MISTERI BUKIT MENJULUK

Wong mbohol

Kisah ini terjadi pada tahun 2006 pada saat saya masih membujang. Saat itu saya sebagaiPembina komunitas siswa pecintaalam. Memang saya sangat minatpada dunia petualangan dan supranatural. Oleh karena itu saya mengagendakan kegiatan safari camp pada liburan sekolah. Tujuan kami adalah Bukit Menjuluk di Sedayulawas, Kec. Brondong, Kab. Lamongan. Pada saat itu memang sedang in tayangan televisi berbau misteri. Untuk itu kami bekerjasama dengan salah satu stasiun televisi swasta di Surabaya. Kami sepakatacara safari camp kami
diliput untuk sebuah acara tv itu. Tibalah pada hari yang ditentukan, setelah seremonial diaula, sekolah rombongan kami yang berjumlah 25 orang bergegas berangkat bersama krutv itu. Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, tibalah rombongan di Masjid Besar Sedayulawas. Di sebelah barat masjid itu terdapat makam kuno milik ayahanda Sunan Sendang yang bernama Syeikh Abdul Qohar dari Timur Tengah. Rombongan / Tim kami berziarahsejenak di makam itu, lalu kami lanjutkan perjalanan ke Bukit Menjuluk. Karena sulitnya medan, kru tv memutuskan untuk menyewa pedati (jawa: cikar) untuk mengangkut peralatan shooting . Sementara itu, tim pecinta alam menyusuri jalan setapak yang sedikit licin karena habis diguyur hujan pada malam harinya. Tibalah rombongan di lereng Bukit Menjuluk yang landai, sangat cocok untuk mendirikan tenda. Jarum jam menunjukkan pukul satu siang, saya bersama tim memutuskan mencari keberadaan makam kuno yang konon milik penyebar islam di Sedayulawas pada masa lampau. Ternyata kami sempat kebingungan mencari keberadaan makam kuno tersebut. Setelah beberapa saat kami menemukan makam kuno tersebut yang hampir tak terlihat karena ditumbuhi semak belukar.Segera kami membabat semak itu. Saat itu terlihat jelas keberadaan makam kuno tersebut. Terdapat tiga makam berjejer di tempat itu. Senja semakin gelap, kami pun harus kembali ke tenda untuk melakukan persiapan ritual di makam kuno tersebut. Setelah sholat maghrib, kami lanjutkan dengan ritual tahlil. Kemudian kami kembali menuju makam tersebut dengan penerangan senter. Kami berniat menguak misteri makam kuno tersebut. Seorang paranormal dari acara tv tersebut kemudian mendeteksienergi makam kuno itu. Lalu kami menuju tempat yang agak lapang untuk melakukan proses mediumisasi sosok penjaga makam kuno itu. Setelah berkomat-kamit membaca mantra, tubuh paranormal itu kejang dan rubuh di tanah, merayap dan
mendesis-desis layaknya ular. Host acara tv mencoba berdialog dengan sosok arwah yang merasuki tubuh paranormal itu. Sosok itu mengaku bernama Ki Munjayani yang bertugas menjaga makam kuno tersebut. Rupanya Ki Munjayani tidak sendiri, ia ditemani sosok kembarannya yang bernama Ki Munjayana. Setelah sadar, paranormal itu lalu meminta alat tulis kepada kru untuk membuat sketsa dua sosok ular ghaib penjaga makam kuno itu. Ia lalu mulai mengoreskan ujung pensil di selembar kertas, lambat laun sketsa sosok itu semakin jelas menggambarkan ular raksasa dengan mahkota di kepalanya. Kami terpana dengan hasil sketsaitu. Mata kami pun terbuka, bahwa ada makhluk lain di sekitar kita yang harus kita hormati keberadaannya. Tidak saling mengusik satu dengan lainnya. Acara malam itu kami akhiri dengan atraksi api unggun dengan penampilan yang mendebarkan seperti hipnotis, berjalan di atas bara api, mengangkat seseorang dengan dua jari, dan lain-lain. Setelah itukami beranjak tidur di tenda membawa misteri Bukit Menjulukke alam mimpi.(*)

Iklan

340 thoughts on “MISTERI BUKIT MENJULUK”

