KESEMPURNAAN MANUSIA.

Assalamu alaikum wr.wb.Sudah diketahui bersama bahwa manusia adalah makluk sempurna diantara makluk lain.Lantas dimanakah letak kesempurnaan tersebut?Banyak uraian yang berbeda2 yang menguak tentang kesempurnaan manusia.Ada uraian menyatakan karena manusia terdiri dari unsur lahir dan batin.Ada uraian karena manusia ada RUH yang merupakan tiupan langsung dari alloh.Tentunya tiupan yang dimaksud tidak seperti tiupan dalam presepsi manusia.Ada pula yang menjadikan jargon kebanggaan AKULAH MANUSIA MAKLUK YANG PALING SEMPURNA.Semua uraian tidak ada yang salah dan memang begitulah manusia.Kemarin kami tuliskan gambaran MALAIKAT IBLIS MANUSIA,CICAK KADAL BUAYA,KUDA KELEDAI ZEBRA.Kuda sekilas mirip keledai atau zebra.Namun bila dicermati dari fungsinya kuda lebih sempurna dari keledai atau zebra.Begitu juga manusia ternyata lebih sempurna dari iblis dan malaikat.Bukankah golongan iblis bisa terbang sekejap mata?Malaikat juga makluk yang paling taat pada alloh?Apakah manusia punya kemampuan seperti iblis atau punya ketaatan seperti malaikat?Dimanakah letak kesempurnaan manusia.Dalam alquran disebutkan bahwa alloh telah mengajarkan kepada ADAM(mewakili munusia) seluruh nama nama.Namun alloh juga mengajarkan/memberi ilham kepada lebah(mewakili binatang) untuk membuat sarang.Sedangkan malaikat dan iblis tidak mendapatkan ilham mereka hanya diperintah.Manusia mendapat ilham.Binatang juga mendapat ilham.Namun ilham yang diterima manusia dan ilham yang diterima binatang berbeda. ilham alloh kepada binatang adalah naluri statis.Dengan bukti bentuk rumah lebah dari dulu tetap begitu saja.Lebah jaman sekarang tidak ada yang mengecat rumahnya atau membentuk sarang yang variatif.Sedangkan ilham yang diterima manusia bersifat dinamis.Selain menerima ilham yang sifatnya dinamis manusia juga mempunyai insting/naluri sebagai manusia.Sampai disini sudah terlihat perbedaan manusia dan binatang.Bila manusia belum mampu menangkap ilham yang dinamis yang dalam hidupnya hanya menuruti naluri saja belum mau menerima ilham derajatnya kesempurnaanya sebagai ciptaan belum melebihi binatang.Selain menerima ilham manusia juga menerima bisikan dari setan dan bila manusia selalu menuruti bisikan setan atau tidak bisa membedakan mana yang baik(ilham illahi)dan mana yang buruk(bisikan setan) maka derajat manusia belum melampaui derajat iblis.Ilham dari alloh kepada manusia dari waktu ke waktu terus disempurnakan sesuai keadaan zaman dengan hikmah diutusnya para nabi dan rosul.Wahyu(Ilham) yang diberikan nabi musa as lebih sempurna daripada wahyu (ilham) yang diterima nabi adam as.Wahyu yang diterima nabi Muhammad saw lebih sempurna dari pada ilham/wahyu yang diterima nabi khidir as dan nabi sebelumnya.Tentunya setelah kerosulan Muhamad saw ilham dari alloh kepada manusia masih terus diberikan kpd manusia.Dan wahyu sempurna yang diterima oleh rosululloh muhamad saw semakin jelas dijaman sekarang disesuaikan dg keadaan jaman tanpa merubah dari wahyu tsb.Dari sini terlihat bila manusia belum mau menangkap ilham yang semakin memperjelas wahyu yang telah diterima rosululloh saw maka derajatnya sebagai ciptaan belum mampu melampaui derajatnya malaikat.Sifat dari malaikat adalah ketaatan monoton.Sedangkan sifat spiritual manusia berkembang .Berkembangnya spiritualnya manusia bukan berarti merubah wahyu agung yang telah sempurna.Namun berkembangnya spiritual manusi memperjelas wahyu agung yang telah sempurna sesuai keadaan zaman.Namun terkadang kejelasan ilham tersebut dianggap bid”ah atau sejenisnya dengan alasan tidak sama persis dengan wahyu agung atau dg alalasan rosululloh tidak mengajarkan seperti itu.Semua manusia diberi ilham oleh penciptanya.Tinggal manusia tersebut mau menerima atau tidak.Yang sering menolak ilham adalah akal.Dan yang sering menutupi ilham sehingga kurang jelas adalah bisikan setan.Antara bisikan setan dan ilham saling berusaha mengalahkan.Dan ilham yang diberikan kepada manusia adalah sekehendak alloh apa yang mau diilhamkan kepada manusia adalah sekehendakNYA.Sering terjadi tanpa dikehenaki kita diilhami apa yang akan terjadi pada sahabat kita.Justru saat kita minta ilham yang sangat kita butuhkan ilham malah belum kita terima.Kita tundukan akal agar mau tunduk kepada pencipta dan penguasa akal dan kita terima ilham dari alloh.Siapkan cangkir kosong dalam diri biarlah ALLOH yang mengisi cangkir tersebut menurut KEHENDAKNYA.

