RSS

KESEMPURNAAN MANUSIA.

02 Nov

Assalamu alaikum wr.wb.Sudah diketahui bersama bahwa manusia adalah makluk sempurna diantara makluk lain.Lantas dimanakah letak kesempurnaan tersebut?Banyak uraian yang berbeda2 yang menguak tentang kesempurnaan manusia.Ada uraian menyatakan karena manusia terdiri dari unsur lahir dan batin.Ada uraian karena manusia ada RUH yang merupakan tiupan langsung dari alloh.Tentunya tiupan yang dimaksud tidak seperti tiupan dalam presepsi manusia.Ada pula yang menjadikan jargon kebanggaan AKULAH MANUSIA MAKLUK YANG PALING SEMPURNA.Semua uraian tidak ada yang salah dan memang begitulah manusia.Kemarin kami tuliskan gambaran MALAIKAT IBLIS MANUSIA,CICAK KADAL BUAYA,KUDA KELEDAI ZEBRA.Kuda sekilas mirip keledai atau zebra.Namun bila dicermati dari fungsinya kuda lebih sempurna dari keledai atau zebra.Begitu juga manusia ternyata lebih sempurna dari iblis dan malaikat.Bukankah golongan iblis bisa terbang sekejap mata?Malaikat juga makluk yang paling taat pada alloh?Apakah manusia punya kemampuan seperti iblis atau punya ketaatan seperti malaikat?Dimanakah letak kesempurnaan manusia.Dalam alquran disebutkan bahwa alloh telah mengajarkan kepada ADAM(mewakili munusia) seluruh nama nama.Namun alloh juga mengajarkan/memberi ilham kepada lebah(mewakili binatang) untuk membuat sarang.Sedangkan malaikat dan iblis tidak mendapatkan ilham mereka hanya diperintah.Manusia mendapat ilham.Binatang juga mendapat ilham.Namun ilham yang diterima manusia dan ilham yang diterima binatang berbeda. ilham alloh kepada binatang adalah naluri statis.Dengan bukti bentuk rumah lebah dari dulu tetap begitu saja.Lebah jaman sekarang tidak ada yang mengecat rumahnya atau membentuk sarang yang variatif.Sedangkan ilham yang diterima manusia bersifat dinamis.Selain menerima ilham yang sifatnya dinamis manusia juga mempunyai insting/naluri sebagai manusia.Sampai disini sudah terlihat perbedaan manusia dan binatang.Bila manusia belum mampu menangkap ilham yang dinamis yang dalam hidupnya hanya menuruti naluri saja belum mau menerima ilham derajatnya kesempurnaanya sebagai ciptaan belum melebihi binatang.Selain menerima ilham manusia juga menerima bisikan dari setan dan bila manusia selalu menuruti bisikan setan atau tidak bisa membedakan mana yang baik(ilham illahi)dan mana yang buruk(bisikan setan) maka derajat manusia belum melampaui derajat iblis.Ilham dari alloh kepada manusia dari waktu ke waktu terus disempurnakan sesuai keadaan zaman dengan hikmah diutusnya para nabi dan rosul.Wahyu(Ilham) yang diberikan nabi musa as lebih sempurna daripada wahyu (ilham) yang diterima nabi adam as.Wahyu yang diterima nabi Muhammad saw lebih sempurna dari pada ilham/wahyu yang diterima nabi khidir as dan nabi sebelumnya.Tentunya setelah kerosulan Muhamad saw ilham dari alloh kepada manusia masih terus diberikan kpd manusia.Dan wahyu sempurna yang diterima oleh rosululloh muhamad saw semakin jelas dijaman sekarang disesuaikan dg keadaan jaman tanpa merubah dari wahyu tsb.Dari sini terlihat bila manusia belum mau menangkap ilham yang semakin memperjelas wahyu yang telah diterima rosululloh saw maka derajatnya sebagai ciptaan belum mampu melampaui derajatnya malaikat.Sifat dari malaikat adalah ketaatan monoton.Sedangkan sifat spiritual manusia berkembang .Berkembangnya spiritualnya manusia bukan berarti merubah wahyu agung yang telah sempurna.Namun berkembangnya spiritual manusi memperjelas wahyu agung yang telah sempurna sesuai keadaan zaman.Namun terkadang kejelasan ilham tersebut dianggap bid”ah atau sejenisnya dengan alasan tidak sama persis dengan wahyu agung atau dg alalasan rosululloh tidak mengajarkan seperti itu.Semua manusia diberi ilham oleh penciptanya.Tinggal manusia tersebut mau menerima atau tidak.Yang sering menolak ilham adalah akal.Dan yang sering menutupi ilham sehingga kurang jelas adalah bisikan setan.Antara bisikan setan dan ilham saling berusaha mengalahkan.Dan ilham yang diberikan kepada manusia adalah sekehendak alloh apa yang mau diilhamkan kepada manusia adalah sekehendakNYA.Sering terjadi tanpa dikehenaki kita diilhami apa yang akan terjadi pada sahabat kita.Justru saat kita minta ilham yang sangat kita butuhkan ilham malah belum kita terima.Kita tundukan akal agar mau tunduk kepada pencipta dan penguasa akal dan kita terima ilham dari alloh.Siapkan cangkir kosong dalam diri biarlah ALLOH yang mengisi cangkir tersebut menurut KEHENDAKNYA.

