WEJANGAN HAKEKAT IMAM AL GHOZALI

Asalamulaikum.salam dan takdzim ke semua sesepuh songgobumi tanpa menyebut salah satunya tanpa mengurangi hormat saya ke semuanya.
Menurut Hujatul islam imam Al Ghazali ulama yg tiada banding di masanya
image


:
tiada jalan lain kecuali melalui jalan yang telah ditempuh para sufi, yaitu orang-orang yang telah mendapat hidayah Allah serta telah mencapai pencerahan sempurna. Jalan yang dimaksud adalah:
Tasawuf yaitu jalan/laku/metode untuk mencapai makna hakiki ajaran Islam.
Ciri khas tasawuf :
adalah fana dan kasyaf. tanpa fana dan kasyaf itu bukan/ belum tasawuf.rahasia Tasawuf berada dalam kandungan Al Qur’an dan sunah Rosulullah. secara garis besarnya, tasawuf adalah tata cara mensucikan jasmani dan ruhani agar bisa menjadi insan kamil yang mendapat keridoan Allah melalui proses fana dan kasyaf.
Oleh karena melalui proses fana dan kasyaf maka tasawuf maka ada yg menyebut sebagai mistik Islam.walau sebenarnya sebutan tiap orang bisa beda beda.itu muncul karena perbedaan bahasa dan kebiasaan.
Kata mistik berasal dari kata myen dalam bahasa yunani ada kaitannya dengan kata misteri yang artinya“menutup mata” atau terlindung di dalam rahasia. (pen: jikalau ada yg meributkan kata mistik bisa di pastikan dia belum faham akan keberagaman bahasa tiap tempat.karena memang pasti tiap tempat punya perbedaan sudah hukum sunnatullaoh).

Tersirat di dalamnya ada suasana kekudusan dan kekhusyuan kepasrahan dalam upaya menangkap rahasia tuhan melalui disiplin spiritual yang ketat dan sungguh-sungguh. menurut AL Ghazali untuk bisa makrifat kepada Allah harus melalui tiga tahap :

1. Bersihkan hati, karena hati merupakan pintu masuk ke alam ghoib. Pintu hati akan terbuka bila hati bersih. Pembersih hati adalah dzikrullah sambil mohon ampunan dan kasih Sayang Allah, tawakal,sabar, ikhlas dan pasrah. (Pen: jika ada guru hakekat berkata orang masuk ke alam gaib.meraga sukma adalah memvonis belajar jadi setan tentu terlalu dalam justifikasi ngawur dan prasangka buruk tanpa meneliti dulu.karena semua hal itu bisa dari haq dan bathil.lebih baik jangan mudah menuduh)

2. Istirahatkan pikiran,diam,dengan cara berkontemplasi,tidak memikirkan apapun kecuali Allah, berarti berdzikirullah. (Pen: ini pun.sekarang banyak jenis metodenya.semua ada agar mempermudah)

3. Mencapai fana dan kasyaf, melalui proses iluminasi.(pen: jangan salah mengartikan iluminasi pasti konsep yahudi).pada tahap fana ego kita lebur dan terbebas dari ruang dan waktu, terbebas dari pengkotakkan duniawi, baqo dalam tuhan, akhirnya mencapai kasyaf, terbukanya hijab.

Adapun tata caranya menurut Imam AL Ghazali adalah:
Duduklah dengan santai dan nyaman, kemudian
sebutlah kata Allah … Allah … Allah terus-menerus disertai hati yang khusuk.Lambat-laun gerak lisan terhenti namun gemanya masih tetap tertinggal di dalam qolbu.Hanya sampai disitulah upaya manusia selanjutnya pasrah, ikhlas dan sabar dengan hati suci dan bening tidak terguncang kenikmatan duniawi.
insyaAllah tabir antara engkau dan Dia akan
dibukaNYA sebagaimana telah dibukakan Allah bagi para Nabi dan Wali-NYA. Cahaya Allah akan datang,musyahadah, berhadap-hadapan antara ruh dan cahaya Allah… Betapa Indahnya, betapa bahagianya. Itulah harta yang tidak ternilai.
(Pen: uang kekayaan kita milyaran pun secara instan tidak bisa mennggantikan itu tiba tiba).

Iman itu indah ( AL HUJURAT 49 : 7 )
Allah-lah seindah-indahnya tempat untuk kembali ( ALI IMRAN 3 : 14 )
.Kami singkapkan tabir yang menutupi matamu,
maka pandangan matamu menjadi tajam ( AL
QAAF 50 : 22 )

Mengenai kasyaf, terbukanya tabir adalah semata-mata hak Allah. Kapan terjadinya, setelah berapa kali mencapai fana, itu bukan kita yang menentukan.pada saat mencapai fana terjadilah suatu kondisi “trance” mistik. Terjadi ekstase, kenikmatan dimana kesadaran akan dunia materi hilang dengan waktu yg lama dan di tentukan Allah.(pen: trance atau mistik hanya bahasa memudahkan menyebutkannya.
hati hati dan harap sadar bahaya jika katanya trance tapi ganjil celananya) secara umum trance jika memakai bahasa umum seperti yang disebut  samadhi. (pen: walau samadhi banyak tafsir atau konsep.bagi islam alangkah baik memakai konsep islam insyaallah aman secara ketahuidan).samadhi salah satu cara awal ruh kita mulai memasuki alam ghoib.

Menurut Imam Al Ghazali Cahaya Yang Sejati adalah Allah,yang lainnya hanya sekedar majaz ( kiasan,bayangan ), sekedar pinjaman dari Cahaya-NYA. Melalui Cahaya Sejati inilah orang-orang Arif “mi’raj”, melakukan pendakian dari majaz ke puncak hakikat, sehingga mereka melihat dengan musyahadah, penyaksian secara
langsung.
” kami tunjukkan kepadanya dua jalan, namun dia tidak mau menempuh jalan yang mendaki lagi sukar.Tahukah kamu jalan yang mendaki ??? ( AL BALAD 90 : 10-11 )
“Sesungguhnya kamu melalui tingkat demi tingkat ( AL INSYIQAAQ 84 : 19 )
“Cahaya di atas Cahaya, Tuhan akan membimbing dengan Cahaya-Nya kepada Cahaya-Nya kepada yang Dia kehendaki ( AN-NUUR 24 : 35 )

Selanjutnya berpulang kepada diri kita masing-masing,apakah ingin naik tingkat atau tidak. Bila ingin naik tingkat,,, ya kita harus mengikuti jejak rosulullah Muhammad
sewaktu di guha hiro atau mengikuti jejak para sufi serta mempraktekkan ajarannya. bila tidak ingin naik tingkat,,,ya tidak ada paksaan dalam ajaran Islam.
Islam rahmatan lil alamin.

terimakasih banyak para sesepuh atas bimbingannya dan semua teman di songgobumi atas sharingnya.

Kiriman pedang biru (murid nur alif) jawatengah.

Iklan

9 thoughts on “WEJANGAN HAKEKAT IMAM AL GHOZALI”

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s