PRAKTEK DZIKRUL MAUT 1

ASSALAMU ALAIKUM WR.WB
SEBELUM KAMI TULIS LEBIH LANJUT KEBAWAH SIKIRANYA ADA SAHABAT,SEDULUR YANG DAPAT MENJELASKAN ATAU MEMBERI ISTILAH LEBIH TEPAT,KARENA ISTILAH DAN KATA2 YANG KAMI GUNAKAN RASANYA KURANG TEPAT,SEMUA AGAR MUDAH DIPAHAMI SAJA.

KITA SERING MENDENGAR, MEMBACA TENTANG DZIKRUL MAUT(MENGINGAT MATI).MUNGKIN KITAPUN TELAH MEMPRAKTEKANYA ALA KITA ATAU MEMPRAKTEKAN MENURUT APA YANG KITA PAHAMI.DISINI KAMI JUGA SEKEDAR MENULIS DAN MEMPRAKTEKAN SEBATAS YANG KAMI PAHAMI.

KATA DZIKRUL MAUT KAMI GANTIKAN ARTINYA MENJADI SADAR MATI,ARTI ASLINYA MENGINGAT MATI.SADARNYA OTAK BERUPA PIKIRAN,SADARNYA HATI BERUPA PERASAAN,SADARNYA RUH SELAIN DARI PERASAAN DAN PIKIRAN ENTAH APA ISTILAHNYA.

SYARAT PRAKTEK DZIKRUL MAUT:
JANGAN MENIPU DIRI SENDIRI.
MANFAAT DZIKRUL MAUT:
-dilepaskan dari belenggu beban, baik berupa beban pikiran,perasaan maupun lipatan2 setan yang bermain di dalam problem yang berlipat lipat.
-tubuh,pikiran dan perasaan menjadi ringan seringan ringanya,atau mungkin mirip dengan istilah KELAHIRAN KE DUA dalam sirrul asroor(maaf bila tak sepadan).
-mendapat visi pengajaran bathin secara langsung.kamipun tak paham istilahnya,diajari guru sejatikah?,ilmu ladunikah? kami tak paham apa istilahnya.yang jelas yang mengajari bukan tokoh masa silam(nabi khidir,para wali,atau tokoh2 sakti masa lalu).pengajaranya jelas,tanpa ada sosok tokoh seseorang yang menjadi pengajar,biasanya berwujud slide (layar jelas kita hadapi) atau lembaran kertas berupa tulisan2 atau tulisan pendek atau sebait doa yang langsung hafal.
Tidak bisa minta pelajaran SEMAU GUE maksudnya kita ingin tahu sesuatu terus ada pengajaran,tidak bisa begitu,biasanya berupa pelajaran2 hidup sesui dengan apa yang kita hadapi,intinya kira hanya menerima pelajaran namun tak bisa minta pelajaran.
waktu menerima pelajaran biasanya bingung sedang berada di keadaan apa? seperti mimpi tidak mimpi seperti sadar tidak sadar,namun ingat betul apa yang ditangkap.

MUNGKIN ADA SAHABAT YANG DAPAT MENJELASKAN LEBIH TEPAT APA NAMANYA?
KARENA HAL TSB TIDAK KAMI PELAJARI DARI BUKU ATAU SEORANG GURU,NAMUN TERJADI SETELAH PRAKTEK SADAR AKAN KEMATIAN/DZIKRUL MAUT.DAN KAMI COBA SHARINGKAN DG BEBERAPA SAUDARA DIBLOG INI HASILNYA MIRIP SEPERTI YANG KAMI ALAMI.
KUNCINYA CUMA SADAR MATI DAN JANGAN MENIPU DIRI SENDIRI.KALAU MENIPU DIRI SENDIRI KEMUNGKINAN ADA SYARAF YANG CIDERA,DENGAN DITANDAI KEPALA BERAT SEOLAH PUNYA 1000 PROBLEM PADAHAL TAK PUNYA PROBLEM YANG BERARTI,DADA SESAK SEILAH DIPENUHI MASALAH MASALAH, SEHINGGA TERASA BINGUNG JUDEG,GEMETAR DI JANTUNG TAK NYAMAN.TAK ADA YANG DAPAT MENAWARKANYA KECUALI JUJUR PADA DIRI SENDIRI.MAAF KARENA AGAK RAWAN BILA SALAH DIPAHAMI MAKA UNTUK PRAKTEK DZIKRUL MAUT TULISAN LANJUTANYA DIPROTEK.

Iklan

314 thoughts on “PRAKTEK DZIKRUL MAUT 1”

  1. ketika ada problem apa saja,maka perasaan tak tenang,yang ada dlm perasaan bagamana caranya?
    semakin dicari solusinya seolah problem smkin mbulet, bukanya dpt solusi tp malah seolah semakin runyam.jngkan ibadah dapat tenang kemana mana seolah bingung,kepala penuh,jiwa lelah tidurpun susah,matikan perasaan dg cara tidak masuk keruang perasaan,ternyata perasaanlah yg sering mempermainkan dan memperalat.
    sadarkah kita ternyata ada yg tidak mau dibebani sistem CECAK NGUNTAL CAGAK,kalau dipaksakan pdhl diri ini tak mau maka timbul sikap tergesa gesa,gugup,dan emosi.diri tak mau namun krn faktor pikir dan perasaan yg dipaksakan mungkin agar …ini…..
    ketika hal itu terjadi maka kita kebesaran target yg ingin kita raih.coba kita koreksi diri kita apakah sering gugup, tergesa2 mudah emosi?
    seimbangkah potensi kita dg target kita?
    tanda seimbangnya adalah ketika hasil praktek tak jauh melesetnya dg daya khayal kita.

