Mistik Minyak Kuyang Dalam Khasanah Ilmu Hitam

Bayu Samudro

mustika_laduni@yahoo.com

Mistik Minyak Kuyang Dalam Khasanah Ilmu Hitam
Assalamu alaikum Wr. Wb. Salam hormat saya kepada Ki Risang, salam Rahayu ke Mas Ahmad, serta Bolo Bumi semuanya. Ijinkanlah saya berbagi sedikit pengetahuan yg mungkin bisa menambah wawasan panjenengan semuanya.
Minyak Kuyang atau minyak kawiyang adalah salah satu bentuk pesugihan ilmu hitam di Kalimantan yang mempunyai sejarah panjang mengiringi peradaban suku-suku di tanah Kalimantan.Minyak ini masih banyak diburu orang untuk berbagai keperluan. Karenatermasuk ilmu hitam, minyak ini hanya beredar dikalangan terentusaja.
Di tanah Borneo, minyak Kuyang atau kawiyang sangat terkenal, sampai-sampai banyak orang yangmencari benda langka ini. Selain sebagai pesugihan,minyak kuyang inijuga ditengarai dapat membuat pemiliknya awet muda dan beberapa khasiat keguanaan lainnya. Minyak Kawiyang memiliki nama berbeda disetiap wilayah Kalimantan, ada yang menyebutnyaminyak kuyang, ada juga yang menamainya sebagai minyak Sumbulik
Hingga saat ini, asal minyak kuyang tidak diketahui asalnya, karena tiap wilayah di Kalimantan memiliki “produksi”sendiri. Yang terkenal adalah “produksi” dari pegunungan Kinabalu (pedalaman Kalimantan Utara, Malaysia Timur), walaupun terdapatjuga di banyak wilayah Kalimantan Timur.
Ada cerita yang melatarbelakangi asal muasal minyak kuyang ini, ketika jaman dahulu pernah hidup seorang janda cantik dengan empat orang saudaranya, dengan nama Camariah, Dandaniah, Tambuniah dan Uraniah. Kecantikan paras wanita ini semakin lama semakin bertambah cantik, namun tidak ada satupun para lelaki yang langgeng membinarumahtangga dengan mereka. Karena setiap kali dinikahi, tak berapa lama pasti akan bercerai.
Ketika hendak meninggal dunia, datanglah 99 lelaki yang pernahmenjadi suami mereka. Para suami tersebut menangis dan merasa bersalah karena telah bercerai dan meninggalkannya.Ketika suasana sedih tersebut, adasuara gaib yang membisikkan bahwa wanita yang akan meninggal tersebut memiliki “cupu” alias guci kecil yang berisi minyak untuk dibagi-bagikan kepada 99 orang lelaki tersebut untuk “dipelihara” dan sebagai kenang-kenangan…..
Suara gaib tersebutmembisikkan juga bahwa minyak dalam guci tersebut memiliki khasiat. Setelah itu, 99 lelaki tersebut membawa minyakdalam guci kecil tersebut ke kampung mereka masing-masing dan akhirnya tersebar kemana-mana hingga kini. Minyak dalam cupu tersebut kemudian oleh penduduk dinamakan Minyak Kawiyang, Minyak Sumbulik atau Minyak Kunyang. Minyak Kuyang tersebut memiliki lima macam warna dan berbeda juga khasiatnya. Minyak Kuyang pertama berwarnaHitam, khasiatnya untuk ilmu kebal, tahan terhadap tebasan benda tajam atau tertembak peluru musuh. Khasiat atau apuah lainnya, adalah pemiliknya dapat menghilang dengan cepat dan tanpa jejak.
Minyak Kuyang kedua berwarna merah, khasiat yang dimilikinya adalah untuk ilmu meringankan tubuh, dapat berlari cepat secepat kilat, dan dapat memanggil dan memerintahkan para jin untuk mengikuti perintah yang diberikan si empunya minyak kuyang merah ini. Minyak Kuyang ketiga berwarna Hijau, dengan khasiat dapat membuat dan mengirimkan ilmusantet, teluh, atau parangmaya kepada orang lain yang dikehendaki.