Iklan

113 thoughts on “KESEMPURNAAN MANUSIA.”

  1. Ikut absen pagi,yg tinggal ya go kong nya mlongo.
    Salam salim kang mas risang artikel panjenengan memang mantap terlihat kedalaman ilmu anda.sesungguh anda dgn kedalaman ilmunya anda bisa buat karya buku .Aku dukung ..

    Suka

  2. Apakah kesempurnaan manusia juga menuntut untuk sempurna dalam beribadah dan bermuamalah. Apakah kemampuan ilham yang dinamis yang dimiliki manusia tidak mengkooptasi dimensi spiritualitas pada suatu dogma (agama). Jika tidak, kenapa harus ada wahabi, kenapa ada ahlil bid’ah… inikah jawabannya manusia sebagai makhluk sempurna yang mempunyai kemampuan mengeksplorasi diri, merestorasi nilai-nilai spiritual. Benarkah manusia (bisa) sempurna? mau dikemanakan kesempurnaan kita sebagai manusia?
    Sugeng enjang sesepuh, konco-konco bolo bumi.
    Nderek ndeprok, ngangsu kaweruh nggih.
    Saya seneng tulisannya mbahe Risang. Kadang simpel mudah dicerna, tapi kadang butuh waktu untuk berpikir karena nilai filosofinya terlalu tinggi untuk dipahami. yah mungkin karena saya masih kecil dan baru belajar, sehingga ketika membaca tulisannya mbahe Risang sepontan muncul pertanyaan-pertanyaan. Matursuwun mbah, panjenengan selalu merespon koment-koment saya.
    Kembali ndepipis ning pojokan.

    Suka

  3. Assalaamu’alaikum, salim semuanya… Alqur-an adlh kalamulloh, qodim. Kl ilham pasti selaras dg ktb, yg biasanya njlomprongne si nafsu yg mbujuk aqal aplgi disebuli si setan akhrnya jd ruwet, bl trasa tdk selaras ato msl sprt tdk singkron ayat satu dg yg lain, brrt msh blm dktmukn kfahaman. Dulu prnh ada yg blg ktnya ada ayat Alqur-an yg sdh tdk ssuai dg zaman skrg, na’udzubillah min dzaalik… Kl dipikir bgtu, ya bkn ayatnya yg tdk ssuai, tp pikirnya/’aqalnya yg prlu didandakne… Weleh… Perkemi… Ma’af smuanya…

    Suka

  4. absen pagi . . .
    mantab mbah Risang . . .

    sdkt tambahan dr yg pernah sy dengar dulu . . .