    Suka

    1. saya jadi ingat bahasan makrifat tentang “MAYA” ….bgmn ia terbentuk.. bgmn ketika kita tak sadar memasuki nya…
      dari seorang sufi terkenal..

      hatur nuhun, .. Makasih kang risang
      inilah benang Kusut yg perlu di benahi.. Ini lah salah satu kunci emas …bagi setiap Diri

      sekali lagi terima kasih kang

      Suka

  2. Assalamu ‘alaikum wr wb
    begitu banyak masalah,seperti benang kusut yg susah diuraikan harus mulai dari mana dulu memulainya
    sambil nyimak dan insya Alloh mencoba mengamalkan

    Suka

  3. Walah, apa yg mau diwedar kang… Cma bsa melamun…
    Sebenarnya banyak hal yg ingin di sharing, cma entah kenapa sulit untuk dituliskan… Ibaratnya di lamunan sudah smpe “Z”, tulisan bru sampe “A”. Mungkin g bakat nulis kang…

    Suka

  4. Otak kita sangat luas bila dimasuki dgn program/memori yg positif, bisa menerima informasi logika positif seberapa banyak pun, namun otak kita kebanyakan tdk siap menerima informasi negatif/masalah hidup si penggunanya, masalah kecil saja, kadang otak mengolahnya menjadi besar, apalagi penggunanya bila memiliki masalah yg rumit dalam hidupnya, otak berdenyut keras, hati dan jantug berdebar keras, akibatnya gelisah,tdk bisa tidur dan prustasi, apa yg harus kita lakukan…???? bersambung…

    Suka

  5. Matur sembah nuwun mbah Risang…..
    Manteb bahasan ini mbah Risang, kalau kt sdh mengalami liku-liku urip, maka kita tahu hakikat Zikr Maut…..
    Proses pembelajaran dan pelajaran hidup bagi orang2 yg ‘tidak/belum ketrimo’ mmg sangat berat, tp sarat dg hikmah bagi dirinya sndr dan bagi org lain…

    Suka

  6. hihihihihi…bersemi mksudnya kang banyu mngkin..
    awal praktek susah,stlah bbrpa kli mncba kncinya dniat.biarkan mengalir mnrt khndakNya

    Suka

    1. Manteepp mbah…siiippp… Priwe..eh primen..eh pripun maksute cara2nipun sing gampil mbah… Yar saya ikut mempraktekan tp yg ringan dn mudah gt…hehehe *dasarpengennyayginstan*

      Suka

  7. Ini ada keterangan yang bagus tentang pengobatan… sedikit banyak berkaitan dengan XN..
    tetapi
    cara dsini, di songgo bumi …udah lebih maju menurut saya..

    hanya sekedar menambah wawasan

    hatetepe://www.islamicpostonline.com/article/el_gilani_methodology_proven_cure_%E2%80%9Cincurable%E2%80%9D_diseases

    Suka

  8. Assalamualaikum…Salam Kenal buat smuanya. Pendatang br spt sy hemm…pembahasan tingkat tinggi nich makanya di protek,kl gt kulo tak ndeprok dibelakang sambil nyruput kopi , monggo dibabar Ki.

    Suka

  9. proses mati menurut islam sangatlah sulit karena rekatnya ruh bgt kuatnya.semakin ruh terjun lbh dalam kedlm perasaan maka lengketnya semakin kuat,dlm proses pelepasanya oleh malaikat maut digambarkan dg kain yg terpaku kuat diatas papan lalu krn sulit lepas kaun tsb ditarik scr paksa.relakah pelan2 kira pelan2 meregangkanya?
    cobalah meluangkan sedikit waktu untuk meregangkan keterikatan ruh yg terjun kebukan tenpatnya.jangan disangka kita cuci tangan dg urusan.

    Suka

  10. Semangat siang… nyimak didepan kipas angin…
    Maaf sebelumnya, ijin berbagi lamunan…
    Rasa2nya tata lakunya dzikrul maut sudah memasuki ranah tarekat ilmu wali… weh klo benar begitu… mungpung ada yg mau membimbing, nyimak… qobiltu… mohon bimbingannya…

    Suka

  11. Pernah nyoba tp ga nyaman
    Mergo akeh nyamuk mbrakoti
    Xixixi!
    Tp teknik dzikire mbh risang top2 kabeh pokoke.

