FENOMENA SYI’IR TANPO WATON

ASALAMUALAIKUM WR WB.,
Lebaran hari suci penuh rahmat penyucian,pintu maaf dibuka selebar lebarnya.salam takdzim mbah risang dan semua bolobumi.
saya mau cerita sedikit kisah pertemuan dgn seorang pns,awal pembicaraan saat menunggu istri selesai persalinan jelang jumat an siang ..orang itu bercerita tentang siir tanpo waton/suluk gusdur.kata bapak itu ‘coba jenengan resapi siir tanpo waton itu bukan siir biasa alias siir sangat luar biasa.kata mursyid torekoh dia..itu siir keramat. apabila menguasai siir tanpo waton tergolong JOSS,karena penasaran saya buka ucweb cari deh mp3 nya.setelah dpt anehnya pertama kali dengarkan ..ya allah.,langsung mata
bercucuran.gak tahu kenapa bahkan sampai sekarang setiap meresapi air mata keluar, minimal berkaca kaca.Saat searching ternyata di jatim dibulan puasa ini suluk gusdur menggema diseluruh jatim terutama jelang buka,sahur,pujian masjid/mushola..radio2.

Syi’ir Tanpo Waton
al-magfurlah KH Abdurrahman Wachid (Gus Dur)
استغفر الله ربّ البرايا # استتغفر الله من الخطا يا
ربّي زدني علما نافعا # ووفّقني عملا صالحا
يا رسول الله سلام عليك # يا رفيع الشان و الدرج
عطفة يا جيرة العالم # يا أهَيلالجود والكرم
Ngawiti ingsun nglaras syi’iran….
(aku memulai menembangkan syi’ir)
Kelawan muji maring Pengeran ….
(dengan memuji kepada Tuhan)
Kang paring rohmat lan kenikmatan ….
(yang memberi rohmat dan kenikmatan)
Rino wengine tanpo pitungan 2X ….
(siang dan malamnya tanpa terhitung)
Duh bolo konco priyo wanito….
(wahai para teman pria dan wanita)
Ojo mung ngaji syareat bloko….
(jangan hanya belajar syari’at saja)
Gur pinter ndongeng nulis lan moco …
(hanya pandai bicara, menulis dan membaca)
Tembe mburine bakal sengsoro 2X ….
(esok hari bakal sengsara)
Akeh kang apal Qur’an Haditse ….
(banyak yang hapal Qur’an dan Haditsnya)
Seneng ngafirke marang liyane ….
(senang mengkafirkan kepada orang lain)
Kafire dewe dak digatekke ….
(kafirnya sendiri tak dihiraukan)
Yen isih kotor ati akale 2X ….
(jika masih kotor hati dan akalnya)
Gampang kabujuk nafsu angkoro ….
(gampang terbujuk nafsu angkara)
Ing pepaese gebyare ndunyo….
(dalam hiasan gemerlapnya dunia)
Iri lan meri sugihe tonggo …
(iri dan dengki kekayaan tetangga)
Mulo atine peteng lan nisto 2X…
(maka hatinya gelap dan nista)
Ayo sedulur jo nglaleake ….
(ayo saudara jangan melupakan)
Wajibe ngaji sak pranatane …
(wajibnya mengkaji lengkap dengan aturannya)
Nggo ngandelake iman tauhide …
(untuk mempertebal iman tauhidnya)
Baguse sangu mulyo matine 2X ….
(bagusnya bekal mulia matinya)
Kang aran sholeh bagus atine….
(Yang disebut sholeh adalah bagus hatinya)
Kerono mapan seri ngelmune…
(karena mapan lengkap ilmunya)
Laku thoriqot lan ma’rifate ….
(menjalankan tarekat dan ma’rifatnya)
Ugo haqiqot manjing rasane 2 X …
(juga hakikat meresap rasanya)
Al Qur’an qodim wahyu minulyo …
(Al Qur’an qodim wahyu mulia)
Tanpo tinulis biso diwoco …
(tanpa ditulis bisa dibaca)
Iku wejangan guru waskito …
(itulah petuah guru mumpuni)
Den tancepake ing jero dodo 2X …
(ditancapkan di dalam dada)
Kumantil ati lan pikiran …
(menempel di hati dan pikiran)
Mrasuk ing badan kabeh jeroan ….
(merasuk dalam badan dan seluruh hati)
Mu’jizat Rosul dadi pedoman….
(mukjizat Rosul(Al-Qur’an) jadi pedoman)
Minongko dalan manjinge iman 2 X …
(sebagai sarana jalan masuknya iman)
Kelawan Alloh Kang Moho Suci …
(Kepada Alloh Yang Maha Suci)
Kudu rangkulan rino lan wengi…..
(harus mendekatkan diri siang dan malam)
Ditirakati diriyadohi …
(diusahakan dengan sungguh-sungguh secara ihlas)
Dzikir lan suluk jo nganti lali 2X …
(dzikir dan suluk jangan sampai lupa)
Uripe ayem rumongso aman …
(hidupnya tentram merasa aman)
Dununge roso tondo yen iman…
(mantabnya rasa tandanya beriman)
Sabar narimo najan pas-pasan…
(sabar menerima meski hidupnyapas-pasan)
Kabeh tinakdir saking Pengeran 2X …
(semua itu adalah takdir dari Tuhan)
Kelawan konco dulur lan tonggo …
(terhadap teman, saudara dan tetangga)
Kang podho rukun ojo dursilo…
(yang rukunlah jangan bertengkar)
Iku sunahe Rosul kang mulyo…
(itu sunnahnya Rosul yang mulia)
Nabi Muhammad panutan kito 2x ….
(Nabi Muhammad tauladan kita)
Ayo nglakoni sakabehane …
(ayo jalankan semuanya)
Alloh kang bakal ngangkat drajate …
(Allah yang akan mengangkat derajatnya)
Senajan asor toto dhohire ..
(Walaupun rendah tampilan dhohirnya)
Ananging mulyo maqom drajate 2X …
(namun mulia maqam derajatnyadi sisi Allah)
Lamun palastro ing pungkasane …
(ketika ajal telah datang di akhir hayatnya)
Ora kesasar roh lan sukmane…
(tidak tersesat roh dan sukmanya)
Den gadang Alloh swargo manggone
(dirindukan Allah surga tempatnya)
Utuh mayite ugo ulese 2X …
(utuh jasadnya juga kain kafannya)
يا رسول الله سلام عليك # يا رفيع الشان و الدرج
عطفة يا جيرة العالم # يا أهَيلالجود والكرم
Semoga bermanfaat.

