TERAPI WARNA

donjuan 2000

donjuan483@gmail.com

Terapi Warna Untuk Penyembuhan

Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa sadar warna dapat mempengaruhi tubuh kita. Dapat dibayangkan bila anda tinggal di suatu ruangan yang berwarna hitam kelam atau coklat tua , pastilah tubuh dan pikiran anda enggan untuk berlama-lama tinggal di tempat tersebut. Contoh sederhana tersebut menjadi salah satu dasar dari terapi warna ini. Jika kombinasi warna tertentu dapat menyebabkan pikiran kitastress dan depresi maka pastilah ada kombinasi warna lain yang menyebabkan pikiran kitatenang dan rileks
Praktisi terapi warna percaya bahwa karena semua bentuk materi merupakan bentuk dari energi, maka aplikasi energi ke dalam tubuh akan mempengaruhi keadaan sehat maupun sakit. Pada orang yang sakit , tubuhnya kekurangan satu atau beberapa warna tertentu.
Cahaya merupakan salah satu bentuk energi dan cahaya ini dapat dipecah menjadi beberapa warna dan inti dari terapi warna ini adalah mengaplikasikan satu atau lebih warna untuk menjaga keseimbangan energi dalam tubuh.
Sebagai contoh : ada salah satu teknik terapi warna yang disebut dengan Aurasoma . Teknikini menggunakan botol-botol kecil yang berisi lapisan warna dari minyakesensial dan ekstrak tumbuhan. Kebanyakan botol kecil ini terdiri dari dua warna dan ada 90 kombinasi.
Tekniknya : Anda mengambil 4 botol yang berisi kombinasi warna yang anda sukai. Kemudian anda dapat menggunakan minyak esensial dalam botol tersebut untuk dipakai pada kulit . Tidak ada batasan waktu berapa lama Anda menggunakan terapi warna ini. Anda dapat melakukannya selama teknik ini baik menurut Anda.
Banyak praktisi mendasarkan terapi warna pada energi tubuh yang terfokus pada tujuh titik mayor yang disebut dengan ‘ cakra’. Setiap cakra ini berkorelasi dengan sistem organ dan warna tertentu. Hubungan antara cakra, organ dan warna tersebutadalah :
merah : berhubungan dengan cakra dasar yang mempengaruhi vitalitas, kekuatan , seksualitas, dan kesadaran. Warna merah digunakan untuk mengatasi anemia, kekurangan energi, impotensi, tekanan darahrendah, penyakit kulit, infeksi saluran kencing.
Oranye : berhubungan dengan cakra limpa yang mengatur sirkulasi dan metabolisme. Warna oranye berhubungan dengan kegembiraan dan keceriaan. Warna ini digunakan untuk mengatasi depresi dan kelainan ginjal dan paru, seperti asma, bronchitis, obstipasi. Warna pelengkapnya adalah biru.
Kuning : berhubungan dengan cakra solar plexusyang mempengaruhi intelektual dan pengambilan keputusan. Warna kuning dapat menstimulasi konsentrasi. Warna ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit artritis dan dapat mengurangi keluhan penyakit yang berhubungan dengan stress, kejang otot,hipoglikemia, hipertiroid, batu empedu. Warna pelengkapnya adalah ungu.
Hijau : berhubungan dengan cakra jantung. Hijau merupakan warna yang alami dan menunjukan kemurnian dan harmoni. Warna ini dapat dikatakan penyembuh yang luar biasa . Hijau digunakan untuk menyeimbangkan dan menstabilisasi energitubuh.
Biru : berhubungan dengancakra tenggorokan . Warna biru merupakan warna yang menenangkandan sangat baik digunakan untuk mengatasi insomnia, gastritis, artritis, nyeri pinggang bawah, sakit tenggorokan, asma dan migren. Warna pelengkapnya adalah oranye.
Ungu : merupakan warna dari cakra mahkota dan berhubungan dengan energi dari fungsi tertinggi pikiran. Warna ini sering digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi rasa ketidakberdayaan. Sering digunakan untuk mengobati kelainan mental dan saraf, juga dapat menekan nafsu makan, dan dapat digunakan untuk migren.
Hitam : warna ini seringkali digunakan untuk menekan nafsu makan. Bagi mereka yang berencana untuk menurunkan berat badan dapat mencoba dengan menggunakan kain alas meja berwarna hitam.
Bila anda tidak berencanauntuk pergi ke praktisi terapi warna, gunakan naluri untuk memilih warna yang menurut Andadapat membuat tubuh lebih rileks dan tenang. Janganlah ragu untuk menggunakan warna tersebut. Anda dapat pulamenggunakan warna-warna dengan fungsi tertentu yang telah disebutkan di atas.
Beberapa teknik terapi warna yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah adalah :
Penyembuhan pelangi : teknik ini sangat sederhana dan murah . Prinsipnya : air ketika terkena sinar matahari di dalam wadah yang berwarna ( misalnya botol yang berwarna ) , maka akan menerima energi vibrasi dari warna tersebut. Anda dapat membeli wadah atau botol dalam beragam warna atau secara mudahAnda dapat menggunakanbotol yang bening dan melapisinya dengan plastik kaca warna tertentu. Minumlah air ini dengan interval yang teratur sepanjang hari.
Pernafasan warna : teknik ini merupakan salah satu bentuk teknik visualisasi. Anda dapat membayangkan menghirup dan menghembuskan warna tertentu. Teknik ini dapatAnda lakukan sebelum tidur atau saat Anda bangun pagi hari.
– Carilah tempat yang nyaman untuk duduk atauberbaring.
– Bernafaslah dalam , teratur dan perlahan.
– Bayangkan diri anda dikelilingi oleh warna tertentu yang anda inginkan.
– Saat Anda bernafas, bayangkan tubuh anda menghirup warna ini dan bayangkan warna tersebut menyebar di seluruh tubuh anda.
– Saat Anda menghembuskan nafas bayangkan Anda menghembuskan warna pasangannya (seperti saat Anda menghirup nafas berwarna biru makahembuskan warna oranye. Warna kuning dengan ungu muda, hijau dengan ungu tua).
Selain kedua teknik tersebut di atas bila memungkinkan Anda dapat pula menata kembali ruangan anda dengan warna yang sesuai. Misalnya saja Anda dapat memulainya dengan mengganti warna sprei maupun sarung bantal dengan warna birubila saat ini Anda menderita stress dan ketegangan.
dari
Donjuan2000