    Yo wis,tak tinggal dulu lur
    Slmt menunaikan shlt ashar

    Suka

  12. contoh menipu diri sendiri
    kita bekerja untuk apa?
    untuk mendapatkan uang.
    kalau sdh dapat uang untuk apa?
    untuk sarana menuju akhirat.
    ah….yang bener????
    untuk mengurusi keluarga.
    bohong tidak niiih….?
    kalau jujur dg diri dan alasan yg kita ungkapkan tdk menipu diri maka hal tsb tak berakibat pd diri.
    namun bila ungkapanya spt diatas namun keinginanya ternyata bkn hal itu,misalnya agar kira sejajar atau lbh tinggi kedudukanya dg lingkungan,krn dg berlebihnya harta maka derajatnya dimata manusia ikut naik.akhirnya yg terjadi adalah kejar2an yg tiada ha isnya dg lingkungan sekitar/bersaing.

    contoh lg:
    untuk apa engkau sedekah?
    untuk tabungan stlh kehidupan didunia.
    bener gak nih….

    eh…gak dhing,tujuan saya sedekah biar harta saya berlipat lipat kok.

    Suka

    1. Manteepp mbah yai ulasan yg tajemm ssetem silet…
      Memang kenyataan hdup sprti itu banyak sering kita menipu dn mmbodohi sndiri.. Bekerja keras tujuan sbnernya mncari uang agr bisa di pandang manusia lain,derajat yar punya status di mata manusia.. Sedekah. Tujuan sbnernya agr rejeki makin lancar tokcer bukan krna ibadah… Sholat tiap hari tujuannya tdk lain skdar menunaikan saja tp blm mnyentuh ke inti sholat itu sndiri jd babar blas gak merasakn manisnya sholat yg sebnernya.. Berbuat baik sm orang lain tujuannya tdk lain agr orang lain jg baik dn punya relasi banyak yar klo ad apa2 gak sulit.. Hehehe

      Suka

  13. terima kasih kang RIsang..

    Memang terlihat secara Selintas.. “cuci tangan”..

    tetapi aku teringat nasihat imam ali a.s dalam NAJHUL BALAGHAH..:
    nasihat yg sangat dalam menurut saya :

    Pernah seseorang mencela DUNIA di sisi Imam Ali a.s maka imam berkata :
    Dunia adalah negeri kebenaran bagi yg membenarkannya, negeri keselamatan bagi yg mengetahui tentangnya. Negeri kekayan bagi yg mengambil bekal darinya. Tempat Turunya wahyu allah, tempat Sholat malaikat-Nya, Mesjid para nabi-Nya, tempat Jual beli para wali-Nya, Mereka beruntung mendapatkan rahmat darinya dan di dalamnya mereka mengharapkan Surga..

    — Disisi lain beliau mengatakan ..dengan sangat mendalam ..

    “.. Didalam pelajaran terdapat kecukupan yg tidak memerlukan lagi ikhtiar..”…

    “.. Barangsiapa yg menjadikan akhirat sebagai pusat perhatiannya maka dia telah menjadi kaya tanpa harta, terhibur tanpa keluarga, dan mulia tanpa memiliki keluarga besar..

    Semoga bermanfaat…

    sekali lagi terima kasih kang RIsang telah membagi Ibrah…

    Suka

  14. salim sungkem kang Risang dan sedulur semua…
    walah… tajam… mantep…
    Jadi timbul pertanyaan, bagaimana klo seseorang memang niatnya bersedekah untuk melancarkan rezeki, dan ketika ditanya untuk apa bersedekah, dia menjawab untuk melancarkan rezeki… sudah jujur kah dia? sudah benar kah dia?

    kirain kang BBSB malih rupa lagi jdi JBSL… beda orang tho… salim sungkem kang…
    Salim sungkem jga buat kangmas nunub…

    waalaikumsalam mbah hendri…

    monggo dilanjut…

    Suka

    1. mencoba berdiskusi dengan saudara saya kang bangkit …

      Secara logika ia boleh saja “jujur”..
      secara hati… siapa yg paham ..?

      Hati memiliki jalan sendiri yg tidak pernah bisa di mengerti oleh akal…

      ———mari berdiskusi guna mencapai pengertian yg kaffah..———–

      Silih asah Silih asuh Silih Asih..

      amieeenn…

      Suka

      1. Nah itulah yg sya maksud dengan pertanyaan diatas, lalu siapa/apa yg selalu membohongi diri sendiri? Siapa/apa jga yg selalu jujur apa adanya dalam diri sendiri? Mari melamun hehe…
        Owh, bru sadar dri gya tulisan rasa2nya ini kakangku yg pernah nginep di pom bensin…

        Suka

  15. mas bangkit scr akal dan pikiran mereka mau menerima niat tsb.namun ruh anda tak mau menerima niat tsb.suatu saat dr diri sendiri ada yg protes dlm bentuk lain.
    protes dlm bentuk lain inilah yg sulit ditangkap atau kurang disadari.
    contoh :suatu ketika kita dlm keadaan minim lalu dlm renungan timbul pertanyaan diri,rasanya dlm hidupku ini slalu sedekah,knp keadaan spt ini?
    lalu tanpa sadar pertanyaan tak terjawab,maka timbul rasa tak nyaman dlm diri terutama dada.bkn sakit tp terasa sempit/sumpek.

    kasus kena efek balik,istilah tersaluri energi negatif dlm sebuah terapi,titik tumpunya adalah liku2 dlm perasaan.