Iklan

670 thoughts on “FENOMENA SYI’IR TANPO WATON”

  1. haiya . . .
    anak lintang wutul2 nakal-o
    minta dijewel yo
    wagi2 udah ngenet, awa ndak ada keljaan-o
    haiya . . .
    itu dicali mamah-mu diculuh mbelsihin kamal mandi
    haiya . . .
    anak2 jaman cekalang cucah diatul-o
    haiya. . .

    Suka

  2. mas alif lebalan diundul lho qi qi qi,mas ahmad salim locknya dah wuat anaknya ya ha ha ha guyon .com jangan malah ma anak kecil ya

    Suka

  3. Ha…ha…ha…qiqiqiqiqi sampai serak mbrebes mas anak lintang,mas bho cheng li…awas di post lo..’SENAJAN ASOR TOTO DHOHIRE’.

    Suka

  4. oe anak cilik lho om kelayung layung gak woleh dimalahin kalo mo malahin tu kong bo cheng li nyang dah sewuh,eh julagan gmana kabale malang klo makan awel yo mbok wagi wagi

    Suka

  5. eh ada julagan sawit,oe cuman anak kecil lho om jangan dimalahi kalo mo malahi tu kong bo cheng li yang dah sewuh,gmana kabal malang om?

    Suka

  6. haiya . . .
    olang memwang wenal koq, gigi oe mwancung-o, kalo olang jawa wilang mlongos. . .
    oe jg udah tua, kewala wotak, olang wilang Sing Kek-o.
    haiya . . .
    sedulul2 semua. . .
    selamwat menyamwut Iedul Fitli yg kulang wewelawa hali lagi, semwoga mwenang mwelawan naksu dlm dili cendili-o
    haiya . . .
    oe. . oe . .
    Suluk wah Gus Dul memwang lual wiasa-o
    oe. . oe . .

    Suka

  7. wah gus dur emwang sensasional ya kong bo cheng li,oe salut samwek sekalang tetep disanjung kata olang telmasuk wali katon ya kong

    Suka

  8. Mas a.l kbr baik mas,baco koment jngn lidahku ikutan mulet2.iya betul kang ahmad sampai merinding sy baca…lawong cuma menungsoae lhadalah…gak wani neruske.

    Suka

  9. Asalam..numpang lewat..! aku lihat 2 al kitab,al qur’an,dan kejawen,yng satu lhr dari sidatarul muntaha,satunya,dari hati yng suci…janganlah jadi ma’mum d butuhkan oleh hawa nafsu…! monggo sderek..

    Suka

  10. assalamu’alaikum……salam salim sedulur smua….alhamdulillah krna bantuan doa sdlur smua..saya udah membaik lg….terimakasih saya haturken…amiin..

    Subhanallaah…kang admin…terimakasih bnyak..sungkem…saya baca artikel diatas pelan2 baris prbaris…. Langsung mbrebes…ndk brenti2 nie…hehe

    Suka

  11. haiya . . .
    sukullah klo mwas Nunuwb sudah mulai waikan, haiya oe..oe..
    jangan wanyak minum dulu-o, wanyak kasus macem etu diteman2 oe,
    klo sudah buang ail kecil walu minum-o, utk mwencegah kelacunan ulin dlm darah.
    haiya . . .

    Suka

  12. haiya . . .
    wutul . . wutul . . ko Ahmad . .
    oe setuju, untuk semangwat naek kelas-o . . .
    haiya oe. . oe . .
    yang wenting cincay-lah
    oe. . oe . .

    Suka

  13. Weleh2 susah bgt ngerti org bicara bhs cino kadang ora mudeng artinya sampai males ta baca???!!!Perasaan bhs cino spt org yg hidup thn 1945 kebawah yg logatnya spt bo cheng li udah umur berapa hebat ngerti ngenet hehehe…313x.

    Suka

  14. haiya . . .
    om@Zenky dan sedulul semua . .
    oe tdk welmaksud jelek-o, tafi oe welusaha wial sedulul2 semua tdk anti sama walga Tìong Hwa, ingat juga dulu islam juga wangsa kami yg memwawa ke indonesia, selain pala wali.
    haiya . . .
    jangan lufa sejalah lah

    Suka

  15. @dhe war ntar lg sy pulang mandi kum2 biar wangi.
    @ki ahmad maklumilah bo cheng li coba suruh buka mulutnya pasti lidahnya bentuk L hehehehehe…..Just kiding, sy amat menghormati org2 cina yg muslim (krn sy punya temen)maupun nonmuslim tapi gaya bicara spt anda br ketemu disini :-). Kecuali org jaman 45 kebawa atau org hokian br bicaranya klau ngak salah. :-).

    Suka

  16. Assalamu’alaikum wr wb. . .untuk mas risang dan mas ahmad r. . Di sini sya mau membela panjenengan sdoyo. . Karna saya sangat tidak senang bila ada orang di lecehkan Seperti mas AHMAD R Diblog ES, jelas mereka telah merendahkan harga diri blog SB. . Seperti dulu , orang2 disuruh untk tdak k0men di blog SB Ini. . Oleh karna itu anak buah gat0l0c0 beserta gat0l0c0 sy tantang di parang kusum0 malam ini, tp sayang nya mereka takut dan tidak datang.

    Suka

  17. salim salam semua sedulurku sbm menurut saya yg bodoh ini klu ada api besar dikecilkan api kecil dipadam kan toh nnt hukum sebab akibat akan berjalan kata orang kuno intan tetap intan biar dibuang dilumpur salam rahayu dan mohon maaf bila ada salah kata

    Suka

  18. Waalaikumsalam ,salam kenal ki seno.kalau bagi kami gatoloco hanya pandai bicara meyakinkan orang .. terutama ke orang2 yg bernapsu ngejar kesaktian.padahal bagi kami dia tidak sakti.coba kita telaah dalam ilmu yg dia bicarakan alias pamerkan ..nama2 ilmu yg kelas tinggi tapi sangat jauh dgn akhlaknya dan suaranya.kayaknya dia mau jadi wali.he.he.he..wali ada 2 .wali allah dan wali setan.
    YANG BELAJAR SAMA GURU INSAN KAMIL MUKAMIL SAJA BUTUH BERTAHUN2 INI KOK ADA SINGKAT,PADAT,JADI SEPERTI WALI.HE..3X..WAH BERARTI DIA LBH HEBAT DARI KH HABIB LUTFY,HABIB SYEH,BAHKAN KYAI LANGITAN.POKOKNYA KI SENO..untuk YG PADA MAU SAKTI SEPERTI WALI SILAHKAN BELAJARLAH KE DALANG TANPA BISA NDALANG.HE.HE.HE..,GAK TAHU NANTI JADI APA,UNTUK APA,..POKOKNYA SASMITA,SASMITA..JEBULE ?
    Ya memang dia begitu..kalau dibenerin paling lari maklum dia muda.matursuwun perhatiannya ke kami.

