DZIKIR JAHAR MENANGGALKAN 70.000 BEBAN(bidayatus salikin)

ASSALAMU ALAIKUM
PEMBACA BLOG YANG KAMI HORMATI,TENTUNYA KITA TAK ASING DENGAN KATA DZIKIR KARENA MOYORITAS SUDAH MELAKUKAN DZIKIR.
DALAM MELAKUKAN DZIKIR BATIN AKAN DIBAWA KEDALAM ENAM KEADAAN.

KEADAAN YANG DIMAKSUD ADALAH BERDASARKAN TINGKATANYA DARI SATU SAMPAI ENAM.
YAITU:
1.IJTIMA’I SATATI QOLBI SHOHIBIHI
yaitu mengumpulkan terpecahnya ingatan hati manusia yang sedang berdzikir.Gerakan hati manusia sehari semalam adalah 70.000 gerakan silih berganti, maka yang tak bisa mensikapinya jiwanya akan lelah dibawa kesana kemari oleh gerakan hatinya.
Contohnya dalam sholat :apabila kita sedang sholat terasa dalam hati melirik kepada selain alloh.Namun yang tahu akan hal ini dia akan segera mengistirahatkan hatinya tinggal satu gerakan yaitu hanya alloh yang ada.Sehingga sholatnya menimbulkan efek samping sebagai tempat istirahat jiwa yang lelah karena beban 70.000 gerakan hati. Apabila masih kesulitan mengendalikan gerakan hatinya maka sebaiknya melatih dzikir sesudah sholat.
“maka apabila kamu telah menyelesaikan sholatmu,ingatlah alloh”(an nisa 103).

2.HIMMATUN ‘ALIYAH.
membuat tinggi cita citanya dalam menjalankan ibadah kepada alloh.Jelasnya dalam menghadapi segala problem tidak mudah putus asa dari rahmat alloh,selalu ada harapan/himmah yang kuat kepada alloh.

3.ANISUL MUTAWAHIS
menjinakan perkara diri yang sering kali liar.Contohnya menggantikan sesuatu yang liar dengan diganti ibadah sunah.

4.JARRUL KHOIR.
yaitu menarik kebaikan.artinya mengajak pribadi dan orang lain untuk berbuat kebaikan.

5.KHOTROTUS SAMAWIYYAH.
artinya kabar dari langit.Tanda tandanya ada kabar dari langit(belum tentu bisikan,tapi kabar gembira bagi kita akan janji alloh) bulu kuduk berdiri diiringi rasa gentar, terasa sedih tak tahu yang disedihkan,air mata meleleh namun hati bahagia.Tapi bukan menangis karena persiapan dibuat suasana hati menjadi sedih,namun timbul sendiri kadang susah untuk mengulangi di lain hari.itulah rahmat alloh bagi hambanya yang dekat dengaNYA(alloh memberi tanda sebagai kabar gembira).

6.MIFTAHUL GHAIB.
Terbukanya sesuatu yang samar.Untuk mengetahui perkara yang samar memang tidak mudah.Dibukakanya perkara yang samar ada yang langsung dari alloh berupa ilham tanpa kata tanpa suara tanpa huruf, suatu kepahaman, pengertian ilmu yang datang secara tiba tiba.
Ada pula perkara yang samar yang datang melalui perantara makluknya,dalam hal ini perlu ekstra hati hati karena setan dan malaikat dua duanya bisa menyerupai apa saja.
Syeh abdul qodir jailani membedakan tanda tandanya:
Setan menuntunya kearah penyelewengan baik secara samar maupun terang terangan.
Malaikat menunjukan jalan munjiah yaitu jalan keselamatan dunia dan akhirat.

