Assalamu alaikum wrwb.Kalau tulisan sebelumnya ada NGAJI SYUKUR.Sekarang ngaji bareng surat alqodr.
Ngaji kalau di jawa identik dengan membaca alquran.Namun ngaji bermakna luas ngaji(mengkaji),bisa ngaji quran,ngaji roso,ngaji boso,ngaji uang(ilmu kaji duit) dll.
Ternyata kesempatan ngaji masih ada walau kita disibukan dengan urusan lain.Kita bisa ngaji alam,ngaji roso lewat pergaulan kanan kiri ngaji lewat quran pun bisa walau beberapa menit.

Kali ini bareng2 ngaji surat alqodr.Mau diamalkan silahkan.Mau buat sekedar bacaan ringan silahkan.
Surat alqodr termasuk surat pendek yang banyak kegunaanya secara hikmah baik dikaji dari hadits2 maupun ungkapan2 para ulama terdahulu.

Menurut kajian hadits:
-barang siapa membaca surat alqodr mendapat pahala puasa dibulan romadhon bila ia beribadah pas malam lailatul qodar.
-barang siapa membaca surat alqodr 100x niscaya alloh masukan ismul adzom kedalam hatinya dan bila ia mendoa maka diterima doanya.
-barang siapa membaca dihari jumat surat alqodr 1000x ia tidak akan mati sebelum melihat rosululloh saw dalam tidurnya.
-nabi saw bersabda:maukah kalian dibentengi alloh dari iblis seperti bentengnya ya’juj dan ma’juj? Para sahabat menjawab:mau ya rosululloh.Nabi saw bersabda:bacalah surat alqodr pagi dan sore 3x lalu ikuti dengan doa YAA ALLOH YAA SHOHIBUL QUDROTI FARRIJ ANNII HAMMI WA KARBI artinya:ya alloh yang mempunyai kekuasaan lepaskan diriku dari kedukaan hati dan kesusahan(karena pengaruh iblis.

Menurut kajian ulama ilmu hikmah.
Surat alqodr dapat dinisbahkan dalam pembacaan HIZIB SAIFI YAMAN.Maksudnya bukan surat alqodr dibandingkan dengan hizib saifi yaman,namun bila kita ingin mengamalkan hizib saifi yaman namun terpancang karena begitu panjangnya hizib saifi yaman maka kita dapat mewiridkan surat alqodr sebagai gantinya.40x pembacaan surat alqodr dinisbahkan dengan 1x pembacaan hizib saifi yaman.
Hizib saifi yaman juga sebuah doa panjang dari rosululloh saw.Diriwayatkan malaikat jibril memberikan hizib saifi yaman kepada rosululloh saw dan berkata jibril:sesungguhnya doa saifi yaman mengandung 12.000 manfaat.6000 manfaat didunia dan 6000 manfaat diakherat.
Karena begitu banyaknya khasiat hizib saifi yaman maka para ulama memberi nama yang berbeda2 hizib ini.Diantaranya:hizib ismul adzom,doa saifulloh,yamin wa qudrotulloh,burhan ya’dulloh dan masih banyak nama2 lain dari doa ini.
Diantara khasiat doa saifi yaman:
1.Jika seseorang tetap istiqomah bacaan nya, di pagi dan sore, niscaya Allah mengasihi dia dengan kasih yang khusus.
2.Jika seseorang tetap dalam pembacaan, dalam pagi dan sore hari, dosa tidak akan menempel terhadapnya.
3.Jika seseorang tetap dalam bacaan dipagi dan malam hari Allah akan memberinya pengampunan untuk semua dosa-dosanya yang dilakukan sebelumnya.
4.Jika seseorang mengucapkan itu dalam satu tahun, dosa-dosa yang telah dia lakukan pada tahun itu tidak akan dicatat.
5.Untuk seseorang yang mengucapkan, niscaya Allah akan memberinya pahala untuk puasa Ramadhan.
6.Jika seseorang melafalkan itu empat puluh satu kali, Allah akan memberinya bakat karismatik seperti orang-orang suci, dan Ia akan menyebabkan dia menjadi lentera bagi mereka di setiap tempat apapun, dengan Izin-Nya.
7.Jika seseorang melafalkan tiga kali setiap pagi, sampai total empat puluh pagi, ia akan mendapatkan karisma orang-orang suci, dan ia akan menjadi sosok yang indah dan dihormati di antara sesama makhluk-Nya, orang yang tidak bertentangan tidak menentang.
8.Jika seseorang melafalkan itu empat puluh satu kali, di setiap empat puluh pagi berturut-turut.Allah akan menyebabkan dia mencapai tingkat kesucian.
9.Jika seseorang ingin melihat salah satu dari para nabi, atau salah satu orang suci, atau anggota keluarganya atau salah satu sanak keluarganya, maka membacanya empat puluh satu kali,untuk kemudian dia akan melihat orang itu, dengan izin Allah.
10.Jika seseorang melafalkan diniatkan untuk dirinya sendiri dan orang tuanya, empat puluh satu kali, mereka tidak akan mengalami kesulitan di dunia ini maupun kesulitan di akhirat.
11.Jika seseorang melafalkan itu satu kali, Allah akan menyelamatkan dia dari kematian mendadak (kecelakaan, kebakaran).
12.Jika seseorang melafalkan itu empat puluh satu kali, untuk menemui nabi Khidir as,nabi Khidr as akan datang kepadanya.
13.Jika seseorang tekun tetap dalam pembacaan, ia tidak akan meninggalkan dunia ini tanpa iman yang benar, bahkan jika perbuatannya adalah tidak tepat.Bahkan jika dosa-dosanya seperti busa laut.Allah akan mengampuni dia dengan nikmat anugerah-Nya, dan Dia akan mengampuni dia dengan pengampunan sejati.