    Suka

  19. Assalamualaikum
    salam salim sedulur ngantos pati
    salam damai piss
    cooling down, dzikir2, sakti ujung2nya mati. Mudah2an kita termasuk org yg khusnulkhatimah amin
    salim all sesepuh

    Suka

  20. Uwis lah mas . . .
    gak usah dipikir lan didawa-dawa, eling warning-e mas War kemarin. . .
    sing jelas . .

    BECIK KETITIK . . .
    OLO RUPAKU . . .

    gitu aja koq repot!

    ngooeeeeeeng . . .

    Suka

  21. @mas AHMAD R

    HAHAHA, lucu mas. . . . Betul, Gatoloco itu pandai skali mengarang ilmu. . Padahal para wali saja. , . Yg sangat dekat dg Allah btuh bertaun2 dan d sertai pula puasa2, tp ni bocah malah melebhi para wali, berarti si gatoloco ini mau menyaingi wali kayak nya mas. .hahaha, TP YG SYA TAK HBIS PIKIR, KNAPA ORANG2 / MURITNYA BLO0NYA MINTA AMPUN. . . DI PIKIR PAKAI L0GIKA AJA BISA KOK. . . Gat0ol0co itu sholat aja b0l0ng2, suka menghina orang cntoh mas ahmad r, suka merasa paling kaya. . mana mungkin Alloh memberkan ilmu padanya. . . Melainkan kalau dia benar2 punya ilmu pasti ilmunya ilmu setan. . Betul ga mas Ahmad r?

    Suka

  22. daripada katimbang luwih becik aluwung . . .

    LEBIH BERMAKNA . . .
    MARI DENGARKAN SYIIR MBAH GUS DUR ALMARHUM
    KITA IKUT MENIRUKAN
    TERNYATA DIHATI ADEEEEEEEEEMMMM . . . .

    daripada ngurusi hal2 yg tdk bermanpangat, ingat: “sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi”

    ngooeeeeeeeeeeeng . . .

    Suka

  23. @cah kinyan..sae2 mawon mas.
    @good
    @bigmoel
    Sesungguhnya disini tdk ada yg dawakake ,gatoloco/dalang yg dawakake.,sy jg heran ngaku guru kok dendamnya membara,padahal salah dia sendiri..lalu ngambek,memfitnah,hasud.itu kenyataan..lalu ngiming2i ilmu.jebule …sasmita setan jin.
    Boleh kan sekali kali panas dikit he.he.he.

    Suka

  24. @ mas ahmad r.

    SETUJU MAS, Yg memperpanjang urusan itu justru si Gatoloco,, orang2 disana itu kok gak ada yg pintar ya. . Mbok yo dipikir. . Hmm.. Sy dulu pernah juga di injak2 harga driku oleh si gatoloco.. Di katain miskin lah, s0mb0ng lah. . Dll, mas. .

    Suka

  25. @ki seno.,he3x la dikanan kiri dalang saja setan2 hitam.
    Nickname saja aneh ‘dalang’ memang mau jadi entus apa.ya benar itu muridnya kayak wayang yg tidak punya ruh.ibarat wayang di gerakin kanan kiri nurut.
    Sudahlah ki seno jgn bahas dalang tidak kesampaian ndalang.,
    Matursuwun perhatiannya.

    Suka

  26. ya klo begitu percuma dong postingan Syiir mbah Gus Dur buat itu mas

    sanadyan asor toto dhohire
    nanging dukur/mulya darajat maqom-e
    dan nasihat2 liyane

    saya yang anak kebo irengan sj bs merasakan kedalaman maknanya, masak yg jebolan pesantren mengabaikannya . . .
    opo tumon???

    mggo dilanjut . . . . . . . . . . . . . . . .

    Suka

  27. @ pak Dhe war

    sama sama, salam knal juga ya. . Ni lg bhas masalah GATOLOCO yg suka menghina orang. . . Td sya tantang, eh malah ga datang, jauh2 sy dr sragen k parang kusum0 untk melayani Gatoloco dan muritnya, eh. . .malah ga datang. . Siapa yg gak em0si . . .coba. . .

    Suka

  28. TADI GATOLOCO SEMPAT SYA SCAN. . Eh, stelah sy dpt hasil nya, ternyata kosong mlompong alias MASIH AWAM. . . . Wadag nya ada ringkih / rendah. . . .hmm. . Kasian orang yg di tipu ya mas. . . Hahahaha. . Gak ada yg lucu lg nih. . .

    Suka

  29. mumpung taksih wulan romadhon lebih baik kita..
    DZIKIR LAN SULUK JO NGANTI LALI..
    URIPE AYEM RUMONGSO AMAN,
    DUNUNGE ROSO TONDO YEN IMAN..
    SABAR NARIMO NAJAN PAS PASAN..
    KABEH TINAKDIR SOKO PANGERAN…
    SANAJAN OLO TOTO DHOHIRE..
    NANGING DHUWUR MAQOM DRAJATE..

    Sing sabar mas AHMED..
    SING SABAR KI SENO..

    Suka

  30. @ mas ahmad r
    SANGAT SETUJU, BILA HARGA DIRI SELALU DI INJAK2, KALAU SELALU MENGALAH ITU MALAH MEMBUAT GATOLOCO SEMAKIN S0MB0NG DAN AKAN KECANDUAN UNTK MENG0L0K2 Mas AHMAD R TERUS. . .ya gak mas. . . Sekali2 kita gentian yg meng0l0k2 nya, itu pun supaya si gatoloco sadar, bgaimana rasanya di rendah2kan, dan di lecehkan, bnar ga mas. . . .

