BAB SOLAWAT DAN USHOL SOLAWAT NABI

langlang buwana asror.syaahadat@gmail.com

Assalamu’alaikum wr.wb
Bismillahirrohmanirrohim alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wasalamu ‘ala asrofil anbiya walmursalin. amin
Salam silaturahmi kepadakang Risang, kang ahmad.R, dan semua sesepuh SonggoBumi yang tidak mungkin bisa saya sebut satu per satu,juga tak lupa untuk para pembaca semua.
Dan tak lupa saya ucapkan selamat atas miladnya SBM yang sejuk ini yang di tata secara apik oleh kang Risang,kang ahmad, dan sesepuh yang lain smoga slalu dalam berkah Allah S.W.T amin.
Langsung saja kang saya mohon ijinnya menulis sedikit artikel yang mungkin berguna bagi semua dan sebelum saya menuliskan beberapa sholawat,serta istighosahnya, di bulan yang baik ini saya coba menulis silsilah / ushol untuk semua sholawat nya terlebih dahulu karna ini penting bgi setiap pembacaan sholawat terutama bagi saya yang kotor ini. Di sebut doa ushol karna ini doa untuk menyambungkan/ menyampaikan sholawat kita kepada rosul kita Nabi MUHAMMAD S.A.W.
Sebagaimana firman ALLOH S.W.T :
” Sesungguhnya Allahdan malaikatnya bersholawat kepada Nabi, hai orang2 yang beriman bacalah sholawat dan salam kepadanya.”
Begitu pula sabda Nabi Muhammad S.A.W :
” Bacalah solawat padaku ,sesungguhnyabacaan solawat padaku adalah penebus dosamu dan pembersih bagimu.Oleh karena itu barang siapa yang membaca solawat padaku sekali maka allah memberinya rahmat sepuluh padanya.”
Maka dari pada itu perbanyaklah membaca solawat karna begitu banyak faidah, khususnya untuk mendapat syafa’at baginda nabi Muhammad S.A.W. sekalipun tidak khusu dalam pembacaannya tetap akan diterima Allah tapi alangkah baiknya kita bersolawat dengan khusudan memperbagusnya serta mengingat baginda nabi . karena kita tidak tau apakah solawatnya disampaikan kepada nabi atau tidak ?. sebagaimana sabda baginda nabi Muhammad S.A.W :
” Idza sholaitum ‘alaya fa ahsinus sholata fainnakum la tadruna la’alla dzalikayu’rodhu ‘alaiya qulul lahummaj ‘al sholawatika waabarokatika….”
Yang artinya “Dimana di antara kalian yang membaca solawat maka perbaguslah dalam membaca solawat itu karna diantara kalian tidak mengetahui apakah pembacaan solawatnya disampaikan kepada ku atau tidak” mudah mudahan saja solawatitu disampaikan kepadaku.maka baca oleh kalian :
ALLOHHUM MAJ’AL SHOLAWATIKA WABAROKATIKA ‘ALA SAYYIDIL MURSALIN WA IMAMIL MUT TAQIN WA KHOTIMIN NABIYYIN SAYYIDINA MUHAMMADIN ‘ABDIKA WAROSULIKA IMAA MIL KHOIRI WAQOO IDIL KHOIRI WAROSULIR ROHMATI ALLOHUMMAB ‘ATSHUL ( pake huruf TSA) MAQOMAL MA H MUDAL LADZI YAGHBITUHU FIHIL AW WALUNA WAL AKHIRUNA.
Doa ushol solawat ini dibaca 1X saja setelah membaca sholawat apa saja insya allah sampai kepada baginda rosul S.A.W sebagaimana sabdanya di atas, amin. Dan sebelum membaca solawat bacalah terlebih dahulu :