About these ads
 
113 Komentar

Ditulis oleh pada 2 November 2011 in Artikel

 

Tag:

113 responses to “KESEMPURNAAN MANUSIA.

  1. Sdm

    2 November 2011 at 15:25

    Smbil ngaso, nuwun sewu nyambung mas Risang, aqal kl disetir dg nfsu ya bgtulh… Bljr ktb suci, hadits nb prl bbrp prngkat, dg ilmu yg mcm2 jg guru. Skrg bnyk buku2 trjmhn ato tulisan sseorng dibc, dphmi sndiri, penulisnya jg gtu tnpa guru, dientho2 maknanya sndri, leter lux pdhl satu kt bs mkna bnyk/pnjng akhrnya dibimbing dhemit ya 100 deh… Br th dkt sdh blng ini bid’ah-itu bid’ah, sprtnya sdh phm/th dg bnar apa dhawuh-tindak Knjg Nb slm 23 th*24 jam? Yg dr Paklek td mnark, tp enaknya arisan mlm kayaknya…

    Suka

     
  2. Ndobleh kencono

    2 November 2011 at 15:54

    Nderek nyimak,.

    Suka

     
  3. Samy. . .

    2 November 2011 at 20:03

    absen malam . . . . .

    Suka

     
  4. ahmadr

    2 November 2011 at 20:23

    Hujan deras

    Suka

     
  5. Samy. . .

    2 November 2011 at 20:26

    udan2 sisan maz Ahmad karo nglatih ASR opo GTumo, kan badan jd panas hehehe. . . .

    Suka

     
  6. ahmadr

    2 November 2011 at 20:36

    halah kang ilmu ilmu kadang yo marai mumet.aku wis lama tak endapno kang.tak gawe netral dulu..he3x

    Suka

     
  7. ahmadr

    2 November 2011 at 20:38

    Zero zero

    Suka

     
  8. jaya baron kompeni

    2 November 2011 at 20:44

    assalamualaikum salim dulu om ahmad disini terang

    Suka

     
  9. ahmadr

    2 November 2011 at 20:55

    Waalaikumsalam,Disini gelap mas.segalanya gelap+dingin he3x…

    Suka

     
  10. Ki Mas Danqow

    2 November 2011 at 21:16

    Assalamu’alaikum wa Rohmatulloh..

    Suka

     
  11. Kerta Raharja

    2 November 2011 at 21:29

    Salam rahayu untuk para sesepuh, dan bolo bumi semua.

    Suka

     
  12. angger

    2 November 2011 at 21:33

    asalamualaikum
    @kang ahmad
    @kang sami
    @kang jbk
    @kang raharja

    Suka

     
  13. ANGGER

    2 November 2011 at 21:36

    KANG AHMAD
    Gimana kabar nya

    Suka

     
    • War

      2 November 2011 at 22:01

      salam sejahtera buat sedulur semua
      tumben masih sepi

      Suka

       
  14. War

    2 November 2011 at 22:15

    bener2 sepi

    Suka

     
  15. giritirto

    2 November 2011 at 22:19

    asalamuallaikum.
    bakar ban pakde bkar ramao

    Suka

     
  16. giritirto

    2 November 2011 at 22:20

    asalamuallaikum.
    bakar ban pakde bkar ramao…

    Suka

     
  17. War

    2 November 2011 at 22:21

    wa alaikum salam wr wb. pada tdr kademen kayae mas

    Suka

     
  18. karyodikromo

    2 November 2011 at 22:23

    uhuk uhuk uhuk hadir selamat malem salam sih katresnan dari karyodikromo untuk semuanya