Minyak berwarna hijau ini juga dapatdipakai sebagai minyak untuk awet muda. Caranya, minyak tersebut dipoleskan di leher, kemudian leher yang telah dioles minyak kuyang ini akan terlepas dari raga pemiliknya dan terbang mencari korban untuk dihisap darahnya. Biasanya korban yang dicari adalah wanita yang akan melahirkan. Karena darah yangkeluar dari proses persalinan akan mengeluarkan darah yang banyak. Kebanyakan yang belajar ilmu sesat ini adalah para wanita, yang pada siang hari, selalu melilitkan selendang atau penutup kepala pada leher merekaagar bekas olehan minyak kuyang initidak terlihat oleh orang lain.
Dan tanda-tanda wanita dengan melilitkan selendang atau penutup kepala pada leher merekaini masih banyak ditemukan di desa-desa di Kaltim. Orang yang memiliki ilmu Kuyang ini sangat takut dengan bau bawang merah atau bawang putih.Jika ada orang yang dicurigai memiliki ilmu kuyang ini, kupas saja bawang sebanyak-banyaknya, kemudian kulitnyadibakar. Dijamin sang pemilik ilmu hitam ini akan memohon untuk tidak mengupas dan membakar kulit bawang lagi karena air mata mereka akan bertetesan.
Jika ingin mengirimkan santet atau teluh dari jarak jauh, minyak kuyang hijau ini cukup dioleskan pada jarum, paku atau pecahan kaca, lalu diperintahkan untuk menyerang orang yang diinginkan. Jarum,paku atau pecahankaca tersebut akansecara gaib masuk ke dalam urat nadidan pembuluh darah orang yang akan diserang. Minyak Kuyang selanjutnya berwarna Kuning, khsiatnya untuk menundukkan hatipara perempuan supaya dapat jatuhcinta dan mengikuti keinginan si pemilik minyak kuyang ini.
Caranya cukup dengan mengoleskan ke ujung jari, kemudian digosok-gosokkan ke telapak tangan, untuk selanjutnya dikenakan kepada wanita yang dimaksud. Minyak Kuyang kelima berwarna Putih, khasiatnya sebagaipelarisan alias sebagai saranan untuk mendatangkan uang secara gaib.
Caranya, uang yang hendak dibelanjakan terlebih dahulu dioleskan minyak tersebut. Ketika sudah dibelanjakan, secara gaib uang tersebut akan kembali lagi kepada pemiliknya. Agar mendapatkan uang yang banyak,biasanya uang yang telah dioleskan uang tersebut dibelanjakan untuk membeli emas. Uangnya kembali dan emasnya dapat dijual kembali.
Mistik Minyak Kuyang Dalam Khasanah Ilmu Hitam- Semua jenis minyak Kuyang tersebut dijaga oleh jin masing-masing. Konon, minyak kuyang berwarna hitam dijaga oleh jelmaan jin wanitajanda. Sementara, minyak-minyak lainnya dijaga olehjin jelmaan saudara wanita janda yang masing-masing bernama Camariah, Dandaniah, Tambuniah, dan Uraniah tersebut.
Selain itu, setiap waktu tertentu, biasanya setiap tahun, minyak kuyang tersebut harus diberi “makan” berupa sesaji sesuai fungsinya masing-masing. Minyak kuyan g berwarna hitam tiap tahun harus makan darah ayam hitam atau cemeni dan nasi ketan. MinyakKuyang berwarna merah dan hijau selalu menginginkan darah yang berasaldari jari manis manusia dan air tebu merah.
Kalau minyak kuyang berwarna putih dan yang berwarna kuning setiap waktunya akan meminta serbuk emas.
Meletakkan minyak kuyang inipun tidak sembarangan, karena harus diletakkan dalam ruangan yang tidak terdapat cermin atau kaca dan harus ada lubang besar terbuka. Minyak kuyang biasanya diempatkan dalamsebuah guci kecil yang dikenal dengan nama cupu. Cupu inipun bukan sembarang cupu, karena harus cupu yang “retak seribu” alias cupu yang telah berusia puluhan tahun.
Wassalamu alaikum Wr. Wb.

