AYAM ATAU AKU YG TDK BEROTAK

href=”https://songgobumi.files.wordpress.com/2012/06/adorable_baby_animals_101.jpg”>
Assalamualaikum..salam rahayu.
Ayam ku,ayam ku..Allah telah menciptakan engkau lewat telur,betapa riangnya hatiku karena akan muncul makhluk makhluk kecil nan lucu yaitu kuthuk(jawa:anak ayam),ibumu/babon telah menyelimuti kehangatan engkau berhari hari disertai puasa.Saat yg ditunggu telah tiba satu persatu keluar dgn dimulainya retaknya kulit pelindungmu yaitu kulit telur,dengan dibantu ibumu sekali pathuk retak,..Alam menjawab selamat datang sang penghuni baru dirumahku alam yg luas ini,aku tersenyum dan riang,..dibenakku aku bernyawa satu ,makhluk kecil ini juga bernyawa satu ,’apa bedanya’sama sama nyawa kehidupan miliknya Allah.kau mencoba jalan walau masih berat..mata terbuka pun disambut selamat datang dari cahaya alam,saatnya kau berlari lari kecil tanpa beban,ceria,dengan menyatunya dirimu dgn alam yg baru kau rasakan.
Memang Allah menciptakan akal hanya pada manusia..ayam kecilku saat kau ceria cerianya dgn alam barumu yg penuh warna warni ini,akhirnya kau berjatuhan terinjak injak keras hanya karena akal yg tidak ada didalam sosok ibumu,kau terinjak injak menjerit,menangis,hanya mata yg melek tapi tubuh,kaki tanpa daya.Betapa aku menyesal kenapa tidak buruan memisahkan engkau dgn ibumu yg memang tak berakal atau aku justru yg tak berakal karena aku yg kurang antisipasi.engkau tergeletak tanpa mampu makan dan minum,padahal kau sudah mencicipi pelengkap rasa dikehidupan,1 hari,2 hari,3 hari,engkau pada mulai meregang nyawa,kucoba memberi makan minum obat dan do’a tapi apa daya satu persatu engkau dan nyawa hidupmu berpisah,aku coba merasakan apa yg kau rasakan saat tiada daya berdiri,lumpuh,masih berhasrat makan minum tapi tiada daya…pikirku duh gusti… pasti engkau/ayam menderita sekali.tak terasa air mata ku menetes.mungkin jika kau mampu bicara byk orang yg menangisimu,satu persatu ku kubur dan ku doakan,lalu terlintas di ingatan,dulu akupun pernah tiap hari mengubur ayam,kalau dihitung ratusan ayam kecil yg seumuranmu,setiap 1ayam 1liang saat dulu berlimpah banyak ayam.Mungkin sedulur yg membaca artikel nyengir,tertawa,dan bilang aneh,tapi itulah kenyataan rasa yg ku alami,untuk sesama makhluk,.. cintai sayangi semua makhluk.kayak apapun itu ciptaanNYA,bukti kebesaran dan kesempurnaan NYA.
Untuk yg hidupnya lebih kewajiban anda memberi,Untuk yg kekurangan kewajiban anda kuat bersabar.mari tengok kanan kiri kita,kita tidak akan tahu saat kita makan enak siapa tahu tetangga dekat kita mau makan saja kebingungan,saat kita dgn riangnya tertawa,bahagia siapa tahu sekitar kita merintih sakit bukan main.buka hati,mata,pikiran dgn kita membuka insyaallah jeritan,rintihan,kebingungan,yg terjadi sekitar kita jadi meringankan bahkan mengentaskan.wasalam

Dikirim menggunakan push email selular Sony.

Iklan

53 thoughts on “AYAM ATAU AKU YG TDK BEROTAK”

  1. ada yg hanya merintih menahan sakit.tapi hanya bisa pasrah
    duh gusti tolonglah dia.bantu dia lepas dari penderitaanya selama ini

    Suka

    1. ga papa ki. derita sakitku adalah ksehatan ruhani yg alloh curahkan untukku.. cobaanNya adalah anugerah cahaya keindahan dibalik keagungan asmaNya.. dan kesedihan jasadku adalah kebahagiaan batin yg alloh curahkan untuk menyenangkan hatiku.. terimakasih banyak para sesepuh telah mengajarkan hakekat ikhlas yg sesungguhnya…

      Suka

  2. alhamdulillah terimakasih sudah mengingatkan khususnya ut saya yg memang kurang peka thd sekitar lingkungan…

    semoga sedulur selalu mengingatkan kita terus…

    Suka

  3. mungkin kita alfa,atau sengaja,dgn entengnya berucap sambil lalu..tapi ternyata disebrang sana menjadikan sakit hati atas ucapan kita,datangi,salami,pancarkan nur persaudaraan,insyaallah beban kita ringan,beban sesama ringan juga,dan alam pun akan cerah dan mendoakan kita.

