPI JARAK JAUH MOHON KEIKLASANYA UNTUK DIAMALKAN KPD
    SESAMA

    Suka

  5. Ikut mendoakan,mugi kabul hjdipun.salam.salim wat semua bb.
    @ahmad, idem sm pndptnya
    @ariefpencariTuhan…anda mmg bnr2 arif
    @KM Risang Mukthi.salam salim

    Suka

  6. Sugeng ndaluu..slim kgem ki risang ,ki ahmadr, dn smua sdulur..bb
    insaAllah ikut m’doakn..smga dbri ksmbuhan..

    Suka

  7. Subhanalloh.. Suluk Jebeng penuh dengan pesan moral yg membawa keselamatan dalam ridho Nya.. Mantap.. Semoga ananda cepat sembuh dan diberikan yang terbaik dr Gusti Alloh Sang Pemberi Yang Terbaik.. Amin..

    Suka

  8. Selamat malam all BB lover’s,ikut mendoakan semoga doa para sedulur di ijabah Allah SWT dan diberi kesembuhan bagi saudara kt.

    Suka

  9. kangmas Risang wilujeng dalu, mtr sembah nuwun postingan Suluk Jebengipun
    sakmangkeh saget kl sinau.
    mas@Ahmed slmt malem, banyak bacaan disana mas.

    Suka

  10. wah mboten mangertos kangmas, mbok bilih Selasa Wagenan, menawi dipadosi gathukipun kan SOGE (sugih).
    mbok bilih mekaten kangmas.

    Suka

  11. Asslmkm, nderek nyimak. Suluk jebeng sungguh menggetarkan hati.
    @ki risang, slm salim cium tangan nggih ki.
    @sedulurku bolobumi, slmt mlm. Slm damai dlm indahnya persaudaraan.

    Suka

  12. Salam kalian warga sb bb …. Tenang Ki Risank, selama semua bb ikhlas, pengganggu juga akan segen dg sendirinya gak akan bikin ribut…..

    Suka

  13. pakde wardoyo
    Dereg tilem..?wah nembe ngudari ingkang dadi pepeting ati pakde
    Eyank togog
    Alhamdulilah nembe mawon paripurna..hati lega eyank…
    Mbae risang…
    Insya allah benjeng sendiko dawuh
    Wau sampun…tulang belakang panas sanget..

    Suka

  14. @ahmad
    @mbae risang
    Nderek usul..
    Gimana kalo diblog BB diadakan
    Forum tanya jawab tentang hukum”islam
    Jd warga BB tdk hny bljar ilmu metafisik aj..jd bisa bljr hukum islam..

    Suka

  15. kayae hajat guede banget ya mas.yo wis aku melu seneng nek wis diudari pepetenge.sak teruse kari niti jalan padang.sing ati2 yo mas baik ucap / lakuneng urip men slamet dunyo lan ahirat.
    Amin ya robbal alamin

    Suka

  16. cling…ngitip sik…
    Wei…tinggal delo MBAH RISANG wis lungo
    @pakde WAR..
    @Km P TIDAR…aku mau iseng2 liat2 alamate dulur 2 ..
    @km wonkirenk…sugeng dhalu
    @Mbah togog…dereng ngantuk nopo..
    Siap2 ajeng madep ngetan nyuwun dungane kajenge kuat nglampahi ngih mbah

    Suka

  17. sugeng ndalu ugi km.togog
    jane yo wis ngantuk mripatku.tp lagi nunggu sing kirim suluk jebeng
    kok urung metu kayae bablas keturon

    Suka

  18. mengko tak gandeng km.togog aku tak nggowo petromak men rodo padang setitik xi xi xi
    m.giri golek alamat opo tho?intap intip mengko keculek lho

    Suka

  19. kangmas Risang mau pamit arep tindakan Selasa Wagenan mas.
    yo mas, mgko tak nunut wae, njngn sik nggowo petromax wis.