    Suka

     
    • War

      2 November 2011 at 22:27

      lagi batuk to mbah

      Suka

       
      • karyodikromo

        2 November 2011 at 22:43

        kena asap yang mbakar ban itu lho lik war,yg mbakar ban sopo ya?itu khan polisi eh polusi mbok ya mesakno bumine

        Suka

         
  19. giritirto

    2 November 2011 at 22:25

    hahaha…wis podho sidem kayon

    Suka

     
    • War

      2 November 2011 at 22:28

      adem2 pada nyedak slimut kulit

      Suka

       
  20. giritirto

    2 November 2011 at 22:28

    mbah karyodikromo …monggo mbah mlebet bpk2 arisan.

    Suka

     
    • karyodikromo

      2 November 2011 at 22:48

      njih matursuwun lik giritirto

      Suka

       
  21. m@ning

    2 November 2011 at 22:31

    ngenthit sithik eh….
    ngintip ah …

    Suka

     
    • War

      2 November 2011 at 22:33

      nglilir po

      Suka

       
  22. m@ning

    2 November 2011 at 22:36

    ^_^ …..alian enggon

    Suka

     
    • War

      2 November 2011 at 22:41

      yo ndang uthik2 nek wis ngaleh enggon

      Suka

       
  23. Karyo wangi kembange kopi

    2 November 2011 at 22:47

    Ngintip di balik jendela…sembunyi ah entar ada yg ngagetin..

    Suka

     
    • karyodikromo

      2 November 2011 at 22:52

      sesama karyo di larang menyalip dari kiri,lha kopine diuncalke biar anget disini sukur kopi ngluwak

      Suka

       
    • coro indil

      2 November 2011 at 23:06

      aslkum… salam tetepangan

      Suka

       
  24. Karyo wangi kembange kopi

    2 November 2011 at 23:07

    Ni pakde karyo tak ksh kembangnya aja ya soale blm jd kopi,msh dlm proses tp tetap wangi kok hehehe kalo kopi luwak maaf gak mampu beli,maaf kalo luwaknya aja gmn qiqiqi

    Suka

     
    • coro indil

      2 November 2011 at 23:09

      mang luwak blh bikin kopi y

      Suka

       
  25. Karyo wangi kembange kopi

    2 November 2011 at 23:11

    Walaikumsalam mbah coro indil,salam tepang ugi.maaf coro indil bukankah namanya cere guyon.com ahihihi

    Suka

     
  26. Karyo wangi kembange kopi

    2 November 2011 at 23:25

    Mbah coro kalo luwak blh bikin kopi kata org jawa bilang kemendel…luwak hanya merk,tp kalo sy lbh suka yg natural alias ndeplok dewe lbh steril kata org medis hehehe soal rasa tetap sama yaitu wedang kopi.

    Suka

     
  27. albathinu

    3 November 2011 at 02:47

    ass wr wb. nuwun sewu kngmas risang n se2puh sedoyo mohon izin mnyimak ilham yg diperoleh kngmas risang yg tertuang dlm bentuk tulisan nyata diatas. membacanya sperti ada getaran “rasa” yg trasa brbeda seolah dg kalamNYA Alloh sdang mngajarkan sbuah pmahaman mlalui gerakan tulisan kngmas risang yg bgitu indah skaligus mudah dicerna. matur sembah nuwon sanget kngmas sudah mau berbagi ilham dg qta smua. kngmas apakah ksempurnaan manusia itu jg mrupakan perwujudan dr ksempurnaan ilahi yg tiada batas?

    Suka

     
  28. albathinu

    3 November 2011 at 03:09

    teringat ajaran kngmas bahwa ilham akan menghampiri saat jiwa dlm keadaan pasrah (kondisi jiwa yg netral tanpa persepsi tanpa hrpn) saat kulo coba knpa ky ada perang besar dlm diri kulo. lalu bagaimana mnetralkan jiwa jika jiwa itu sendiri sudah dikuasai jin syetan iblis n dajjal sperti yg kulo alami sdangkan untuk mampu mngadakan mi’raj mlalui tafakur dzikir n sholat bukankah nafs hrs bisa bersinergi dahulu dg ruh?

