AL A’LA 14/15 ( ILMU HATI ) 2

Asalamulaikum.

[2] Kewajiban Mengingat Allah

Kewajiban yang kedua adalah mengingat Allah, sebab mustahil kita dapat mengingat Allah kalau kitabelum mengenal-Nya dan mustahil kita dapat mengenal-Nya kalau
image


kita belum pernah berjumpa. Dan mustahil kita dapat berjumpa dengan Allah tanpa terlebih dahulu menyertakan diri dan belajar kepada orang yang telah dapat beserta
Allah.
Itulah sebabnya Nabi memerintahkan kepada kita agar menyertakan diri kepada orang yang telah serta Allah sebagaimana sabda Nabi:

ﻛُﻦْ ﻣَﻊَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺍِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗَﻜُﻦْ ﻣَﻊَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻓَﻜُﻦْ ﻣَﻊَ ﻣَﻦْ ﻛَﺎﻥَ ﻣَﻊَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻳُﻮْﺻِﻠُﻚَ ﺍِﻟَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ

“Sertakanlah kepada Allah, apabila kamu tidak dapat beserta Allah maka sertakanlah dirimu kepada orang yang telah serta Allah, maka ia akan mengenalkan kamu kepada Allah”.
Berdasarkan Hadis di atas, maka kewajiban pertama bagi manusia adalah mencari guru (wasilah ) agar ia dapat memperoleh pengenalan kepada Tuhannya.Setelah manusia itu dapat mengenal Allah maka kewajiban kedua baginya adalah mengingat Tuhan-Nya.

[3] Kewajiban Mengerjakan Shalat

Shalat merupakan tiang agama yang
dilaksanakan.sebab tujuan shalat adalah untuk mengingat-Nya sebagaimana firman Allah:

ﺍِﻧَّﻨِﻰ ﺃَﻧَﺎﺍﻟﻠﻪُ ﻻَﺇِﻟَﻪَ ﺍِﻻَّ ﺃَﻧَﺎ ﻓَﺎﻋْﺒُﺪْﻧِﻰ ﻭَﺃَﻗِﻢِ ﺍﻟﺼَّﻠَﻮﺓَ ﻟَﺬِﻛْﺮِﻯ
“Sesungguhnya Aku inilah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku,maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku” .(Thaha: 14)

Firman Allah di atas senada dengan firman Allah pada surat Al-A’la ayat 14 dan 15 yang telah diuraikan sebelumnya. Untuk mengetahui secara jelas persamaan makna yang terdapat pada kedua ayat tersebut menguraikan kalimat perkalimat pada surat Thaha ayat 14 serta membandingkannya dengan surat Al-A’la ayat 14.

Pertama, pada bagian awal surat
Thaha ayat 14 Allah berfirman:

“Sesungguhnya Aku ini Allah”.

Bila kita menganalisis firman Allah tersebut maka dapatlah kita ketahui
bahwa sesungguhnya Allah itu ingin dikenal .

Firman Allah pada surat Thaha tersebut
senada dengan firman Allah pada surat Al-A’la ayat 14:

“Beruntunglah orang-orang yang mensucikan hatinya”.

Makna beruntung pada ayat ini adalah bahwa keuntungan yang diperoleh oleh orang-orang yang mensucikan hatinya adalah dapat mengenal Allah. Bahkan bila kita analisis lebih selain memiliki
persamaan makna, kedua ayat tersebut juga memiliki kaitan di mana ayat yang satu berfungsi sebagai penjelas bagi yang lain.
Pada surah Thaha Allah berfirman:

“Sesungguhnya Aku ini Allah”.

Ayat tersebut mengintruksikan kepada manusia kewajiban untuk mengenal Allah.

Dan surah al-A’la ayat 14 Allah berfirman:

“Beruntunglah orang-orang yang mensucikan hatinya”.

Pada ayat ini Allah memuji orang-orang yang mensucikan hatinya, sebab hanya orang-orang yang mau mensucikan hatinya lah yang dapat mengenal Allah dan merekalah yang dinyatakan Allah sebagai orang-orang yang beruntung.