“INNALLOHA WAMALA IKATAHU YUSHOLLUNA ‘ALAN NABI YA AYYUHAL LADZINA AMANU SHOLLU ‘ALAIHI WASAL LIMU TASLIMAN’
Dan berikut saya mulai dengan membahas solawat pertama yang di ambil dalam kitab solawat yaitu ‘ majmu’as sholawat ‘ala sayyidis sadat ” bab awal yaitu..
1.SOLAWAT TAISIR
“ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALA SAYYIDINA MU H AMMADIW WA’ALAA ALI SAYYIDINA MU H AMMADIN
SHOLATAN TAFTA H ULI BIHA BAA BAR RIDHO WATTAISIR WATAGHLIQU BIHA ‘ANNI BAA BASY-SYARRI WAT TA’SIR WATAKUNULI BIHA WALIY YAW WANASHIRON YAA NI’MALMAULA WAYA NI’MAN NASHIR.
Ini solawat taisir artinya solawat untuk memudahkan dan melancarkan suatu perkara yang menyusahkan / yang susah susah, dan dalam tiap satu kali membaca solawat taisir harus di tambah doa ini : ini doa untuk mahabbahnya .
“WA ‘AT THIF QULUBAL ‘ALAMINA BI ASRIHIM ‘ALAIYA WA ALBISNI QOBULAM BISYALMAHAT.
Kalau faidahnya ini solawat “dimana mana ada perkara/urusan yang susah/ sangat susah atau kurang lancarnya urusan apa saja terutamayang ada ikatannya erat dengan rizqi,seperti beratnya dan gelisahnya hidup atau sering kita sebut dengan sengkolo apa saja , susah hasilnya suatu maksud, susah mencari pekerjaan /usaha, dan sebagainya.dan di beri mahabbah yang sangat. maka berikut kaifiyatnya:” BACA SOLAWAT DAN DOANYA TIAP BA’DA FARDHU SHOLAT 5 WAKTU SEBANYAK 7X DAN TIAP MALAM SEBANYAK 111X DAN DAWAMKAN”.
Maka itu semua perkara yang susah susah oleh allah akan di mudahkan dan di lancarkan dan semua maksud akan di beri pertolongan dan dalam keridhoan allah S.W.T.
Dan Dawuhan Imam ABU ‘ABBAS BIN ALI ALBUNI R.A. :
” Barang siapa yang mau mendawamkan solawat taisir 7x ba’da fardu dan di tambah 111x sehari maka tidak akan sampai satu tahun kecuali dia akan di sugihkan( dikayakan) oleh allah S.W.T dan setiap orang yang melihatnya akan menyukainya.”
Mudah mudahan bermanfa’at saya ijazahkan untuk smua yang mau mengamalkan guna meramaikan solawat untuk mendapatkan syafa’atnya itu yang terpenting dan umumnya untuk semua yang sudah saya jelaskan di atas..amin, insya alloh kalau ada umur dan allah mengijinkan saya postingsolawat ‘alil qodri, solawat ‘adzomil muabbad,solawat yada’imul fadli,solawat midroron,solawat nabiyi thohir, dan lain lain juga kaifiat tatacara dan istighosahnya khusus di SBM ini,mohon dimaafkan jika ada salah2 kata dan tata krama yng kurang baik khususnya untuk kang Risang, kang Ahmad.R dan semuanya. washolallohu ‘ala sayyidina muhammad wa’ala alihi washohbihi wasallam walhamdulillahirobbil ‘alamin .akhirul kalam Wasalamu’alaikum W.r W.b..
NB : huruf yang di garis bawah merupakan huruf kecil ” H ” dibaca H kecil.
maaf saya belum bisa menulisnyadalam b.arabnya
Lang_lang Buwana.

