HAKEKAT IKHLAS

Oleh: KH. Dr. A. Mustofa Bisri/Gus Mus

Asalamualaikum.

Kami, aku dan kakakku Kiai Cholil Bisri, mendengar dari guru kami Syeikh Yasin Al-Fadani dan
ayah kami Kiai Bisri Mustofa –rahimahumuLlah, masing-2 berkata: Aku bertanya kpd Sayyid Guru
Umar Hamdan ttg hakikat IKHLAS, 

dan beliau pun berkata: Aku pernah bertanya kpd guruku
Syeikh Sayyid Muhammad Ali Al-Witri ttg hal itu dan beliau berkata, Aku pernah bertanya ttg hal
itu kpd guruku Syeikh Abdul Ghani Al-Mujaddidi, beliau berkata: Aku pernah bertanya kepada
guruku Syeikh Muhammad Abid As-Sindi Al-Anshari, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal
itu kepada Syeikh Shiddiq bin Ali Al-Mizjaji,
beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada ayahku, beliau berkata: Aku pernah bertanya
ttg hal itu kepada Syeikh Hasan Al-Ujaimi, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada
Syeikh Ahmad al-Qasysyasyi, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh
Ahmad Syanaawi, beliau berkat: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada ayahku Syeikh Ali Asy-
Syanaawi, dan beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh Abdul Wahhab Asy-
Sya’rani dan beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Al-Haafizh Jalaluddin As-
Suyuthi, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada A’isyah binti Jaarullah bin Shaleh
Ath-Thabari, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh Ibrahim bin
Muhammad bin Shiddiq dan beliau berkata: Aku bertanya ttg hal itu kpd Syeikh Abul Abbas Al-
Hajjar dan beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh Jakfar Ibn Ali AL-
Hamdani, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh Abul Qasim bin Basykual,
beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Syeikh Qadhi Abu Bakar bin aL-‘Arabi,
beliau berkata: Aku pernah menanyakan hal itu kepada Syeikh Ismail bin Muhammad Al-Fadhal
Al-Ashbihani, beliau berkata: Aku pernah menanyakan halitu kepada Syeikh Abu Bakar bin Ahmad
bin Ali bin Khalaf dan beliau berkata: Aku pernah menanyakan hal itu kepada Syeikh Abdurrahman
Al-Baihaqi dan beliau berkata: Aku pernah menanyakan hal itu kepada Syeikh Ali bin Sa’id Ats-
Tsaghrai dan Syeikh Ahmad bin Muhammad bin Zakaria dan beliau berdua berkata: Kami pernah
menanyakan hal itu kepada Syeikh Ali bin Ibrahim Asy-Syaqiqi dan beliau berkata: Aku pernaha
menanyakan hal itu kepada Syeikh Abu Ya’qub Asy-Syaruthi, beliau berkata: Aku pernah bertanya
ttg hal itu kepada Syeikh AHmad bin Ghassan dan beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu
kepada Syeikh Ahmad bin ‘Atha’ Al-Hujaimi, beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada
Syeikh Abdul Wahid bin Zaid dan beliau berkata: Aku pernah bertanya ttg hal itu kepada Imam
Hasan Al-Bashari, beliau menjawab, Aku pernah bertanya kepada shahabat Hudzaifah r.a, beliau
menjawab: Aku pernah bertanya kepada Rasulullah SAW ikhlas itu apa, beliau menjawab: Aku
pernah menanyakan ttg ikhlas itu kpd malaikat Jibril a.s dan beliau menjawab: Aku pernah
bertanya ttg hal itu kepada Allah Rabbul ‘Izzaah, dan IA menjawab:

“IKHLAS ialah RAHASIA di
antara rahasia-rahasiaKU yg KUtitipkan di hati hambaKU yg AKu cintai.”

Semoga bermanfaat.