    Suka

  31. asalamuallaikum…
    Nderek ndodok wonten nang pojok .meski jongkok tapi ampun di kiro anak-e kodok..
    Salam salim semuanya..
    Mbah good dell..
    Pakde war..
    Mas ahmed,.
    Mas maning..
    Ki seno ,
    dan semuanya..hehehe

    Suka

  32. @ mas ahmad r
    SANGAT SETUJU, BILA HARGA DIRI SELALU DI INJAK2, KALAU SELALU MENGALAH ITU MALAH MEMBUAT GATOLOCO SEMAKIN S0MB0NG DAN AKAN KECANDUAN UNTK MENG0L0K2 Mas AHMAD R TERUS. . .ya gak mas. . . Sekali2 kita gentian yg meng0l0k2 nya, itu pun supaya si gatoloco sadar, bgaimana rasanya di rendah2kan, dan di lecehkan, bnar ga mas. . . . .

    Suka

  33. Assalammualaikum sedulurku kabeh salim@om ahmad@om dhe war@om giritirto@om jbk@om gd@om cah kinyan@om wong sabrang@om sdm@om atlas@om maning@om seno lam kenal..berpelukan..

    Suka

  34. @ki seno .,lucu terus malah nanti dikira pelawak .he3x
    @giritirto.,matursuwun mas.td habis maghrib juga meresapi syiir tanpo waton gusdur mp3 habib syech.
    @wong
    sabrang
    @maning
    ..pripun kabare..
    @jbk..salim balik juga.
    @atlas..wah kyk buku peta saja..he3x

    Suka

  35. @mas achmad sy kbre’ sehat2 aja si kecil anteng2 wae toh
    @mas dafa slm kenal nek deprok ndek pojokan ojo ambek ngeden ya
    @mas war dah siap mudik besok? ati2 yo… gembolane’ ojo akeh2 smp ktm lg …
    @mas giri nek ndodok ojo suwe2

    Suka

  36. Om ahmad lha apa yg sy tulis om sekolahe sr aja.lha wong sy gak terbiasa dg karya2 ilmiah,makalah ato skripsi..he…he…he.pakde rokok gg klobot nopo kerso jngn.

    Suka

  37. saya sering dibawain sama arek malang rokok trubus sama garbis cak baron
    mas maning saya lenggang kangkung saja tdk bawa gembolan banyak2(kabotan)

    Suka

  38. 0m ahmad walaupun sy 0ra mudeng tp bneran d bc ky pngen nangis..pa lg inget kt smua bkal d tnggalkan blan suci ni…0m jbk
    0m good
    0m giri
    0m ws
    0m arief
    0m m@ning
    om dhe war slamat malam smua…td bis ny0ba sarung bru he he
    ki sen0 slamat malam dan salam knal..

    Suka

  39. Lamun palastro ing pungkasane,ora kesasar roh lan sukmane…ketika ajal telah datang akhir hayatnya,tidak tersesat roh dan sukmanya….pelan diulang2..hm

    Suka

  40. Hahaha. . .ada yg lucu lg nih. . .mas ahmad. . Mas ahmad. . .lucu. . Nglawak terus, teman2 di sini pada lucu2, gak kaya d blog ES. .Bisanya cuma buat EM0SI aja. Hahaha

    Suka

  41. Hahaha. . .ada yg lucu lg nih. . .mas ahmad. . Mas ahmad. . .lucu. . Nglawak terus, teman2 di sini pada lucu2, gak kaya d blog ES. .Bisanya cuma buat EM0SI aja. Hahaha. .

    Suka

  42. @ pak Dhe war

    haha, ada pantun nih. . . . .

    “Ono K0C0. . . cacahe LORO. . . . .
    Si GAT0L0C0 rupane koyo CORO. . .”

    hahahaha. . .lucu kagak pak. . .hehehe

    Suka

  43. @oray ..download saja mas linknya dikomentar awal2
    @De war.,iya mas matursuwun pengingatnya..cuma butuh gak ada setengah jam.,saat itu istri bilang tidak kuat sy teringat wejangan kyai sepuh kalau kamu sudah tanpa daya bacalah..lalu dia sy suruh bc laqod dan sy bc .. dan hauqolah.alhamdulilah ajaib langsung keluar.

    Suka

  44. sdkit cerita nih..dl wakt l0m krj pas blan R0MADHON Ni past sy it’kab d mus0la tmpt ngaji..nah biasa y’pas hari2 terakhir sk d kasih 0leh2 ma guru ngaji…he he
    pak dhe war..nant kl0 pas msuk ke k0ta karawang..pas berhent d lampu merah kl0 bsa jngn ad terlalu pinggr ap lg pas ad p0lice y’

    Suka

  45. Om oray pokoknya jgn coba2 ngitung lo entar malah celaka he…he…he.,@om seno ya gitu disini kdg slengekan tp adakalanya serius..tp tetap menjunjung tinggi adab hormat menghormati jadi nilai persaudaraannya tetap terjaga…ahi…hi…hi..(maaf om gd pinjem lagi)

    Suka

  46. aku tak mesem wae ki seno hm hm
    mas ahmad waktu sy dapat kabar dari sampean saya bc alam nashroh khusus buat istri sampean dan setengah jam kemudian sampean kasih kabar sdh lahir

    Suka

  47. besok mulai sepi nih kampus dah pada pulkam……jadi kangen sama kampung ….pa dhe war ati2 d jalan…buat sedulur semua yg pulkam…jangan lupa oleh2nya…

    Suka

  48. ijin pamit dulu saudara ku semua jangan lupa malam ini malam ke 27…semoga berkah lailatul qadar menjadi HAQ kita…mohon maaf bila ada kesalahan….waslkm

    Suka

  49. Assalaamu’alaikum
    Smangat Malam..salam salim semuanya…
    Buat yg mau on the way musik,dhe war,mas glondor dan liane,ati2 semoga sll dlm lindungan Alloh dgn segala nikmat sehat dan lancar dari Nya…

    Mas Ahmad…slmt atas kelahiran putrinya…ngapunten telat ucapannya.
    Mbah wi, cak dafa,mas giri,mas sidomulyo,mas jbk, mas by pass,mas kilimanjaro…salam paseduluran ngantos pati

    Suka

  50. Halah! Salah ketik,mau ketik mudik kok malah musik…xixixixi…
    Maklum ngetiknya smbl ngos2an..abis dari perang yg lbh dahsyat dari perang badar…hehehe….