Yudha kelana

Iklan

104 thoughts on “Mistik Minyak Kuyang Dalam Khasanah Ilmu Hitam”

  1. dulu saya pernah punya minyak kuyang ini, berwarna hijau dalam cupu (harus asli retak seribu) pemberian teman dari neneknya (di daerah kuala pembuang, palangkaraya-kalteng, konon minyak kuyang induk nya ada di leher sang nenek tersebut alias selalu di bawa kemana-mana) untuk bisa memotongnya harus memakai benda tajam yang terbuat dari emas. sayangnya aku tidak berhasil memeliharanya, karena ada pantangan yang dilanggar, sedang temanku tersebut lupa memberitahukannya padaku. minyak tersebut hilang dari cupu secara misterius, waktu itulah aku mulai percaya tentang hal ghaib diksekitar kita)

    Suka

    1. PENGUMUMAN
      ——————-
      BAGI SEDULUR BOLOBUMI,YG PADA MALAM INI SEDANG NGAPEL CEWE,DI HARAP KEMBALI KERUMAH MASING2.DIKARNAKAN JAM SUDAH MENDEKATI JAM 12 MALAM.

      HANSIP JAGA
      ( mbahglempeng )

      Suka

  2. Salim ugi mbah sha’i…bajunya baru mulu mbok sy dikasih biar ndak bj lama trs ampe lecek hehehe….kayae pernah dgr minyak kuyang.

    Suka

  3. Sedikit perkemi (pinjem mas sdm)…utk mendapatkan myk kuyang yg hitam ada tebusan dg ritual tertentu ,dan pd saat serah terima ada signal alam yg menentang dan biasanya cuaca awalnya cerah brbh jd mendung….(maaf ini yg sy dengar lo terlepas benar tdky sy ndak tau)…utk sebutan kuyang itu sendiri kayae sama dgn daerah kalsel dan kalteng.

    Suka

      1. Yg sy denger sih gitu kang…bahkan ada tanda ditbh bg si pemakai kuyang hitam ini…jenis minyak itu sdr kalo ndak salah ada 32 macam dgn berbagai manfaat…

        Suka

  4. Kebetulan pnh jd buruh kasar didaerah sampit dan palangkaraya dhe….yang sy pernah menyaksikan langsung pd saat teman kena bacok di kaki dg luka menganga dtg kai(sebtn hormat utk ortu) dgn mbw btl kcl lalu di oleskan keluka tsb perlahan2 luka itu menutup sdr dan kembali sedia kala tanpa bekas…minyaknya nmy sambung nyawa.

    Suka

  5. kalo aq dlu pernah minum/ mnelan minyak penyambung nyawa / minyak bintang di samrinda kaltim. di karenakan pntangn nya yg trllu berat. mungkin hilang khowasnya. pntangnnya gk boleh melihat org mati. mkan nasi org mati. mkan buah labu kuning

    Suka

  6. aslkm…
    absen pagi…tetep semangat ut berkarya…
    ikut nyimak saja, gak ngerti apa2 ttg minyak ini…
    yg tahu cuman minyak wangi doang…

    salam salim buat sesepuh, guru, mbah2, akang2, dulur2 semua…

    Suka

  7. assalamu’alaikum salim sungkem wilujeng enjing kanggo para sesepuh sadayana. nyuwun izin nderek nyimak njeh, matur sembah nuwon sanget artikelnya menambah wawasan kulo yg awam niki. kangmas banyugeni tampilan blogne adem… banget, bikin mata kulo betah

    Suka

  8. gus kasihan rusanya cuman 1, coba tambah 1 lagi lawan jenisnya biar gak kesepian…hihihi…
    mbah sabrang, mbah bambang p, mba jagad…salam salim

    Suka

    1. nyimak dr td,mo commen mlh jd bingung,artikelnya mantap,tp kaga tau pisan ya.paling ngrti nya minyak cimande,mnyk sereh,sm mnyk goreng.
      ampun ya,lah jd org ko bodo bngt ya.

