Oleh: KH. Dr. A. Mustofa Bisri/Gus Mus
Asalamualaikum.
Kami, aku dan kakakku Kiai Cholil Bisri, mendengar dari guru kami Syeikh Yasin Al-Fadani dan
ayah kami Kiai Bisri Mustofa –rahimahumuLlah, masing-2 berkata: Aku bertanya kpd Sayyid Guru
Umar Hamdan ttg hakikat IKHLAS,
dan beliau pun berkata: Aku pernah bertanya kpd guruku
Syeikh Sayyid Muhammad Ali Al-Witri ttg hal itu dan beliau berkata, Aku pernah bertanya ttg hal
itu kpd guruku Syeikh Abdul Ghani Al-Mujaddidi, beliau berkata: Aku pernah bertanya kepada
guruku Syeikh Muhammad Abid As-Sindi Al-Anshari, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal
itu kepada Syeikh Shiddiq bin Ali Al-Mizjaji,
beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada ayahku, beliau berkata: Aku pernah bertanya
ttg hal itu kepada Syeikh Hasan Al-Ujaimi, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada
Syeikh Ahmad al-Qasysyasyi, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh
Ahmad Syanaawi, beliau berkat: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada ayahku Syeikh Ali Asy-
Syanaawi, dan beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh Abdul Wahhab Asy-
Sya’rani dan beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Al-Haafizh Jalaluddin As-
Suyuthi, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada A’isyah binti Jaarullah bin Shaleh
Ath-Thabari, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh Ibrahim bin
Muhammad bin Shiddiq dan beliau berkata: Aku bertanya ttg hal itu kpd Syeikh Abul Abbas Al-
Hajjar dan beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh Jakfar Ibn Ali AL-
Hamdani, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh Abul Qasim bin Basykual,
beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh Qadhi Abu Bakar bin aL-‘Arabi,
beliau berkata: Aku pernah menanyakan hal itu kepada Syeikh Ismail bin Muhammad Al-Fadhal
Al-Ashbihani, beliau berkata: Aku pernah menanyakan halitu kepada Syeikh Abu Bakar bin Ahmad
bin Ali bin Khalaf dan beliau berkata: Aku pernah menanyakan hal itu kepada Syeikh Abdurrahman
Al-Baihaqi dan beliau berkata: Aku pernah menanyakan hal itu kepada Syeikh Ali bin Sa’id Ats-
Tsaghrai dan Syeikh Ahmad bin Muhammad bin Zakaria dan beliau berdua berkata: Kami pernah
menanyakan hal itu kepada Syeikh Ali bin Ibrahim Asy-Syaqiqi dan beliau berkata: Aku pernaha
menanyakan hal itu kepada Syeikh Abu Ya’qub Asy-Syaruthi, beliau berkata: Aku pernah bertanya
ttg hal itu kepada Syeikh AHmad bin Ghassan dan beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu
kepada Syeikh Ahmad bin ‘Atha’ Al-Hujaimi, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada
Syeikh Abdul Wahid bin Zaid dan beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Imam
Hasan Al-Bashari, beliau menjawab, Aku pernah bertanya kepada shahabat Hudzaifah r.a, beliau
menjawab: Aku pernah bertanya kepada Rasulullah SAW ikhlas itu apa, beliau menjawab: Aku
pernah menanyakan ttg ikhlas itu kpd malaikat Jibril a.s dan beliau menjawab: Aku pernah
bertanya ttg hal itu kepada Allah Rabbul ‘Izzaah, dan IA menjawab:
“IKHLAS ialah RAHASIA di
antara rahasia-rahasiaKU yg KUtitipkan di hati hambaKU yg AKu cintai.”
Semoga bermanfaat.
absen pagi.