    Suka

  4. Assalamualaikum Wr.Wb

    Absen malam,
    Salam hormat untuk Sesepuh semua dan seluruh warga SBM :
    @Kyai Risang
    @Gus Ahmadr
    @Abah Denwiek
    @Kyai Wira
    @Kyai Guru Nunub
    @Kyai SPM
    @Kyai Cilintrik
    @Kyai Bolodewe
    @Kyai Cah Nakal
    @Kyai Orgib
    @Kyai Tukimin
    @Kyai Mbah Glempeng
    @Kyai Arief
    @Kyai Alghifari
    @Kyai Koetoek tjiliek
    @Kyai Wong Tani
    @Kyai The Star
    @Kyai Cah Kinyan
    @Kyai2, Mbah, Gus, Guru,kangmas……semua yg belum kesebut,mohon maaf. Slmt malam salam Karaharjan.
    Lanjut nyimak sambil ote ote,karena mlm ini cuaca panas sekali,semoga panasnya bukan karena neraka bocor…hihihi

    Suka

  5. Sugeng ndalu Gus banyu,smoga tetap sehat saja dan tetap bisa menyajikan artikel artikel yg sangat berguna bagi kita semua yg haus akan pengetahuan terutama pribadi saya .

    Suka

  6. assalamu’alaikum salim sungkem kagem poro sesepuh sedoyo matur sembah nuwon sanget sesepuh artikelnya sungguh sebuah renungan yg bermakna.. nyuwun izin nyimak dibelakang kangmas banyugeni.

    Suka

  7. haturnuhun pisan gus war, ki ibanez, gus nunub, ki jagaraksa.. hapunten abdi teh tos ngarepotin sesepuh sadayana

    Suka

  8. Waalaikumsalam wrwb Mbak arasy,,semoga semakin membaik keadaan kesehatan Mbak jagad…Amien Allohuma Amien.
    Mangga Mbak ,saya ikut nyimak nggih..

    Suka

  9. Ayam kampung,ayam bekisar,ayam serama,ayam ketawa,ayam pelung,ayam bangkok,ayam hutan/alas,ayam kalkun,ayam kate,ayam betutu,ayam yang paling berbahaya AYAM MALAM dan AYAM KAMPUS

    Suka

  10. waah.. ada gus zakky. salim sungkem kulo gus. aamiin ya alloh.. haturnuhun pisan gus atas du’ana. smoga gus zakky juga slalu dalam lindungan alloh. mangga gus silahkan ke depan kulo tak nyimak dibelakang gus zakky aja.

    Suka

  11. Hadeehhh
    Nggak usah pakai sungkem sgala to..mbak jagad arasy abdi mung bocah awam..
    Kok lum tidur mbak ap gk ngantuk to…semoga cepat sembuh mbak..

    Suka

  12. mohon diterima salim sungkemnya ya ki Cah nakal. belum ki, belum ngantuk lagi mo ngikut ki bolodewe ronda malem. aamiin ya alloh.. trimakasih banyak ki. ki Cah nakal kok ga tidur

    Suka

  13. aamiin.. maaf ki becanda ntar dimarahin ki bolodewe kulone hehe.. pingin nyimak sepuasnya mumpung nafas lg longgar.

    Suka

  14. salam kenal…ane boleh ikutan nimbrung yah?
    slm takzim bt pinisepuh + salam cup2 buat agan2… 😉

    memang kadang batas antara pintar (tahu/mengetahui) dan bego sangat tipis ya gan…
    salut bt agan Sony..
    mungkin bt yg belum menerima hidayah spt agan Sony bs menaganggap gan Sony samin,
    tp inilah yg menurut ane benar : Sayangi mahluk sbgmn kt menyayangi diri sendiri….

    Ane prihatin gan, masih ada orang yg suka bakar2 semut pake korek api di pos ronda..pdahal semutnya gk ganggu, mereka cuman numpang lewat aja….duh….waktu ane bilang ” Jgn gitu doonk…kasian,,lagian yg berhak menyiksa dgn api kan hanya Alloh…” coba apa kata mereka gan?? ane diketawain…wkkwkkk =))

    nah itulah mungkin yg dimaksud oleh orang bijak bhw kita harus saling menyayangi…tak terkecuali dgn ayam….

    sekali lg salut buat gan Sony….hati agan lebut bgt bak sutera…selamat gan,,jarang org mendapat karunia senikmat itu…moga ane bisa spt agan…

    salam rahayu karaharjan _/\_

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s