      tp nyimak trs,sambil sarungan,gus banyu bekasi hujan,jngn lp bw payung ya gus……eee

      Suka

  9. – Di usianya 49 tahun, Magfani Ichsani masihakarta
    sendiri. Ia juga tinggal sendirian di Jl Patal Senayan 3
    No 1, RT 01/07 Grogol Utara, Jakarta Selatan. Diduga
    karena stres belum menikah, akhirnya Magfani
    menjatuhkan dirinya di Flyover Semanggi, Jakarta
    Pusat.
    “Motifnya stres karena belum menikah. Keterangan
    dari adiknya,” kata Kanit Reskrim Polsek Tanah
    Abang Kompol Widarto saat dihubungi detikcom,
    Minggu (29/4/2012).
    Sebelumnya Magfani diketahui terjun dari flyover
    Semanggi, Jumat (27/4) sekitar pukul 15.30 WIB.
    Magfani masih hidup saat dibawa ke RSCM. Namun
    sekitar pukul 22.00 WIB, Magfani menghembuskan
    nafas terakhirnya.
    Magfani mengalami luka di kepala dan kaki
    kanannya patah. Seorang saksi di TKP melihat
    Magfani berjalan sendirian ke flyover Semanggi. Tiba-
    tiba Magfani menjatuhkan diri ke bawah flyover.
    Jenazah Magfani kini sudah dibawa keluarga untuk
    dimakamkan

    Suka

    1. turut berduka cita saja…
      pilih2 mungkin gus, jadi keburu tua..
      padahal perempuan banyak mau yg soleh atau yg salah pun banyak…

      Suka

  10. duh… sedihnya kulo kangmas banyugeni beritanya miris skali, smoga beliau mendapat ampunan dari Sang Penguasa jiwa manusia. imbas dari xn juga kali ya kangmas? au’ ah gelap

    Suka

  11. apalagi kasus pembunuhan+perkosaan yg menimpa izun nadliyin mahasiswa uin yg diperkosa rame2 lalu di tewas di gorok lehernya..duh duh .di tembak mati saja pelakunya.

    Suka

  12. Absen magrib, kematian hanya Alloh yg menentukan tapi sayang manusia terkadang mau mendahuluiNya dg bunuh diri krn tak sangguh menanggung bebah hidup disebabkan (sakit,hutang,putus cinta,ngak naik kelas,malu,putus asa dll).
    Sudah tdk mencintai diri sendiri sehingga mengakhiri hidupnya,
    Semoga kedepannya manusia lbh baik ‎​ƪǟğί salam sejahtera untuk semua mahluk.
    ‎​​​​.()”””()
    ( •o• ) (*)O:)AMiзη O:)(*)
    (“¡”)………..

    Suka

  13. absent dulu…
    sekalian sapa dulur semua, di sini….

    assalamualaikum wr.wb. sedulur semua di manapun dulur berada, semoga keberkahan dan kelancaran menyertai langkah kita…

    Suka

  14. Absen sore

    Salam salim Lur dulur semua,,masih dengan suasana dingin karena hujan ,setia nunggu petuah mudah2an dapat barokah .Mangga di lanjut ,saya selonjoran dulu..

    Suka

  15. Assalaamu’alaikum. Salim semuanya, Absen hadir dimlm hujan rintik2. Kmas Risang, mas Ahmad, mbah Wiek, kmas Nunub, mas Sosro, mbah Glempeng, mas
    AlGhifary, mas Dafa, mas Diwantoro, mas Jagaraksa, Panembahan Giritirto, mas JBK, Paklek Samy, Pakdhe, mas Donjuan, mas Zakky, H Eko, mas Tb Cilintrik, mas Wira, yg tercantik di SBM mbak JagatArsy & smua wrg SBM dimanapun berada…Smg sehat sjahtera selalu, amin.

    Suka

  16. Assalamualaikum wr wb salam salim warga jagat maya sbm absen malam sambil bakar gaharu 234 plabuan ratu hujan air laut surut karena airnya d pake ujan he he

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s