ADDARUN NAFIS(kajian ilmu tauhid).

Assalamu alaikum wr.wb.Kali ini saya coba ringkaskan isi dari buku ADDARUN NAFIS(permata yang indah).Sebuah buku yang sederhana namun saya pribadi sangat menyukai isi dari buku tersebut karena isi buku tersebut mengulas ilmu tauhid yang sangat mudah dipahami.Buku tersebut dikarang olehsalah seorang ulama dari banjar kalimantan.Dan saya membelinya tahun 1996 dipenjual buku kaki lima dimartapura.Konon buku tersebut pernah dilarang beredar karena isinya yang terlalu lugas dan jelas tapi setelah ratusan kali saya baca isi dari buku tersebut tidak ada yang menyimpang.Silahkan yg sudah punya sebagai pengingat2 saja.
Yang belum pernah membaca coba saya tuliskan ringkasanya.

Ibaratnya kita tahu peta ilmu tauhid dulu sebelum kita praktek langsung ilmu tauhid.

Yang perlu diperhati
kan saat belajar ilmu tauhid:

-jangan berburuk sangka.Artinya jangan mudah mengatakan sesat/takut sesat dalam bidang ilmu tauhid.Kalau memang yang kita tuju dari niatawal alloh kenapa takut sesat?

-menerima ilmu tauhid dan tasawuf adalah salah satu cabang keilmuan islam.

-tetap berpegang teguh pada syariat.
Apabila ada ajaran ketuhanan yang mengatakan asli tp meninggalkan hukum syariat jelas ajaran tersebut menurut islamsesat.

-rajin melakukan latihan kerohanian/
riyadhoh dan mempraktekanya.Ilmu tauhid tanpa praktek hanyalah bahasan2 filosofi saja.Dalam hadits disebutkan”pada akhir zaman nanti ada suatu kaum yang berumur pendek dan pikiranya picik mereka mengucapkan sabda2 nabi dan alquran namun imanya tidak melampaui pisau besarnya(pandai dalil saja tanpa amal).(HR.bukhori muslim abudawud dan nasai).

TUHIDUL AF’AAL

Artinya mengesakan
perbuatan.Cara melakukanya kita sadari dg penuh kesadaran(musyahadah) segala gerak dan diam ucapan atau bukan ucapan semua itu dari alloh.Dari diri sendiri atau dari oranglain
/makluk lain adalah semua dari alloh.”tidaklah engkau yang melempar(hai muhammad) tetapi allohlah yang melempar”(al.Anfal 17).Para arif billah
memberi perumpamaan”laksana wayang yang dimainkan oleh dalam dg aneka lakon laku”.Namun dalam hakekat/kenyataanya semua gerak wayang dan laku wayang berasal dari pak dalang.Bukan dari wayang itu sendiri.
Namun bila kita nonton wayang/sinet
ron seolah wayang bisa bicara shg kadang timbul rasa
gemes benci dll pd
peran antagonis.Pdh semua itu naskah sutradara/dalang.
Meskipun demikian bwh segala macam perbuatan,peristiwa,kejadian dll adalah dari alloh tp janganlah-

GUGUR TAKLIF SYARA’
artinya menghilangkan hukum kewajiban syariat dr diri kita.
Hendaklah memusyahadahkah semua berasal dari perbuatan alloh hanyalah diwujudkan dlm pandangan hati tdk didhohirkan waktu mengajar.
Apabila kita tetap bermusyahadah pada tauhidul af’aal maka kita telah sampai maqom terendah dari ilmu tauhid.Pada tingkat ini bila benar2 sudah paham maka akan memperoleh natijatissuluk dan tsamaroh(hasil perjalanan dan buah).

Tambahan:bila belum paham dan ragu jangan dipraktekan dulu
walau dalam tahap terendah memahami dg penuh takhlik tdk mudah biasanya
penuh tanda tanya,keraguan dll.Sekali lagi ini sebagai peta dulu/pemahaman dasar.Kita bisa yakin bila kita sudah terjun ke lokasi tdk hanya melihat petanya.
Bersambung…..

576 tanggapan untuk “ADDARUN NAFIS(kajian ilmu tauhid).”

  1. nah itu masalahnya mas JBK kalau sy kan dzikiran di dlm rumah kalau di luar nanti di liat tetangga dikira orang aneh..
    Sama kaya mas Mm ..ibarat sy ini menjalankan ibadah yg 5 waktu tp belum tepat pas waktunya dpt merasakan itu..hehehe..

    Suka

  2. wah . . .
    om2 pakdhe2 simbah2 pada i’tikaf ya???
    sampe skrg koq aku ra dipakani . . .
    oek oek oek . . .
    apa pada tdk tahu klo gudel itu butuh perhatian lebih dari mama eh emak . . .
    oek oek oek . . .

    Suka

  3. maksud dilarang itu dulu oleh pemerintah Belanda, karena orang yg mempelajari tauhid ini tidak takut mati. dan kebanyakan yg melakukan gerakan perlawanan thd Belanda adlh orang2 yg ngaji masalah tauhid ini. sehingga keluarlah larangan dr Belanda + di bantu fatwa dr Ulama2 yg pro Belanda, sehingga seolah2 yg belajar ilmu Tauhid (termasuk belajar Durrun- Nafis) akan menjadi Gila, dlsb.. Saya juga dr Martapura Kab.Banjar & kerja di PonPes.Darussalam Martapura. Bila ada orang Martapura sendiri yg menyalahkan kitab ini, haqqul yakin orangtua diatasnya dahulu termakan provokasi dr Belanda. wallhu a’lam

    Suka

  4. Mas maaf sy blm bisa ngasi komentar, sy sdh lama cari buku ini tp blm ktm dmn bisa dapat sekiranya??? Mohon dibantu, setahu sy buku ini sdh tingkat ma’rifat yg tinggi…

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s