KETERANGAN :
Yang dimaksud dzikir jahar adalah berdzikir LAA ILAAHA ILLALLOH.
Kalimah tersebut menuju kehadapan alloh dengan sendirinya tanpa ada yang membawa sebagai perantara(buka s.fathir ayat 10).
Untuk menenangkan gerakan hati yang 70.000x sehari semalam perbanyaklah dzikir jahar.Maka kadang ada yang mendapat ijazah khusus untuk berdzikir kalimah toyibah 70.000x.Dengan mengamalkan ijazah tersebut kurang lebih maksudnya agar tersisih segala sesuatu selain alloh.Apa mungkin? Apa bisa? kalau menggunakan pikiran dan perasaan sulit rasanya.Nyata nyata secara pikiran ada macam macam :ada diri,ada rumah,ada hutang,ada pohon,ada meja dan banyak lagi.Ternyata ada alat selain pikiran selain perasaan selain indra ke enam,selain mata ketiga, selain waskita dll, yang dikenal hanya alloh saja.
Hidup terasa berat,karena banyak problem belum terselesaikan?
Mencari solusi kesana kemari belum ada jodoh/cocok?
Coba istirahatkan hati dengan mengurangi gerakan hati ketika sholat, sehingga yang ada hanya satu gerakan,yang ada hanya alloh.Setelah sholat berdzikir berdzikir jahar dengan satu gerakan hati yang ada hanya alloh.Semoga ilham dari alloh datang langsung tanpa perantara/dengan perantara mengangkat beban yang ada dipundak kita serta dilapangkan dada kita.

130 tanggapan untuk “DZIKIR JAHAR MENANGGALKAN 70.000 BEBAN(bidayatus salikin)”

  1. percobaan ringan:
    coba angkat kaki agak tinggi,lalu bertahan kira kira setengah jam apa yg terjadi?

    genggam sebuah biji beras sehari saja apa yang terjadi?

    ambil segenggam beras lalu jatuhkan dari atas, amati jalan jatuhnya,dan amati tempat jatuhnya.

    kenapa hidup kita berat?
    lalukan percobaan diatas lalu simpulkan.kl di sebut /dijelaskan ayatnya kadang sulit menerima kenyataan.

    kesimpulan:
    ketika kaki diletakan diatas dlm jangka lama maka pegal rasanya.karena qodratnya kaki itu tempatnya dibawah.kadang sekali kali ingin merubah kaki diposisikan diatas maka dlm jangka lama rasanya tak nyaman.

    menggenggam sebiji beras dlm jangka lama juga terasa jenuh.wl beras itu kecil.rasa memiliki itulah yg lama kita genggam shg jenuh rasanya padahal itu pinjaman.

    beras yang dijatuhkan dari atas menempati tempat masing masing,tak ada beras yg jatuh dlm tempat titik yang sama.karena masing masing punya lintasan dari atas yang berbebeda.lintasan tersebut sdh ditentukan jalurnya.beras tak bisa menyerobot lintasan beras lainya.
    lintasan apa yg sering kira serobot? padahal itu bkn jalur lintasan kita.

    Suka

  2. hidup berat,tak bahagia,tak nyaman coba koreksi diri pasti ada yang salah dlm memposisikan.
    ingin menjadi seperti yang lain ibarat kaki iri kepada kepala,kemungkinan bisa tapi berat rasanya.
    kecuali bila kita enjoy melenggang tanpa beban, tanpa pusing,tanpa bingung tandanya kita sdh dijalankan keposisi lain.

    Suka

  3. Subhanallah kang risang .. semoga ALLAH SWT .. mencurahkan rahmat dan perlindungan yg berlipat bagi panjenengan dan keluarga

    Insya allah ini .. bagaikan Buhul yang saling menguatkan ..bagi pejalan yg mau Meniti …dengan sabar .. di jalan NYA ….Insya allah…

    (haru .. berkaca kaca)…

    Suka

  4. waalaikum salam kangmas Risang…
    hadeuh, proses pengenalan diri yg Laa haula wala quwwata… sudah mulai dibuka prakteknya, ijin ndeprok nyimak…

    Hatur nuhun kang Anto, sudah berkenan berbagi pengalaman yg mencerahkan…

    Suka

  5. Wa alaikum salam……Km RISANG M….salam salim…..insya ALLAH ba’da jum’at saya berangkat akan berkunjung Kang Mas……!

    Suka

  6. mas bangkit,biasanya dlm keseharian bgt bnyk gerakan hati,ketika sholat magrib terasa bgt lelahnya,rasa ngantuk,beban dikepala bgt terasa,nah istirahatkan jiwa yg lelah,kadang badan yg lelah buat tidur malah klisikan sulit tidur.
    sholat magrib lalu dzikiran unt istirahat jiwa.bila terjadi perubahan jiwa kembali segar dah kita praktekan sholat dzikir kita.wl sholat tujuanya bkn itu semua namun itu efek positifnya.bila buat sholat kelelahan semakin lelah,yuk sama2 belajar lg sholatnya.