    Suka

     
  29. albathinu

    3 November 2011 at 03:43

    pangapunten kngmas klo kulo bnyk bertanya krna bnyk pertanyaan dlm benak tentang ‘diri’ kulo /diri manusia. kngmas jk diwkt kecil sring mimpi disinari 1 bintang besar/disinari bnyk bintang kmudian stelah dewasa sring mimpi disinari bintang bulan n matahari yg terbit dilangit dlm wkt bersamaan maknanya apa ya kngmas? ada lg yg kulo bingung saat bln puasa klo pulang dr mesjid jam 2/jam 3 mlm sring diikuti kumpulan bintang n awan yg berarak dilangit. itu knpa ya kngmas, apa termasuk gangguan gaib?

    Suka

     
  30. RISANG MUKTHI™

    3 November 2011 at 05:52

    Wa alaikum salam ayu albathin.Kesempurnaan manusia sudah kehendakNYA diawal sang Pencipta menciptanya.Manusia menjadi naskah kalam2nya.Muhammad saw adalah alquran yg berjalan.Begitu juga generasi setelah zaman kenabian mesti ada yang menjadi lembaran naskahNYA sebagai tanda HAQNYA.Adanya getaran setan dlm jiwamu karena ayu belum pasrah kepadaNYA.Pasrah itu yang bagaimana ya kok kayaknya sulit amat?Pasrah beda dg masa bodoh.Dalam alquran ada perintah JADIKANLAH SHOLAT DAN SABAR unt memecahkan masalah.SHOLAT DAN SABAR=SHOLAT DENGAN SABAR=SABAR MENUNGGU.Apa yang kita tunggu?Solusi2 dariNYA.Kosongkan diri menunggu .Menunggu dengan penuh harapan itulah yg saya maksud pasrah.Dalam praktenya saat ayu sholat atau dzikir atau membaca alquran niatkan menuju kpd alloh.Krn kita tdk tahu bgm caranya menuju kesana jangan lantas membayang2kan dg berganti2 presepsi.Sabar menunggu saat mengerjakanya dg penuh harapan.Biarlah DIA yg menjemput kita unt menuntun menuju kepadaNYA.Saat DIA menjemput kita ada rasa sentuhan qolbu.Kalau terasa ada sentuhan qolbu pasrah saja mengikutinya dg berserah diri total tanpa perlawanan.

    Suka

     
  31. arief®

    3 November 2011 at 06:57

    assalamu’alaikum wr wb
    absen pagii
    salim sungkem mbah risang
    km albathin

    Suka

     
  32. RISANG MUKTHI™

    3 November 2011 at 06:57

    Ada mimpi kecil ada mimpi besar.Ada sadar semu ada sadar hakiki.Mimpi kecil mimpi yg kita alami saat kita tidur.Mimpi besar hidup di dunia inilah mimpi besar.Disebutkan dlm hadits apabila manusia mati maka sadarlah ia sepenuhnya.Saat kita mati terkuaklah semua yang samar.Sayangnya saya juga blm pernah mati.Namun paling tidak ada petunjuk jalan unt menguak kesamaran walaupun tdk terkuak sepenuhnya.Yaitu dg anjuran matilah kamu sebelum kamu dimatikan.Yaitu dg mematikan akal mematikan rasa.Niat menuju kepadaNYA.Maka lepaskanlah gambaran2 yg ayu alami.Silahkan lepas menuju kpdNYA.Godaan paling berat adalah tanpa sadar kita mencantolkan diri kita bukan pd tempatnya.Gambaran jelas kita mencantolkan diri bukan pada tempatnya saat kita sering menunggui orang NAZA’/SAKARATUL MAUT.Sangat jelas tergambar siksa yang amat sangat.Walaupun kita tidak melihat malaikat pencabut nyawa namun gerak gerik dan gelagat org yg sakaratul maut seolah jiwanya yg telah NYANGKUT KUAT dihartanya di jabatanya seolah dipaksa oleh malaikat unt lepas seolah seperti kain yg terkait disebuah paku ditarik paksa shg harus sobek sana sini.Ya memang pada dasarnya si kain sendiri tidak mau lepas dari paku itu.Seandainya si kain sblm dicabut sudah iklas lepas tdk nyantol di tempat tertentu mungkin dg mudahnya kain tsb dilepas.Tanda tanya besar khususnya bg diri pribadiku .BARANG SIAPA NAFAS TERAKHIRNYA MENGUCAP LAA ILAHA ILLALLOH MAKA DISURGALAH TEMPATNYA.Nanun sudah 30thn lebih dan berulang kali menunggui orang sakaratul maut baru 1x melihat yg seperti itu.Itupun seorang nenek tua yg biasa2 saja ibadahnya menurut pandangan manusia.Kalau org meninggal mampu mempersiapkan diri dan prosesnya tak tersiksa ada beberapa.Kesimpulan saya tidak mudah unt pulang kembali kepadaNYA tidak semudah yang kita sangka.