    Suka

  51. Assalamu!alaikum semuanya… Salam salim semuanya… Td bc postnya trs coment dr awal. Meresep, nyes-nyes rasanya syair dr Simbahe. Duhai SONGGOBUMI…Duhai SEDULUR semuanya… Disaat suka, disaat duka, teguran dan cobaan datang mendera…Dikau selalu menemaniku, mencerahkanku,menghiburku,mengurai kekusutanku,mendorong lahirnya…nyes…nyes…nyes…rasane kok haru mbrebes iluhku…Ya Alloh Ya Ilaahana Ya Mushowwirul Chakiim…ampunilah kami, bimbinglah kami, kuatkanlah kami, tolonglah kami,eratkanlah kami,selamatkanlah kami, berkahilah kami dan bahagiakanlah kami saat hari bertemu denganMu…Amin

    Suka

  52. Mas Ahmad….mending kalo perang yg itu Mas….hehehe
    Abis perang nahan amarah Mas….jadinya ngos2an dewe…plus migrain…
    Betul kata Nabi SAW Mas,perang terbesar dan terdahsyat adlh perang melawan hawa nafsu..terutama nafsu amarah…

    Suka

  53. assalamualaikum wr wb.
    salam salim sedulur semua,
    kang ahmadr haturnuhun kang, download sudah selesai, sedang baca artikelnya juga biar ngerti artine,
    suwun info
    yg akan mudik hati2 di jalan tetap fokus pd tujuan

    Suka

  54. yg paling berat itu yo
    Dtncepke ingjero dodo
    Sampe bisa
    Manjing rasane
    Monggo yg udah smpe maqome dbabar biar buat pljrn bgi kita kita yg msih ashor

    Suka

  55. Hehehe..tenanaon Kang Camarabodas,abdi mah tiasa teu ningalian soalna mung urang hideung,xixixi……..wilujeng wengi…kumaha damang Kang?

    Suka

  56. Kangmas Sidomulyo,mbabar opo tho? Lha isih cethek ngunu lho kulo niki?…
    Klo suluk diatas ,mmg saya br baca skr,tp klo pas baca istigfar pembukanya…
    Hmmm…..jadi ingat klo sy wirid istigfar….

    Anehnya,klo sy dzikir Lisan “astagfirulloh….innalloha ghofuuururrokhiiim..” ,smbl hati bilang ” Ampuuuun Yaaa Allloh”…
    Walah! Langsung sesunguk’an nangis gulung2 koming…hihihihi..
    Motoe lsg sembab,irung mbindeng…xixixi…
    Jan!…Allahu Akbar!

    Suka

  57. Alhamdulillah…mas Jaga berarti diparingi bening, jg empuk hatinya. Kalo sy musiman mas, he…he…he… Tp ya ttp bersyukur drpd tdk sm sekali. He…he…he… Pinaringan rohmat lan bening harus bikin persiapan utk menerimanya, insya Alloh Panjenengan selalu dan selalu bersiap untuk menerima, amin.

    Suka

  58. kang jagaraksa alhamdulillah aya hibar pangdu’a ti panjenengan lan sepuh sadaya,
    hehe kangmas sido…
    damang= sehat
    hideung= hitam
    baru selesai dngerin sambil baca artikelnya,
    nyelesep ka hate…

    Suka

  59. Monggo mas Camara…mas Jaga…Weleh…taushiah apa ya, justru kondisi skrg sy haus akan itu…asli…Kalo sy angen2, rasakne, sbnarnya yg baik itu gmn sdh faham(insya Alloh), tp praktek, tandang hmmm uabot perangnya. Ya praktek komplit syair diatas itu.

    Suka

  60. Betul Mas,hampir semua org,klo ditanya,pasti paham,ttg bagaimana dan harus ngapain sbg HambaNya…cumak ya itu mmg prakteknya ..jan! Uuaabott…ada aja halangannya utk istiqomah di dlm rel nya…

    Suka

  61. Hihihi….sy klo nahan amarah,mmg lsg migrain kangmas, gpp lah…dzikiran istighfar lsg hilang kok migrain sm amarahnya…hehehe…
    Biasa Mas,manusia klo ga ada masalah,ya bukan manusia namanya…hehehe
    Masalah itu kan sarana biar kita mawas diri dan makin pinter nglakoni urip sing bener…

    Suka

  62. Nafsu ada justru untuk naiknya hamba ke tempat yg lebih mulia. Intinya nulayani/berseberangan dg nafsu. Mema’afkn org yg menganiaya, menjenguk org yg tdk prnh menjenguk, memberi pd org yg tdk prnh memberi, makan,minum,sandang,papan skdarnya,ngantuk dipaksa melek, ingin bicara dpksa diam. Meneng-melek-luwe-ndhewe. Wih jan…ma’af ini teori, praktek=………?

    Suka

  63. Selamat pagi Indonesiaku, Selamat pagi Songgobumiku, Selamat pagi Saudaraku. Yg lagi perjalanan mudik, hati2 dijalan, smg selamat smpe tujuan. Yg sedang puasa, selamat menjalani. Yg bekerja selamat bekerja. Yg menunggu THR selamat menikmati. Yg sedang tidur,… Ya…nikmati saja. He…he…he…

    Suka

  64. yen gk iso nyebrang njaluk gedong yuyu kangkang mengko la yo ketemu klething kuning..qiqiqi..
    Selamat berlebaran dengan keluarga besar’e mas glondor..semoga slamat sampai tujuan.
    Jo lali oleh2’e aku pesen anak gajah wae…

    Suka

  65. Assalamu’alaikum wr wb
    pagi yg cerah smoga sesuai dgn hati sedulur smua..
    Bagi yg mudik jgn lupa berdo’a smoga diberi keselamatan..amiin

    Suka

  66. @ki seno ..he3x setelah jenengan tantang diproteksi postinganya takut malu dan pengikutnya kabur tahu dia kayak apa .
    @ojibua
    @arif
    Salam rahayu.

    INNALILLAHI WAINAILAIHI ROJI’UN
    Telah MENINGGAL DUNIA nenek dari bolobumi DIK ARI ,yang juga msh kerabat saya. Semoga arwahnya diterima dgn baik.amin..