    Suka

  16. kemarin dijakarta bertemu pak agus balung beserta nyonya.
    nyonya bertanya :mas kenapa saya ikut kena efek dr si sakit?
    ibu sering larut dlm perasaan ibu saja.contohnya ibu membuat tuhan sendiri disembah sembah sendiri.contoh saat sholat menciptakan suatu bentuk pola yg dianggap alloh lalu disembah,misalnya seolah sebuah makluk yg merajai,atau sinar di depanya dll.
    ooo…walah ….bener mas,saya sering membayangkan lafadz arab ALLOH di depan saya ketika sholat.

    tak terduga efeknya sebuah bayangan tanpa terduga,walaupun bayangan positif,janganlah kalian memikirkan dzat alloh.janganlah panjang angan angan(hadits).

    Suka

  17. bila ada beban atau ganjalan dihati atau dipikiran hingga dadamu sesak Coba tarik napas dalam-dalam sampai tidak bisa lagi udara terisap tahan sebentar kemudian hempuskan pelan-pelan sampai napas habis Insya Allah hatimu akan plong (jangan kaget saat mengisap nafas kayax ada sedakan/ganjalan didada)

    Suka

  18. Nyimaaaak..maklum mung iso nyimak… Lanjut mbahe Risang, kang baju baru semangat lama/a…
    Kang gokong, kang bangkit, kang baju baru smangat baru km guru nunub, kang parjo,kang jagaraksa

    Suka

  19. Semangat malam ..

    Kang Gokong, .. Gus Cilintrik, Gus zakky, kang bangkit, kang nunub, dan seluruh sedulur semua yg menyimak atau hanya sekedar mengintip..

    Assalamualaikum…

    Dalam Diskusi Tausyiah Makrifat seperti ini ..rawan sekali seseorang disangka berilmu, tinggi hati, pamer, Sombong dan lain lain..hal yg tidak perlu..

    Salah kata sedikit saja Bisa Runyam…

    UNTUK MENGHINDARI HAL TERSEBUT..
    Baiknya kita menggunakan Pihak Ketiga, sehingga adab bisa terjaga dalam pendakian Ilmu (TOLABUL IL’M) dan wawasan..

    Monggo kita baca dan cermati sama sama .. Mudah mudahan ada gunanya

    HATETEPE://indonesian.irib.ir/islamologi2/-/asset_publisher/Q43w/content/id/5054946/pop_up?_101_INSTANCE_Q43w_viewMode=print

    Suka

  20. Hehehe… Memang trkadang bgtu gus, sya ga pake pihak ketiga col’x ora iso ngomong mung dri bengen brusaha ntuk bisa jujur pda diri sendiri, krn jujur pada org laen blm tntu bisa jujur pda diri’x sndiri, maka dri itu sya pribadi coba ngambil hikmah dri apa yg di dengar, dilihat, dan dirasa agar bisa blajar darinya dlm mengolah dan memilah…. Ini pribadi aku looh…….

    Suka

    1. Nuhun kang… hatur nuhun kana perhatosannana..

      ini link tambahan pelengkap buat renungan…
      tausyiah makrifat dari KANG RISANG malam Jumat ini …

      semoga kita semua berada dalam rahmat dan petunjuk dan lindungan NYA… Amieennnn

      HATETEPE://tanbihul_ghafilin.tripod.com/panjanganganangan.htm

      Suka

    2. Benul (benar dan betul), perlu kewaspadaan dalam membicarakan bab ilmu, mungkin karena itu yg sya bisa cma melamun… Salim sungkem kang cilintrik… Nitip salam kanggo kang astrajingga…

      Suka

  21. setan paling mudah menggoda lwt lipatan lipatan problem.ketika ada problem dirasakan scr mendalam pelindung alamiah manusia bolong.
    lubang itulah pintu masuknya.

    para kaum bijak mengatakan:tuhan berada dalam dirimu(tp bukan dlm petasaanmu,pikiranmu).
    pikiran dan perasaan ibarat motor,ada lampunya yg menyala,tp motor itu tak dapat melihat,yg dapat mengarahkan lajunya motor bkn terang ya nyala lampu motor tp pengendara motor.namun ada jg motor yg menaiki pemilik motor sejaligus mengendalikanya.lho…kok kebalik motor naik orang?

    Suka

    1. Tidur dan bangunku sudah diatur. Pada suatu saat dalam dadaku timbul keinginan yang kuat untuk berbicara. Begitu kuatnya sampai aku merasa tercekik jika tidak berbicara. Dan ketika berbicara, aku tidak dapat menghentikannya
      “Pikiran, sang penyelam yang mencari mutiara ma’rifah dengan menyelami laut hati, mencampakkannya ke pantai dada , dilelang oleh lidah sang calo, kemudian dibeli dengan permata ketaatan dalam rumah yang diizinkan Allah untuk diangkat”. Ia kemudian menyitir, “Dan untuk wanita seperti Laila, seorang pria dapat membunuh dirinya dan menjadikan maut dan siksaan sebagai sesuatu yang manis.”
      hamba-yg-dhoif

      Suka

  22. Maksudnya begini mas digambarkan saja biar mudah.

    kita sering mendengar kata ngalap berkah,mendapat sawab.berkah dpt mengalir ketika ada sambung rasa antara kita dg orang yg kita sowani krn ada keterlibatan dua perasaan berbaur.

    namun ketika yg kita temui orang bnyak masalah,lalu dia curhat pd kita sedangkan kita merasakan akan individu dia maka kira jg ada beban yg mengalir ke kita.maka yg curhat agak sedikit lega krn sebagian bebanya mengalir ke kita.
    kita jadi pengamat saja sebuah alur apa saja (letaknya di depan kita).
    kalau kita terlibat alur,alur tsb letaknya di dada kita.memang ketika kira sedang mengamati sebuah kejadian tanpa sengaja ada yg masuk ke dada,namun pelan2 dpt kita hindari wl tetap bs diajak curhat oleh sahabat.