    Suka

     
  33. RISANG MUKTHI™

    3 November 2011 at 06:59

    Wa alaikum salam mas arif.Disini mendung gelap di pg hari

    Suka

     
  34. AJOE

    3 November 2011 at 07:38

    assalamualaikum wr wb
    wilujeng enjing, semangat pagi…
    Salim mbah Risang
    kang arief
    absen pagi sembari siap2 beraktifitas…

    Suka

     
  35. arief®

    3 November 2011 at 07:46

    salim jg kang ajoe…
    mbah risang sama disini jg mendung+dingin…

    Suka

     
  36. m@ning

    3 November 2011 at 07:50

    semangat pagi
    salam rahayu sederek sedoyo

    Suka

     
  37. wira

    3 November 2011 at 09:38

    asalamualaikum….
    absent pagi menuju siang sekalian menyimak pembabaran dari para sesepuh…

    Suka

     
  38. giritirto

    3 November 2011 at 11:41

    absen siang..
    semoga dulur2 semua selalu mendapat kelimpahan rahmat sehat,tambah keimananya,lancar jln rizkinya.di mudahkan semua urusanya .amin

    Suka

     
  39. RISANG MUKTHI™

    3 November 2011 at 11:55

    Monggo dzuhur dl

    Suka

     
  40. abdullah...(sahru siam)

    4 November 2011 at 12:47

    siang kang mas risang…
    Nderek ndeprok di sbm…

    Ijin nyimak kang…

    Eh ya kang,mau tanya gmn crax untuk melepaskan akal n rasa.sehingga kita betul bisa menuju padax.
    Krn kdang sering kita dzikir tp pikirax kemana2.pa lg waktu sholat…

    N bagaimna menerapkan ikhlas dlm bribdah.krn sring kali kita melakukan amalan n dzikir tjuanx untuk mncpai n mendaptkan ssuatu .

    Suka

     
  41. abdullah...(sahru siam)

    4 November 2011 at 12:52

    eh ya kang bagaimanakah cara menuju kesadaran sejati itu…

    Suka

     
  42. RISANG MUKTHI™

    4 November 2011 at 14:18

    Mas abdulah unt menangkap ilham dr alloh ikut cara rosululloh saja.Ketika rosululloh disuruh jibril IQRO YA MUHAMAD! Apa jawabnya?Jawaban itulah yg kita tiru unt menangkap ilham.Jd ilham ini tdk dimonopoli oleh org2 khusus tp semua manusia asal dia mau.Unt menuju kpdnya metodenya jg sama spt diatas.Kl kita mencari tuhan sulitnya minta ampun kadang akal kita mereka-reka.Tapi yang kita anggap itu bukan.Pantas org yg tak suka agama islam mengatakan agama itu hanya hasil olah pikir dan evolusi kebudayaan agama.Coba buka blog2 bnyk yg mengatakan begitu.Pakai cara rosululloh saja mas nanti malah alloh sendiri yg mengenalkan diri kpd kita.Tidak sulit dan tdk rumit.Yg memperumit akal akalan kita sendiri maka enak dg metode rosululloh ketika disuruh IQRO malaikat.

    Suka

     
  43. lemots

    4 November 2011 at 14:51

    sekedar saran untuk para sesepuh di blog tercinta ini..

    tolong tulisan yang di muat untuk lebih diperhatikan karena tidak begitu rapi maksud na berilah jarak antara paragrap satu dengan yang lainnya agar para pecinta blog ini lebih nyaman membacanya.

    Mohon maaf atas kelancangan saya sungguh tak ada maksud apa-apa ini hanya sekedar saran saja monggo para sesepuh dan pngurus mendiskusikannya..

    sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya..nuwun para sesepuh

    Suka

     
  44. Wiwid

    8 September 2014 at 17:31

    Hadir

    Suka

     

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s