    Suka

  67. Salam salim sedulur sedoyo
    Slmt menjalani apapun aktifitas nya

    Buat Mas Ari…turut bela sungkawa,semoga Almarhum di tempatkan di sisiNya di tempat yg terbaik…utk keluarga nya,semoga di beri ketabahan dan kekuatan

    Suka

  68. yg mudik hati” djalan
    Yg lmbur ya dsyukuri GEDHE BONUSANE qi qi qi
    Yg lg tdur mg mmpi indah
    Yg bkrja istrhat bntar ojo ngoyo
    Yg lgol asalamualaikum…
    Hi hi hi

    Suka

  69. INNALILLAHI WAINAILAIHI
    ROJI’UN
    turut belasungkawa MENINGGAL DUNIA
    nenek dari bolobumi DIK
    ARI ,yang juga msh nenek
    saya. Semoga arwahnya diterima dgn baik.amin..

    Suka

  70. nderek bela sungkawa dumateng kangmas Ari sagotrah, mugi arwah mbah putri timampi wonten Ngarsanipun Gusti Ingkang Maha Agung, pinaringan Swargo Langgeng,
    dumateng ruh igkg tinggal dunyo
    LEPAS-O PARANE
    JEMBAR-O KUBURE.
    amin.

    Suka

  71. INNALILLAHI WAINAILAIHI
    ROJI’UN
    turut belasungkawa MENINGGAL
    DUNIA nenek dari bolobumi DIK
    ARI, smoga arwah almarhumah diterima disisi NYA amin

    Suka

  72. Ndherek belosungkowo, atas sedonya nenek dr mas Ari Andrepati + mas Ahmad, Mugi simbah dingapunten,diwelasi, dirohmati, diaringi lan dicukupi dening Pengeran kanthi berkah Kanjeng Nabi, amin. Salam siang semuanya, karo rodo ngantuk…

    Suka

  73. innalillahi wa innaillahi roji’un..nderek belosungkowo dhumatheng mas Arie dan kel.besarnya sapaninggalan eyang putrinipun.mugi almarhumah dipun paring papan palenggahan engkang sae saking ngarsanipun gusti engkang murbaeing gesang,.
    semua amal kebaikanya di terima di sisi ALLOH SWT.amin

    Suka

  74. INNALILLAHI WA INNAILAIHI ROJIUN….trut berbelasungkawa atas meninggal y’nenek dri mas Ari+mas Ahmad mdh2an d tmptkan d tmpt yg lyak dan untk kluarga mdh2an d bri kekuatan…Amiin

    Suka

  75. Turut berduka atas meninggalnya neneknya mas arie,smoga arwahnya mendapat tempat yg layak disisiNya,dan keluarga yg di tinggalkan di beri kekuatan,ketabahan.

    Suka

  76. matur kagem:
    OM AHMAD
    Mz MARS
    Mz SIDOMULYO
    Mz GIRI
    Mz DAFA
    Mz ORAY
    Mz WONG
    Mz BIGMOELS
    Mz GOOD
    Mz KINYAN
    Mz JAGARAKSA
    Sedanten bolo bumi kang ngaturaken belasungkawa ugi pandonganipun kagem mbah putri kulo engkang kapendet GUSTI kang moho agung.
    Amin amin ya robal alamin…

    Suka

  77. OM AHMAD:
    Bar magrib kenduren n’
    Bar trawih tahlilan nggih..
    Sy nympe rmh jam stengah dua tadi ama scurity troy guard armada magelang: mr.sindu hendrawan. Minggu sore balik magelang lagi… Coz cuti gelombang dua.

    Suka

  78. ijin copas km wong sabrang
    Innalilahi wa innalillahi roji’un
    Sy ikut belosungkawa ats meninggalnya mbah putri
    Mas ari
    Mas ahmad
    Mugi ngamal ibadahe tinampio dening gusti allah

    Suka

  79. @ mas AHMAD r. . Ya tuh. . Kayaknya takut malu si gat0l0c0 tu. . . . Hahaha. . . . Sebenarnya saya mau mengerjainya dg sy kirim jin, . Tapi sya gak mau repot2. . Biar ALLOH SWT Saja yg membalasnya, dan sm0ga dia mendapt petnjuk. . .hahaha, , kasian tuh gatoloco. . . . . .

    Suka

  80. @ rizky (anak buah gatoloco)

    ketauan kalau kamu hanya orang AWAM. . .LHA W0NG SAYA NGIRIM AJA BELUM. . .?! PA LGI NGRIM JIN. . . . Hahaha. . .sAYA GAK MAU NG0T0RI TANGAN DAN JIWA SAYA HANYA UNTK MEMBUNUH CECURUT KAYA KAMU. Hahaha, ADA JUGA SAYA YG NUNGGU PDANG MU YG KARATAN ITU!!! OZA, KATANYA KAMU DAN GAT0L0C0 SUDAH MENGIRIM PEDANG KESAYA, TPI KOK TADI SAYA MALAH DAPAT ARISAN 1 JT. . Hahaha. . . . Dasar orang awam yg bodoh. . .di perbudak setan aja mau. . .hmm. .PEDANG YG KAMU KIRIM UNTK MEMBUNUH SAYA ITU MANA ? Apa pedangnya lg mampir ke warung, EH, , KALAU PDANG MU ITU BISA SAMPAI KESAYA DAN BISA MENCELAKAI SAYA, SAYA BRSUMPAH DEMI ALLOH DAN ROSUL, AKAN KU CIUM PANTAT MU 10000X. . . CAMKAN SUMPAHKU ITU!! Hahaha

    Suka

  81. 100 teman terasa kurang
    1 musuh terasa banyak

    orang2 sakti klo berantem lucu
    pada berkoar2 dikomen mulu
    mbok sekalian tlp orangnya ketemu dimana adu kesaktian,
    ada yg menyaksikan
    sy yg org awam tak melihat spt apa sih orang2 yg sakti itu dan bgmn pertarungannya
    tak bawa handicam bs diupload di youtube siapa tahu jd terkenal

    Suka

  82. kalo lewat utara dkat lampu merah dari cikarang itu dkat rumah mertua pak Dhe, kalo sy daerah selatannya perjalanan 20 menitan kalo pake motor, maaf lemot koneksi

    Suka

  83. wa alaikum salam wr wb mangga kang oray,
    iya pasti di alihkan ke jalur utara pak Dhe, di mm dan ramayana pasti sudah macet, berarti lewat tanggul irigasi

    Suka

  84. KALAWAN KONCO DULUR LAN TONGGO..
    KANG PODHO RUKUN OJO DURSILO..
    AYO NGLAKONI SAKKABEHANE..ALLOH KANG BAKAL NGANGKAT DRAJATE..
    LAMUN PALASTRO PUNGKASANE..
    ORA KESASAR ROH LAN SUKMANE..
    DEN GADANG ALLOH SWARGO PANGGONANE..
    salam rahayu..salam hangat..salam cinta damai..

