WIRID AYAT 18-19 DAN 26-27 SURAH ALI-IMRAN DARI RASULULLOOH MUHAMMAD S.A.W.

muhammad bachrain

WIRID AYAT 18-19 DAN 26-27 SURAH ALI-IMRAN DARI RASULULLOOH MUHAMMAD S.A.W. YANG SEMAKIN JARANG DI DAWAMKAN OLEH KAUM MUDA MUSLIM SEKARANG.

Assalaamu ‘alaikum warohmatulloohi..

Siapapun anda, terutama yang pernah sekolah madrasah ataupun ikut pesantren pasti pernah mendengar ayat ini dalam wirid yang selalu dibaca oleh orang-orang tua dulu saat sholat maghrib dan subuh berja’maah (khususnya di daerah saya), inilah ayat itu :

ALI-IMRAN AYAT : 18-19 DAN 26-27 :

AYAT 18 :

“SYAHIDALLOOHU ANNAHU LAA ‘ILAAHA ‘ILLA HUWA, WAL MALAA’IKATU WA ULUUL ‘ILMI, QOO’IMAAN BIL QISTHI, LAA ‘ILAAHA ‘ILLAA HUWAL ‘AZIIZUL HAKIIMU”,

AYAT 19 :

“INNADDIINA ‘INDALLOOHIL ISLAAMU, WAMAAKH TALAFALLADZIINA UUTULKITAABA MIN BA’DI MAAJAA ‘AHUMUL ‘ILMU BAGHYAN BAYNAHUM, WA MAN YAKFUR BI AAYAATILLOOHI, FA’INNALLOOHA SARII’UL HISAABI”,

AYAT 26 :

“QULILLAAHUMMA MAALIKAL MULKI, TU’TIL MULKA MAN TASYAA’U, WATANZI’U MULKA MIMMAN TASYAA’U, WATU ‘IZZU MAN TASYAA’U, WATUDZILLU MAN TASYAA’U, BIYADIKAL KHOYRU INNAKA ‘ALAA KULII SYAI’IN QODIIRUN”.

AYAT 27 :

“ TUWLIJUL LAYLA FINNAHAARI, WATUWLIJUNNAHAARO FIL LAYLI, WA TUKHRIJUL HAYYA MINAL MAYYITI, WATUKHRIJUL MAYYITA MINAL HAYYI, WATARZUQU MAN TASYAA’U BIGHOYRI HISAABIN”,

TERJEMAHAN DAN TAFSIR :

Ayat 18 :

“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu*[188]* (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”, …(tafsir [188] : Ayat ini untuk menjelaskan martabat orang-orang berilmu).

Ayat 19 :

“Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab*[189]* kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya”. …(tafsir [189] : Maksudnya ialah Kitab-Kitab yang diturunkan sebelum Al Quran).

Ayat 26 :

“Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Ayat 27 :

” Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup*[191]*. Dan ENGKAU BERI REZKI SIAPA YANG ENGKAU KEHENDAKI TANPA HISAB (BATAS).”…(tafsir [191] : Sebagian mufassirin memberi MISAL untuk ayat ini dengan mengeluarkan anak ayam dari telur, dan telur dari ayam. Dan dapat juga diartikan bahwa pergiliran kekuasaan diantara bangsa-bangsa dan timbul tenggelamnya sesuatu umat adalah menurut hukum Allah).

Dalam suatu riwayat telah diterangkan bahwa RASULULLOOH S.A.W bersabda :.. “surah AL-FATIHAH dan DUA AYAT DARI SURAH ALI-IMRON (AYAT 18-19 DAN 26-27), apabila DIBACA SEHABIS SHOLAT FARDHU, niscaya ALLAH SWT akan MENJAMIN “SURGA” untuknya”… Dan dengan membaca ayat-ayat tersebut, secara “tidak langsung/tersirat” kita juga telah berdoa agar kita diberikan SURGA dan REZKI TANPA BATAS kepada ALLAH SWT. (coba anda lihat surah ALI IMRON ayat 26 – 27 di atas khususnya pada kalimat AKHIR ayat 27, yakni kalimat WATARZUQU MAN TASYAA’U BIGHOYRI HISAABIN. Kata/asma ALLOOH dengan arti yang hampir sama juga dapat ditemukan pada AL-BAQARAH AYAT : 212, AN-NUUR AYAT : 38, dan AL-MU’MIN AYAT : 40).

