TANDA ORANG YG DAPAT LAILATUL QODAR

muhammad bachrain <ain.m.bachrain@gmail.com

*Assalaamu 'alaikum warohmatullooh..*

Salam sejahtera selalu semua saudara yang ada.. semoga kita mendapat rahmat
ampunan-NYA.. dan semoga kita termasuk golongan yang diakui ALLAH SWT
sebagai golongan yang sebenarnya beriman dan bertaqwa.. saya mohon ijin dan
ridho saudara kyai risang mukti dan admin blog ini untuk berbagi pengetahuan tentang "Lailatul
Qadar"..

banyak muslim yang mempersempit tanda-tanda anugerah turunnya lailatul qadar
kepada seseorang dengan hal-hal mistis dan fenomena alam macam : melihat
langit terbelah.. melihat cahaya yang turun.. di temui kakek berjubah.. dan
sebagainya.. tapi pernahkah kita melihat dan mempelajari di dalam Al Quran
seperti apa yang dimaksud dengan Lailatul Qadar.. dan siapa yang mendapat
Lailatul Qadar.. berikut uraian singkat yang tercantum dalam Al Quran :

*Bismillaahir rohmaanir rohiim..*

*LAILATUL QADAR* adalah Malam Kemuliaan *(Surah 97 : Al Qadr : Ayat 1)*..
malam turunnya Al Qur’an yang dibawa oleh malaikat Jibril untuk diberikan
“ke dalam hati”* (Surah 2. Al Baqarah : Ayat 97)* bagi siapapun yang mau
beriman.. berserah diri dan bertaqwa *(Surah 16. An Nahl : Ayat 102)*..
baik dari golongan jin maupun manusia.. sebagai petunjuk *(Surah 2. Al
Baqarah : Ayat 2.)*.. penjelasan* (Surah 15. Al Hijr : Ayat 1)*.. peringatan
*(Surah 25. Al Furqaan : Ayat 1)*.. rahmat *(Surah 45. Al Jaatsiyah : Ayat
20, dan Surah 17. Al Israa’ : Ayat 82)*.. dan kabar gembira *(Surah 17. Al
Israa’ : Ayat 9.)*..

Jadi.. siapapun dia.. jika dia tiba-tiba menjadi pribadi yang berakhlak &
berperilaku luhur berdasarkan isi Al-Qur’an.. maka dialah yang benar-benar
mendapat anugerah Lailatul Qadar *(jadi.. mohon jangan mempersempit
pandangan tentang turunnya lailatul qadar dengan fenomena mistis dan gejala
alam macam : langit terbelah, cahaya yang turun, ditemui orang berjubah dan
sebagainya..).*.

dan dialah (yang berakhlak Al Quran) yang benar-benar mendapat anugerah “Nur
Nubuwwah” *(Surah 42. Asy Syuura : Ayat 52)* .. karena Nur Nubuwwah (Cahaya
Kenabian) hanya turun bagi yang Ber”Akhlak Al Qur’an” *(Ketika Aisyah Ra
ditanya tentang akhlak Rasulullah Saw, maka dia menjawab, “Akhlaknya adalah
Al Qur’an.” (HR. Abu Dawud dan Muslim)*.. wallaahu ‘alam..

hanya itulah yang saya ketahui.. jika ada kata yang kurang berkenan, saya
mohon maaf yang sebesarnya.. jika saudara memiliki pengetahuan, mohon
berbagilah.. tidak ada yang lebih tinggi atau rendah.. semua sama saja di
hadapan-NYA..

wassalaamu ‘alaikum warohmatullooh..

*DASAR / SUMBER PENULISAN : *

*1. Surah 97 : Al Qadr : Ayat 1. *
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan”.

*2. Surah 16. An Nahl : Ayat 102. *
Katakanlah: “Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu
dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan
menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri
(kepada Allah).”

*3. Surah 2. Al Baqarah : Ayat 97. *
Katakanlah: “Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah
menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan
apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira
bagi orang-orang yang beriman

*4. Surah 2. Al Baqarah : Ayat 2. *
“Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang
bertaqwa”,

*5. Surah 45. Al Jaatsiyah : Ayat 20. *
“Al Quran ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum
yang meyakini”

*6. Surah 15. Al Hijr : Ayat 1. *
“Alif, laam, raa. (Surat) ini adalah (sebagian dari) ayat-ayat Al-Kitab
(yang sempurna), yaitu (ayat-ayat) Al Quran yang memberi penjelasan”.