    Suka

    1. nggih mbas Risang, berarti niku alur diluar kita…
      kula msh bingung ngudari ruwet-ipun pribadi, mslhnya terlihat mblunder, dan seringnya disuruh bersabar… pripun mbah tata caranipun?
      mtr nwn

      Suka

  23. ampun merasa tuwas mas.peran manusia itu berbeda2,disitu dpt dibedakan mana kehendak diri dan mana kehendak yg maha kuasa.

    kehendak diri :keinginan yg kuat disertai usaha lahir batin yg maximal,namun ketika usaha tsb gagal maka keinginan tsb tdk sinkron dg kehendak tuhan.maka banting haluan /merubah keinginan wl awalnya tak minat,tak suka dll tp jalan seolah terbuka lebar.semua tentu ada proses yg dilewati entah suka atau tak suka.contoh dari kecil sy pribadi punya keinginan jd org kaya.agak besar berusaha maximal unt mewujudkan keinginan tsb.sekitar 6 thn sempat menjadi spt orang kaya pd umumnya.namun ternyata peran sy tdk disitu,yg maha kuasa memaksa agar sy meninggalkan keadaan tsb dg caranya yg unik,wl waktu itu kurang suka dg cara DIA.

    awalnya tentu tak nyaman dan tak enak lama lama sadar oh…memang peran sy didunia bkn disana tp disini.tak usah iri akan peran orang lain yg berbeda/menjadi spt orang lain.

    mas ketika lg dirundung masalah spt org tak bisa renang masuk ke kolam renang,semakin polah semakin tenggelam.tp ketika mendiamkan tubuh maka tubuhnya semakin tenggelam.
    pertama tenang dl, stlh tenang malah solusi itu datang.tenangnya batin tdk sama dg diamya tubuh yg tak berusaha.tentunya semua ada proses,nah proses itulah yg dimaksud amatilah sebuah alur.dlm alur tsb ada awalnya tengahnya dan akhir.

    Suka

  24. Semangat sore… Salam Salim sedulur semuanya…
    Nyimak… lanjut melamun… cling…
    Walah bru ngerti… mungkin itu arti sebenarnya jihad fii sabilillah, berjuang di jalan yg telah ditentukan… mungkin… monggo dilanjut kang…

    Suka

  25. LUAR BIASA kang risang..

    semakin kesini pelajaran semakin “HALUS”… “tanpa mantra tanpa laku”
    tidak ada yg bisa mewakili ibrah ini kang…

    hanya hati yg bisa nrima wejangan rahsa ini …

    mengerti – tidak mengerti pokona kudu ngerti ..
    sekali lagi terima kasih dan LUAR – BIASA….

    ## menyimak di pojokan …

    mangga di lajeungke.. sedulur sedulur..

    Suka

  26. mohon doanya untuk saudara kita yg sedang tidak sadar diri selama kurang lebih 3 hari krn sesuatu hal, sekiranya sesepuh dan sedulur ada yg mau mentransfer energi pengobatannya kita barengkan waktunya…

    Suka

  27. Nggih mbah Risang, mulai agak terbuka dg pangandikan disuruh bersabar, tp krn mmg tdk ada penjelasan lgsg ya kita pasti nggronjal, kliatannya jawabannya kula dapat ditempat lain, dg sebutan topo ngeli, topo pendem, topo ngalong dan topo ngrame….
    Hadewh… pelajaran laku yg lumayan2 berat….
    Ada beberapa yg sdh sy terapkan karena mmg kepepet2 betul, akhirnya sy cuma bisa matur wonten Ngarsa Gusti Allah, laa khaira ilaa khairuka walaa thaira ilaa thairuka….. dan sy pasrah sepenuhnya…. Duh Gusti, kawula nderek Kersa Paduko….
    Alchamdulillah, masalah ada titik terang….

    Repotnya kalau orang yg melihat dikiranya kita tdk ikhtiyar…

    Matur sembah nuwun mbah Risang, skrg sy hanya memiliki tekad untuk berbuat sebaik-baiknya untuk melayani Gusti…

    Suka

  28. OH IYA YANG SEDANG TIDAK SADARKAN DIRI SELAMA 3 HARI ADALAH MBAK ZAGAD ARASY …
    UNTUK ITU SAYA MENGETUK PARA SANTRI SONGGO BUMI UNTUK SAMA2 MERINGANKAN BEBAN SAUDARA KITA…
    MONGGO UNTUK WAKTUNYA SAYA SERAHKAN KE SESEPUH (BERSAMA AKAN LEBIH BAIK)…

    Suka

  29. Assalammualaikum absen malam……………

    Sangat prihatin dengan kondisi mbak jagad arasy, semoga Allah segeera memberikan kesembuhan.

    Suka

    1. aamiin ya alloh ya kariim ya arhamarrohimiin… matur sembah nuwun sanget bapak kiyai agus balung kaliyan gus nunub atas do’anipun.