    Sejarah penciptaan manusia…
    Sblm Adam diciptakan, Tuhan memperlihatkan Main Programs yg akan disematkan.
    melihat, mempelajari dan menimbang Routin2 dlm Program, para Malaikat merasa keberatan dg adanya Sub Program yg ada, dg alasan: nantinya Manusia bisa SUKA MEMBANGKANG- PANDAI BERDALIH- dan SUSAH DIATUR . . .
    Tuhan bersabda:
    KAMU TIDAK TAHU APA YANG ‘SAYA’ TAHU . . .

    mggo bs dicermati dg bijaksana.
    mhn maaf, klo ada yg krg berkenan dg bahasa sy.

    Suka

  5. slmt pagi jg om Karyo Dikromo (jenenge mbahne dienggo hihi…), sy nggak punya kantor je om cm wong ndalan, tp bkn preman hihihi . . .

    mf, yg sy komen diatas td sy jg cm dengar tp blm tahu jabarannya . . .

    Suka

      1. lha sing pinter ya mbah-e sik njenengan pake namane niku mas hehehe. . .
        halah . . . wis ngerti isih takon wae . . .
        yo wis nyoh…. rmh sy di Kalten pelosok om, org bilang ndeso! dadi ya pola pikir-e yo ndeso

        Suka

  6. kalau ada yg bertanya kenapa ada wahaby..,simple jawabanya.
    Allah menciptakan manusia dan jin hanya untuk beribadah ke padanya.
    Hidup itu harus belajar.adanya wahabi ya sebagai perbandingan dalam belajar.yg menentukan surga kita,neraka kita tak lain allah,kita saat ini hidup jika ternyata nanti neraka ya memang garisnya.ada hitam – putih,ada sakit – sehat,ada wahaby – ahlussunahwaljamaah ,ada neraka – surga.

    Suka

  7. Kalau surga dan neraka masuk dalam domain suatu takdir maka kewajiban kita adalah membangun kesadaran untuk mengharap (mendapat) rakhmat dari Allah Swt. Inilah tugas manusia sebagai makhluk yang sempurna. Matursuwun Ki Laskar Jawi. Salam Katresnan.

    Suka

  8. Ass.. Absen pagi.. Skalian ijin nyimak neng pojokan.. SEMPURNA kata yg sungguh mudah di utarakan,namun perlu pengkajian,bnyak liku dan tantangan,… Mungkin dan mungkin kemawasan diri salah satu cara ntuk bisa menggapainya..

    Suka

  9. Nuwun sewu ma’af Lek, sy bsnya cm omyong… Mgkn bgni, krn dikhwtrkan manusia bikin kerusakan dibumi (sbg khlfh) dg adanya prngkt nfsu, tp Gusti moho akeh olehe agawe mrng prkoro/ssuatu kang den kersa-ake tur moho ngudaneni. Jstru ada nfsu bs ada himmah utk meluncur/tenggelam(tnggal plh). Manusia sempurna…, yg tahu ssungguhnya ya yg mh tahu. Mgkn idealnya: selaras dg kerso Gusti, manut diprinth/dilrng, mnrm apapun bntuk peparing dr Gusti dg lilo, kesadaran smua puji yg 4 perkara hny mlk Gusti, den alembono ora mongkok, den paido ora mengkeret dll… Mhn ma’af sdulur2…

    Suka

  10. njih matur sembah nuwun pak yai SDM. . .
    hmmm… jd Sub Program yg dikawatirkan para Malaikat adlh perangkat Nafs…
    njih. njih. . . ditimbang.. dirasakan.. bs diterima pak yai. . .
    sy pernah baca buku yg membahas ttg pencarian Kamulyaning Manungso yg disimbolkan sbg PELITA yg skrg mjd susah diketemukan . . .
    dr cerita dibuku tsb, oleh om Syaithon PELITA tsb disembunyikan DALAM HATI manusia . . . jd sulit ditemukan. . .
    kenapa PELITA tsb disembunyikan Dalam Hati dan manusia sulit menemukannya ?
    Karena manusia biasa MENCARI keluar. . . tdk pernah mencari ke Dalam Hati / Diri . . .