Selain itu, dengan membaca ayat tersebut maka kita telah mengakui bahwa ALLAH SWT adalah hanya SATU-SATUNYA TUHAN dan ISLAM adalah agama yang diridhoinya (karena itu adalah syarat mutlak seseorang mendapat surga dalam ajaran ISLAM), serta hanya ALLAH SWT-lah yang mutlak berkuasa atas segala sesuatu, termasuk memberikan kekuasaan, kemulyaan, kehidupan, kematian dan memberi “rezki tanpa batas”.

Adapun PERUMPAMAAN orang yang mendapat “keadaan surga” dan “mengalirnya rezeki tanpa batas” yang diberikan oleh ALLAH SWT “tersirat” pada surah ke 13 AR RA’DU ayat : 35 yakni : ..“PERUMPAMAAN syurga yang dijanjikan kepada orang-orang yang TAKWA ialah (seperti taman); mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa, sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka”…

Itulah menurut keterangan ayah saya. Dulu ketika beliau muda sering mewiridkan ayat tersebut, dan atas berkah ALLAH SWT beliau memiliki lahan persawahan yang luas, memiliki usaha perdagangan garam dan kayu yang besar. Namun karena beliau “tergoda” akan ilmu dan wirid-wirid kesaktian/karomah beliau melupakan wirid tersebut, dan akibatnya dengan kehendak ALLAH SWT ayah saya jatuh miskin dan menganggur selama SEPULUH TAHUN LEBIH (dan sebagai anaknya, jelas saya ikut menderita karenanya). Namun saat ini beliau disadarkan atas petunjuk-NYA dan kembali mulai mewiridkan ayat tersebut. Alhamdulillah, beliau saat ini kembali bekerja dan mulai mencoba merintis kembali kejayaan usahanya yang dulu bangkrut.

Menurut petunjuk Nabi MUHAMMAD SAW, wirid ayat tersebut SELALU DAN HARUS dengan DIAWALI membaca surah AL-FATEHAH. Dalam pengamalannya, saya secara pribadi (juga ayah saya) selalu membacanya pada salah satu rakaat saat SHOLAT (sesudah membaca AL FATEHAH). Dan jika membacanya SETELAH SHOLAT maka saya menambahkan surah AL IKHLASH, AYATUL KURSY, SYAHADAT, kalimat TASBIH, SHOLAWAT dan ISTIGHFAR (tanpa aturan/cara khusus) dan DO’A yang dibaca saat DUDUK ANTARA DUA SUJUD saat sholat ditambah kalimat dari AYAT 37 SURAH ALI-IMRAN, yakni : ..”ALLOOHUMMA ROBBIGH FIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARFA’NII WARZUQNII WAHDINII WA ‘AAFINII WA’FU ‘ANNII, HUWA MIN INDALLOOHI, INNALLOOHA YARZUQU MANYASYAA’U BIGHOYRI HISAABIN”.. Jika diterjemahkan do’a tersebut berbunyi : ..“ya ALLAH, ya robb, ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, dan cukupkanlah kekuranganku, dan angkatlah derajatku, dan berilah rezki kapadaku, dan berilah aku petunjuk, dan berilah kesehatan bagiku, dan berilah ampunan kepadaku, “ITU” dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab”.. Sedangkan
ayah saya selalu menambahkannya dengan do’a MUBAROK.

Sayangnya, saya sendiri semakin jarang mendengar ayat tersebut dibaca atau diwiridkan oleh kaum muda muslim sekarang, utamanya yang jauh dari lingkungan sholat berjama’ah di mesjid. Dan semakin banyak orang muslim yang tidak tahu akan keutamaan mewiridkan ayat-ayat tersebut di atas.

Demikian sekedar berbagi pengetahuan dari saya, jika saya salah, kurang pemahaman, maka saya mohon bimbingan dan petunjuk, serta
tambahan pengetahuan saudara-saudara sekalian untuk penyempurnaan artikel ini.

Wassalaamu ‘alaikum wa rohmatulloohi..