SukaSuka
qobiltu wejangan nya kiai
SukaSuka
Absen dn nyimak siang
SukaSuka
Semangat malam jumat… nyimak dikelas ini juga…
SukaSuka
nyimak
SukaSuka
Nyemok jg…
SukaSuka
absen pagi-pagi, pagi2 apzen
SukaSuka
Assalamualaikum,,,nyimak
SukaSuka
assalamu’alaikum salim sungkem dumateng poro sesepuh sedoyo. tulisan yg menyentuh hati, terimakasih banyak gus mus dan sbmku..
SukaSuka
“IKHLAS ialah RAHASIA di
antara rahasia-rahasiaKU yg
KUtitipkan di hati hambaKU yg AKu
cintai.”
jadi.. maksudnya itu,
1. ikhlas itu rahasia.. rahasia itu “sirr”.. sirr itu di dalam hati.. apa itu sirr ?.. :-\
2. di titip di dalam hati hambaKU yang AKU cintai.. siapa yang di maksud “hambaKU yang AKU cintai” itu ?.. :-\
3. jadi.. tidak ada mahluk yang tahu ke ikhlasan yang ada di dalam hati itu seperti apa ?.. kecuali DIA.. ?
SukaSuka
assalamu’alaikum…………… saliim sungkem Gus BJM… njih leres sanget niku gus..
monggo sekalian di tambahi agar kami ikut belajar….
saliim untuk sedulur smuanya…. smoga sllu sehat dan bahagia lahir bathin… ^_^
SukaSuka
Semangat malam minggu… waduh pertanyaannya kelas berat, monggo lur sing ngerti dijawab…
SukaSuka
jangan panggil aku “gus” mas nunub.. aku ya cuman nebak nebak saja apa maksud nya kalimat itu berdasar info info yang ku dapat.. dari hasil nyari di google ketemu sih info nya.. ini info nya..
1. tentang sirr
SIRR ( RAHASIA/SEMBUNYI)
Makna Sirr adalah rahasia, tetapi
sirr dalam ibadah maksudnya
adalah mengadakan hubungan dan
bertaqarrub kepada Allah dengan
rahasia (tanpa diketahui oleh orang
ramai ) dan juga Allah akan
menghubungkan diri kepada
hambanya dengan secara rahasia
( sirr ).
Orang yang memiliki rahasisa (sirr )
ini terbagi dalam tiga kelompok :
Kelompok pertama adalah golongan
yang mempunyai hasrat yang
tinggi, tujuan yang bersih, dengan
perjalanan yang benar, tidak
berhenti pada suatu bentuk, dan
tidak mengkaitkan kepada sesuatu
nama dan mereka tidak dianggap
oleh manusia . Merekalah
simpanan-simpanan Allah.
Mereka mempunyai hasrat yang
tinggi, maksudnya bahwa mereka
tidak mempunyai keinginan dan
hasrat kecuali hanya untuk Allah
semata-mata. Keinginan mereka,
hanyalah mencari keridhaan Allah,
kegembiraan mereka hanyalah
bersama allah, kecintaan mereka
adalah berjumpa dengan Allah
Hasrat mereka ini tidak boleh
dikotori dengan keinginan diri,
keinginan nafsu, keinginan materi,
keinginan dunia, sebab segala
sesuatu hanyalah untuk Allah.
Tujuan yang bersih maksudnya
tujuan amal perbuatan dan ibadah
mereka hanyalah Allah, matlamat
hidup hanyalah Allah; tujuan
mereka hanyalah penghambaan
kepada allah, melaksanakan
perintah Allah, mencari keridhaan
Allah; tidak ada dalam hatinya
tujuan keduniaan atau tujuan
hawa nafsu, semuanya hanya untuk
mengabdikan diri kepada Allah.
