SELESAIKAN MASALAH YG BERLARUT LARUT

Asalamualaikum wrwb.manusia dan seluruh isinya adalah hasil ciptaaNya.tentu kuncinya ada pada Allah dan manusianya sendiri yg sudah di beri akal .jika menemui berbagai masalah yg sulit dan berlarut larut lakukan hal berikut ini, insya Allah ditunjukkan jalan

image


dan celah untuk membantu menyelesaikan masalahmu tentu juga sesuai hukum yaitu sunattullah bisa cepat bisa juga pelan pelan .karena Allah paling tahu apa yg terbaik bagimu. sesulit apapun masalah yang sedang kau hadapi kecil di hadapan Allah

1. Terima dulu, masalahmu sepenuhnya.jangan salahkan siapapun,karena masalah itu hadir karena perbuatanmu di masa lalu atau saat ini, Kecuali Allah sedang mengujimu. Tapi biasanya jika masalah lama tak juga selesai, berarti itu bisa juga karena dosa-dosamu di masa lalu.dan masalah itu pantas untukmu.

2. Sholat taubat .di situlah letak awal benar benar intropeksi diri dan memohon maaf kepadaNya.

3. Doa,dzikir dan istighfar sebanyak banyaknya sambil meresapi dan mengingat berbagai dosa (besar atau kecil) yang pernah dilakukan. Istighfar dengan suara berbisik tapi penuh dengan permohonan kepada Allah.jikalau berat carilah pembimbing spiritual ruhani sesuai agamamu dan ahli sesuai dengan permasalahanya. pasti akan terasa ringan karena mendapat suntikan bimbingan juga semangat dan doa.

4. Maafkanlah semua orang yang telah menyakitimu atau jika kamu salah minta maaflah sebesar apapun masalahnya.Karena Allah saja maha pemaaf.apa lupa jika kita salah juga selalu di maafkan Allah.

5. Bersedekahlah sebesar mungkin semampumu. insya Allah makin besar sedekahnya, maka akan mengangkat berbagai kotoran di hati dan masalah.
sehingga hati lebih plong dan pasrah.

6. Lepaskan berbagai rasa memiliki, ingatlah kita ini tidak punya apa-apa, semua milik Nya, bahkan mata kaki tangan kita pun hanya amanah, bukanlah milik kita. Biasanya kita punya masalah justru menjadi “takut kehilangan”,yg lebih aneh lagi misal orang punya hutang dia punya harta banyak tapi lebih memilih masalah hutang nya berlarut dan membuatnya stress padahal dia mau beres hutangnya secepat mungkin .karena sayang hartanya maka takut kehilangan inilah orang yg di perbudak harta .orang sakit punya harta tetap memilih sakitnya tanpa mau kehilangan hartanya ini juga sama di perbudak harta. padahal kita dari lahir sampai mati tetap tak pernah memiliki apapun, kenapa harus takut kehilangan?

7. Tetap berusaha walau jatuh bangun dan tawakkal penuh kepada Allah, pasrah total.

8. Lakukanlah semua atas dasar niat murni ‘kembali ke fitrah manusia di ciptakan untuk apa .” BERIBADAH KEPADANYA”

9. Lakukan Sholat Hajat dan dhuha .kenapa dhuha dan hajat .karena secara umum masalah dan mendasar berasal dari perihal dasar keinginan dan kehidupan duniawi.

10. Kurangi menikmati yang enak-enak dari sudut pandang jasadi .

Misal kurangi makan yang tak perlu (contoh ngemil, atau makan nambah-padahal sepiring cukup, atau makan yang terlalu enak -berlemak ). gunakan waktu sebaik mungkin dipakai ibadah dan berdzkir .

11. Jangan dipikirin masalahnya, yang penting lakukan saja cara di atas di atas, sebab kalau dipikirin berarti tidak sedang melakukan 10 cara di atas dengan totalitas.

Insya Allah jika di lakukan serius apalagi ada yg membimbing akan faham dan pelan pelan lepas masalahnya.seperti apapun jgn lari dari masalah tapi hadapi dgn segala kemampuan .
Billahitaufik walhidayah wasallamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kiriman sedulur sbm google+ di sarikan dari kitab/buku “ngawur nya manusia”  :

Nyai rondo buteng – jogjakarta

Iklan

15 thoughts on “SELESAIKAN MASALAH YG BERLARUT LARUT”

  1. Asalamualaikum.
    Salam kenal nyai rondo buteng
    Artikel nya …sy banget

    Salam hormat ku
    Buat kiai risang mas achmad
    Mas banyu mas andi jati

    Suka

  2. Asalamualaikum.

    Ketika masalah menghampiri
    Aku sempat terpuruk.stres .stres.stres lalu hati kecilku menarik tuk sholat yg lama ku ku tinggal kan seolah hati kecil itu bicara ” Lihat itu di sana Tuhan dr pmilik rizki sdng mlht km ,minta sana.
    Aku pun sholat dgn menangis krn rindu akan tuhan ku, krn prasaan ber slh sdh mngglkansholat ,krn mrs dizholimi dgn di abaikannya aku d ke2anakku yg sdng sklh d dpr ku tdk ngebul.
    Tuhanpun mengabulkan doaku dgn memberikan sgl ke mudahan hgga ke 2anakku dpt mnylskn sklh nya SMS
    Dan S .l. Belum lg mkr pernkhn k dua anakku tau2 di lamar 2orng pns anak keuangan.
    Aku mnghrmti k ptsn siapapun yg ingin punya pendamping hidup lebih dr satu dua
    dstrsnya. Asal kan jngn prnh
    mengabaikan anak yg sdng
    sekolah.
    Trima Kasih Tuhan
    Engkau telah memberi
    Sgala k mdhn dan
    Engkau telah mengganti dgn
    Rizki mu yg banyak .

    Suka

  3. salam alaika.. Nyimak malam. Skalian mohon pencerahan…
    Habis shering xn dng pak haji ko malamnya mimpi dibrakot anjing besar trus ta bacakan bismillahilladzilayadzurru saiunfillardi… …dst dan ta tiupkan ke anjing tadi trus hilang.. Sedulur dan sesepuh apa to manfaat doa tersebut mohon pencerahan

    Suka

  4. @mas wiwit, itu sebenarnya baju perisai terbaik, namun begitu sebuah perisai pun dapat digunakan untuk menyerang, salam hormat dari saya.

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s