62 tanggapan untuk “BAB SOLAWAT DAN USHOL SOLAWAT NABI”

  1. Assalamualaikum wr. wb.

    Salam salim untuk para sesepuh Songgobumi….

    Salam persaudaraan untuk saudaraku di blog ini…

    nderek nyimak ki….

    Suka

  2. Kita punya hati punya perasaan mari kita gunakan.

    Dulu ditempat saya gemolong ada yg mengaku nabi dan menjual kavling surga.Kelas vip waktu itu 24jt.Exekutif 12jt.Surga ekonomi 6jt.Anehnya bnyk yg beli dari kalangan mahasiswa dosen ustadz dll.Diperingatkan mereka tetap ngotot.Akhirnya si nabi palsu diciduk kepolisan sragen.Ketika di introgasi si nabi palsu penjual kavling surga dg enak menjawab.Salah sendiri mereka mau beli.

    -hari ini ada sms ada nabi akhir zaman disulawesi.Akan membunuh siapa sj yg tdk mengakui kenabianya.

    HATI HATI AJARAN SESAT DIDUKUNG OLEH BALA TENTARA SETAN YANG MENJANJIKAN KEAJAIBAN2.TAK PEDULI APA LATAR BELAKANG KITA CEDIKIAWAN IMAM MAHASISWA DLL AKAN TERTUTUP SEKETIKA AKAL SEHAT ANDA.
    TANDA2 SEKTE SPT ITU PIMPINANYA SELALU MENINGGIKAN DIRINYA.CONTOH LIA AMINUDIN DG JULUKAN SANG RUKHUL QUDUS.TUKIMAN MAQOLAD JANNAH DARI GEMOLONG.MUNGKIN NANTI AKAN ADA PAIJO SAW,PAIMO AS DLL.ITU YANG MEMAKAI NAMA BASIC AGAMA.YANG MEMAKAI BASIC KEPERCAYAAN BANYAK LAGI PARMO SANG RATU ADIL,BEJO SATRIO PININGIT.BELUM LAGI YANG KONON TITISAN BUNG KARNO.MEMANG KALAU SUDAH MASUK DALAM SEKTE2 SPT ITU SULIT LEPAS.SEOLAH HATI DAN AKAL WARAS TIDAK BERGUNA.
    SAAT INI DI SIMO BOYOLALI JUGA ADA KEMAMPUAN GAIBNYA SCR LAHIRIAN LUAR BIASA.BISA MEMBUAT AIR SUNGAI BERGOLAK,TANGAN2 PENGIKUTNYA MENGELUARKAN ASAP.MENEBAK DG TEPAT PERISTIWA MASA LALU.MENGELUARKAN CAHAYA WARNA WARNI DARI SENDANG.HATI HATILAH….

    Suka

      1. Assalamualaikum wr wb yg terhormat poro sesepuh ijin nyimak artikel om langlang buwana , sholawat yg bagus sekali ini

        Suka

  3. solawat qowi Mbah Kuwu Cakra Buana
    Allahumma Solli ‘ala muhammadinil Qowwiyi washolihil a’mal,
    sesepuh mohon bantuannya untuk menerjemahkan arti dari sholawat qowi tsb..
    klo tdak keberatan saya mohon pembabarannya
    makasihh sebelumnya

    Suka

  4. tik tuk tik tuk penyakit kok dimana mana,di agama,di rs,di kantor ,di pemerintahan,di masjid,di rumah,di mana mana ,teman ada yg dpt ijazah doa rosul ternyata hidupnya berubah kaya..ada yg tahu tirakat doa rosul

    Suka

  5. Salam dan salim semuanya… Nwn sewu mbahe Risang jg sedherek semua… Nywun pengedhongan, pemudhengan-pencerahan hal dhawuh yg intinya: tiada jin-setan yg bs “menyerupai” knjng Nabi SAW, menyerupai(sama). Masanya kan jauh (gnti gnerasi turun-maturun) tiada yg prnh tahu bgmn beliau ? Serupa jelas tdk bs kt maklumi, prtnyaanya kalo “mengaku” mslkan ada org blm prnh ktemu kmas Banyu(m’f buat tamsil), dia ktemu dg sy yg pas kebtulan dirmh kmas Banyu kbetulan jg pas beliau tindakan/ke pasar beli rokok mslkn, disitu sy mengaku sbgai kmas Banyu(kbetulan orange prcaya). Bisakah dmikian ??????? Prtnyaan ini mgkn jg mwakili dulur2 yg lain. Suwun.

    Suka

  6. Dari artikel di atas:

    “INNALLOHA WAMALAAIKATAHU YUSHOLLUUNA ‘ALAN NABIY YAA AYYUHALLADZIINA AMANUU SHOLLUU ‘ALAIHI WASALLIMUU TASLIMAN’ [Al-Ahzab:56]

    Artinya:

    “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

    Cara ber-shalawat yang didahului dengan ayat di atas, pernah dibawakan oleh sayyidina ‘Ali Ra, Salamah Al Kindiy, kemudian oleh Habib Abu Bakar Bin Muhammad Assegaf. sedangkan yang lainnya banyak yang tidak didahului dengan membaca ayat tersebut di atas, tetapi langsung baca shalawatnya. tergantung ijazah oleh masing-masing yang memberikan shalawat.

    —————————

    ALLOHHUMMAJ’AL SHOLAWAATIKA WA BAROKAATIKA ‘ALA SAYYIDIL MURSALIIN, WA IMAAMIL MUTTAQIIN, WA KHOOTAMIN NABIYYIIN, SAYYIDINA MUHAMMADIN ‘ABDIKA WA ROSUULIKA IMAAMIL KHOIRI WA QOOIDIL KHOIRI WA ROSUULIR ROHMATI.

    ALLOHUMMAB ‘ATSHUL MAQOOMAL MAHMUUDAL-LADZI YAGHBITUHU FIHIL AWWALUUNA WAL AKHIRUUNA.

    “Wahai Allah jadikanlah shalawatmu dan berkatMu atas junjungan para utusan, imam (pemuka), orang-orang bertaqwa, dan penutup para nabi, ia hambamu, pemuka yang baik dan pemimpin yang baik, dan utusan yang membawa rahmat.