*7. Surah 25. Al Furqaan : Ayat 1. *
“Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada
hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam”.

*8. Surah 17. Al Israa’ : Ayat 9. *
“Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih
lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu’min yang mengerjakan
amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar”,

*9. Surah 17. Al Israa’ : Ayat 82. *
“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi
orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada
orang-orang yang zalim selain kerugian”.

*10. Surah 42. Asy Syuura : Ayat 52. *
“Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah
Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan
tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu
CAHAYA, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara
hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar- benar memberi petunjuk kepada
jalan yang lurus”.

*11.* Ketika Aisyah Ra ditanya tentang akhlak Rasulullah Saw, maka dia
menjawab, “Akhlaknya adalah Al Qur’an.” (HR. Abu Dawud dan Muslim)

Wasalam.

Iklan

303 thoughts on “TANDA ORANG YG DAPAT LAILATUL QODAR”

  1. ngooeeeeeng . . .

    nunut ngeyup . . .

    panas-e nyengat . . .
    gègèrku kepanasen . . .
    padahal kemarin nggak sepanas ini

    ngooeeeeeng . . .

    Suka

  2. wah klo itu . . .
    ampuuuuuun . . .

    sy anak kebo gus . . .
    klo ini betulan,
    bodo longa-longo
    nggak tahu apa apa . . .

    iso-ne mung

    ngooeeeeng . . . . .

    Suka

  3. mending ngaku anak kebo gus, lebih enak dihati,
    mau ngaku anak manusia malu . . .
    hakekat sahadat sj blm bisa mengerti n memahami,
    apalagi hakekat penciptaan manusia . . .
    hoah . . . . . . .
    maluuu gus . . . . . . . . .

    anak-e sehat to mas@Ahmed?

    Suka

  4. alhamdulillah payu mas, kdg laris kdg agak laris, namanya jg org jualan mas,
    bs utk bayar utang sales n gaji karyawan.
    alhamdulillah jg kawan2 pd kontak lg u perbaikan alat2 medis.

    Suka

  5. salam salim cak@Ke-layung2
    thik melasmen nick-e cak, emut puji2-an ndok langgar mbiyen:
    ono wong ke-layung2 kelingan mati . . .
    hiks . . hiks . .

    salam salim kang@Sabrang,

    Suka

  6. Om goo dell nasehat mbahe risang ke sy gitu…ibadahlah koyok2 koen katene mati.mas giri gmn kbr?om glondor kmn ya?om wisanggeni salim.

    Suka

  7. grahita itu mana cak@Pisanggeni?
    klo sy kulakan cm ke Solo, ada jg brg2 dr sales dr Semarang, Solo, Surabaya

    alhamdulillah cak@Ke-layung2
    LARIS . . .
    LARIS . . .

    Suka

  8. Walaikumsalam mas sidomulyo gmn kbrya udah lbh baik mas?monggo yg pernah dpt laitul qodar di share…sy tak nyemak ndoprok di pojok.

    Suka

  9. Wah sudah lama ngak ngampus hmmm… ^_^
    wow….. ada khabar gembira putrinya ki ahmad sudah lahir sy ucapkan selamat dan semoga putrinya menjadi org yg sholehah dan bakti kepada org tua.
    Saat engkau lahir didunia dg tangisan yg keras semua menanti dirimu dg senyuman lebar melihat dirimu yg lucu dan mungil ^_^.

    Suka

  10. wa’alaikumsalaam wr wb.
    mggo mas@Sidomulyo

    setuju mas@Ahmed, mggo yg punya pengalaman LQ bs dibabar, sy tak ikut nyadong barokahe

    Suka

  11. Wah sudah lama ngak ngampus hmmm… ^_^
    wow….. ada khabar gembira putrinya ki ahmad sudah lahir sy ucapkan selamat dan semoga putrinya menjadi org yg sholehah dan bakti kepada org tua.
    Saat engkau lahir didunia dg tangisan yg keras semua menanti dirimu dg senyuman lebar melihat dirimu yg lucu dan mungil ^_^.
    Maaf ki ahmad sy br memberikan ucapan selamatnya.

    Suka

  12. @de war.,kesabaran itu tanpa batas.tp manusia punya nafsu,ego yg suatu saat pasti muncul.mau nya apa sih gatoloco tukang hasud itu,..benar kata km wong mbohol ..gatoloco pintar sandiwara.
    Geget.com pengin nempeleng anak kecil itu yg akhlaknya minus.