    Padahal sdh ada Firman Allah: ‘Siapa yang mengenal dirinya (sendiri) akan mengenal Tuhan-nya’….

    mggo dipelajari bersama2 . . .

    Suka

    1. hehe. . . mas Giri komen pisan ra lego…
      wah smlm sy tewas balas pas ngeloni anak mas, malah ra sempat ngeloni mbok-ne hehehe. . .

      Suka

  11. Salim mas Kanginan, mas Arief, mas Giri…, Alhamdulillah kbr sahe brkh do’a pangestu smua dulur2… Kadang yg mmbuat sy miris, ada yg dg mdh/enteng memusyrik2an org/phk lain, kl tdk ht2/kndisi org tsb tdk ssuai bs balik mengenai dr sndiri. Pdhl…pdhl…pdhl musyrik ada bbrp mcm dan tingkt2… Kl kndsi kfhmn/ruhani yg tdk dlm posisi yg……. Dan msh ndompleng dg puji 4 prkara yg jls2 bkn miliknya… Waduuuh… Inna lillaahi wa inna ilaihi rooji’uun… Mhn ma’af bl kurng brkenan… Pamit dl…

    Suka

  12. aslkm…skalian absen siang…dah 3 kali baca baru mudeng…
    makin mantabs saja pembahasannya….
    nyimak di belakang saja….sambil ngawasin yg kerja…

    Suka

  13. iya mbah giiri….masih di p.blimbing neh….nggen njengan pundi mbah…. ^_^
    mbah yai samy….salim sungkem..
    pak dhe war…pripun kabare..

    Suka

  14. Assalamu alaikum dulur2 yang saya hormati selamat siang.
    @the vivis semoga ilustrasi ini bs menjawab pertanyaan mas.ADA ANAK KECIL YANG BELUM BISA JALAN.Jalanya saja masih ngesot namun ketika mendengar musik tanpa ada yang mengajari anak tsb bergoyang2/NGIBING RINGAN.Tapi tidak semua anak kecil ketika mendengar musik spontan NGIBING.Anak kecil yg ngibing ini telah diilhami akan suatu keindahan.
    DULU ADA YANG BERTANYA:KENAPA ORANG KALAU WIRIDAN ADA YANG KEPALANYA BERGOYANG2.NABI TIDAK MENGAJARKAN SEMACAM ITU.Kalau pingikut thoriqoh nahsyabandiah jelas ada aturanya.Namun orang awawpun yg tak tahu seluk beluk thoriqoh kalau wirid banyak yang menggoyang2kan kepala.Pertanyaan tsb membuat para santri mengaduk seluruh kitab klasik namun tak ketemu jawabanya.Suatu hari seorang santri dipanggil kyainya:NANG BIKINKAN KOPI BUATKU DAN BAWA KESINI.LALU SANTRI TSB MENGHATURKAN KOPI BUAT KYAI SAMBIL MENUNGGU PERINTAH SELANJUTNYA.SAAT SANG KYAI MENYERUPUT KOPINYA DENGAN REFLEK BERKATA ALHAMDULILLAH NIKMAT SAMBIL MENGGELENGKAN KEPALANYA.SANG SANTRI YANG BERADA DUDUK DEKAT SANG KYAI SAMBIL BENGONG TIBA2 MENEMUKAN JAWABAN YANG SELAMA INI MENJADI TANDA TANYA.Oooo ternyata orang yang wiridan menggeleng2kan kepala itu benar2 menikmati situasinya seperti sang kyai yang menikmati kopi dipagi hari.Jawaban spontan si santri tsb tidak tertulis dlm buku manapun.Namun jika si santri tersebut bila diungkapkan ORANG MENGGELENG2KAN KEPALA WAKTU WIRID ADALAH KARENA MENIKMATI SITUASI.Namun bagi yang berpatokan pada buku /kitab suci/hadits tanpa mengakui adanya ilham tetap mengatakan jawaban si santri adalah jawaban bid’ah atau penyesatan karena alasanya tidak ada dalam hadits/alquran.Padahal kalau ditelusuri lebih lanjut jawaban tsb memperjelas isi dari dalil agar saat kita melakukan ibadah menghayati dan menikmatinya.Dalam situasi menikmati tidak ada niat unt menggerakan justru sangat terasa kita digerakan