    Suka

  20. pangeran tidar
    @kang wardoyo
    @kangmas risang mukti
    @@@@@@@’@@@@@’@
    madep mantep hati saya kang semoga allah memberikan jalan terbaik untuk kita semua

    Suka

  21. salam..semoga rahmat selalu tercurah pada kita semua…
    insya Alloh siap membantu mendoakan..
    salam salim kagem kangmas togog,kangmas wardoyo dansemua bolobumi…
    suluk ini btuh pemahaman yang mendalam,perenungan yang mendalam..monggo dipun resapi,tapi jangan menduga2 kalau belum pasti tau,seperti yang tercantum dalam suluk tersebut..

    Suka

  22. kangmas@menoreh
    Salahkah saya ibadahku jdi menomer 2kan anak dn istri
    Salahkah saya yg ingin istiqomah
    Bukan niat melupakan mereka tp knp mereka g bs megerti…ap ini coba godan saya yg berusaha istiqomah
    Mhon pencerahan bgi saya yg sdag bimbag

    Suka

  23. @kasngmas togog,lha kencannya dari minggu kemarin kangmas,hehehehehe
    @pangeran tidar,ada ayat yang berbunyi “janganlah anak,istri kamu menjadi fitnah bagi kamu……..”kita perlu mendalami makna ayat diatas,memang Allah dan rosul harus dinomorsatukan,tapi jngan lupa tugas kita sebagai imam,perlakukanlah mereka dengan lemah lembut,bijaksana,kasih sayang…ada saat kita harus diantara mereka dan ada saat kita menuju sang khalik…kangmas tidar,maksud ayat diatas adalah kondisi hati kita,dalam hati kita Allah dan rosul yang nomor satu,bukan keluarga apalagi harta,tahta..tapi orang yang hatinya penuh dengan cinta Illahi pasti akan menebarkan cinta ke dalam keluarga,masyarakat dan alam semesta raya..

    Suka

  24. @kangmas tidar,ibadah tidaklah harus dengan duduk terpekur membaca ayat2nya,tapi memberi makan anjing dengan ikhlas itupun sebuiah ibadah yang besar nilainya dimata Allah,bukan seberapa banyak kita beribadah tapi seberapa banyak kita merasakan,mengimplementasikan ibadah itu dalam kehidupan kita…jalani semua dengan ikhlas dan niat karena Allah,pasti akan menjadi lebih bermakna hidup kita,bagi kita,keluarga,dan semuanya..

    Suka

  25. seorang pemimpin/imam yang baik adalah yang bisa mengerti dengan apa yang dipimpinnya,bukan harus dimengerti oleh yang ia pimpin

    Suka

  26. @kangmas togog,saya menggunakan aji pameling kangmas untuk kangmas BBAC,jadi bisa janjian,hehehehehehe…
    @kangmas tidar,itulah proses hidup kangmas,jalani dengan hati seluas samudra…

    Suka

  27. @ahmad
    Bener tu mas
    Kangmas@menoreh
    Matur sembah nuwun
    Ya harus sya renungkan
    Mgkin hati yg egois
    Yg sok pgen iklas
    Sok pgen istiqomah tp minim ilmu
    Smua tk semudah sprti mulut bicara
    Bnyak pemahaman yg blum paham
    Bnyak arti yg blum dmgerti
    Saya memag sdang ingin menata hati cb iklas cb pasrah
    Ak jg ingin diri ini bs mengerti diri ini
    Tp tk mgkin dri ini sendiri mengartikan smua ini..
    Kami butuh orag sperti kangmas
    Di BB…
    Sudilah kirany kangmas slalu menjawab hati yg sdag gundah ini..

    Suka

  28. @kangmas tidar,ngapunten kangmas bila ada kata2 saya yang berlebih,mngkin suatu saat saya akan membutuhkan nasehat2 dari BB semua,karena seseorang yang sdang mempunyai permasalahan jarang bisa berpikir jernih,kalau saya mengalami yang mas tidar alami,mngkin saya tidak bisa berkata seperti di atas,tapi itulah gunannya saudara,untuk saling mengingatkan,memberi masukan dll,ngapunten kangmas..