    Suka

  85. asalamuallaikum..
    Salam salim semuanya
    Pakde war…
    Mas jbk..
    Mas oray gibug..
    Mas cemara b..
    Mas maning..
    Mas gajah oling..hehehe.
    Semoga sehat selalu,.
    Langsung nang pojok..karo bakar uborampe.biar teko danyangane..qiqiqi

    Suka

  86. Assalammualaikum dulur,tuk yg dah hadir sungkemmm@pakde war@pakde jbk yg guaaaaanteng@om wong sabrang@om oray g@om gto@om seno@om arief@om g.o@om maning smua bb.

    Suka

  87. km sabrang ..salam ..ojo deleg2 ..nanti kalau ada dewo nganglang jagad ngowo bokor kencono malah gk tahu lho..

    Mas dafa..jam segini kok opo yo sudah tidur..itu di bage ke leluhur podho nyambut..

    Suka

  88. PAK DHE WAR
    Mz WISANGGENI
    Matur nuwun. Amin…

    Poro sedulur BB sugeng rahayu…

    Engkang gadah ilmu linuwih mboten usah pamer2 teng blog. Lebih baik diamalkan buat kebajikan demi mendapat ridho ALLOH SWT. Amin..

    Suka

  89. @ Mz KLONTHONG:
    Magelange pundi?

    @ MZ DAFA:
    Sudah selesai tahlilane, td om Ahmad juga datang. Rencana 7 hr berturut2 untuk penghormatan Almarhum.
    Oia.. Ojo komandan ah..
    Kulo isih anak buah kok mz…

    Suka

  90. Mas giri…hehhe..tp beneran mas, disini bnyk pelanggaran hak2 normatif pekerja..termsk thr yg tdk dibyr atau tidak sesuai dgn hitungan thr 1 bln gaji…
    Mas Arie ….salam rahayu kembali….

    Suka

  91. iya mas Arie..wonogiri asli..
    Wono.’. Alas..
    Giri .’, gunung..dadi yo wong gunung alasan..

    Alehku moco syiir tanpo waton karya wali katon ..tak ulang2 blm hafal juga..

    Suka

  92. iya mas Arie..wonogiri asli..
    Wono.’. Alas..
    Giri .’, gunung..dadi yo wong gunung alasan..

    Alehku moco syiir tanpo waton karya wali katon ..tak ulang2 blm hafal juga..ckckck

    Suka

  93. Ngapunten mas giri…tadi lg trima “tamu”
    Skr dah pergi…
    Yo wis…met istirahat,nuwon doa nya…
    Skalian ijin pamit juga
    Dah kriyep2 niy…

    Suka

  94. mas War, habis dr Demak sekalian mampir tpt sy hehe . . .

    Cak@Yuge mang lanjutannya apa ya?

    Malem ini langit koq gelap ya, bintang2 tdk jelas, pdhal tdk ada awan . . .

    Suka

  95. @ mas ahmad r

    ternyata si GAT0L0C0 dan anak buahnya, gak berani nglawan saya. . .katanya mereka udah ngrim pedang ke saya, tp sy masih sehat sehat aja. Hahahaha. . . . GAT0L0C Dasar manusia penipu. . . .

    Suka

  96. @ mas ahmad r

    ternyata si GAT0L0C0 dan anak buahnya, gak berani nglawan saya. . .katanya mereka udah ngrim pedang ke saya, tp sy masih sehat sehat aja. Hahahaha. . . . GAT0L0C0 Dasar manusia penipu. . . .

    Suka

  97. @ untuk semua bolo bumi yg sy hormati.

    “ALLOHUMMA YA ALLOH.. DZULJALALI WAL IKHR0M. . ALLOHUMMA YA ALLOH. . AGISTNI. . AGISTNI. . AGISTNI. . . . .”

    Suka

  98. @ untuk semua bolo bumi yg sy hormati.

    Sy babar sdikit ASMA’ RAJAH SUNGE RAJEH (ARSR)

    “ALLOHUMMA YA ALLOH.. DZULJALALI WAL IKHR0M. . ALLOHUMMA YA ALLOH. . AGISTNI. . AGISTNI. . AGISTNI. . . . .”

    Suka

  99. @ untuk semua bolo bumi yg sy hormati.

    Sy babar sdikit ASMA’ RAJAH SUNGE RAJEH (ARSR)

    “ALLOHUMMA YA ALLOH.. DZULJALALI WAL IKHR0M. . ALLOHUMMA YA ALLOH. . AGISTNI. . AGISTNI. . AGISTNI. “

    Suka

  100. @afrianto..mungkin wong mbohol tahu,dia kan pengurus NU,
    @KI SENO..mereka ngirim pedang sama saja mereka doyan santet.,perbuatan kufur kok dibanga banggain.iya ki mereka cuma omdo.KUN FAYAKUN balik itu pedang.he.he.he.,udah ki, dalang sosro b jgn dibahas lagi.,

    Suka

  101. Selamat menyambut Hari
    Raya Aidil Fitri 1432 kepada
    seluruh muslimin dan
    muslimah walau dimana pun
    berada.dan kusus keluarga besar SBM.dengan ucapan
    MAAF ZAHIIR BATIN.

    Suka

  102. @arie..la yo jelas to dik.sing msh ingat karo mbahe saat datang kerumah.mbahe kan sering kerumahku pagi,siang,sore.aku punya lo rekaman video mbahe pas guyon tp nang endi yo tak ubek2 pc ku kok durung ketemu.
    @cah kinyan ..wuih duluin ucapannya he.he.he.

    Suka

  103. @ mas ahmad r

    waduh, g’ ada waktu buat ke warnet mas. . . . . Hehehe, Mas . Masalah gatoloco, ya harus di bhas terus, biar gak bosen belajar di blog ini, kan masalah gatoloco bisa membuat kita tertawa , hehehe. . . . .