Perjalanan yang benar, maksudnya
dalam melaksanakan perintah
Allah, dalam beribadah kepada
allah semuanya dilaksanakan
dengan cara yang benar sesuai
dengan yang dicontohkan dan
diarahkan oleh Rasulullah. Ibnu
Qayim dalam menjelaskan
perjalanan yang benar menyatakan
ada tiga cara :
a. Harus berada di jalan yang
dilalui oleh Rasulullah, bukan
jalan yang dibuat-buat oleh
mansuia.
b. Berjalan yang benar bermaksud
tidak memenuhi panggilan-
pangilan yang bathil dan
panggilan yang membuatnya harus
menghentikan perjalanan.
c. Berjalan yang benar, juga
bermakna bahwa dalam perjalanan
itu harus melihat kepada tujuan,
sehingga tidak salah arah.
Tidak berhenti pada suatu bentuk
maksudnya, bahwa perjalanan itu
tidak akan berhenti, sebelum
mencapai tujuan , mencari ridha
Allah. Perjalanan itu tidak
berhenti disebabkan oleh orang
ramai, atau oleh orang lain.
Perjalanan ibadah juga tidak
dikaitkan dengan suatu nama,
sebab ibadah dilakukan karena
Allah, dengan mengikuti sunnah
Rasul, bukan karena nama tertentu,
atau kelompok tertentu, atau sebab
tertentu.
Tidak dikenal oleh manusia,
maksudnya adalah menjadi
kebiasaan mereka menyembunyikan
amal ibadahnya, sehingga orang
lain tidak mengetahui ketekunan
ibadahnya , sebagaimana
disebutkan dalam sebuah hadis : ”
Setiap orang yang beramal
mempunyai ketekunan, dan setiap
ketekunan mempunyai waktu rehat.
Jika dia benar-benar beramal dan
bertaqarrub, maka engkau boleh
berharap kepadanya, dan jika dia
dalam beramal ibadah
menginginkan tunjuk jari orang
kepadanya , maka janganlah kamu
menganggap sedikitpun kepadanya
“. Sewaktu ditanya kepada nabi,
apa maksud orang yang ingin
ditunjuk dengan jari , nabi
menjawab : Itulah orang yang
mengada-adakan sesuatu yang
baru dalam agama dan yang
berbuat kerusakan dengan
dunianya “.. (sambung di komentar berikut)
SukaSuka
sambungan :
Golongan kedua adalah golongan
yang mempunyai kalimat-kalimat
yang diucapkannya dengan
pemahaman yang berkaitan dengan
Allah, sedangkan mansuia akan
memahaminya dengan pemahaman
yang berlainan dengan
pemahaman orang tersebut.
Contohnya adalah :jika mereka
berkata : ” Aku adalah kaya “,
maksudnya bahwa kaya itu adalah
kaya dengan Allah, cukup dengan
Allah; sedangkan orang lain
memahami makna kaya itu adalah
kekayaan dunia. Orang ini akan
selalu menjaga adab-adab seperti
tawadhu, dan menjaga maruah,
sehingga mereka terpelihara
daripada sangkaan orang ramai.
Jika mereka bersama orang ramai,
maka dia akan memakai bahasa
orang ramai, tanpa memperlihatkan
kelebihannya daripada orang
ramai, dan mereka tidak akan
berbicara dengan manusia dengan
bahasa yang asing, atau yang tidak
dapat dipahami. Orang
menyangkan mereka manusia biasa
walaupun sebenarnya merwka
manusia yang lebih daripada
biasa. Dalam hadis diriwayatkan
oleh Imam Ahmad, bahwasanya
nabi isa berkata kepada : ” Apabila
kamu sedang berpuasa, maka beri
minyaklah rambutmu, dan sapulah
(basahkanlah) kedua bibirmu,
sehingga jika engkau keluar
kepada orang ramai, nanti orang
akan berkata bahwasanya dia itu
tidak berpuasa “… (sambung lagi)
SukaSuka
assalamualaikum all sesepuh dan semua teman² di SBM Mohon maaf lahir dan bathin ya 😀 alkhamdulillah masih berjumpa Bulan Suci Ramadhan..
SukaSuka
Subkhanalloh . . .. 🙂
SukaSuka