ISTIMEWA NYA BUAH RUHANI

Asalamualaikum.wr wb.
Ibnu Ath-thailah Ass-Sakandari
”Diantara tanda-tanda peneguhan Allah Azza wa-Jalla kepadamu dalam suatu hal, adalah peneguhanNya padamu di dalamnya disertai keberhasilan.”

image

Dalam soal ibadah kita butuh kemantapan dan peneguhan yang kokoh.jika kita susah mencapai ibadah seperti itu belajarlah dan belajar dan korbankanlah duniawimu demi akhiratmu.untuk apa sukses duniawi tapi ruhani gagal total karena yg paling di hisab ibadahmu kewajibanmu.namun peneguhan itu tetap datang dari Allah Azza wa-Jalla semoga kita bagian itu dapat sirr dari allah dan karena itu kita perlu mengenal apakah posisi kita sedang diberi keteguhan oleh Allah Azza wa-Jalla dalam suatu hal, khususnya ibadah, atau amaliyah lainnya?

Tanda-tanda peneguhan itulah yang perlu kita cermati. Diantaranya adalah keberhasilan anda dalam membuahkan konsistensi terhadap suatu hal/perkara tersebut. Buah dari keteguhan dalam menempuh  Jalan Allah adalah akhlak dan adab yang mulia.

Syeikh Abul Hasan Asy-Syadzily ra, mengatakan, “Faidahnya karomah itu adalah  pengenalan rasa yaqin dari Allah Swt. melalui Ilmu, Qudrat dan IradatNya serta Sifat-sifat AzaliNya yang terpadu, tidak sama sekali terpisah, dan perkara yang tidak sama sekali terpisah. Seakan-akan satu sifat yang tunggal yang berdiri dengan Dzat Yang Satu, yang menjadi sama antara orang yang mengenal Allah Swt. melalui NurNya, atau mengenal Allah Swt. melalui TindakanNya.”

 

Buah dari karomah adalah Istiqomah dan yaqin.

Buah dari syukur adalah bertambahnya nikmat.

Buah dari nikmat adalah bertambah syukurnya.

Buah dari sabar adalah ridho.

Buah dari memandang anugerahNya adalah amal ibadah.

Buah dari kesadaran dosa adalah taubat, dan taubat sesungguhnya buah dari ampunanNya.

Buah dari ma’rifat adalah terus memandangNya (musyahadah).

Sedangkan buah musyahadah adalah tidak memandang kecuali hanya padaNya. Ia fana’, lalu ma’rifat, lalu mahabbah, lalu berbuah untuk Baqa’ Billah Rahmatan lil’Alamin.

Amaliyah mu’min sejati selalu membuahkan tiga hal: Amaliyah Islam, membuahkan ibadah lahiriyah syar’iyyah, termaujud dalam taubat, taqwa dan istiqomahnya.Amaliyah Iman, membuahkan ubudiyah bathiniyah, penataan batin dan periasan akhlaq batin yang indah, dan termaujud dalam sikap batin yang benar, ikhlas dan ketenangan.Amaliyah Ihsan, membuahkan ‘abudah rahasia batin, dalam maujud muroqobah, musyahadah dan ma’rifatnya.

Salam nur alif songgobumi

13 tanggapan untuk “ISTIMEWA NYA BUAH RUHANI”

    1. Alhamdulillah…nyimak pwncerahan lagi di belakang mas Adine Alap2…

      Salam takzdim untuk Mbah Risang, Kangmas Ahmad Rock, sesepuh semua, sedulur NA di manapun berada…
      Semangat….semangat…mudah2an kita di berikan kemudahan untuk lebih mengenalNYA….Amiin

      Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s