    Suka

  104. Sudah sy coba tp ndak bisa mas, . . . Mungkin kapan kpan aja kalau ke WARNET. . .Hahaha, mungkin habis lebaran kali ya. . Hahaha, soalny. . . Sya Masih Nunggu PEDANG GHAIB yg di kirim gatoloco yg katanya di kirimkan untk membunuh sya. . . Haha, tapi udah 3 hari kok gak nyampe2 ya, . Mungkin di langit juga macet kali ya , sama dg di jalan raya. .ini kan akan lebaran. Hehe

    Suka

  105. Sudah sy coba tp ndak bisa mas, . . . Mungkin kapan kpan aja kalau ke WARNET. . .Hahaha, mungkin habis lebaran kali ya. . Hahaha, soalny. . . Sya Masih Nunggu PEDANG GHAIB yg di kirim gatoloco yg katanya di kirimkan untk membunuh sya. . . Haha, tapi udah 3 hari kok gak nyampe2 ya, . Mungkin di langit juga macet kali ya , sama dg di jalan raya. .ini kan akan lebaran. Hehe..

    Suka

  106. q kan udh bilang om dafa hhahhahahah q gak mau tahu walopun gmanapun yg penting perseduluran hahhahahahahha bener kan hahhahah

    Suka

  107. Salim pakde war hbs kopdar jg ya ama mas kili dan gd.setuuuju om jbk hbs kena hawa adem kena hawa panas rontok staminane he…he…he…

    Suka

  108. ikut melaporkan
    Cuaca dmagelang jg gelap
    Kaya mendung…
    Ada dua tiga bintang yg redup bersinar tertutup awan yg kelam
    Emag ada apa to..???

    Suka

  109. asalamuallaikum..
    Sedoyo keluargo kulowongso yg tergabung di sanggar sambung silaturohim songgobumi ..dimanapun saat ini berada..
    Salam salim semuanya..

    Mlaku2 nang kuto malang ojo lali tuku manisan..
    Meskipun kita belum jumpaan ,.serasa hati saling dekatan.

    Suka

  110. de giri ak bales ni pantun
    Beli mangga dipecinan
    1kg sepuluh ribu
    Aku ambil uang dkantong
    Eee eh ternyata bolong…
    Kepaksa domblong
    qi qi qi
    Canda com

    Suka

  111. Walaikumsalam mas giri ,mas marinton,mas arief..di malang manisane apel,apel di jual pedagang arjosari…sakjane batine yo sebel,pingin ketemu dulur nambah silaturahmi…ahi…hi…hi…

    Suka

  112. inna lillahi wainna ilaihi rojiun… KH Abdul Wahid Aziz Bisri, ulama yg akrab dipanggil Gus Wahid yg jg sepupu Gus Dur, suami dari Bu Viola Mae, sedulur KWA meninggal dunia tadi pagi.. Semoga yg ditinggal bisa tabah dan arwah beliau tenang dalam damai di sisi Allah SWT sesuai amalnya.. Amin..
    (Copas dari FB Kangmas Wongalus )

    Suka

  113. km wong sabrang. .alhamdulillah baik berkat doa njenengan lan sedulur smuanya..
    bsk mlm gema takbir berkumandang…allohu akbar 3x walillah hilhamd…

    Suka

  114. Turut berbela sungkawa atas wafatnya KH Abdul Wahid Aziz Bisri semoga arwah beliau di terima di sisiNya dan keluarga yg di tinggalkan di beri ketabahan.

    Suka

  115. Emang di mana mas wong s,kok di htn?salam salim om jagaraksa,gmn jd kopdar ama ki glondor dan mas bp? @Pakde war emang knp mas kili kok kaget nopo medeni jenengan he…3x

    Suka

  116. eyank…tk bales maneh…

    Tuku kaen neg pasar klaten
    Goleki bakule sek ganteng dwe
    Tekan nggone duite klalen
    Yo..Jalok gratisan wog sedulur dwe

    qi qi qi

    Suka

  117. Mas dafa mula2 masuk sabrang lor mas.klu dicritain banyak nelongsonya.alhamdulìllah skr g lagi.apalagi skr udah banyak saudara di bb.
    @pakde ganteng weh… jdi g berani jumpa mas kili aja kaget klu sy mungkin langsung pingsan..qiqi.guyon…yahoo.com

    Suka

  118. Salim dhe war,mas giri,mbah gud dell,mas dafa,ki glondor,mas klontogan,lan sedulur liane..
    Tadi pagi malah mas glondor yg telpon aku…nuwun Ki…dah sampe ketapang ya?
    Mas giri….durene ga ono…tak kei kopi karo luwake piye?…xixixi…
    Cak dafa….mas BP ijek liren bar nglembur koyo’e

    Suka

  119. alhamdulillah om leewat lintas timur 30 yg baru kok jadi ilang cuman tadi di seputih mataram ada kejadian kecil tpi alhamdulillah dpat diselesaikan dijalan

    Suka

  120. masih duduk di bawah pohon asem reges..kali aja ada dewo nganglang jagad nibak-e bokor kang isi kencono…
    Mas nunub..salam selamat malam..
    Mas wiradipraja..salam juga..
    Mas jaga..qiqiqi luwak-e wis gedhe durung,

    Suka

  121. mas nunub nderek bungah kalo begitu ampun nyeluk yai lha wong saya cuman tim sorak kalo gak percaya tlong discann rak blas kebass,de giri ngragas luwak arep di garang

    Suka

  122. alam semesta bersedih . . .
    malaikat2 pun berduka . . .
    melihat manusia2 berselisih paham
    adakah gejala alam semalam menyiratkan sesuatu?
    Tuhan menberi peringatan dan tanda2 lewat Alam
    manusia yg berakal harus bisa membacanya

    Suka

  123. Sugeng siang……..olehe merconan leren dhisik, isih pedhes mripate iki… Lha kok guedhe-guedhe mercone mas Ahmad… He…he… Salam salim mas Ahmad, @Lek Good…sibuk drmh ato msh tmpt krj ? @mas Lonthong… Nggarjo bodoan hr apa? @mas Kinyan…puannnas ya skrg disitu? @mas Asgar…gmn kbrnya?

    Suka