60 tanggapan untuk “TERAPI WARNA”

  1. Donjuan..sumonggo dilanjut telpn nya..he3x
    Kang war mendelep..he3x..
    Mbah denwiek ..ada batas unlimited smart yg habis tetap jalan lo mbah.
    Sajjani..ojo kosong perut mas..soale kerja.kalau aku punya teman wah wah puasa mutih 7 hari sambil kerja angkatin karung2 padi la kok kuat.

    Suka

  2. kang @Ahmad, sy blm tau soal itu. lg ndak ngoprek lg nih. soale lg berat mikirin bikin aplikasi baru dan memelihara aplikasi yang lama. … lg kliyeng2, hihihihihi ….

    Suka

  3. Ass.. Met malam semua ikut menclok di jendela, gerahe pouulll… Salam salim romo denwiek, mbah ahmadar,mbah sanjjani, mbah semprul 1-100., mbah war, mbok jagad arasy, mbah donjuan, ugi sing lian lianee. Pokoe kanggo kluarga SBM sadonyo…

    Suka

  4. seandainya dunia tiada warna.. tetap kan ku kagumi.. indah maya alam ciptaanNya qodratNya ku agungi.. namun jalin warna zahirlah sang pelangi, mengisi mendung menambat seri.. terbias semua cahaya nyata ilham di alam mimpi betapa ku syukuri nikmatNya.. ku pasti.. begitu kias rasa.. hadir menghuni jiwa menyatu sejuta rasa kurnia penuh bermakna. tak akan ku siakan limpah rahmat yg Esa bagaikan jalinan warna yg menyulam cahaya biasan kasihNya meski yg tampak kadang gelap.. terang.. jingga atau temaram

    Suka

  5. Assalamualaikum wrwb,absen pagi, nderek nyimak ,,salam salim buat seluruh sesepuh dan segenap warga BB,,semoga kita semua senantiasa dalam lindungan dan mendapat naungan berkah dari Allah SWT….Amien

    Suka

  6. asalamualaikum..wr-wb.
    absen pagi,salam hormat buat
    @ romo kyai risang,ki ahmad rock,ki banyugeni, ki masnunub,ki kamajaya,kigiri,ki jbk,ki arief,ki zakky,ki war,ki sdmulyo,ki go kong,ki sabrang,ki maning,ki daffa,ki @joe,ki bejo ndalek,mba jagad Arasy, km mbohol, ki denwiek, kang langlang-buwana, mbah gempleng, kang supernova, ki lilo, ki tapak sakti, ki sabrang, gus Daffa, ki Belma, ki kinyan, ki sammy,ki jagar@ksa, Singo dirono, Mas Cetho, wali9puluh, Orgib, laskar jawi, mbah jambrong jpr, ki enda, ki gelung hitam, majubie, sanggu, yudha kelana, ki glondorz, km ridwan, km azis, km rahman ar, cah kinyan, suto, donjuan2000, semprul siji-pitu dan BB lover lainnya mohon maaf kalo tidak di sebutkan. selamat beraktivitas semua

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s