    Suka

  7. Sedih membaca wedaran Ki Risang …
    Teryata keakuan itu masih erat melekat…
    Salam salim ki Mohon maaf kalau lama tidak memberi kabar…

    Suka

  8. wa’alaikumsalam Ki RIsang
    Subhanallah,,,,perumpamaan sederhana tp “meledak”…sampai terdiam…
    Semoga Allah SWT memberikan panjenengan ridho, berkah dan semua kebaikan dunia akherat…amin

    Suka

  9. Ki risang saya mau tanya kenapa hati saya jadi keras.biasanya kalau wirid lahula wala quata ila billah bisa menangis.tetapi sekarang susah banget?kenapa ya?apakah ini mruapakan gangguan jin ki?kalau saya wirid al iklas dan laila haillallah telapak kaki kiri panas,badan badan dingin kepala pening,berut sakit.virus xn yang menyerang saya kategori ringan,sedang atau berat.selain al iklas dan laila haila haillah di bacakan apa biar virus xn mati?

    Suka

  10. “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh amat berat, kecuali bagi orang-orang yang KHUSYU’, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka kembali kepada-Nya.”

    (QS Al Baqarah 2 : 45-46)

    “Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikan shalat untuk mengingat aku.

    Maka Begitu jelas lah bahwa objek (persembahan) ketika shalat adalah Aku,
    bukan asma-Ku . Af’al-Ku, Sifat-Ku tetapi …. sembahlah AKU

    ### Monggo kang risang dan …sedulur yg lain di luruskan jika ada salah dan Khilaf…

    Semoga bermanfaat..

    Suka

  11. Absen siang, nyimak pencerahannya, dah masuk keranah rukun islam yg ke 2 musti tambah tekun ne dlm memahami.. Alhmdllah smga penyaksian kita benar ga penyaksian palsu stelah melewati praktek diam dan sholawat… Aamiiin
    Salam salim semua..

    Suka

  12. Iya kangmas RIsang, klo sholat maghrib seringnya seperti itu. Habis sholat maghrib dan wiridan terkadang rasanya lelah, dibaringkan sebentar langsung ketiduran… mohon bimbingannya kangmas…

    Suka

  13. Lo saya kebalikanya kang bangkit lo badan lelah siap sholat trus wiridan badan segar lg, bahkan lo lelah/pegal kbtlan suka dibwa zikir biasa ato zikir sungsang alhmdlah suka segar lg tpi ga tahu jg benar dan tidaknya dlm praktek namun bgtulah adanya…

    Suka

    1. Sama kang, klo badan sih plong, ringan… cma ada sesuatu yg terasa lelah dan menuntun untuk berbaring, klo sudah dibaringkan ya sudah blass tertidur…

      Suka

    1. Alhamdulillah sy baik2 åĴå semoga anda dan sekeluarga baik2 jg. Ki cilintrik ini no.hp sy 087863941863 dan no.hp yg lama. 0057 apa ki cilintrik masih pakai no.hp yg lama

      Suka

  14. wa alaikum salam
    mas teguh kita hanya saling ingat mengingatkan,tp kita tak bisa menentukan.
    -sholat dg tuma’ninah ,tuma’ninah lahir dl.stl tuma’ninah lahir baru tuma’ninah batin.tuma’ninah maksudnya tenang,berarti tenang lahir:tdk tergesa gesa gerakan lahirnya.Tuma’ninah bathin :tenang pukiranya tenang perasaanya.