  1. @kang togog gmn kbr laskar pelangi
    @kang maning aja selonjoran bae mengko di edek ding kang togog soale kang togog lagi nyapu kelas langka sing rewangielonjoran bae mengko di edek ding kang togog soale kang togog lagi nyapu kelas langka sing rewangi

    Suka

  2. mbah togog salim sungkem
    km angger cemani rampung po tapane
    km menoreh salim ugi
    km btn dah dpet belum beras emasm btn dah dpet belum beras emas
    km btn dah dpet belum beras emasm btn dah dpet belum beras emas

    Suka

  3. mbah togog salim sungkem
    km angger cemani rampung po tapane
    km menoreh salim ugi
    km btn dah dpet belum beras emasnyag po tapane
    km menoreh salim ugi
    km btn dah dpet belum beras emasnya

    Suka

  4. assalamuallaikum..
    Nderek nyimak…
    @km BB AC…salam primen kabare ..lama tak besua ..no hp ilang apa ketuker..he..he..he..
    @mas kiglondor…sugeng dalu…taksih kerjo ngih.
    @mas BTN… Istirahat sik
    @mas RAWIT G..yen pingin gk meler ngombene wedang jahe,..jan mak nyusss…

    Suka

  5. @kang jambu alas no ku kemaren kemakan virus jadi pulsa ilang terus dadine tak ganti …pimen kabare rika…no aku sing anyar nembe utang 083875571963

    Suka

  6. Assalamualaikum@km btn@km angger cemani:kbr saya baik,gmn mas udah penuhi target?@km mbohol@km menoreh@km togog@ki glondor@km jambu alas,dan smua bb lovers met malam.

    Suka

  7. @kelayung2: dari sumlaran ke utara–> Banjaranyar—>kebarat–> Sedayulawas—>ke selatan–> bukit Menjuluk….. met hunting ya…

    Suka

  8. tes tes jangan sampek netes,salam rahayu sugeng enjang monggo enggal sumringah wancinipun mbikak dinten mugi kaparingono rahayu wilujeng lir sambikolo saking gustiAllah ,lho ngomyang dewe oalah lah danyang ngendi sing melu iki xi xi xi

    Suka

  9. @km togog….salim sungkem kangmas….injih monggo sami2 dikuatkan pegangannya spy gak ikut goyang…goyang ngebor…patah_patah…gergaji…lsp….ditunggu nasihat Panjenengan…@km togog….salim sungkem kangmas….injih monggo sami2 dikuatkan pegangannya spy gak ikut goyang…goyang ngebor…patah_patah…gergaji…lsp….ditunggu nasihat Panjenengan…

    Suka

  10. …………………………….
    ..Podo ilingo..
    ..Podo ilingo..
    ..siro manungso..
    …………………………….

    Suka

  11. Weh kok dobel ya..berarti memang kangmase togog dan sesepuh lain yang sy hormati dan sy banggakan…betul2 ditunggu nasehat dan bimbingannya buat kami yang muda2 ini spy eling lan waspodo…

    Suka

  12. Assalaamu’alaikum.wr.wb.
    Salam sungkem kagem sesepuh lan bolobumi sedoyo
    absen pagi yg cerah skalian nyimak wejangan sesepuh sedoyo
    Sambil ngalab berkahe panjenengan sedoyo semoga saya makin bs dekat dng Nya…
    Km Togog..salim Kimas
    Km rawet gajah (wes ora dadi lowo maneh tho ? )..slaim kangmas
    Pakdhe denwiek…salim. Sy paggil pakdhe aja ya ? Klo panggil nama nya saja,ra ilok lah,soale umure panjenengan luwih tuo mbek bapak kulo je..

    Monggo di lanjut,smbil sedot sokam di pinggiran lap.gasibu

    Suka

  13. Ayo ayo bakar lapake,.hihihi,nak dibakar kan rame..ayo.. ayo..,hi.hi.hi..iwak buntal ati ati cedak wong lapar mengko di untal..o.walah btn btn ngomong kok ngaco.. engko di untal..o.walah btn btn ngomong kok ngaco..