    Suka

  13. kalo saya ada orang mencela atau menghina trus saya tahu saya ucapkan alhamdulillah(segala puji bagi Alloh)dan kalo punya duit tak kasih sebagai tanda terimakasih karena telah diambil keburukan saya dan di tukar kebaikan2nya apa tdk enak

    Suka

  14. ass..kum
    monggoh yg punya pengalaman Lailatul Qodar bs sgr dishare …
    biar sy bs belajar
    sinuwun Kagendra koq gk pernah ol ya

    Suka

  15. Numpang ngangsu kaweruh dimari ya sederek2
    Yg guanteng2 sak jagad maya…hehehe
    Salim pakde War,mas giritirto,mas good dell,mas lowo ijoo
    Wah! Nama nya keren2,puassti guanteng2 org nya nih

    Suka

  16. Salam salim sungkem tuanku@pakde war.@pakde giritirto@pakde glondor@pakde cilik kemrici,mudah2an tuan2 smua diberi kesehatan dan di mudahkan sgala urusan.

    Suka

  17. asalamuallaikum..
    Nderek nyimak biar lumuber barokahe…
    Salam salim dhumateng poro kyai sepuh…
    Mbah yai dhe war..
    Mbah yai kiglondor..
    Mbah yai cilik g..
    Mbah yai gunung ramee, dan semuanya…

    Suka

  18. Bukan dr mall pakde hbs beli dr pasar rakyat aja kok he..he…he…tp skg psr rakyat byk yg di bakar.mas cilik k hmm siapa ya…o..o..siapa dia?

    Suka

  19. pripun kabarnya sedulur semua…
    Mugi wonten ing wulan kang penuh barokah saat ini panjenengan sami tansyah lumuberan barokah serta nikmat di setiap langkah nya..mbok kulo dipun paringi ular2 supados saged tumut ngrasaken ..

    Suka

  20. pakde war..ya nanti kalau dah ketemu saudara2 semua saya nitip salam sungkem ngih…meski gk jadi pulkam tapi hati saya wis ngrambyang sampai kesana…walau ragaku di sini

    Suka

  21. mas cemara b…amin..
    Masih ada kok cuman di blkang ..menunggu…hehehe..

    Mas sabrang…bener ..tadinya sy dah kentheng2 mau berangkat eee ada hal yg harus tak kerja..durung rejeki mas ..pingin silaturahmi ke dulur2 semua.

    Suka

  22. ba’da buka sy langsung ingin ngudud, kemudian istri ngomyang, iya skr api kecil jd kawan kalo gede mah jd lawan, kemudian sy tersentak dan diam sesaat, *merasa aneh dgn kata2 istri* sesaat kemudian istri ngajak traweh, males kata sy, pada saat semua traweh sy malah kedepan jalan raya, e’sesampai di jalan lihat api begitu besar,, sy lari ke tempat api tsb sambil teriak kabakaran..kabakaran,, baru padam td, alhamdulillah…

    Suka

  23. Hadits riwayat Muslim,Abu Daud,dan At-Tirmidzi antara lain
    Seperti Ubay bin Ka’ab,tanda alamiah kehadirannya Lailatul Qadar adalah
    ” Matahari pd pagi harinya (terlihat) putih tanpa sinar,”
    Imam Ahmad bin Hanbal juga meriwayatkan,”tandanya adalah langit bersih,terang bagaikan bulan
    Sedang Purnama,tenang,tidak dingin dan tidak pula panas…”

    Kehadiran tanda2 alam itu dpt diperselisihkan ke shahihannya.
    Namun,seandainya pun mmg terdpt tanda2 alam disaat kehadirannya,
    Itupun tak kan ditemui oleh orang2 yg tidak mempersiapkan diri
    Dan menyucikan jiwa guna menyambut nya.

    Suka

  24. hindari syak prasangka dlm hati dan pikiran
    hindari perasaan ragu
    terima keadaan dg se-ikhlas2-nya
    hadapi kehidupan dg optimis
    kerjakan tugas dan kewajiban dg riang hati

    hidup adalah keikhlasan
    untuk pengabdian
    untuk dharma
    untuk bhakti
    untuk peng-HAMBA-an

    Suka

  25. wilujeng enjing ugi mas@Giri,
    halah nopo mas, itu CATATAN n WARNING untuk diri saya sndiri koq mas . . .
    klo sdlr2 laen kan pengetahuan dan pemahaman agamanya dah kuat2
    hiks . . hiks . . .