    -berdzikir sesudah sholat,stlh dzikir bacaan hbs sholat dilanjut dziikir LAA ILAAHA ILLALLOH.panjangkan bacaan yg panjang manfaatnya lintasan lain selain alloh supaya tak mendominasi(bukan dihilangkan lho ya).biarlah masing masing pada tempatnya

    Suka

  15. JENIS DZIKIR:
    -DZIKIR ADAT.
    yaitu lesanya mengucapkan tapi tak ada bekas dlm batinya.dzikir ini kurang terpuji,contohnya ketika ada gempa berteriak reflek allohu akbar tp tak ada bekasnya dlm batin.lama kelamaan pencuri digebuki massa pun mengucap allohu akbar.contoh lain banyak bahkan sy pernah menyaksikan seorang yg dlm hidupnya ma’siat luar biasa menjelang sakaratul maut berteriak sekeras kerasnya allohu akbar, tak mau dijemput maut,wl dia mengucap allohu akbar jelas dr raut wajahnya sangat tersiksa yg amat pedih.

    DZIKIR LISAN DG HATI INGAT KEPADA ALLOH.
    buahnya pahala.contohnya lisan mengucapkan bathinya ingat akan maknanya.dg harapap bila sdh ingat maknanya terbukalah kesadaranya/sirrnya.

    DZIKIR SIRR.
    buahnya tak ada yang tahu kecuali alloh sendiri.tidak lagi mengingat ingat artinya perkata dan perkalimat wl lesanya mengucapkan.yang disadari yang punya dzikir,yg disadari yg mendzikirkan,yg disadari yang tak bisa disadari dg segala indra. baik indra perasa indra lainya.terkadang ucapan lisanya tak terkontrol hanya mengucapkan huruf huruf laa…laa…
    ill…ill
    hu…hu…
    ih…ih…
    ar…ar…
    namun walau lesan mengucap hu…hu…kok masih tersisa selain alloh coba lebih mendalam lg.
    contohnya:
    orang sunda menyebut anak laki laki dg sebutan UJANG.
    tapi ketika berhadapan langsung dg anak laki laki tinggal JANG,hai JANG.u nya jadi hilang.jang jang kadieu …

    Suka

  16. mas teguh.
    virus xn itu pelan pelan cara kerjanya.asumsi massa begitu makluk gaib masuk langsung bikin ulah tdklah bgt kenyataanya.sebelum dia akut sebelumnya sudag bertahun tahun mengalami FENOMENA MISTIS.namun sudah kebiasaan kita mengambil tindakan sudah agak telat wl blm telat,baru agak.coba simak kejadian2 pihak pihak berwajib sibuk setelah kejadian terjadi.masyarakat giat meronda setelah ada kejadian pencurian.yang sakit parah giat ihtiyar setelah parah,ketika merasakan tanda tandanya diabaikan dl kl sudah parah baru bingung.

    Suka

  17. nyimak pelajaran selanjutnya Insya Allah bermanfaat untuk diri dibelakang kangmas wadag semu.

    Kang wadag semu gimana kabarnya kang?

    Suka

  18. Absen hadir……banyak pelajaran bermanfaat…smoga ini menjadi sebab musabab ridho ne bagi kita semua……..amin

    Suka

  19. KM Suryo Amin…..sama sama mugi kita semua slalu diberkahi Allah…..oleh olehnya semua saran yang diberikan KM Risang harus dilakukan ( praktek ) karena didalam praktek nanti kita akan tahu SPOT nya karena spot setiap orang berbeda sekalipun ada kesamaan secara garis besarnya…….itu pesan dari KM Risang utk saya dan khususnya utk kita semua…..

    Suka

  20. Assalamulaikum Wabarokatuh
    Numpang Copas Artikelnya moga-moga tambbah barokan Ingkang Gusti Allah Kang moho Luhur, bagi Para pengasuh Blok Ini Amin
    Wassalam

    Suka

  21. absen hadir… nyimak dari belakang sambil coba pahami makna dari semua wejangan….
    jadi tambah semangat untuk menjadi lebih baik lagi…. matur nuwun kamgge para sedulur….

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s