    Suka

  14. Km iwak buntal apa sdh pulang ke lampung
    Salam salim buat semua yg sdh pada hadir salim buat semua yg sdh pada hadir

    Suka

  15. habis makan kok ya kenyang .duduk sambil bakar buhur ya nikmatnya yooos…. ngadepi wulan pitulungan mugi diparingi kawelasan Gusti ,….km btn klu rejeki takkan kemana

    Suka

  16. batune wis tak jupuk sik dlm perjalanan, tak silih sik, sesuk tak balekke hihihi

    wah mf td br ada tamu, hehehe
    salam salim buat semuanya.

    Suka

  17. Hihihi…km @ BTNr…lha aku ki mbuntal amargo masuk angin je…
    Km @ iwak mintuno…dereng kgmas,taksih teng gasibu..
    Km @ cah kinyan…jo bakar buhur kang..ngko ndak marai do moro sing aluzzz…mending nek muluzzz…huihihii…

    Suka

  18. e jerengno klasa
    e klasane bedhah
    . . . . . . . . . . .

    sing puteh bagus utk pengobatan iki
    cocok kr sik arep nganggo

    tp ojo dienggo nambani sing muluzz2 thok
    sing kisut2 yo ditambani

    ha he ho hu
    hu ho he ha

    Suka

  19. Lg drumah pakde..
    Lbur awake jalok liren…
    mboten supen kulo pakde
    Kopi jahe..buat pnjenengan..
    Pakde buntal kopi ap…?
    Kopi tubruk apa kopi nubruk
    qi qi qi

    Suka

  20. Km @ RG…kopi nubruk e mengko mbengi ae…hihihi
    Ngapunten,pamit rumiyin,hp lobet ki..
    Matursuwon sesepuh sedoyo atas kebersamaannya hari ini
    Wassalam

    Suka

  21. mboten sinuwun..
    Ad yg mu ngoleksi…
    Btune minimal tbele 6cm
    Kalo sya cm hunting..
    Teng teng teng…..(lgu james bond)

    Suka

  22. haya . . .
    olang2 pada cali yang aneh2 saja-o

    ko@Wetutu
    itu wukan suala anak nangis-o
    itu altinya ya ya

    haya. . salam saja wuat semuanya saja-o

    haya . . .
    aneh2 sj olang2

    Suka

  23. haya. . .

    te@LawitGajah
    Bo Cheng Li itu altinya olang sinting-a
    klo chenglu itu kan oe dulu waktu jadi pendekar-o
    suka itu chenglu samwil mawuk tlus ngosek cali2 mungsuh-a

    haya . . .
    oe oe

    Suka

  24. assalamu’alaikum wr.wb.

    @Wong mbohol, ijin nyimak artikelnya ya, asyik untuk diikuti pengalamannya.

    sugeng siang untuk poro sederek. alhamdulillah hujan dan dzuhur.

    Suka

  25. haya. . .

    salam dulu-a wuat ko@Mintuno
    salam kenal dulu-o

    Kong@KatesGandul salam takdzim dulu-o
    salam kenal dulu-o sy datang dali jauh dali Siem,

    haya . . .

    Suka

  26. @BO CHENG LI, salam kenal juga. eh … omong2, ilat sampeyan lg ketekuk ya. kog bahasanya jadi pelo gitu. sori bo.

    Suka

  27. bah bahe cheng li
    Isa aja..
    Entar aku bilangin barongsay..
    He he he
    Asli motor klaten tiap thun pasti ngundag 9naga
    La saya trmasuk dsitu…cari angpao

    Suka

  28. sinuwun
    Emang biasanya yg dicari seperti itu yg susah”
    Tp kalo saya..ada namanya rjeki
    G ad g ngoyo..
    Nek ngoyo ngenteke sendal qi qi qi
    Klo batu cin cin yg laku
    Jamrud,yelow,blue,white safir…
    Lumayan ad bobote

    Suka

  29. haya . . .

    engkong@KatesGandul ini sy walu jd Wo cheng li-o
    halap maklum sj.

    te@LawitGjh hao, wegitu ya, cowa nanti sy tanya sama olang2 asli motol-a

    haya. . .
    oe oe

    Suka

  30. wa..ha..ha..ha..@km bramesa …jgn yg itu..la wong duongo nya saja doungo slamet..
    @pakde mintuno…salim tapi jgn banyak2 makainya tar semua jari di kasih …he..he..he