    Suka

  29. nek eyang togog biasane ngetan kangmas,tapi ga mesti dink,bisa kidul,lor,tenggara..ngendikane “dimana kamu menghadap disitu wajah Allah”hehehehe

    Suka

  30. we.e.e
    pake aji Pameling to?
    tp mas@BBAC koq nyungsep lg, weruh togog gilo mgkn
    kik.kik.kik.
    kangmas2-e maaf sy mo off dl dah jam 1, takut bsk kesiangan.
    mtr sembah nuwun for all joyness.
    salam hati yg pasrah.

    Suka

  31. njeh monggoh eyank togog
    Ndereke njeh…
    Kangmas bre…pripun…?sampun ajeng off napa taseh kerso neteske ilmu kaleh kulo..

    Suka

  32. Aku hanya mampu melihat dikebutaan hatiku, aku dapat mendengar dikebuntuan pikirku, dapatkah aku menangis dalam segunung dosaku, ya Allah asmamu mudah kuucapkan, kalimahmu biasa kuamalkan, mengapa ego nafsu serakahku merajai hati jasadku?

    Suka

  33. kangmas @togog saya nyengsep bukan karena takut ma sampean saya terharu dengan wejangan kang manoreh…kang togol ojo nesu geh tadi saya lgi ngerjain pr mas manoreh
    @pangeran tidar saya minta ijin untuk kirim sms sama sampean ya

    Suka

  34. ikut apsen
    @salim mas ahmadrck
    @mbah togog salim kangmas ilovu fuuulllll
    @kang manoreh
    @pangeran tidar
    ‘bebujag
    @antok j
    kelana jalanan
    @ki tabib giri tirto
    @kang wardoyo salim hormat kang sinyong cah cilik kie mohon di terima kang
    @all bb pagi semu

    Suka

  35. Senyum itu indah, senyum itu rahmad, senyum itu tanda suka, senyum itu kebahagiaan, tapi mengapa senyumu larutkanku dlm duka

    Suka

  36. suka dan duka
    terang dan gelap
    siang dan malam
    yin dan yang
    lingga dan yoni
    adalah hidup
    bgmn merasa senang klo tdk ada sedih
    bgmn mrs terang klo tdk ada gelap
    semua ada dlm kaidah masing2
    jaga dlm keseimbangan
    terlalu senang jangan
    terlalu sedih jangan
    janganlah berlebihan
    membuat kt nyaman

    Suka

  37. dah mule lmyn mas, pake yg ke-2 lbh efektip utk pengobatan.
    (br 3 anasir yg aktif, pdhal minimal hrs 9 yg aktif)
    kik.kik.kik.
    alamat kudu istiqomah tenanaaaaan

    Suka

  38. ASS WRWB. selamat pagi bolo bumi… suluk jebeng… mantap tenan! perlu pendalaman dan pemahaman yang lebih jauh.

    Suka

  39. laahaulawala quwata illa billah.diberiNya keburukn aq tak bs mnolak.diberiNYA kebaikan segalany kembali pdNYA.

    Suka

  40. Bolo Bumi Salam Pagi semuanya 🙂

    Sungguh, cinta dapat mengubah yang pahit menjadi manis..
    Debu beralih emas..
    Keruh menjadi bening..
    Sakit menjadi sembuh..
    Penjara berubah menjadi telaga..
    Derita menjadi nikmat..
    dan kemarahan menjadi rahmat..
    Cintalah yang mampu meluluhkan besi..
    Menghancurkan batu karang..
    Membangkitkan yang mati dan memberikan kehidupan kepadanya..
    serta membuat budak menjadi pemimpin…..