Dari uraian singkat di atas dapat disimpulkan bahwa firman Allah pada surat Thaha ayat 14 keduanya mengindikasikan bahwa kewajiban

*pertama

bagi manusia adalah terlebih dahulu mensucikan hatinya agar ia dapat mengenal Tuhannya.

*Kedua

pada bagian tengah surat Thaha Allah berfirman: “Tiada Tuhan selain Aku”

Bila kita analisis firman Allah di atas, maka dapat kita ketahui bahwa maksud yang terkandung di dalamnya adalah perintah untuk mengingat-Nya, sebab kalimat “Tiada Tuhan selain Allah”, bermakna tidak ada yang boleh
diingat selain Allah.

Firman Allah pada surat al-A’la ayat 15:
“Dan mengingat Tuhannya”.

Dari uraian singkat di atas dapat disimpulkan bahwa kewajiban yang kedua bagi manusia adalah mengingat Tuhannya.

*Ketiga

pada bagian akhir surat Thaha Allah berfirman:

“Sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku”.
Bila kita analisis pada ayat di atas bahwa printah sembah datang setelah terlebih dahulu Allah memerintahkan untuk mengenal dan mengingatnya.

Perintah sembah tersebut diwujudkan dengan mendirikan shalat yang tujuannya adalah untuk mengingat-Nya. Firman Allah.

Sebenarnya soal ini bisa di kaji lagi lebih dalam ke arah pengenalan Allah bagaimana caranya dll. Mari kita punya semangat ibadah yg kuat.

Jika ada kekurangan mohon maaf saya hanya al faqir .salam hormat kepada semuanya semoga membawa manfaat

Andi jati

Iklan

15 thoughts on “AL A’LA 14/15 ( ILMU HATI ) 2”

  1. ibarat rumah, wajar bila ada debu, kotoran cicak, cipratan minyak goreng, rumah serangga, dan kotoran yang ada di rumah itu,lha wong ya dibuat aktifitas sehari2, yang tak wajar itu kita tak mau membersihkannya….
    Jika hati orang itu ada iri, dengki, hasad, riak, ujub, sombong, takabur, dan berbagai kotoran hati, itu wajar,namanya juga manusia bukan malaikat, yang tak wajar itu kita tidak mau menyadari dan tidak mau membersihkannya…
    Setiap segala sesuatu itu ada kotoran dan penyakitnya, kotoran kulit itu daki, keringat, bau, debu yang menempel, dll, jadi setiap segala sesuatu itu ada kotoran dan penyakitnya, kotoran itu dinamakan kotoran jika belum melekat dan masih mudah dibersihkan, menjadi penyakit jika sudah melekat dan sulit dipisahkan, batuk sekali itu wajar, tapi kalau batuk seharian itu namanya sakit, sekilas iri itu wajar tapi kalau iri seharian itu sudah sakit, gigi ngilu itu wajar, tapi kalau ngilu terus sampai berhari-hari itu sakit….

    Suka

  2. Dzikir itu dibilang susah, ya memang susah, dibilang gampang ya gampang, jika seseorang itu sudah benar dzikirnya maka akan keluar MALAIKAT dari mulutnya setiap berdzikir, kuncinya jika hati ikhlas pasti keluar malaikatnya,itu yang PASTI.

    Dibilang susah karna memang ikhlas itu sangat2 susah,buktinya adalah saya sendiri, sudah beberapa tahun belajar dzikir belum tentu keluar malaikatnya, jangankan malaikat yg keluar malah justru banyak sekali keinginan2 syahwat yg masuk menyelimuti hati ini,kadang melakukan dzikir berjam2 sampai mulut keluar busa, keringat membasahi badan yang terbesit dalam hati hanya mengejar fadhilah2 dan keutamaan2 dari wirid tersebut,kepengin ini dan itu, agar bisa begini dan begitu,agar kelak menjadi orang yang keramat, diagungkan dan dimuliakan mendapat kedudukan dimasyarakat dll.sementara GUSTI ALLAH SWT hanya dijadikan alat untuk mencapai semua keinginannya….

    Suka

  3. mas andi..jenengan orang daerah semarang mana..?saya juga orang semarang daerah citarum .. kalo dekat kan bisa sowan ..tambah sdulur deket daerah semarang..

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s