    Suka

  31. haya. . .
    te@AhmmadLok
    itu tak usahlah dipikil
    dulu oe wilang bialkan sj, ya sekalang wialkan saja-o

    haya. . .
    olang2 ni aneh2 saja

    Suka

  32. Betul bgt kang@mituno,mang kt g bs ap2 kok,manusia bisanya ap tanpa kuasa Alloh..klo sakti yg sy tau it dlu personel S on7,hihi

    Suka

  33. Lucunya lg , padahak aku gak pernah py masalah sm dia.ganggu saja tdk pernah apalagi usilin.sy iklaskan sj dan aku doakan biar dia jd lbh baik. Sudahlah lupakan sj dia anak ingusan yg begitu..
    in.sy iklaskan sj dan aku doakan biar dia jd lbh baik. Sudahlah lupakan sj dia anak ingusan yg begitu..

    Suka

  34. Spaya kang ahmad tdk brprasangka mcam2 ama arial gemilang,mgkin akang bsa konfirmasi kno kang arial gemilang yg simpati, spy tdk trjadi kslah phaman.

    Suka

  35. haya . . .
    ko@Wong Wohol
    wah . . . ini yg menjuluk punya siapa ini?

    te@gili tilto hao, oe jangan mikil dapet duit wanyak dulu-o, yg penting usaha jalan dulu, untung sikit2 tak apa lah
    yang penting jangan lupa weldoa sama Thian, minta dikasih lancal usahane-o

    Suka

  36. haya. . .
    nama sudah ganti lagi, oe oe
    ya kita halus open juga-o sama suku wangsa laen
    haya. .
    kelihatannya pada tidak welkenan
    oe oe
    sy undul dili sajalah takut mengganggu saudala2 semua

    haya. .
    kenapa olang cuma melihat lualnya saja
    kenapa olang tdk mau open mind

    haya . . .

    Suka

  37. salam rahayu salam salim all bb lovers,nderek absen mawon trus nyuwun dongane bolo bumi sedanten kagem sederek kito ingkang lenggah wonten tlatah brebes perbatasan semarang mugi kiat tuwin sareh angsal picobi,sent al fatihah maturswun kesanget keikhlasanipun bb sedanten,wit nek soyo duwur angine soyo gede,100% sederek ,sederek mboten pareng nglarani sederek

    Suka

  38. Wong as lam..dulu saat dia komentar disini jg jelek lalu saat mas menoreh komentar di es dia jg nantangin..biasalah anak msh ingusan mau jd dukun.he.he.he..walau gitu aku jg berpikir bisa jg ada yg adu.kalaupun ada yg adu insyaallah aku tahu yg adu.

    Suka

  39. @km.admad rock : maaf ya mas kok saya ada salah sama mas..
    no saya cuma simpati lo mas. hari ini saya gk ada sms macam2. @km.admad rock : maaf ya mas kok saya ada salah sama mas..
    no saya cuma simpati lo mas. hari ini saya gk ada sms macam2.

    Suka

  40. Idem ki glondhor.Jng menyakiti meneror org lain.Perluaslah wawasan.Kalau dicubit sakit jng mencubit.Air dan minyak tdk mungkin bersatu bisa kumpul tak bisa campur.Orang2 yg sempit wawasanya akan gosok sana gosok sini untuk mencari dukungan.Bukankah kebiasaan org2 dinegri kita sudah spt itu?Fanatisme partai menjatuhkan partai lain.Fanatisme sebuah aliran keyakinan mendeklarisikan yang paling benar.Itulah gambaran ORANG CERDAS AKAL TAPI UNTUK NGAKALI ORANG LAIN.nilai2 bisa menggunakan naluri hati sudah terkikis tidak bisa membedakan mana yg benar mana yg salah.Mana yang palsu mana yg asli yg penting pengikutnya banyak tampilanya ok.Bukankan cara pandang masyarakat kita sudah begitu???.Tapi ingatkah sabda kanjeng nabi muhamad:penghuni surga itu ibarat sapi putih yang ada bulu hitamnya.Artinya seekor sapi putìh cuma hanya sedikit bulu hitamnya.Apalagi kalau dikaitkan dg dalil2 tentang dajjal HANYA SEDIKIT SEKALI UMATKU NANTI YG SELAMAT DARI DAJJAL.kata pujangga tempo dulu:amung sethithik manungso sing jajah milankori mabur tanpo suwiwi mlumpat tanpo cuthang yo iku kumpulane menungso sing iso nglawan wadyo bolene DAJJAL.Pengikut DAJJAL 100 Pengikut imam mahdi hanya 9.Salah satu tanda dajjal adalah bermata satu bisa diartikan org yg hanya menggunakan mata fisik tdk menggunakan mata hati.Sudahkah kita gunakan mata hati kita untuk membedakan?