    Suka

  15. alhamdulillah sehat km@ giri, semoga kangmas sendiri di berikan kesehatan, kelancaran dan kemudahan oleh ALLOH…amien…
    mantaps ki…lanjut…saya nyimak saja…

    Suka

  16. Dari ilustrasi anak kecil diatas dapat diperluas ilmu baru lg sebagai NGELMU TITEN.Anak keci yg masih polos jalanpun blm bisa kalau mendengar musik spontan ngibing tanpa adanya unsur ikut2an tanpa adanya unsur perintah dari luar maka anak itu kelak mempunyai budi pekerti yang luhur.Berbeda dg orang ngibing krn sdh ada pengetahuan sebelumnya.Dia ngibing karena mengikuti gaya zaman.

    Suka

  17. Sumuhun kang wiri.Sepertinya inilah pemiku kemunduran umat islam.Yang tanpa sadar mengagungkan akalnya sehingga petunjuk dari allohpun dilawan dg akalnya.Dalam catatan sejarah dari dulu sampai sekarang bila ada yg memperjelas wahyu jgung justru diberangus dg alasan tdk sesuai dg persis dg tulisan dalam hadits/alquran.Setelah manusia menolak ilham dg akalnya maka yg terjadi adalah uraian akal yang berbeda2.Maka pecahlah mjd beberapa pendapat/golongan.Ilham adalah kebenaran ilham yang berbeda2 adalah saling menjelaskan sedangkan pendapat akal yang berbeda adalah saling bertolak belakang.Perbedaan menjadi rahmat bila perbedaan itu berdasarkan ilham.Perbedaan mejadi petaka bila berdasarkan pengagungan akal.Maka ketika ditanya teman beberapa bulan yang lalu hari raya idhul fitrinya hari apa mas?Saya jawab singkat.Hari ini ditempatmu juga di jakarta di palembang di kalimantan hari apa?Dia jawab hari ini hari kamis.Dimana2 juga hari kamis.Tidak ada kan hari ini dilain tempat di indonesia yang menyatakan hari jumat atau hari senin? Renungkan sendiri .

    Suka

  18. Smbil ngaso, nuwun sewu nyambung mas Risang, aqal kl disetir dg nfsu ya bgtulh… Bljr ktb suci, hadits nb prl bbrp prngkat, dg ilmu yg mcm2 jg guru. Skrg bnyk buku2 trjmhn ato tulisan sseorng dibc, dphmi sndiri, penulisnya jg gtu tnpa guru, dientho2 maknanya sndri, leter lux pdhl satu kt bs mkna bnyk/pnjng akhrnya dibimbing dhemit ya 100 deh… Br th dkt sdh blng ini bid’ah-itu bid’ah, sprtnya sdh phm/th dg bnar apa dhawuh-tindak Knjg Nb slm 23 th*24 jam? Yg dr Paklek td mnark, tp enaknya arisan mlm kayaknya…

    Suka

  19. Ni pakde karyo tak ksh kembangnya aja ya soale blm jd kopi,msh dlm proses tp tetap wangi kok hehehe kalo kopi luwak maaf gak mampu beli,maaf kalo luwaknya aja gmn qiqiqi

    Suka

  20. Mbah coro kalo luwak blh bikin kopi kata org jawa bilang kemendel…luwak hanya merk,tp kalo sy lbh suka yg natural alias ndeplok dewe lbh steril kata org medis hehehe soal rasa tetap sama yaitu wedang kopi.