      Suka

  30. Semangat malam… Salam salim akang2 smuanya…
    Wejangan yg dalam kang tukimin, mengingatkan sya akan wejangan sesepuh mengenai keikhlasan yg merupakan penjabaran dri rohman dan rohim… Salim sungkem kang tukimin… Monggo dilanjut…

    Suka

  31. jd inget dzikir sahadat, ketika hati mencoba mengartikan, kok hati malah bilang, tenan ta, opo du2 duwit. pikiran mencoba menjawab, yo kadang2 duwit.

    Suka

      1. waaah klo itu saya ngumpet ae lah….elek tenan koq yg namanya dedengkot gituan..klo ngggguuaanteng ndak apa2 saya depan.. 😀

        Suka

  32. hadeuh tertinggal sekolah…. assalamu’alaikum salim sungkem para sesepuhku smua. mohon maaf telat hadir. kulo ga tahu harus bagaimana berterimakasih kepada para sesepuhku smua, berkat do’a para sesepuh smua alhamdulillah alloh ringankan sakitnya. smoga alloh ridho memberikan ganjaran kebaikan yang berlipat ganda untuk para sesepuhku smua, ridho melapangkan rezki para sesepuh seluas-luasnya, ridho menghilangkan sgala beban kesulitan para sesepuh dan memberi sgala kemudahan. nyimak dengan seksama..

    Suka

      1. haturnuhun pisan nya kang kana du’ana akang gus bangkit jeung para sesepuh sadayana. lho kok pada tau kang kalo abdina pingsan..? iya kang gatau napa kmarin2 kok tiba2 lenyap gitu, ga tau apa2 lg. sempet ksadar bentar (ga tahu hari apa lupa) tapi nyawa kaya masih ngambang gitu, badan rasanya panas kaya kbakar, telapak tangan melepuh, dada sakit banget abis itu lenyap ga inget apa2 lg.

        Suka

  33. punten dalem sewu ki risang n poro sesepuh smua boleh ga nanya, apakah sadarnya ruh sama dengan istilah “nur” ilahiyah yg maujud dlm bentuk kesadaran ruh? bedanya kesadaran ruh dan kesadaran jiwa itu apa ya ki..? kulo ga tahu ki apakah yg kulo alami adalah dzikrul maut ato bukan tapi memang yg trasa saat dzikir sperti lepas dari blenggu beban pikiran n perasaan, rasanya ringan. ada problem atopun tidak sperti tidak ada lagi bedanya, rasanya sama saja. kadang juga tiba2 muncul kaya slide dihadapan.

    Suka

  34. amiin ya alloh ya kariim ya arhamarrohimiin.. haturnuhun pisan kana du’ana akang gus pupuhbayu. smoga akang gus pupuhbayu juga sehat selalu dan senantiasa dalam lindungan alloh swt aamiin ya robbal ‘alamiin. terimakasih banyak para sesepuhku smua

    Suka

  35. Semangat pagi, semangat berakhir pekan, semangat beraktifitas…
    Walah msh sepi… Pada kecapean kayaknya… Smga semua sehat dan tetap semangat…

    Aamiin smga teteh jga segera dilimpahkan ni’mat sehat…

    Suka

    1. aamiin ya robbal ‘aalamiin… haturnuhun pisan akang gus bangkit kana du’ana. begitu juga dg akang gus bangkit smoga selalu dilimpahi ni’mat sehat dan kebahagiaan.

      Suka

  36. Sesungguhnya tidak apalah berdoa ada duniawi,duit,.,keleluasaan hati dalam menuju ibarat sinar mata pisau hanya orang orang yg ditetapkan zuhud sajalah yg memang sudah garis nya,jikalau hati dan keleluasaan kita blm dapat garis nya tidak perlu dipaksakan..asal tetap belajar nanti juga ketemu.rasa yg benar benar hina di hadapan nya lah berarti sudah menapak jalan ke arah hakekat makrifatnya.

    Suka

  37. alhamdulillah berkat doa dan kebaikan sesepuh semua kita bisa bersilahturahmi lagi di dunia maya dengan saudara kita mbak jagad, semoga amal kebaikan sedulur semua dibalas berlipat oleh ALLOH SWT, saya hanya bisa berdoa pada Yang Maha Kuasa Pemilik Seluruh Alam Semesta agar semua saudara kita yang aktif maupun yg hanya ngintip tetap dapat bersilahturahmi di dunia maya ini dalam kondisi sehat walafiat tiada kurang suatu apapun…amiiinnn…

    monggo pelajarannya dilanjut lagi Ki…saya nyimak dibelakang wae…sambil meresapi apa yang Ki Risang ajarkan…

    maju terus santri songgobumi,,,,,semangatttttt….

    Suka

    1. aamiin ya alloh ya kariim ya arhamarrohimiin.. pertolongan alloh maujud nyata dalam diri para sesepuhku smua. abdi ga tahu bagaimana harus berterimakasih kepada para sesepuh smua. ya alloh hanya Engkaulah yg mampu mampu membalas sgala kebaikan para sesepuhku disini dan diluaran sana, kepadaMU aku kembalikan dan serahkan segalanya maka cukuplah Engkau yg menjadi saksi perbuatan baik para sesepuhku smua..