    Suka

  41. @ k.m togog: salam kenal…
    @ k.m ahmad r: boleh saya minta no hpnya? pingin silaturahmi nih mas. trims sebelumnya…

    Suka

  42. “Cinta membuat manusia untuk mengikuti ia yang dicintai. ITTIBA’ bermakna untuk mencintai dan mengikuti, sementara ITA’AT bermakna [hanya] untuk mengikuti. Seseorang yang taat mungkin taat karena paksaan atau karena cinta, tapi tidaklah selalu karena cinta.”

    Suka

  43. assalamu’alaikum wr wb
    saudaraku semua.smoga rohmat dan karuniaNya selalu tercurah utk kita semua yg berkasih sayang dan mengingatkan dalam kebaikan dan taqwa

    Suka

  44. e.e.e.e.e.
    nasib-e togog
    soko jaman jo majujo
    tumekane jaman saiki
    koq yo pancet
    ora owah
    mbiyeeeen omong opo2 ora nana sing midangetke
    ora ono sing ngrewes
    tumakane saiki koq yo pancet nora owah
    nasib-e si togog
    ora omong nggronjal atine
    yen omong ko yo mung mengkene
    e.e.e.e.
    nasib-e si togog

    Suka

  45. @KI RISANG…maaf ki sy hanyalah orang awam br tahap pembelajaran
    @mas sasongko….maturnuwun mas sy cm manusia biasa
    @mas menoreh…salam kenal jg buat bb smua
    @ki guru GATOLOCO …gmn kbrnya ki?

    Suka

  46. salam…semoga berkah selalu diberikan kpada kita semua….
    @kimas satria jalaksana,kendal jawah mboten kangmas, 🙂 ,rasa saya mengatakan saya kenal banget dengan kangmas,hehehehehe…

    Suka

  47. salam kenal juga mas arief,pengetahuan panjenengan dalam ketauhidan dalam banget,mhon pencerahannya mas…poro BB menunggu postingan panjenengan..

    Suka

  48. setuju sm yg diatasq. . . .
    @ km menoreh salam salim dulu ah. . . .
    Jangan dstrap ya mas
    gerbang jangan dikunci dulu. .
    Blum absen nich. . ,

    Suka

  49. sugeng enjang menjelang siang …absen saja…
    @km menoreh…slamet pagi.
    @pakde war ..slamat beraktivtas.
    @km bagus y …priben kabare suroboyo ..sehat slalu kang..
    @km arif ..lam kenal.
    @km satria j @km wongbelink…slamat pagi..
    @Mbah tOgOg…salim rahayu mbah…
    ada apa to mbah .! esok2 kok grenengan.. mpun ngopi dereng ..wah semalem ketiwasan mbah…lah wong jeng madep ngetan ..malam tewas sampai pagi…hik..hik..
    @km BB AC ..Priben kabare…sekarang keluarnya tengah mlm

    Suka

  50. pakde giri…
    Smlam udh dbikinin kopi la malah mencelat g pamit ki pripun to pakde….
    Met beraktifitas jg mg dbri kemudahan

    Suka

  51. eeee
    @km P.TIDAR ..baru tak rasani ..tumben dulur dari Mgl gk kelihatan ..jgn sy nyiapin kopi tadi sinyal GPS langsung konek…sugeng enjang ..semoga keberkahan selalu menaugi panjenengan dan keluarga ngih…
    Mumpung juragane meiting dadi iso ngitip bentar..

    Suka

  52. mas@Ahmed sing digoleki sing opo leh?
    mas@GiriT cen ra nggenah tenan
    mas@Tidar bakule etan ditlp sik, ono pesenan nda

    Suka

  53. @ k.m satria jalaksana
    @ k.m giri tirto. alhamdulilah kabar baik kangmas
    @ k.m togog: apa sama dengan k.m wong edan yah?

    Suka

  54. mas@DwiAS
    ampun nyimak mas, mung jagongane wong edan2, omongne do ra nggenah, sak cul2-e, ngomyang ra karuan.
    kik.kik.kik..
    salam kenal mas Dwi

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s