    Suka

  41. dan kok soal saya mau jadi dukun spt nya gk la mas. saya juga masih smsan sama mbah mbohol……
    saya emank masih ingusan mas, saya pun masih lagi belajar. hari ini gak ada yang nelpon saya gak di angkat……saya gak pernah ganti no…

    Suka

  42. assalamu’alaikum wr.wb. bagaimana kabar kangmasku yang baik hati dan tidak sombong. semoga njenengan dalam kondisi sehat wal ‘afiat, dan segala aktivitasnya lancarjaya.

    Suka

  43. Mas arial gemilang
    Mungkin ada pihak lain yg pengen sampean sama mas ahmad berseteru.tapi sudahlah jangan diperpanjang.
    Mas ahmad jg harus buka diri mas arial sdh konfirmasi bhw bukan beliau yg kirim sms

    Suka

  44. @wong mbohol … artinya apa sih kangmas …. dah terlalu lama tinggal di betawi, jadi bahasa jawanya mulai pudar.

    artikelnya menarik kangmas, tapi kog pake ada ulernya ya, serem amat. mungkin hampir sama dengan cerita di daerah Sriti (gresik), terutama di goa lokojoyo kali ya. sayang sekali, saya ndak tau persis cerita tentang legenda goa lokojoyo.

    Suka

  45. @the stars, pake cium tangan segala … emoh ah, kumis sampeyan landep-landep. …. cerita dikit dong, kalau njenengan paham goa lokojoyo di sriti. biar saya tambah wawasan.

    Suka

  46. mbah yai pripun kabare
    mbah risang nek siram jangan lama-lama lho mengko malih putih kabeh
    mas star jenggotnya belum
    mbah togog kulo manut kemawon sendiko dhawuh

    Suka

  47. Mas arial gemilang ya sudah gak apa apa mas ,tadi sy agak panas dikit soalnya yg pertama kali buka sms romo saya.mungkin memang pengadu domba..yg harus kita waspadai bersama..salam rahayu buat anda..Wasallam

    Suka

  48. kang @Risang, wah mantab dah seger …. tapi ngomong2 dah tambah nyentrik gak? …. saya masih kethekeran di ktr …. mau plg, masih malu ama matahari.

    Suka

  49. Kang@mituno,uwis mas..ulih 1 kg,qiqi..mbok ra ana sing keri mas?
    Ki@wongmbohol,no sy yg aktf yg indosat kangmas,yg 1 hpnya rusak..y yg aktf yg indosat kangmas,yg 1 hpnya rusak..

    Suka

  50. de @mintuno, de @gajah ruwet, dah sampe rmh 1/2 jam lalu, trus buka komputer trus kirim artikel ke ki risang, sama kang ahmad. tau deh, dah sampe apa blm.

    Suka

  51. setiap hari saya plg mlm, soale nunggu jalanan rada reda macetnya. maklum mata dah kurang awas, kecuali kalo liat yg pulen, lansung matanya bening lagi.

    Suka

  52. om @gajah ruwet, saya dah istirahat cukup banya, tadi ba’da maghrib dah istirahat sembari wiridan sampe isya. sekarang dah seger lg lah.

    Suka

  53. salam-salim @iwak buntel, gimana khobbarrrr? … dah sampe lempeng … eh kog lempeng sih …. lampung lg ya .. maksudnya.

    Suka

  54. salam-salim om @Sampar angin, salam kenal. saya juga orang baru om. tapi nekat aja cuap-cuap, gak keliatan ini om.

