TADAARUS ALQURAN TIAP MALAM

Assalamu alaikum wr.wb
Tadaarus bermakna mempelajari,atau bisa juga bermakna menyetorkan.
Tadaarusnya rosululloh muhamad saw adalah menghafalkan ayat ayat yang telah diwahyukan dihadapan malaikat jibril tanpa membaca tulisan .Bila ada yang kurang tepat malaikat jibril membenarkanya.

Tadaarus alquran sangat dianjurkan dalam islam baik dibulan romadhon atau diluar bulan romadhon.Yaitu mempelajari alquran dari beberapa aspek dihadapan orang yang lebih mengerti alquran /ustadz/guru.Bila tak punya ustadz tak usah berkecil hati bantuan tehnologi semakin mendukung,ada alquran digital,ada alquran dilengkapi tajwid dan asbabun nuzul dan keterangan lainya.

Metode tadaarus
Tadaarus beda dengan tilawah walaupun dizaman sekarang maknanya disamakan.
Tadaarus adalah membaca surat surat atau ayat ayat dari alquran yang kita hafalkan juga mempelajari aspek aspeknya.Bila kita belum paham agar bertanya kepada ahlinya,bila yang ditanya tak ada lambat laun alloh sendiri yang akan menjelaskan dengan aneka cara yang tanpa kita duga.Melafalkan salah satu surat dari alquran dengan suara jahar /bersuara yang dapat didengarkan/agak keras termasuk tadaarus.Ada rahasia dibalik pembacaan suara keras dan lirih dibalik pelafalan alquran.Setelah dapat ilmunya barulah ditambah tadaarus ayat atau surat yang disukai atau dirasakan perlu.Tak perlu tergesa gesa,namun bersungguh sungguh dalam menghafal dan mempelajarinya.Maka ilmu dari alquran tanpa terasa semakin banyak dan hafalan kita juga bertambah.
Dan untuk selanjutnya bila sudah banyak hafalan agar membuat jadwal khusus,misalnya hari senin tadarus satu atau beberapa surat hari selasa surat yang lain.Atau jadwal mingguan misalnya dalam seminggu khusus menghafal /melafalkan surat albayinah ,minggu berikutnya melafalkan surat yang lain dalam seminggu full diambil jam jam diluar aktifitas.
Bila dirasa perlu ada surat /ayat yang perlu dirutinkan juga harus mengatur waktu pengamalanya.Misalnya alhasr ayat ayat akhir dikerjaka habis magrib walau sekali. Surat alkahfi ayat akhir habis isya atau sholat malam.
Untuk mengantisipasi kobosanan niatkan agar disukai alloh swt atau niatkan saja mencari khasanahnya/pahalanya karena perhuruf dari alquran walau dilafalkan(tidak dibaca dari kitabnya) ada khasanahnya.
Jadi kesimpulanya tadaarus alquran tidak harus membaca kitabnya dimulai juz awal hingga khatam.Namun melafalkan dan mempelajari dari yang sudah kita hafalkan juga berusaha menambah hafalan serta terus menjaga dan membuat jadwal pelafalan dari surat surat yang telah dihafalkan secara bergantian perhari/perminggu/perbulan.
Insya alloh lebih baik daripada dibaca khatam dari juz awal sampai juz akhir walau dalam setahun kita baru tadaruz juz amma.

Bila kita diberi tahu hikmahnya langsung yang terjadi pada kita,kita menjadi suka bila sudah suka akan terus mengerjakanya.

Kami tuliskan terkait dengan pertanyaan saudara2 :BERAPA HARI MEMBACANYA?

Iklan

40 thoughts on “TADAARUS ALQURAN TIAP MALAM”

  1. maha benar alloh dengan segala firman-Nya. matur sembah nuwun sanget mbah risang atas tuntunannya. maaf mbah dan para sesepuh nyuwun tanya knapa njih saat baca pada ayat2 tertentu dibaca dg suara aga keras tanpa direkayasa, pada ayat tertentu lainnya dibaca dg suara lirih lalu ada yg scara otomatis dibaca perlahan, tartil, lambat tanpa ter-gesa2. entahlah sulit dijelaskan. shabis itu badan jd enak rasanya enteng, sakit hilang, kdng berkeringat

    Suka

  2. Belum terlambat untuk untuk belajar mas, cari waktu lapang pelan2 belajar mas damar, yang penting belajar dulu mas damar, saya juga masih belajar mas damar.

    Suka

  3. lanjutkan… hehehe, dulu sya jga sama kangmas, bacanya blepotan… salah satu hasil praktek membuka sumbatan leher, alhamdulillah diberikan kelancaran pelafalan dan pemahaman…

    Suka

  4. Di artikel tertulis “ada rahasia yg trkandung jika dibaca jahar atau lirih”
    Sudikah poro sesepuh mewedar hal tsbt? (maklum ,saya msh belajar dan awam)
    Matursembah nuwun atas penjelasannya…..

    Suka

    1. Assalamu’alaikum bagi seluruh bolobumi.
      Cd terapi dinyalakan, yg punya rmh ngaji juga, wah rumah jd rame. Ini baru seru. Sahut2an…ngalah2in tv yg lbh banyak kerasnya.

      Suka

  5. semangat malam… beberapa hari melafalkan al bayyinah di kontrakan teman, hawanya mendadak panas, tidak tau kenapa temanpun terlihat gusar tanpa sebab, plus ada yg ngintip2 klo lgi melafalkan… hiiiii…

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s