Itulah diantara khasiat hizib saifi yaman.Namun hizib ini cukup panjang.Maka hal tersebut dapat dinisbahkan dengan wirid surat alqodr(40x alqodr:1x hizib saifi yaman).

Kajian dari ilmu kewalian jawa.
Riyadhoh surat alqodr dengan cara diwirid 1000x pada bulan ruwah(sya’ban)selama sebulan penuh adalah laku untuk meraih wahyu tajjali(dalam cerita wayang wahyu tohjali).Maka orang jawa meyakini dibulan ruwah para arwah diberi kesempatan turun ke dunia.Kalau tradisi banten bulan sya’ban bulan yang bagus untuk mengasah ilmu batin/menurunkan ilmu.
Demikian kajian surat alqodr semoga dapat menambah wawasan kita.

About these ads

189 responses »

Comment navigation

  1. Banyugeni mengatakan:

    Mas muarip ini nick baru atau memang warga baru,kalau warga baru salam kenal,kalau warga lama berapa bajunya..he3x

    Suka

  2. denwiek mengatakan:

    Kang @Banyugeni, bukannya dari tuuaaadiiii, dah tak kirim inboxnya?

    Suka

  3. Banyugeni mengatakan:

    Owalah mbah maaf blm buka fb..hi3x.lgsung deh kubuka.

    Suka

  4. miftah mengatakan:

    hadir lagi salam kang banyu

    Suka

  5. anugrah mengatakan:

    sugeng dalu porosederek sedoyo

    Suka

  6. banyugeni mengatakan:

    sugeng dalu mas miftah mas anugrah

    Suka

  7. denwiek mengatakan:

    “Pengridune” syaithon …

    mbah @Banyugeni … kata pengridune …. artine nopo nggih? trus nopo kalimatnya bener? … nyuwun kaweruh nggih

    Suka

  8. RISANG MUKTHI™ mengatakan:

    Asalamu alaikum selamat malam

    Suka

  9. denwiek mengatakan:

    wa ‘alaikum salam kang @Risang

    Suka

  10. RISANG MUKTHI™ mengatakan:

    Hanya berdua???

    Suka

  11. banyugeni mengatakan:

    waalaikumsalam kang risang,
    mbah denwiek sy mboten ngertos artine..he3x.

    Suka

  12. denwiek mengatakan:

    barusan ada kang @banyu, ndak tau kemana tuh

    Suka

  13. miftah mengatakan:

    nyambi ngrungokno ky anwar ceramah

    Suka

  14. RISANG MUKTHI™ mengatakan:

    diinternet banyak yg tidak lengkap baik laku maupun kalimatnya.

    Suka

  15. denwiek mengatakan:

    Yaa Allah Gustii kulo nyuwun selamet dun-yo akhirat, kulo nyuwun selamet saking
    hasude tiyang ingkang sami hasud, kulo nyuwun selamet saking … syaithon
    walhamdullaaHi robbil ‘aalamiiin

    titik2 … isinya pengridune …. pengridune atau pangridune? … kelamaan di betawi jadi lupa bahasa … nopo artine kang Risang

    Suka

  16. banyugeni mengatakan:

    yg mana kang,yg kuhilangkan?

    Suka

  17. miftah mengatakan:

    yang lain pada wiridan apa ya

    Suka

  18. miftah mengatakan:

    salam dari pak sdm jaringane tdk ada dikediri

    Suka

  19. RISANG MUKTHI™ mengatakan:

    Pangridune=godanya setan

    Suka

  20. RISANG MUKTHI™ mengatakan:

    ASMA KHIDIR LENGKAP:”Aqsamtu alaika ya nabbiya khidir AS wa alaika asma’ul khuddam (aluuha 2x) (assaah 2x) bi idznillah bi la haula wala quwwata illa billah”

