MAHABBAH

Asalamualaikum
Mahabbah memiliki dasar dan landasan, baik di dalam Alquran dan sunah. ajaran tentang cinta khususnya dan tasawuf pada umumnya,

image


dalam Islam tidaklah mengadopsi dari unsur-unsur kebudayaan asing atau agama lain seperti yang sering ditudingkan sebagian kecil faham ahlul fitnah.

QS. Ali Imran ayat 31:

Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku,niscaya Allah mencintai dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah MahaPengampun lagi Maha Penyayang.

QS. Al-Baqarah ayat 165:

Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman, sangat besar cinta mereka kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).

Hadis Nabi Muhammad: 

Tiga hal yang barang siapa mampu melakukannya, maka ia akan merasakan manisnya iman, yaitu:

pertama Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai daripada selain keduanya.

kedua : tidak mencintai seseorang kecuali hanya karena Allah.

ketiga: benci kembali kepada kekafiran sebagaimana ia benci dilemparkan ke neraka.

“Tidaklah seorang hamba-Ku senantiasa mendekati-Ku dengan ibadah-ibadah sunah kecuali Aku akan mencintainya. Jika Aku
mencintainya, maka Aku pun menjadi pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar; menjadi penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat; menjadi tangannya yang ia gunakan untuk memukul; dan menjadi kakinya yang ia gunakan untuk berjalan”

“Tidak beriman seseorang dari kalian sehingga aku lebih dicintainya daripada anaknya, orang tuanya, dan seluruh manusia”

Imam al-Ghazali merupakan ulama tasawuf yang pernah melakukannya sangat cukup bagus. Menurut nya ada tiga hal yang mendasari tumbuhnya cinta dan bagaimana kualitasnya, yaitu:

# Cinta tidak akan terjadi tanpa proses pengenalan (ma’rifat) dan pengetahuan (idrak).
Manusia hanya akan mencintai sesuatu atau seseorang yang telah ia kenal. Karena itulah, benda mati tidak punya rasa cinta. Dengan kata lain, cinta merupakan salah satu keistimewaan makhluk hidup. Jika sesuatu atau seseorang telah dikenal dan diketahui dengan jelas oleh seorang manusia, lantas sesuatu itu menimbulkan kenikmatan dan kebahagiaan bagi dirinya, maka akhirnya akan timbul rasa cinta. Jika sebaliknya, sesuatu atau seseorang itu menimbulkan kesengsaraan dan penderitaan, maka tentu ia akan memunculkan rasa benci.

# Cinta terwujud sesuai dengan tingkat pengenalan dan pengetahuan .Semakin intens pengenalan dan semakin dalam pengetahuan seseorang terhadap suatu obyek, maka semakin besar peluang obyek itu untuk dicintai.selanjutnya, jika semakin besar kenikmatan dan kebahagiaan yang diperoleh
dari obyek yang dicintai, maka semakin besar pula cinta terhadap obyek yang dicintai tersebut. Kenikmatan dan kebahagiaan itu bisa dirasakan manusia melalui panca indranya.
Kenikmatan dan kebahagiaan seperti ini juga dirasakan oleh binatang. Namun ada lagi kenikmatan dan kebahagiaan yang dirasakan bukan melalui pancaindra,namun melalui mata hati. Kenikmatan rohaniah seperti inilah yang jauh lebih kuat daripada kenikmatan lahiriah yang dirasakan oleh pancaindra. Dalam konteks inilah, cinta terhadap Tuhan terwujud.

Hakekatnya tugas guru hanya lah membimbing saja sampai pada jalan dan depan pintu hakekat.selanjutnya gali dan selami akan warna rupa rupa segala yg di jumpai baik pada diri dan luar diri. Ketuk diri ketuk diri agar pengetahuan pencerahan selalu berdatangan. sambil tetap berpegang an pada pakem dan bait bait suci yg di ajarkan sebagi pondasi dan benteng dalam memahami segala hambatan di depan.jangan kamu kira pasti guru tetaplah lebih unggul bisa juga kamu lebih dan lebih daripada gurumu.tetaplah berpegang pada tali akhlak agama karena dia tetap gurumu.karena semua terjadi tetap atas kehendak Nya

Kiriman Andijati

Bersambung.

Iklan

4 thoughts on “MAHABBAH”

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s