      Suka

  38. sudah kodrat manusia obat dan duit dibutuhkan janganlah kita munafik ,mengejar harta boleh saja asal engkau juga mengejar pahala,tapi pemikat harta sangatlah kuat yg jika hati ,iman mu tidak kuat pasti engkau terengkuh oleh cantiknya harta dunia,Jika engkau mau kuat dan tidak terengkuh oleh gebyar dunia sujud syukur dan hinakanlah diri di hadapan yang kuasa karena hanya lah ia yg maha kuasa,selalu ikhlas dzikirullah,selalu mencuci harta ke yang pantas menerima,insyaallah hati dan rasa tidak mempan oleh cantiknya dunia.

    Suka

  39. aamiin ya robb ya kariim.. haturnuhun pisan kana du’ana akang ki cilintrik. nyuhunkeun izin nyimak pembabaran n wejangan para sesepuh sadayana. kangen dg wejanganya ki gokong yg penuh sanepa..

    Suka

  40. Mas Bangkit, sy cm cerita lelakon sy, yg pernah sy alami, tdk ada unsur kasih wejangan ato apalah namanya, lha wong sy jg kosong blong, gak ngerti apa-apa.

    Mggo, lanjuuuut….

    Suka

  41. Carilah ilmu dan Harta spy kamu bisa
    memimpin,
    ilmu akan memudahkan
    memimpin orang-orang diatas.
    sedangkan harta
    akan memudahkanmu
    memimpin orang yang di bawah
    ( masyarakat awam )”
    – Ali bin Abi Thalib

    Suka

  42. Assalammualaikum wr wbr…………..absen sore……….

    Salam salim, salam rahayu…………….semua sedulur Bolo Bomi…………..

    Suka

  43. Absen malming dulur, kang pupuh bayu poko’x merdeka biar ttp semangat hehe…
    Kang bangkit ah jdi nineng kanu kolecer si gelap ngampar di lembur, ari geus maen kolecer ridho cineko papanasan hehe…

    Suka

  44. salam hormat buat @ romo kyai risang,ki banyugeni, ki Gus nunub,ki kamajaya,kigiri,ki jbk,km arief,ki alghifari,ki war,ki sidomulyo,ki go kong,ki sabrang,ki maning,ki daffa,ki @joe,ki bejo ndalek,mba jagad Arasy, km mbohol, mbah denwiek, kang langlang-buwana, mbah gempleng, kang supernova, ki lilo, ki tapak sakti, ki sabrang, gus Daffa,mbah ochim, ki Belma, ki kinyan, ki sammy,ki jagar@ksa, Singo dirono, Mas Cetho, wali9puluh, Orgib, laskar jawi, mbah jambrong jpr, ki enda, ki gelung hitam, majubie, sanggu, yudha kelana, ki glondorz, km ridwan, km azis, km rahman ar, cah kinyan, suto, donjuan2000, semprul siji-pitu, kang sajjani, km watualas, km adhi k, cah kudus, gunawan, abu yahya, joko sabar, lanang jaya, itokz, tomcat, kangABR, kangglundung peringist,kang diwantoro, kang lembah manah, m@n, kancane mbah sastro, arie andrepati, wira, singadimeja, aji setiawan, wadag semu, sosropati, joko sabar, ridwan mertani, H.Eko S, abah ano 18, bolodewe,sha’i, Bambang permadi, Astokinaryojopo, Anto makassar, star, yusuf, bangkit, anto makassar, pak agus balung, val young wicaksono, anugerah, JAVAS, ucup dan BB lover lainnya mohon maaf kalo tidak di sebutkan. selamat beraktivitas semua

    Suka

    1. weh… sugan teh tos sepi… sakantenan ah bde tumaros…
      dupi eta anu namina du’a tobat nabi Adam sanes nya? soalna pernah hiji mangsa nyereset dina hate du’a nabi Adam…

      Suka

  45. Waduh ari kang bangkit kawas ka ustad wae, tos teurang abdi reman pojok pos ronda keun weh wios sesepuh anu langkung teurang supados diguar sakanteunan..
    Ari si akimah ka pungkur nyariosna teh nabi adam di tampi tobatna kulantaran bismillah sa atosna di tampi tobatna eta bismillah di anggkat deui ku Allah ti nabi Adam as.

    Suka

    1. weh… kang cilintrik, sanes ka ustad kang… tpi naroskeun ka raka… da naros ka ustad mah sok seueur wallohualam na… hehehe ampuun ah pa ustad…

      Suka

  46. Kang bangkit ini mah kata si aki jdi leres jeng henteuna duka janten tiasa di taroskn deui kanu langkung faham.
    “Rabbana, kami tos ngazaliman diri kami nyalira, sareng sekirana Gusti teu ngahampura kami tur ngarahmatan kami, pasti kami kaasup jalmi” nu ngarugi.”
    Qala rabbana dzholamna angfusana “Rabbana, kami tos ngazalimi diri kami nyalira”) nyaeta kami tos ngamudaratken diri nyalira jeng ngalakukeun kamaksiatan.
    Wa illam taghfir lana (jeng sekirana Gusti teu ngahampura kami), nyaeta sekirana Gusti teu masihan hampura ka kami.
    Wa tarhamna (jeng ngarahmatan kami), margi kitu Gusti tong nga azab kami.
    Lanakunanna minal khosirin (pastina kami kaasup jalmi” anu rugi), nyaeta pastina kami kaasup jalmi” anu katipu anu ngengingkeun siksaan… Saur si aki deui makana trun bismillah ka nabi Adam tur ditrima do’ana, saatos diterima teuras Allah ngangkat deui bismillahNA ti ingetan nabi Adam as, makana untung urangmah kaasup umatna nabi Muhammad saw anu bisa bebas maca mlah di anjurken pisan, pek geura guar aya naon dina bismillah kunaon nabi anu katukang tukang ngan sakali sakali..