    Suka

  55. om @gajah ruwet, pastilah gak awas, masalahnya dah mlm gini, gelap, masih juga pake kacamata hitam …. pasti gak awaslah.

    Om @iwak bantal, eh …. lhaa? … sekarang di bdg, welah mantab … dah ketemu yg pulen2 lon?

    Suka

  56. Assalamu’alaikum wr wb
    salam salim buat porosepuh
    @ki risang mukthi
    @km bocah t.N
    @km rawet gajah
    @km kates gandul
    @km menoreh
    @km tejo…
    @pakde mintuno
    @km cah anyar
    salam takzim buat porosepuh semua semoga rahmat dan ridlo alloh selalu menyertai kita semua.Amin

    Suka

  57. Ki @Sappu Angin …. monggo cuap2 … eh bener gak namanya sih … hihihihi … ternyata salah, maap Ki @Sampar

    Wa ‘alaikum salam AIU … monggo midangetaken gending meniko nggih

    Suka

  58. Huahihihi…@ pakdhe Kates G,walah! Malah pathing glosor pakdhe..:D
    Dadi kelingan jare pakdhe War..”Pupideler”…xixixi…

    Suka

  59. sampar angin lam kenal juga…dri saya rawet gajah
    Iwak buntal dbndung…
    Banyak neng gelis…qi qi qi
    Romo..
    Ada ada aja…
    Yg kmrin tu lo romo ketuan gmn ya
    Trus disolati ap romo..

    Suka

  60. om @gajah, sy lg demek2, tapi dah keburu disensor, sy khawatir amalan tsb. bisa untuk midah raga, maksudnya jln2 dengan raganya, selama ini kan yg dikenal cuma ngerogo kantong aja …. eh kog kantong … maksudnya ngerogo sukmo om.

    Suka

  61. Lha kuwi yo bener bgt pakde@ Mintuno…
    Opo maneh nek delok jiblab tp ketat2 klambine…Astaghfirulloh!
    Adekku sing wedhok,nganti tak wanti2 jo nganeh2

    Suka

  62. pas mlm jum at kangmas aku isih urip monggo niku dipun wedar a i u nipun supados kulo saget ….,…. Kulo tak midangetaken .km rawet gajah marmer sampun kepangeh ?

    Suka

  63. Wuih! Apaaaan tuuuuh!…hihihi…kok koyoe ono sing saget gawe wuzz..wuzz..wuzzz…grengg!
    Mauu dwoonk!… 😀

    Suka

  64. la kulo nyuwun estu…nopenya
    Romo
    Pgen lbih dlem ngonceki..
    Msalahe kulo estu dreg magertos
    Tp tiap ngamalke ngk lama pasti nangis pdhal kalo ngmalke yg laen g prnh bisa segitunya….

    Suka

  65. om @jagal, mohon maklum, sekarang harga bahan pakaian dah mahal banget, jadinya, sekarang ini kalo bikin pakean harus di press bahannya, supaya yg jahit ndak rugi. gitu loooh … (kata anak muda)

    Suka

  66. om @gajah, makanya supaya lebih afdhol, silahkan disholati. maksudnya lakukan sholat hajat dan minta penjelasan secara langsung kepada alloh ta’ala. kalo sudah ada penjelasan (alamat atau pangsit), sebaiknya lakukan terus menerus, sampai minimal dapet alamat atau pangsit yg sama sejumlah 3x …. penjelasanku mbulet gak ya.

    Suka

  67. Hihihi..benulll! Eh! Betulll! Pakde @ kates…

    @ kangmas RG…podo mbek aku kgmas
    Aneh bin gumun ane punya pengalaman dzikiran
    Klo dzikir apapun walo di hayati,kok binasa saja! Eh! Biasa saj..
    Taapi nek dzikir “astaghfirulloh..innalloha ghofururrokhiim”…eeee..kok ..nagis mberok2 gulung2 koming?..
    Hihihi…

    Suka

  68. @eyank denwiek..salam sungkem..mugi tansyah kinayungan rahayu wilujeng..
    @pakde mintuno,..mugi tansyah sehat slalu..
    @mas Rawit G…semangat pantang menyerah..sukses selalu…
    @mas kinyan…mugi tambah rizkinya…
    @mas jagalah…kebesihan hati semoga sesejuk embun pagi..
    @mas A I U…semangat malam ..monggo saya di tritisan saja dibwh grojogan sewu alas sapu gerang..