Iklan

146 thoughts on “WIRID AYAT 18-19 DAN 26-27 SURAH ALI-IMRAN DARI RASULULLOOH MUHAMMAD S.A.W.”

  1. waallaaaaaah, lidahnya pada dipotong apa ya … jadinya pada cadel semua … ilaat, ilaaaat …. eh eh … ilat.

    Suka

  2. Hihihi…@ romo denwiek…pripun kabaripun mbaaah? 😀
    Hihi..ter-influence cama pakde cemut iyeng,apalgi tambah dijadiin ama km truno
    Xixixi…..

    Suka

  3. sukur yen mlebu,
    opera mini ki jan telek sapi tenan koq.

    salam salim buat semuanya. . .

    lgsg cling . . . mandi dl . . .

    Suka

  4. cala-calim … eh kog malah latah, salam-salim untuk semuanya … monggo lanjut, tak klobotan dulu, sambil elus2 jenggot

    Suka

  5. Gravatare pd sama marai bingung
    Salam km supernova
    Ketemu lagi sama romo denwiek
    Km bakul semprit wis sore ojo ider wae

    Suka

  6. HORE . . . NOMER 17
    HORE . . .

    mugo2 antuk
    PITUlungan karo
    kaweLASan.

    HORE . . .

    PRITTTTTT . . .
    PRITTTTTT . . .
    PRITTTTTT . . .

    Suka

  7. Alhamdulillah..pakde cemut iyeng..turut seneng klo pakde dah smp rmh…
    Hiihihi…km bakul sempritan,lho he? Kok sapi di salahin sih?…xixixi…

    Suka

  8. Mantaf artikelx,… Wirid di atas apbila d amalkn stlah slesai tiap shalat fardhu salah satu fadhilahx insya Allah akan mninggal dlm keadaan husnul khotimah.

    Suka

  9. pritttt . . . pritttt . . .

    km@truno salam salim jg, mf td trus sy tggl mandi he.he.he..
    gmn mas, dah mau nemui njngn?

    salam salim jg utk saudara2 nyang laen

    wah, sempritan sy dr kmrn nggak laku2 ne

    Suka

  10. nyimak mbah…
    Salam salim sungkem…
    Sambil mbawa tambir yg gedhe buat nampani barokahe…
    Seluruh bolo cangkrukan semoga tansyah sehat suegerr kwarasan dilapangkan rizkinya dan dimudahkan semua urusanya.amiin 2x…
    …YAA ALLOH LIMPAHKANLAH RAHMAT DAN RIDHO MU UNTUK SEMUA SAUDARAKU..

    Suka

  11. amin. mdpt ijabah Gusti Allah mas,
    mtr nwn do’ane mas@giri

    wa’alaikumsalaam wr wb mas@Dafa (tumben pake nick ini)

    Suka

  12. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,,,
    semangat mlm sedulur2….
    wahhh salah msk kampus nih,,,khusus wong cadel ya hihihihihihihhi
    qobiltu dulu…..kaabuuuorrrrrrr…hihihihihihi

    Suka

  13. Sugeng dalu mbah2..salim sungkem mugi sehat bergas kewarasan,gimah ripah lohjinawi…
    @ mbah Giri…matursuwon doa ne
    Dilanjut…nyimak smbl kerokan

    Suka

  14. mbah Surip slm kenal dl
    lha cm bs bakul sempritan utk usir nyamuk sm kecoa bgn hihi
    tp nasib, nggak ada yg beli

    pritttt . . . . pritttt . . . . pritttt . . . .

    Suka

  15. wah, dah jam 8.30 off dl mas, kerjakan tugas.

    salam buat semuanya.

    pritttt . . . pritttt . . . pritttt . . .