    Suka

  47. Nah itu dia kangmas… sya jga g ngerti maksudnya… tiba2 tersirat begitu sja…
    pernah sya coba wiridkan walau g tau maksudnya, terasa merinding, rasanya badan lemes g ada tenaganya, sampai2 dari posisi duduk sila jadi posisi sujud…

    Suka

  48. Kang bangkit saur si aki mai pami ruh urang tiasa kumawasa kana pikir jeng rasa manehna bkal paham intina kana naon nu di ucapken artina ngalakonan sakumaha anu di wakcakeun pmugi paham….

    Suka

        1. Aamiiiin ya Robbal ‘aalamiin…… trimakasih banyak ki atas do’anya. smoga sgala keinginan ki teratai perak bisa tercapai ya ki.

          Suka

  49. Pak Agus B ,Mas Banyugeni,Mas Bangkit,Kangmas Cilintrik,Mas Pupuhbayu,Kangmas Yudha Kelana,Mas Teratai biru,Mas Hendri dan all….selamat pagi selamat berlibur…semoga kebahagiaan,Kesejahteraan dan Barokah selalu tercurah…..amin

    Suka

  50. Absen dihari minggu yg cukup kemrungsung…

    met berlibur utk sodara2 yg sdg libur…..
    met beraktifitas bagi sodaara2 yg beraktifitas…..

    Suka

    1. banyak kegiatan yg harus dikerjakan mas BBSB….
      yen karepe mBilung opo-opo iso sgr diselesaikan, tp katanya neng LM kan sudah ada jadwale kapan itu akan bisa diselesaikan (nirokke.co.id).
      mumet tenan ndaz gereh-e…..

      Suka

  51. Walah… hari minggu kok mumet ya… bener kata kang Risang nih… klo logika nerima tpi tetep ada yang ngerasa nolak… waduh bingung…

    Suka

        1. walah… kopi rasa duren ya bisa2 kliyeng2 kang… tekanan darah bsa2 langsung naik… tapi klo ngopi abis belah duren g tau tuh… hehehe kabuurrrr…

          Suka

    1. Waalaikumsalam… masak naun kang? pasti sanes masak sayur, da kamari2 saurna panci na dianggo helm… hehehe punten kang ah banyol… hatur nuhun piwurukna kang… Alhamdulillah lerep kana manah…

      Suka

  52. ya alloh mohon tolonglah sepuhku yg ingin berkurban di th ini agar cita2nya yg mulia bisa tercapai, tolonglah sepuhku yg lg kemrusung agar sgala kegiatanya sgera slesai, berilah kmudahan rezki untuk sepuhku yg lg mung ndekem neng umah tok, ceriakanlah slalu sepuhku yg lg nderek nyimak=nyai sama emak, hilangkanlah mumet sepuhku yg lg mumet, sembuhkanlah sepuh2ku yg lg sakit, bahagiakanlah sepuh2ku yg lg sedih, berilah air sepuhku yg angel golek banyu dan tolonglah sepuhku yg lg masak biar ga gosong

    Suka

  53. Amiiiin….matur suwun pangdo’anipun…..
    Hahahaha…. Kang bangkit biasa masak kanggo bekel maraton.. Hehehe… Tpi helm panci okeh jg kang mbil cindeko di tukang ngiringkeun kanu rek bajuang maklum sakur tiasa niat pangabisa langka….xixixi….

    Suka

  54. hihihihih . . . .ramai sekali tadi para sesepuhnya pada keluar. . .sayang telat wes tak nyimak wae maneh . . .salam rahayu semuax

    Suka

  55. Ass,wibb
    salam kolla mirobbiroh, Nun sewu saya numpang lewat, dan saya suka membaca artikel-artikel tulisan. iya kalau melihat dari tulisannya ngeri !, alias seolah-olah mau coba nilas angin yang ingin jatuh ke telapak tangan ke wali pencabut nyawa, dari gusti allah robbil alamin .
    Iya kalau dibaca dan yang diuraikan diatas sebenarnya mungkin saya yang bodoh ini, sepertinya bukan doa mengingat kematian / zikir mengingat kematian, tapi memahami kematian semu sebelum kita mengalami kematian yang sesungguhnya, itulah yang mbah saya ceritakan ” syech siti jenar”, kalau mu ketemu didalam bukan itu namanya, saya juga baca artikel yang lain tentang mbah saya, kita harus kembali lagi ke rukun iman “takdir”, nanti kalau ngamalin yang ngeri-ngeri takut nggak balik, takut ketinggalan di mol, atau nyangkut di pohon ( nun sewu om bercanda), makasih om saya senang membaca artikel -artikelnya sangat menarik,

    wass,
    syech jagad

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s