    Suka

  21. ass wr wb. nuwun sewu kngmas risang n se2puh sedoyo mohon izin mnyimak ilham yg diperoleh kngmas risang yg tertuang dlm bentuk tulisan nyata diatas. membacanya sperti ada getaran “rasa” yg trasa brbeda seolah dg kalamNYA Alloh sdang mngajarkan sbuah pmahaman mlalui gerakan tulisan kngmas risang yg bgitu indah skaligus mudah dicerna. matur sembah nuwon sanget kngmas sudah mau berbagi ilham dg qta smua. kngmas apakah ksempurnaan manusia itu jg mrupakan perwujudan dr ksempurnaan ilahi yg tiada batas?

    Suka

  22. teringat ajaran kngmas bahwa ilham akan menghampiri saat jiwa dlm keadaan pasrah (kondisi jiwa yg netral tanpa persepsi tanpa hrpn) saat kulo coba knpa ky ada perang besar dlm diri kulo. lalu bagaimana mnetralkan jiwa jika jiwa itu sendiri sudah dikuasai jin syetan iblis n dajjal sperti yg kulo alami sdangkan untuk mampu mngadakan mi’raj mlalui tafakur dzikir n sholat bukankah nafs hrs bisa bersinergi dahulu dg ruh?

    Suka

  23. pangapunten kngmas klo kulo bnyk bertanya krna bnyk pertanyaan dlm benak tentang ‘diri’ kulo /diri manusia. kngmas jk diwkt kecil sring mimpi disinari 1 bintang besar/disinari bnyk bintang kmudian stelah dewasa sring mimpi disinari bintang bulan n matahari yg terbit dilangit dlm wkt bersamaan maknanya apa ya kngmas? ada lg yg kulo bingung saat bln puasa klo pulang dr mesjid jam 2/jam 3 mlm sring diikuti kumpulan bintang n awan yg berarak dilangit. itu knpa ya kngmas, apa termasuk gangguan gaib?

    Suka

  24. Wa alaikum salam ayu albathin.Kesempurnaan manusia sudah kehendakNYA diawal sang Pencipta menciptanya.Manusia menjadi naskah kalam2nya.Muhammad saw adalah alquran yg berjalan.Begitu juga generasi setelah zaman kenabian mesti ada yang menjadi lembaran naskahNYA sebagai tanda HAQNYA.Adanya getaran setan dlm jiwamu karena ayu belum pasrah kepadaNYA.Pasrah itu yang bagaimana ya kok kayaknya sulit amat?Pasrah beda dg masa bodoh.Dalam alquran ada perintah JADIKANLAH SHOLAT DAN SABAR unt memecahkan masalah.SHOLAT DAN SABAR=SHOLAT DENGAN SABAR=SABAR MENUNGGU.Apa yang kita tunggu?Solusi2 dariNYA.Kosongkan diri menunggu .Menunggu dengan penuh harapan itulah yg saya maksud pasrah.Dalam praktenya saat ayu sholat atau dzikir atau membaca alquran niatkan menuju kpd alloh.Krn kita tdk tahu bgm caranya menuju kesana jangan lantas membayang2kan dg berganti2 presepsi.Sabar menunggu saat mengerjakanya dg penuh harapan.Biarlah DIA yg menjemput kita unt menuntun menuju kepadaNYA.Saat DIA menjemput kita ada rasa sentuhan qolbu.Kalau terasa ada sentuhan qolbu pasrah saja mengikutinya dg berserah diri total tanpa perlawanan.