    Suka

  16. Hehehe…pugu ini amergo masuk angin pakde @ bakul sempritan,men ora tambah blendung..wedi nek mbledozz !…hihihi..
    Oh ya,…sdh plg pakde…
    Qobiltu…@ pakde cemut iyeng….ilmu jari manise.. Nuwun 😀

    Suka

  17. @om iwak ,,salim jg njih,,,mugi2 sehat wal afia’at lahir dn bathin…
    @om cemut…d tempat sampeyan musim opo to sa iki,,,

    Suka

  18. Sami2..mbah @ surip… 😀
    @ pakde cemut…lha..ini sy br mau testi,barusan tak mijit di jari manis,walah jan! Koyo di tusuk jarum…ter nyt kekencengan 😀

    Suka

  19. cling hadir…
    @pakde cemut i…lah tadi masih di sawah ,alhamdulillah sudah sampai di rumah..tp rung adus…
    @mbah surip…salam kenal ya mbah…
    @mas iwak b…salam.jangan sering kerokan ..katanya pori2 taumbah ombo loh..smriwing malahan hik hik2x..
    Monggo dilanjut ..tak jeguran neng mbanyu biru rumiyin.

    Suka

  20. Km @ giri….biasane emg cumak ngombe jamu tolak angin kgmas,jarang juga kerokan..
    @ km Truno…salim kangmas…

    Mumpumg podo kumpul sesepuh…
    Mau tanya nih
    Ada yg tau,apa itu sholat lijalbi ghoib?
    Matursuwonsanget klo ada yg mau mbabar

    Suka

  21. Tdr siangnya lama jadi malem kadang begadang mas truno
    Mlm jum at kemarin malah jam 3 tapi bangun tetap jam 6

    Suka

  22. maaf km iwak b…biasane yg tahu kemungkinan km Pangeran Sukemilung yg dari thoreqoh..
    @pakde cemut…mbahe bakul klithik-an tadi kemana…mau tanya sempritan yg buat manggil iwak je kira2 nyediain gk…maaf km iwak b nich bukan njenengan …

    Suka

  23. Wkwkwk! Tenang ae km @ giri…sy sdh ada niat kok,klo tanpa di panggil,sy berniat mau sungkem lgsng sama panjenengan smua…
    Tinggal nunggu rejeki waktu dan fulus nya…hehe
    Njeh matursuwon info nya kangmas

    Suka

  24. Bakul sempritane lagi istirahat lagi melemaskan otot2
    Mas iwak wirid itu banyak manfaaatnya tergantung guru memberi penjelasanya

    Suka

  25. Ya blajar ojo gumunan
    Ono wong iso miber yo bioso gaweane manuk.laler lan liyane bongso iber2an nggal dinane
    Dadio manungso sing ngerti mangreh kridaning budhi
    Lha ngomyang opo iki
    Mas arif ph slamat malam

    Suka

  26. Memang susah belajar yaqin mas kelayung2 sy juga masih belajar dan masih perlu banyak belajar supaya urip ora kur urip uripan

    Suka

  27. Terima kasih saya ucapkan diatas jasa anda memterjemahkan Surah Ali Imran serta pengajaran dan kebaikan dari surah tersebut.
    Semoga Allah berkati anda.
    aMIN.

    Suka

  28. Maaf boleh tahu, ayat 18-19 dan 26-27 itu dibacanya berapa kali kah? Cukup sekali atau bisa sebanyak2 nya atau sekuat2 nya ? Tlg info baliknya, makasih

    Suka

  29. …..
    Demikian sekedar berbagi pengetahuan dari saya, jika saya salah, kurang pemahaman, maka saya mohon bimbingan dan petunjuk, serta
    tambahan pengetahuan saudara-saudara sekalian untuk penyempurnaan artikel ini….

    Dalilnya yang berbunyi dari riwayat nabi Muhammad SAW, tidak ada sumber hadistnya sahabatku, atau pun perawi hadistnya. Yang ada hanya orang2 tua dahulu.
    Kita takut inilah yang dikatakan mengikuti tanpa dalil atau ilmu. (memang semua Surat dalam Al Qur’an itu mulia termasuk Ali Imran ayat 18,19,26,27) namun kalau Rasulillah tidak pernah melakukan atau mencontohkan hal tersebut, itulah yang dinamakan mengada-adakan atau Bid’ah.

    Atau, bilamana sahabatku menemukan hadist yang shahih lengkap dengan sumber dan perawinya, tentang hal tersebut yaitu membaca Al Fatihah dan Ali Imran sesudah sholat atau wirid, maka akan saya pelajari dan ikuti, Mohon maaf kalau saya ada salah2 kata ya sahabatku..
    Wassalamu’alaikum wr.wb…

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s