ILMU DARI AIR

Asalamualaikum.
Air adalah benda atau zat yg sangat dibutuhkan bagi manusia, tumbuhan dan hewan. Air bisa dikatakan sebagai sumber kehidupan.

image

Banyak manfaat yang diberikan air untuk makhluk hidup. Di sini akan dijelaskan fungsi-fungsi penting air dalam kehidupan.
Air memiliki sifat bening dan jernih. Bening dan jernih merupakan ciri khas air yang masih alami. Kejernihan hati dalam memahami sesuatu mutlak diperlukan untuk menghasilkan pemahaman yang sempurna.

Sebagaimana air yang bening, hati yang bening akan lebih mudah menerima pelajaran.
Tidak memandang siapa yang menyampaikan, apa yg disampaikan, dan bagaimana cara menyampaikan, karena pada dasarnya seluruhnya akan memberikan sesuatu akibat baik dan buruk.

Karena itu segala sesuatu tinggal bagaimana kita menerima,memahami, dan mengaktualisasikannya.

Air dapat menyuburkan tanah  sehingga tanaman dapat tumbuh dan menghasilkan buah yang bermanfaat bagi manusia. Dalam hidup jangan hanya asal hidup saja atau istilahnya

“pokoke urup”. Tapi hidup harus “migunani” atau berguna.

Sebagaimana dalam hadits diriwayatkan bahwa “sebaik-baik manusia adalah yang berguna bagi orang lain”.

Air jika dimasukkan ke dalam gelas bentuknya seperti gelas, jika dituang kedalam mangkuk bentuknya seperti mangkuk. Hal ini karena sifat air yang fleksibel dan luwes.di dalam hidup kita haruslah luwes dan mampu untuk menempatkan diri dengan lingkungan sekitar.

Baik dalam ucapan maupun tindakan.
air secara alami selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Dalam hidup kita jangan sampai menjadi orang yang sok kaya,sok bisa,sok lebih hebat padahal itu hanya ujian atau amanah yg harus di gunakan dengan baik bukan di gunakan dengan kesombongan.hati hati bisa di cabut Allah amanah nya juga nyawanya. .apabila ada orang entah ulama tokoh dll berkelakuan kaku apalagi hasud suruh orang begitu belajar akan air.padahal manusia 70% juga berkadar air.

Jangan pernah memandang rendah sesuatu karena biasanya hal ini akan menyebabkan hati akan tertutup.

Apalagi memandang rendah orang lain. Meski kita termasuk orang yang terpandang, tapi kita jangan hanya bergaul dengan orang yang setingkat dengan kita. Jangan malu atau gengsi silaturahmi atau bergaul dengan orang yang tingkatannya lebih rendah dari kita.

Air akan terus mengalir dan akan berhenti sampai tempat paling rendah yang ditemui. Hidup adalah untuk belajar. Karena belajar menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang sejak lahir hingga mati. Karena itu motifasi untuk belajar memiliki peranan penting dalam keberhasilan belajar. Dengan motivasi itu kita tidak akan pernah bosan untuk belajar, belajar dan belajar. Sebab kalau seseorang sudah termotivasi untuk belajar, dia akan haus akan ilmu.ragu adalah hembusan setan.

Cara awal belajar akan air.. Sering lah ke pantai atau sering lah pandangi dan rasakan resapi air di gelas sungai dll.setiap minum dan mandi rasakan aliran air itu masuk ke tenggorakan dan pori pori ke seluruh tubuh .
Benar benar rasakan saja akan nikmat Nya dan luwes nya air bisa adaptasi di manapun.

Ilmu Allah tidak akan habis walau ditulis dengan pena sebanyak pepohonan dan tinta sebanyak air laut atau apapun.

Semoga bermanfaat.

Share untuk sahabat songgobumi dari agus K .

Iklan

15 thoughts on “ILMU DARI AIR”

  1. muantapsss kang artikelnya, perlu di garis bawahi bahwa dulu leluhur urang sunda mempelajari bela diri air, dimana filosofinya mengikuti/meniru seperti air..he

    Suka

  2. Assalamualikum kyai risang dan poro sesepuh sbm,poro sedulur sbm

    Beberapa hari saya mbaca2 diblog ini terutama tentang xn dan ghaib,,adakah ilmu atau wirid pendek penghancur xn dan ghoib serta memproteksinya??
    Matur nuwun

    Suka

↓ ungkapan SILATURAHMI .~terima kasih atas kunjungannya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s