16 tanggapan untuk “HAKEKAT IKHLAS”

  1. assalamu’alaikum salim sungkem dumateng poro sesepuh sedoyo. tulisan yg menyentuh hati, terimakasih banyak gus mus dan sbmku..

    Suka

  2. “IKHLAS ialah RAHASIA di
    antara rahasia-rahasiaKU yg
    KUtitipkan di hati hambaKU yg AKu
    cintai.”

    jadi.. maksudnya itu,
    1. ikhlas itu rahasia.. rahasia itu “sirr”.. sirr itu di dalam hati.. apa itu sirr ?.. :-\

    2. di titip di dalam hati hambaKU yang AKU cintai.. siapa yang di maksud “hambaKU yang AKU cintai” itu ?.. :-\

    3. jadi.. tidak ada mahluk yang tahu ke ikhlasan yang ada di dalam hati itu seperti apa ?.. kecuali DIA.. ?

    Suka

    1. assalamu’alaikum…………… saliim sungkem Gus BJM… njih leres sanget niku gus..
      monggo sekalian di tambahi agar kami ikut belajar….
      saliim untuk sedulur smuanya…. smoga sllu sehat dan bahagia lahir bathin… ^_^

      Suka

  3. jangan panggil aku “gus” mas nunub.. aku ya cuman nebak nebak saja apa maksud nya kalimat itu berdasar info info yang ku dapat.. dari hasil nyari di google ketemu sih info nya.. ini info nya..
    1. tentang sirr
    SIRR ( RAHASIA/SEMBUNYI)
    Makna Sirr adalah rahasia, tetapi
    sirr dalam ibadah maksudnya
    adalah mengadakan hubungan dan
    bertaqarrub kepada Allah dengan
    rahasia (tanpa diketahui oleh orang
    ramai ) dan juga Allah akan
    menghubungkan diri kepada
    hambanya dengan secara rahasia
    ( sirr ).
    Orang yang memiliki rahasisa (sirr )
    ini terbagi dalam tiga kelompok :
    Kelompok pertama adalah golongan
    yang mempunyai hasrat yang
    tinggi, tujuan yang bersih, dengan
    perjalanan yang benar, tidak
    berhenti pada suatu bentuk, dan
    tidak mengkaitkan kepada sesuatu
    nama dan mereka tidak dianggap
    oleh manusia . Merekalah
    simpanan-simpanan Allah.
    Mereka mempunyai hasrat yang
    tinggi, maksudnya bahwa mereka
    tidak mempunyai keinginan dan
    hasrat kecuali hanya untuk Allah
    semata-mata. Keinginan mereka,
    hanyalah mencari keridhaan Allah,
    kegembiraan mereka hanyalah
    bersama allah, kecintaan mereka
    adalah berjumpa dengan Allah
    Hasrat mereka ini tidak boleh
    dikotori dengan keinginan diri,
    keinginan nafsu, keinginan materi,
    keinginan dunia, sebab segala
    sesuatu hanyalah untuk Allah.
    Tujuan yang bersih maksudnya
    tujuan amal perbuatan dan ibadah
    mereka hanyalah Allah, matlamat
    hidup hanyalah Allah; tujuan
    mereka hanyalah penghambaan
    kepada allah, melaksanakan
    perintah Allah, mencari keridhaan
    Allah; tidak ada dalam hatinya
    tujuan keduniaan atau tujuan
    hawa nafsu, semuanya hanya untuk
    mengabdikan diri kepada Allah.
    Perjalanan yang benar, maksudnya
    dalam melaksanakan perintah
    Allah, dalam beribadah kepada
    allah semuanya dilaksanakan
    dengan cara yang benar sesuai
    dengan yang dicontohkan dan
    diarahkan oleh Rasulullah. Ibnu
    Qayim dalam menjelaskan
    perjalanan yang benar menyatakan
    ada tiga cara :
    a. Harus berada di jalan yang
    dilalui oleh Rasulullah, bukan
    jalan yang dibuat-buat oleh
    mansuia.
    b. Berjalan yang benar bermaksud
    tidak memenuhi panggilan-
    pangilan yang bathil dan
    panggilan yang membuatnya harus
    menghentikan perjalanan.
    c. Berjalan yang benar, juga
    bermakna bahwa dalam perjalanan
    itu harus melihat kepada tujuan,
    sehingga tidak salah arah.
    Tidak berhenti pada suatu bentuk
    maksudnya, bahwa perjalanan itu
    tidak akan berhenti, sebelum
    mencapai tujuan , mencari ridha
    Allah. Perjalanan itu tidak
    berhenti disebabkan oleh orang
    ramai, atau oleh orang lain.
    Perjalanan ibadah juga tidak
    dikaitkan dengan suatu nama,
    sebab ibadah dilakukan karena
    Allah, dengan mengikuti sunnah
    Rasul, bukan karena nama tertentu,
    atau kelompok tertentu, atau sebab
    tertentu.
    Tidak dikenal oleh manusia,
    maksudnya adalah menjadi
    kebiasaan mereka menyembunyikan
    amal ibadahnya, sehingga orang
    lain tidak mengetahui ketekunan
    ibadahnya , sebagaimana
    disebutkan dalam sebuah hadis : ”
    Setiap orang yang beramal
    mempunyai ketekunan, dan setiap
    ketekunan mempunyai waktu rehat.
    Jika dia benar-benar beramal dan
    bertaqarrub, maka engkau boleh
    berharap kepadanya, dan jika dia
    dalam beramal ibadah
    menginginkan tunjuk jari orang
    kepadanya , maka janganlah kamu
    menganggap sedikitpun kepadanya
    “. Sewaktu ditanya kepada nabi,
    apa maksud orang yang ingin
    ditunjuk dengan jari , nabi
    menjawab : Itulah orang yang
    mengada-adakan sesuatu yang
    baru dalam agama dan yang
    berbuat kerusakan dengan
    dunianya “.. (sambung di komentar berikut)