    Wahai Allah bangkitkanlah tempat terpuji baginya yang didirikan oleh orang-orang pertama dan terakhir”

    Imam sya’roni berkata: Abdullah Bin Mas’ud pernah berkata: “Jika kamu membaca shalawat atas rasulullah, maka perbaguslah bacaan shalawat atasnya itu, mungkin hal itu akan ditunjukkan kepada nabi.

    Suka

  7. Salim pr hadirin, yg blm hadir. Kabar baik kmas Baron… Monggo silahkan diajak skalian boloplexnya(nginap), tp sms dl lo ya… Mas Banyu kuwi klambi anyar, asline smpean sdh knal hehehe… Prtnyaan sy diatas msh blm ada yg menjlentrehkan ya… Ya sdh ttp sy rantos…

    Suka

  8. Mas sdm.Ada beberapa kaifiyat bertemu rosululloh saw.Kaifiyat tsb tentu jg hrs diikuti dg syariat beliau.Misal kaifiyat tsb diamalkan namun syariat kita tdk spt beliau maka sulit.Ada jg org yg tdk paham ttg syariat namun stlh ditemui beliau terjadi perubabahan drastis pd pola tabiat dia.
    Dlm mimpi tsb bg org awam rata2 rosululloh hanya dg bahasa isyarat.Namun saat mimpi sipemimpi timbul keyakinan yg otomatis bahwa itu rosululloh.Wl sosok td tdk berbicara akulah rosul muhamad saw

    Suka

  9. Msh ada yg pingin sy tnykan shubungn hal tsb, insya Alloh kl ktmu lgsung sj, ada yg aneh (mnrt sy) ada komunitas diselatan wil agak jauh. Suwun kmas, artklnya mbrondong/bruntun hehehe… Smpe lupa kmas Langlang, matur nuwun atas kaifiyah sholwtnya.

    Suka

  10. kata kiai Risang “Dlm mimpi tsb bg org awam rata2 rosululloh hanya dg bahasa isyarat.Namun saat mimpi sipemimpi timbul keyakinan yg otomatis bahwa itu rosululloh.Wl sosok td tdk berbicara akulah rosul muhamad saw”…
    kenapa ya tidak berbicara langsung? apa karena beda bahasa ya? arab dan indonesia? 🙂 pernah diberikan minum kelapa muda dan diajak nyantai di shaf depan dlm sebuah musholla namun memang tiada berkata”… anggap sebagai nikmat dari Allah saja, ga usah dianggap macam2.. semoga Allah memberi hidayah buat kita semua, Amin…

    Suka

  11. terima kasih telah berbagi, qobiltu izin mengamal semoga barokah dunia dan akherat. alfatehah khususon ila ruuhi langlangbuwana send

    Suka

  12. Kalau kaya dg suatu amalan mungkin saya termasuk salah satu yg masih menyangsikan hal tsb. Bahkan saya hampir tiap malam begadang untk ritual meningkatkan pendapatan saya. Saya akui ada peningkatan tapi masih sekedar ditataran pemenuhan kebutuhan. Kadang jadi capek dan bosan juga. Karena gak ada amalan atau hizib atau apapun yg dg drastis hasilnya yg saya rasakan. Kecuali untuk bantuan jin gak pernah saya amalkan jadi saya gak tau.

    Suka

  13. asalmualaikum wr-wb.slm salim bt smua nya tanpa trkecuali sdulur SBM.
    ka tampi ijaszah sholawat nya,mhn ijin mengamalkan nya a.slm hormat dr murid aa dibekasi.
    untk kang mas risang,km ahmadr,slm krahayuan.smoga sllu dlm dekapan cinta nya Alloh swt.
    @lang-lang,slm bt kluarga aa,dr kutoaryo bekasi.

    Suka

  14. alhamdullah,.barokallah,ane memiliki ktb sholawat yg antm ulas.namun msh menggunakan bhas arab-sunda..yg dmana ad muabbad dsb.dr syeckh taqiyudin al dimasqy ai hanbali.sy d izahkan oleh cucu dr pd kyai juhdi bin zakarsih dr garut.sukron

    Suka

  15. assalamualaikum kang?
    kalo boleh saran..d tulisnya mending pake bhasa arob aja..biar gampang bacanya..maksi.wassalamualaikum wr wb

    Suka

  16. Assalamualaikum
    salam kenal, nama saya Rizki dari tasik. Saya mau tanya, kenapa kalo saya bersholawat saya suka terharu dan nangis karena perasaan ingin bertemu nabi Muhammad kelak di akhirat? Apakah diperbolehkan menangis / terharu sambil bersholawat?

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.