    Suka

  26. Walaikumsalam mas ingsun hamba…ya sy jg melok ‘ngelus ngelus dodo ‘.hmmm…ya yg sabaaaaar mas ahmad hy itu suport sy.

    Suka

  27. smoga dengan puasa ini aq bisa kendalikan semua nafsu amarah . mbak mutmainah .mbak supiah .mbak aluamah agar cahaya keihklasan bisa menyinari qolbuku yg penuh noda

    Suka

  28. weleh salah nama…ampun km @ cah kinyan….maklum dah tuo…
    di ralat saja
    harusnya enak tuh km@cah kinyan dipanggil yai….kalo di sunda yai itu artinya adik…

    Suka

  29. km wira sdh ganti baju lama ya he he he salim dulu ah biar afdol kalau aq cuma mau silahturohmi biar byk sdlr banyak rizky masalahx belajar mas supra aq oon banget je

    Suka

  30. alhamdulillah dari mulai kerja di perusahaan ini sampai sekarang gaji cuman cap terima kasih………

    saya terima saya di kasih lagi sama istri….

    Suka

  31. Minum kopi lalu kabur…assalammualaikum dulur…nyapa dulu yg dah hadir met mlm@km gr@km cah kinyan,sama mas sy jg pingin py byk saudara@km wira alias k2b.

    Suka

  32. mas jbk..jln2 nang endi..la ini nunggu rodho malam..malam jum’atan ..

    Mungkin ada saudara2 semua pernah mengalami mimpi yg menjadi jawab apa yg kita pikirkan..
    Dlm beberapa mlm terakhir ini .sy mengalami..
    Kmarin kan sore2 beli mangga trus nyampai rmh pikiran sy langsung ..ngomong .!apa pakai penglarisan gk sih org jual ini kok brgnya kaya begini..ee malam mimpinya melihat org2 cari penglarisan ..pripun

    Suka

  33. Assalamu’alaikum sedulur!
    salam salim selamet
    Dhe War,mas giri,mas Mars,mas dafa,mas jbk,mas wira,mas sido,mbah wi
    Kok kopi pait Dhe? Nguantuk tah?

    Suka

  34. Km dafa…bsa aja hehe maaf td lg dlm perjalanan menuju tmpt cari nafkah msk shift 2 bareng kang camara..
    Yo yg mudik hati2 dijalan..

    Suka

  35. Hehehe…lha saya nguantuk tenan td jam 9
    Tidurin dulu skr dah fresh

    Cak Dafa…kebon nya ditinggal apa ga takut digondol ? Xixixi…

    Suka

  36. MZ BACRAIN:
    Yg penting bagaimana kita berusaha bertawakal dan berserah diri di bulan yg penuh ampunan ini. Malam lailatul qodar memang malam seribu bulan, yg mana sangat kita harapkan keberkahannya. Tetapi tidak ada seorang pun yg mengetahui kapan waktunya. Kecuali orang2 yg di kasihiNYA. Persempitan tentang tanda2 malam itu kita jadikan pelajaran bahwa memang sulit kita menjumpai malam itu. Yg penting kita sudah berusaha ihtiar dan semua kita kembalikan kepada ALLOH SWT karena hanya beliaulah yg maha mengetahui. Semoga kita semua digolongkan umat ROSULULLOH dan bersama2 menghadap sang illahi sebagai orang2 yg mukmin. Amin.. Amin.. Ya robal alamin…

    Suka

  37. Assalamualaikum wr wb salam kenal Bro . . . Namaku Adi Bulan Ramadan Tahun ini 2011 aku punya pengalaman yang aku sendiri tidak percaya ” awal puasa cari tempat orang jualm sayur susah, ketemu warung dah mendekati imsak . . siangnya entah kenapa tiba2 aku pengen sholat Dhuhur padahal biasanya gak pernah sholat, abis sholat tidur jam 3 lebih aku mimpi sholat ashar . . .akhirnya aku terbangun dan sholat ashar . . . keesokan harinya terulang lagi kejadian aku mimpi sholat . . . Aku yg dulu biasanya gak pernah sholat dan puasa alhamdulillah tahun ini Sholat dan melaksanakan puasa . . . malam 21 aku sholat dan baca Surat Al-Fatehah 7 kali dan Surat Al -Ikhlas 313 kali sesuai anjuran Ibu aku alami jam 12-01 dini hari itu suasana nya sepi tidak terdengar suara apapun heniiiiiing sampai2 aku merinding. . . . itu pengelamanku semoga berguna dan Alhamdulillah sampai sekarang Sholatku tetap aku laksanakan semoga sampai seterusnya Amien. Terima Kasih

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s