    Suka

  4. sambungan :
    Golongan kedua adalah golongan
    yang mempunyai kalimat-kalimat
    yang diucapkannya dengan
    pemahaman yang berkaitan dengan
    Allah, sedangkan mansuia akan
    memahaminya dengan pemahaman
    yang berlainan dengan
    pemahaman orang tersebut.
    Contohnya adalah :jika mereka
    berkata : ” Aku adalah kaya “,
    maksudnya bahwa kaya itu adalah
    kaya dengan Allah, cukup dengan
    Allah; sedangkan orang lain
    memahami makna kaya itu adalah
    kekayaan dunia. Orang ini akan
    selalu menjaga adab-adab seperti
    tawadhu, dan menjaga maruah,
    sehingga mereka terpelihara
    daripada sangkaan orang ramai.
    Jika mereka bersama orang ramai,
    maka dia akan memakai bahasa
    orang ramai, tanpa memperlihatkan
    kelebihannya daripada orang
    ramai, dan mereka tidak akan
    berbicara dengan manusia dengan
    bahasa yang asing, atau yang tidak
    dapat dipahami. Orang
    menyangkan mereka manusia biasa
    walaupun sebenarnya merwka
    manusia yang lebih daripada
    biasa. Dalam hadis diriwayatkan
    oleh Imam Ahmad, bahwasanya
    nabi isa berkata kepada : ” Apabila
    kamu sedang berpuasa, maka beri
    minyaklah rambutmu, dan sapulah
    (basahkanlah) kedua bibirmu,
    sehingga jika engkau keluar
    kepada orang ramai, nanti orang
    akan berkata bahwasanya dia itu
    tidak berpuasa “… (sambung lagi)

    Suka

  5. assalamualaikum all sesepuh dan semua teman² di SBM Mohon maaf lahir dan bathin ya 😀 alkhamdulillah masih berjumpa Bulan Suci Ramadhan..

    Suka

Tinggalkan Balasan ke ahao Batalkan balasan