    Suka

  69. Romo..
    Pengenya sih ad yg bimbing
    Emag bisa seumpama ak amalin
    Trus mohon sama allah agr bisa brtemu dgn pengijazah..

    Suka

  70. wes … sekarang giliranku yg nyimak ah, biar pakde @war yg jelasin atau rencang lain yg jelasin … tak klobotan dulu

    Suka

  71. maaf om @gajah, kalo saya sih lebih afdhol dicari sendiri, coba aja kirimin berkah bacaan surah al-fatihah … bisa sejumlah 111x atau 313x … insya alloh.

    begitu juga saya, prosesnya akan sama dengan di atas, soale kalo cuma ngomong, atau ngeker kebanyakan bo’ongnya …. maklum banyak sliweran makhluk mulus … eh kog mulus …. maksudnya makhluk halus.

    Suka

  72. @pakde mintuno kulo boten geRtos ,niku nick ngawur pakde monggo jenengan babar bab hurip kersane kulo tambah pinter lan cepet munggah kelas, sumonggo

    Suka

  73. k.m tejo..
    La saya ngarep hujan malah
    G dteg”
    Pakde Giri…
    Salim sungkem..
    Cocok kalo jd konsultan…
    Cah kiyah
    Yarohman yarohim..yg punya welas asih…qi qi qi
    Mbae jagal
    Emag mugkin karna kita mohon ampun…

    Suka

  74. yai @giritirto, bukannya saya dah nulis komen di amr (most wanted) …. kan dah ada disitu, tinggal diamalkan “tak beri satu perminta … an, monggoo”

    Suka

  75. kertaraharja..
    Met malem salam kenal
    Pakde..kmna ya
    Romo sendiko dawuh
    Ini mlem kyae jg tepat…
    Krn dpntu tulisany tiap mlam ini..
    Cuma nugu bntar tk ikut ngabisin klobot mpe 2btag dulu..

    Suka

  76. @km kerta raharjo…salam salim. Met kenal..
    @km betutu.,salam .kangmas ..ngih ampun kenceng2 sing gedrouk-e suku…la yo goyange tekan ibu kota tangerang…he..he..he..

    Suka

  77. tergantung situasi dan kondisi badan…eyank.!
    Klu yang 100 x…insyaalloh lengkap
    yg 113 klu gk salah ngih…diawal genap eee di penutupnya gk lengkap…sampun leplepan…

    Suka

  78. om @gajah Om @giri, ya ndak apa2 … wong wiridan itu bukan wajib kog. ya sak selo waktune sing ngamalke, ojo dipekso-pekso.

    lebih bagus lagi kalo ba’da sholat fardhu baca istighfar minimal 1111x trus melanggengkan wudhu selama 41 hari, gampang tapi susah niki.

    Suka

  79. yai @giritirto, penutupannya (kalau dah ndak kuat) silahkan dikurangi … misalnya menjadi 11x saja ndak apa. tapi yg diawal, kalo bisa jgn dikurangi.

    Suka

  80. ya kan tadi saya bilang gampang tapi susah. wudhunya mungkin gampang, tapi menjaganya yg susah. soalnya kita sering berinteraksi dengan koleganya masing-masing. gitu ya de.

    Suka

  81. la kok njenengan madani to km rawit gajah…kita gk pernah janjian lo ..@km betutu …wah medeni njenengan ki malahan…koyo tembange mbah semar..
    Ngih insyaalloh siap gk di kurangi…

    Suka

  82. intinya kan gini, silahkan saja yang sekiranya perlu diwiridkan, sesuaikanlah dengan pribadinya masing-masing. pokoknya lillahi ta’ala. lagipula, tak satupun firman alloh swt. yang menyatakan untuk memberatkan hambanya. kecuali sholat lo ya. kan kalo sholat dah jgn ditawar lagi.

    Suka

  83. Leres sanget romo,intinya lilahita’ala..kdg mmang klo blm djlani kyae brat,tp stlah djlani y alhmdllah g bgtu berat..

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s