    Suka

  25. Ada mimpi kecil ada mimpi besar.Ada sadar semu ada sadar hakiki.Mimpi kecil mimpi yg kita alami saat kita tidur.Mimpi besar hidup di dunia inilah mimpi besar.Disebutkan dlm hadits apabila manusia mati maka sadarlah ia sepenuhnya.Saat kita mati terkuaklah semua yang samar.Sayangnya saya juga blm pernah mati.Namun paling tidak ada petunjuk jalan unt menguak kesamaran walaupun tdk terkuak sepenuhnya.Yaitu dg anjuran matilah kamu sebelum kamu dimatikan.Yaitu dg mematikan akal mematikan rasa.Niat menuju kepadaNYA.Maka lepaskanlah gambaran2 yg ayu alami.Silahkan lepas menuju kpdNYA.Godaan paling berat adalah tanpa sadar kita mencantolkan diri kita bukan pd tempatnya.Gambaran jelas kita mencantolkan diri bukan pada tempatnya saat kita sering menunggui orang NAZA’/SAKARATUL MAUT.Sangat jelas tergambar siksa yang amat sangat.Walaupun kita tidak melihat malaikat pencabut nyawa namun gerak gerik dan gelagat org yg sakaratul maut seolah jiwanya yg telah NYANGKUT KUAT dihartanya di jabatanya seolah dipaksa oleh malaikat unt lepas seolah seperti kain yg terkait disebuah paku ditarik paksa shg harus sobek sana sini.Ya memang pada dasarnya si kain sendiri tidak mau lepas dari paku itu.Seandainya si kain sblm dicabut sudah iklas lepas tdk nyantol di tempat tertentu mungkin dg mudahnya kain tsb dilepas.Tanda tanya besar khususnya bg diri pribadiku .BARANG SIAPA NAFAS TERAKHIRNYA MENGUCAP LAA ILAHA ILLALLOH MAKA DISURGALAH TEMPATNYA.Nanun sudah 30thn lebih dan berulang kali menunggui orang sakaratul maut baru 1x melihat yg seperti itu.Itupun seorang nenek tua yg biasa2 saja ibadahnya menurut pandangan manusia.Kalau org meninggal mampu mempersiapkan diri dan prosesnya tak tersiksa ada beberapa.Kesimpulan saya tidak mudah unt pulang kembali kepadaNYA tidak semudah yang kita sangka.

    Suka

  26. siang kang mas risang…
    Nderek ndeprok di sbm…

    Ijin nyimak kang…

    Eh ya kang,mau tanya gmn crax untuk melepaskan akal n rasa.sehingga kita betul bisa menuju padax.
    Krn kdang sering kita dzikir tp pikirax kemana2.pa lg waktu sholat…

    N bagaimna menerapkan ikhlas dlm bribdah.krn sring kali kita melakukan amalan n dzikir tjuanx untuk mncpai n mendaptkan ssuatu .

    Suka

  27. Mas abdulah unt menangkap ilham dr alloh ikut cara rosululloh saja.Ketika rosululloh disuruh jibril IQRO YA MUHAMAD! Apa jawabnya?Jawaban itulah yg kita tiru unt menangkap ilham.Jd ilham ini tdk dimonopoli oleh org2 khusus tp semua manusia asal dia mau.Unt menuju kpdnya metodenya jg sama spt diatas.Kl kita mencari tuhan sulitnya minta ampun kadang akal kita mereka-reka.Tapi yang kita anggap itu bukan.Pantas org yg tak suka agama islam mengatakan agama itu hanya hasil olah pikir dan evolusi kebudayaan agama.Coba buka blog2 bnyk yg mengatakan begitu.Pakai cara rosululloh saja mas nanti malah alloh sendiri yg mengenalkan diri kpd kita.Tidak sulit dan tdk rumit.Yg memperumit akal akalan kita sendiri maka enak dg metode rosululloh ketika disuruh IQRO malaikat.

    Suka

  28. sekedar saran untuk para sesepuh di blog tercinta ini..

    tolong tulisan yang di muat untuk lebih diperhatikan karena tidak begitu rapi maksud na berilah jarak antara paragrap satu dengan yang lainnya agar para pecinta blog ini lebih nyaman membacanya.

    Mohon maaf atas kelancangan saya sungguh tak ada maksud apa-apa ini hanya sekedar saran saja monggo para sesepuh dan pngurus mendiskusikannya..

    sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya..nuwun para sesepuh

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s