    “Yaa man laa yusyghluhu sam’un an sam’in”
    “Yaa man laa tughlithul masaa’il”
    “Yaa man yatabarromubiilhaahil malhiin”
    “Dziqnii Burda ‘afwika wa halaawata rohmatika”
    Tingkat 1 (Ucapkan 1000x)
    “Innaka quwwata bi quwwati wa quwwatika wa balyakhan balyakhin barnabal barnabil Quwwah, bi idznillah bi laa hawla wala quwwata ila billah.”
    Level 2 (Ucapkan 1000x)
    “Innaka quwwata bi quwwati wa quwwatika wa malkhan malkhin mayakhal mayakhil Quwwah, bi idznillah bilaa hawla wala quwwata ila billah.”
    Tingkat 3 (Ucapkan 1000x)
    “Innaka quwwata bi quwwati wa quwwatika jabalal jabalil kaf kaf Quwwah, bi idznillah bilaa hawla wala quwwata ila billah.”
    Tingkat 4 (Ucapkan 1000x)
    “Innaka quwwata bi quwwati wa quwwatika barnakil barnakil, barnuluhum barnuluhum Quwwah, bi idznillah bi laa hawla wala quwwata ila billah.”
    Tingkat 5 (Ucapkan 1000x)
    “Innaka quwwata bi quwwati wa quwwatika kun balyakhan kun, balyakhin kun kun quwwata quwwati, bi idznillah bi laa hawla wala quwwata ila billah.”

    Suka

  21. denwiek mengatakan:

    hehehe … makasih kang @Risang …. maklum sejak umur 9 th dah di betawi … jadi bahasa jawa tingkat tinggi dah ndak bisa ….

    Suka

  22. RISANG MUKTHI™ mengatakan:

    Wis tak tinggal alias gak diamalno mas

    Suka

  23. orgib mengatakan:

    assalamualaikum salim sungkem kangmas smua.
    Mbh risang..gus banyugeni..,romo demwik km miftah slamat malam.

    Suka

  24. Sdmulyo mengatakan:

    Test… Salam salim smuanya. Peng-ridhu= peng-godho/godha. Test…test

    Suka

  25. arief® mengatakan:

    salam salim poro sepuh..
    nyimak sajah lah..

    Suka

  26. RISANG MUKTHI™ mengatakan:

    Wa alaikum salam.
    Ngamalke ilmu sing eling pati

    Suka

  27. banyugeni mengatakan:

    kang risang la sing ditinggali di ijazahkan saja di blog kan bagus …hi3x

    Suka

  28. orgib mengatakan:

    km sidomulyo km arief salim..ayo mbh risang lbih jelas lg.

    Suka

  29. RISANG MUKTHI™ mengatakan:

    ASMA NAKABAN
    -Mandi disungai sambil mengucap salam kpd nabi khidir.
    -duduk dipinggir kali tempuran
    -mengucapkan doa pembuka ada 6 bait alenia.
    -wiridan asma nakaban 1000x selama 7malam dipinggir x tempuran

    Suka

  30. miftah mengatakan:

    lho pak sdm kok ilang

    Suka

  31. banyugeni mengatakan:

    wah.. kang itu jenengan yg tingkatannya duwur,tapi yg lainnya pada pengin lo mbah,ini ada yg sms minta diijazahkan..he3x..sedulur…..

    Suka

  32. RISANG MUKTHI™ mengatakan:

    Syarate ngrandong dipinggir x 7malam boleh ditemani

    Suka

  33. banyugeni mengatakan:

    ini ada lagi yg sms minta diijazahkan pas acara nanti.he3x.
    mas orgib,mas miftah,mas sdm,mas arif,

    Suka

  34. RISANG MUKTHI™ mengatakan:

    Asma nakabanya saja yang disharingkan bagus unt penyembuhan jg khususnya sakit tulang,asam urat,rhematik encok dll

    Suka

    • denwiek mengatakan:

      waaah …. bisa untuk obat sakit tulang dan urat asam? ….. wah boleh juga nih, soale ini dengkul kog ndak sembuh2 …. tapi ya sudah tuwek juga sih.

      Suka

  35. RISANG MUKTHI™ mengatakan:

    Ikut pamit mundur dulu

    Suka

  36. Mufi mengatakan:

    Assala’mualaikum…
    Mt mlm n ronda mlm…

    Suka

  37. pencariamalansejati mengatakan:

    assalaamu’alaikum..mas2 semuanya..ikut ngaji di sini yaa
    @KI RISANG maaf ki sy sll merasa repot aja kalo mau telfn padahal ga ngapa2in …

    Suka

  38. KILI© mengatakan:

    absen dini hari

    Suka

  39. orgib mengatakan:

    assalamualaikum salim sungkem smua…met pagi met beraktifitas dan kt smua slalu dlam linduangan ALLAH SWT AMIIN.

    Suka

  40. anugrah mengatakan:

    sugeng enjang sederek sedoyo

    Suka

  41. anugrah mengatakan:

    1. sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al- Quran) pada malam kemuliaan.
    2. dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
    3. malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
    4. pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
    5. malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.

    Suka

  42. anugrah mengatakan:

    بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

    ١. إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

    ٢. وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ

    ٣. لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ

    ٤. تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ

    ٥. سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

    Suka

  43. zaki mengatakan:

    qobiltu

    Suka

  44. indra gutama mengatakan:

    salam sedulur semua, salam ki risang, sekedar absen malam. mampir ke http://radinka-penerbit.com siapa tau bermanfaat buat kita semua.amin

    Suka

Comment navigation

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s